Pengenalan Dasar Penggunaan Perangkat IoT pada Laboratorium IoT Teknik Industri ISTTS
Berita
20 September 2021

Pengenalan Dasar Penggunaan Perangkat IoT pada Laboratorium IoT Teknik Industri ISTTS

Workshop yang berjudul Pengenalan Dasar Penggunaan Perangkat IoT pada Laboratorium IoT Teknik Industri ISTTS diadakan oleh Program Studi Teknik Industri ISTTS.  Workshop ini diadakan pada Rabu, 15 September 2021 melalui platform Zoom dan Google Meet dengan mengundang Evan Amrullah Alban S.T. sebagai pembicara dalam workshop ini. Pembicara sendiri merupakan mahasiswa Teknik Industri Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) angkatan 2017.

Di awal workshop, terdapat sambutan dari Ibu Pram Eliyah Yuliana selaku Ketua Program Studi Teknik Industri ISTTS. Ibu Pram berharap agar semua peserta bisa mendapatkan ilmu tentang pelatihan IoT sehingga ke depannya bisa melanjutkan lagi tentang penggunaan laboratorium IoT secara lebih mendalam. Workshop kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia workshop, yaitu Kevin. Ketua panitia berharap agar workshop ini dapat bermanfaat bagi peserta yang mengikutinya. Workshop dilanjutkan dengan sesi Ice Breaking. Para peserta harus menebak gambar untuk mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 50.000,00. Nantinya, akan dipilih 2 peserta yang beruntung. Sesi workshop kemudian dibuka dengan pengenalan dari pembicara terlebih dahulu.

Internet of Things (IoT) adalah konsep di mana internet berperan besar dalam menghubungkan perangkat dan pengguna dalam melakukan suatu pekerjaan di mana perangkat tersebut mampu berjalan sendiri dalam mengumpulkan data, mengolah data , dan merespon data dengan sederhana. Ada 3 unsur penting, yaitu manusia, perangkat, dan internet. Sesi selanjutnya yaitu pengenalan perangkat yang dimulai dari ECU-1251 yang berfungsi sebagai gerbang informasi sehingga user bisa mengembangkan sesuai kebutuhan masing-masing. Kemudian, ada EdgeLink Studio untuk melakukan konfigurasi dari perangkat komunikasi yang digunakan dan bersifat lokal. Perangkat yang lain, yaitu WebAccess/SCADA merupakan bagian dari human interface sehingga user bisa melakukan pemantauan dan pengumpulan data yang akan dikelola.

Workshop kemudian dilanjutkan dengan demo penggunaan perangkat dari pembicara. Alur dalam pembuatan projek dimulai dengan pengaturan perangkat keras. Dimulai dari menyambungkan ECU-1251. Kemudian, dilanjutkan dengan perangkat EdgeLink Studio untuk memasukkan data input output agar dapat terbaca oleh ECU-1251. Lalu, lanjut ke tahapan pengaturan WebAccess/SCADA dan dilanjutkan dengan Real Time Monitoring. Sesi terakhir adalah sesi tanya jawab antara peserta dan pembicara. Workshop kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama dan pengisian Google Form sebagai absensi kehadiran.

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Jurusan Desain Komunikasi Visual Angkatan 2023 Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) mengadakan kunjungan ke Kebun Binatang Surabaya (KBS) pada tanggal 28 Maret 2024. Kunjungan ini diadakan sebagai praktik dari kelas Fotografi Aplikatif, yang diajar oleh Bapak Herman Budianto. Kegiatan yang dihadiri oleh 32 mahasiswa-mahasiswa ini memiliki tujuan untuk mempraktikkan materi fotografi yang telah dipelajari sebelumnya, seperti human interest, wildlife, dan landscape photography.

Baca Selengkapnya
Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Seminar berjudul Cybersecurity and how initiate an anti mainstream overseas career journey diselenggarakan pada tanggal 27 Maret 2024 oleh ISTTS yang pembicaranya adalah Ferry Haris, S.Kom.,M.Sc.,. Ferry Haris ini sendiri dia adalah CEO dari FeHa International Consulting B.V. Seminar ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa dan mahasiswi dari Teknik Informatika lalu ada juga beberapa dari SIB(Sistem Informasi Bisnis) dan terakhir ada juga dari DKV(Desain Komunikasi Visual). 

Baca Selengkapnya
Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Pada tanggal 22 Maret 2024, matahari bersinar cerah seperti biasanya. Nampaknya, hari itu akan berjalan dengan normal seperti tidak akan terjadi apa-apa. Namun siapa yang menyangka, tiba-tiba tepat pada pukul 11.22 WIB terjadi gempa pertama kali setelah sekian lama tidak terjadi gempa, yang mengguncang gedung-gedung di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS).

Baca Selengkapnya
Open Talk Informatika Semester Genap 2024

Open Talk Informatika Semester Genap 2024

Himpunan Mahasiswa Informatika Institut Sains dan Teknologi Terapan Surabaya (ISTTS) menggelar acara Open Talk Informatika Semester Genap pada tanggal 22 Maret 2024 di ruang E-402. Acara ini mengundang Bapak Dr. Yosi Kristian, S.Kom. M.Kom., selaku Kepala Program Studi Informatika di ISTTS.

Baca Selengkapnya
Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS, berlanjut pada hari Minggu tanggal 17 Maret 2024. Acara yang ditujukan pada anggota STV (Sinlui TV) ini adalah acara yang berlangsung selama 2 hari, dimana para peserta menginap pada sekolah mereka, tepatnya pada SMAK St. Louis 1 Surabaya. 

Baca Selengkapnya
Leveling Up Your Products Charm

Leveling Up Your Products Charm

Workshop berjudul Leveling Up Your Products Charm diselenggarakan pada hari Sabtu, 16 Maret 2024 oleh ISTTS yang berkolaborasi dengan SMA Frateran. Workshop ini bertempat di aula Frateran dan workshop ini dihadiri oleh anak anak dari SMA Frateran yang kurang lebih ada 100 orang. workshop ini telah memberikan kontribusi yang berharga dalam mengembangkan wawasan dan keterampilan peserta dalam menghadapi tantangan pasar yang semakin kompetitif di era digital ini.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon