Creating Simple Face Stickers Using Computer Vision Techniques
Berita
01 May 2022

Creating Simple Face Stickers Using Computer Vision Techniques

KSP Season 13 Episode 4:

Creating Simple Face Stickers Using Computer Vision Techniques

 

Penulis: Amelia D.

Fotografer: Amelia D.

 

ISTTS kembali mengadakan webinar KSP Season 13 yang berjudulCreating Simple Face Stickers Using Computer Vision Techniques”. Materi kali ini dibawakan oleh Dr. Yosi Kristian, S. Kom, M. Kom. Pak Yosi sekarang berperan sebagai kepala program studi dan Associate Professor pada departemen informatika ISTTS. Webinar ini diadakan pada hari Selasa, 26 April 2022 secara online melalui platform Zoom dan Youtube.

Di awal webinar, pembicara mengatakan bahwa goals yang ingin dicapai yaitu untuk memberikan stiker pada wajah menggunakan teknik Computer Vision. Untuk bisa mencapai goals tersebut, hal yang pertama kali harus diperhatikan yaitu Face Detection. Dalam deteksi pengenalan wajah terdapat dua metode library open-source yang sering digunakan yaitu Dlib dan OpenCV. “Sebenarnya dari sisi akurasi lebih bagus Dlib, sedangkan dari sisi kecepatan lebih bagus OpenCV,” jelas Pak Yosi. 

Face Landmark Detection merupakan bagian dalam mendeteksi wajah selanjutnya yang digunakan untuk mendapatkan akurasi dalam deteksi wajah yang lebih baik. Metode ini akan menggunakan titik-titik landmark untuk proses ekstraksi fitur sehingga perhitungan jarak untuk setiap fitur lebih akurat. Hal ini dapat membantu mendeteksi titik-titik menonjol pada wajah seperti bagian mata, alis, mulut dan juga hidung. Dengan menggunakan Dlib OpenCV menjadikan deteksi wajah berbasis facial landmark lebih akurat pada saat wajah tampak secara keseluruhan. Hal tersebut dikarenakan dapat mempresisikan gambar dalam menyesuaikan pergerakan wajah, sehingga gambar tidak akan mudah terdistorsi.

Webinar kemudian dilanjutkan sesi Live Coding. Pak Yosi menunjukkan perbedaan code antara OpenCV dan Dlib. Jika dibandingkan, memang code dari Dlib lebih pendek dibandingkan code dari OpenCV. 

Webinar kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara peserta KSP dan Pak Yosi. Kemudian diakhiri dengan foto beserta absensi melalui Google Form untuk peserta yang telah mengikuti KSP.

Google I/O Extended Surabaya 2022 x ML Study Jam

Google I/O Extended Surabaya 2022 x ML Study Jam

Sabtu pagi kemarin (30 Juli 2022) acara yang bertempat di kampus ISTTS Surabaya ini kembali mengundang pembicara-pembicara hebat untuk mengisi acara I/O Extended yang diselenggarakan oleh komunitas GDG (Google Developers Group) di kota Surabaya. Ini merupakan kesepuluh kalinya acara ini diadakan di Surabaya dengan Bu Esther Irawati, salah seorang dosen di ISTTS yang merangkap sebagai perwakilan GDG Surabaya. 

 

Baca Selengkapnya
Pameran Virtual: KWU Market 2022

Pameran Virtual: KWU Market 2022

DKV ISTTS mengadakan Pameran Virtual KWU yang merupakan pameran tahunan. Pameran ini bertujuan untuk membangun ide dalam berwirausaha sehingga menghasilkan inovasi baru saat era modern saat ini. Pameran tersebut diadakan via Zoom pada Selasa, 31 Mei 2022 lalu.

 

Baca Selengkapnya
Creative Coding : Coding For Noncoder, Designing For Nondesigner

Creative Coding : Coding For Noncoder, Designing For Nondesigner

KSP Season 13 di episodenya yang terakhir dengan judul “Creative Coding: Coding For Noncoder, Designing For NonDesigner” diadakan pada tanggal 18 Mei 2022 dan dibawakan oleh Bapak Dr. Lukman Zaman, S.Kom., M.Kom. Beliau merupakan salah satu dosen pengajar di jurusan S1 Teknik Informatika dan S1 DKV ISTTS. Webinar ini diadakan secara online melalui Zoom dan live streaming Youtube Channel milik KSP ISTTS yang berlangsung pada pukul 13.00 WIB.

Baca Selengkapnya
Membahas Dunia Desain bersama Suangart 2022

Membahas Dunia Desain bersama Suangart 2022

Acara Suangart 2022 yang diadakan oleh jurusan DKV ISTTS berhasil digelar pada hari Sabtu, 28 Mei 2022 pukul 10.30 WIB melalui Zoom. Menghadirkan 4 narasumber yang akan membagikan ilmu seputar dunia desain, yakni Christalia Emerald, Vincensius Calvin, Hendrik Reinhard Umboh, dan Herlangga Panditama, webinar ini disambut positif oleh sejumlah peserta yang aktif mengikuti acara garapan jurusan Desain Komunikasi Visual ISTTS ini.

Baca Selengkapnya
Open Your Mind Reach Your Future

Open Your Mind Reach Your Future

Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) mengadakan open house yang dipadati oleh siswa-siswi SMA Katolik Stella Maris (STELMA) Surabaya pada Jumat (20/5/2022)

Baca Selengkapnya
KSP Season 13 Episode 5 : HEROES ARE NOT BORN BUT MADE

KSP Season 13 Episode 5 : HEROES ARE NOT BORN BUT MADE

“Pemuda adalah sebuah tiang peradaban ke depan..” adalah sepenggal kalimat yang diucapkan oleh Bapak Sigit Firdaus Prayogi, S.T., M.Ds., salah satu dosen program studi Desain Produk ISTTS pada webinar Knowledge Sharing Program (KSP) yang berjudul “Heroes are not Born but Made”. Webinar yang diselenggarakan pada tanggal 11 Mei tersebut berlangsung secara online melalui platform Zoom dan live streaming youtube.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon