Creating Simple Face Stickers Using Computer Vision Techniques
Berita
01 May 2022

Creating Simple Face Stickers Using Computer Vision Techniques

KSP Season 13 Episode 4:

Creating Simple Face Stickers Using Computer Vision Techniques

 

Penulis: Amelia D.

Fotografer: Amelia D.

 

ISTTS kembali mengadakan webinar KSP Season 13 yang berjudulCreating Simple Face Stickers Using Computer Vision Techniques”. Materi kali ini dibawakan oleh Dr. Yosi Kristian, S. Kom, M. Kom. Pak Yosi sekarang berperan sebagai kepala program studi dan Associate Professor pada departemen informatika ISTTS. Webinar ini diadakan pada hari Selasa, 26 April 2022 secara online melalui platform Zoom dan Youtube.

Di awal webinar, pembicara mengatakan bahwa goals yang ingin dicapai yaitu untuk memberikan stiker pada wajah menggunakan teknik Computer Vision. Untuk bisa mencapai goals tersebut, hal yang pertama kali harus diperhatikan yaitu Face Detection. Dalam deteksi pengenalan wajah terdapat dua metode library open-source yang sering digunakan yaitu Dlib dan OpenCV. “Sebenarnya dari sisi akurasi lebih bagus Dlib, sedangkan dari sisi kecepatan lebih bagus OpenCV,” jelas Pak Yosi. 

Face Landmark Detection merupakan bagian dalam mendeteksi wajah selanjutnya yang digunakan untuk mendapatkan akurasi dalam deteksi wajah yang lebih baik. Metode ini akan menggunakan titik-titik landmark untuk proses ekstraksi fitur sehingga perhitungan jarak untuk setiap fitur lebih akurat. Hal ini dapat membantu mendeteksi titik-titik menonjol pada wajah seperti bagian mata, alis, mulut dan juga hidung. Dengan menggunakan Dlib OpenCV menjadikan deteksi wajah berbasis facial landmark lebih akurat pada saat wajah tampak secara keseluruhan. Hal tersebut dikarenakan dapat mempresisikan gambar dalam menyesuaikan pergerakan wajah, sehingga gambar tidak akan mudah terdistorsi.

Webinar kemudian dilanjutkan sesi Live Coding. Pak Yosi menunjukkan perbedaan code antara OpenCV dan Dlib. Jika dibandingkan, memang code dari Dlib lebih pendek dibandingkan code dari OpenCV. 

Webinar kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara peserta KSP dan Pak Yosi. Kemudian diakhiri dengan foto beserta absensi melalui Google Form untuk peserta yang telah mengikuti KSP.

Steering Wheel

Steering Wheel

Kevin, seorang alumni dari angkatan 19, telah menunjukkan prestasi luar biasa dengan memimpin proyek pengembangan setir mobil bersama dengan teman-temannya. Kehadiran Kevin dalam komunitas alumni angkatan 19 telah menjadi sorotan karena dedikasinya yang luar biasa terhadap proyek ini. Sebagai seorang wisudawan terbaik, Kevin telah membuktikan bahwa prestasi akademisnya hanya sebagian kecil dari potensinya yang sebenarnya.

Baca Selengkapnya
Paskah 2024 dengan Pembina UKK Katolik dan Ketua UKK Kristen

Paskah 2024 dengan Pembina UKK Katolik dan Ketua UKK Kristen

Paskah atau Easter adalah perayaan keagamaan bagi umat Kristen Protestan dan Katolik. Paskah merayakan hari kebangkitan Yesus Kristus, dimana sebelumnya Ia wafat sebagai manusia lalu bangkit demi menebus dosa manusia.  Paskah menandakan kehidupan baru, dimana umat yang merayakan meninggalkan dosa-dosa mereka dan bertobat untuk mencapai kehidupan yang benar.

Baca Selengkapnya
Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Jurusan Desain Komunikasi Visual Angkatan 2023 Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) mengadakan kunjungan ke Kebun Binatang Surabaya (KBS) pada tanggal 28 Maret 2024. Kunjungan ini diadakan sebagai praktik dari kelas Fotografi Aplikatif, yang diajar oleh Bapak Herman Budianto. Kegiatan yang dihadiri oleh 32 mahasiswa-mahasiswa ini memiliki tujuan untuk mempraktikkan materi fotografi yang telah dipelajari sebelumnya, seperti human interest, wildlife, dan landscape photography.

Baca Selengkapnya
Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Seminar berjudul Cybersecurity and how initiate an anti mainstream overseas career journey diselenggarakan pada tanggal 27 Maret 2024 oleh ISTTS yang pembicaranya adalah Ferry Haris, S.Kom.,M.Sc.,. Ferry Haris ini sendiri dia adalah CEO dari FeHa International Consulting B.V. Seminar ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa dan mahasiswi dari Teknik Informatika lalu ada juga beberapa dari SIB(Sistem Informasi Bisnis) dan terakhir ada juga dari DKV(Desain Komunikasi Visual). 

Baca Selengkapnya
Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Pada tanggal 22 Maret 2024, matahari bersinar cerah seperti biasanya. Nampaknya, hari itu akan berjalan dengan normal seperti tidak akan terjadi apa-apa. Namun siapa yang menyangka, tiba-tiba tepat pada pukul 11.22 WIB terjadi gempa pertama kali setelah sekian lama tidak terjadi gempa, yang mengguncang gedung-gedung di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS).

Baca Selengkapnya
Open Talk Informatika Semester Genap 2024

Open Talk Informatika Semester Genap 2024

Himpunan Mahasiswa Informatika Institut Sains dan Teknologi Terapan Surabaya (ISTTS) menggelar acara Open Talk Informatika Semester Genap pada tanggal 22 Maret 2024 di ruang E-402. Acara ini mengundang Bapak Dr. Yosi Kristian, S.Kom. M.Kom., selaku Kepala Program Studi Informatika di ISTTS.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon