Marketing for Industry 4.0
Berita
08 September 2021

Marketing for Industry 4.0

Knowledge Sharing Program Special atau KSP Special yang diadakan oleh ISTTS pada tanggal 08 September 2021 kali ini bertemakan Marketing for Industry 4.0. KSP Special ini merupakan KSP Season 10 Episode ke 2 yang diadakan bagi mahasiswa-mahasiswi ISTTS serta murid-murid SMA/SMK dan dibawakan oleh Matthew Lawrenta, S. T. melalui Zoom Meeting. Pak Matthew sekarang mengajar sebagai dosen di ISTTS. Ia dulunya adalah lulusan Teknik Industri dari ISTTS dan sempat bekerja di beberapa perusahaan.

Pengaruh internet membawa pergeseran kepada dunia marketing. Terdapat 3 perubahan besar yang terjadi seperti: exclusive to inclusive, artinya orang-orang sudah menjadi lebih open-minded dari biasanya; vertical to horizontal. Ini artinya perusahaan kecil juga bisa bersaing dengan perusahaan besar. Perusahaan besar tidak lagi selalu mendominasi, tidak bisa bersaing secara vertikal namun harus berinovasi secara horizontal (ke luar); individual to social, yang artinya pelanggan lebih mementingkan dan percaya kepada pendapat atau opini sosial. Beberapa penemu ekonomi menyatakan bahwa terdapat paradox tentang marketing yaitu:

  1. Online Interaction VS Offline Interaction
  2. Informed Customer VS Distracted Customer
  3. Negative Advocacy VS Positive Advocacy

Ada 3 struktur komunitas yang memiliki kekuatan yang bagus sebagai influencer di new marketing era ini yaitu anak muda, wanita, dan netizen. Marketing berkembang dari 1.0 (product centric), kemudian marketing 2.0 (customer centric), marketing 3.0 (value centric), lalu marketing 4.0 (digitalization) yaitu era sekarang yang memakai Artificial Intelligent dan full IoT Support. Berpindah dari tradisional menjadi digital marketing membuahkan 4 hasil yaitu yang pertama, Segmentation and Targeting menjadi Customer Community Confirmation. Kedua, dari Brand Positioning and Differentiation  menjadi Brand Clarification of Characters and Codes. Ketiga, dari Selling the Four P’s menjadi Commercializing the Four C’s. Terakhir, dari Customer Service Processes menjadi Collaborative Customer Care.

 Menurut Pak Matthew, untuk bertahan atau survive dalam Industrial Marketing 4.0 adalah capailah market online maupun offline, temukan audience sesuai dengan target usaha kita, tempatkan posisi strategis pada persaingan bisnis, pahami produk-produk yang laris dijual, evaluasi bisnis kita, membangun hubungan yang baik dengan konsumen, berikan solusi tentang apa yang benar-benar konsumen butuhkan, terbuka dan mendengarkan pelanggan, dan pahami tentang How People Buy with Five A’s (aware, appeal, ask, act, advocate).

Webinar kemudian ditutup dengan sesi Q&A dan foto bersama. Link absensi untuk mendapatkan sertifikat juga dibagikan melalui Zoom Chat. KSP episode selanjutnya akan diadakan pada tanggal 14 Septemer 2021.

Study Abroad Sharing Session With Asia Exchange ISTTS

Study Abroad Sharing Session With Asia Exchange ISTTS

Student exchange atau pertukaran mahasiswa ke luar negeri merupakan salah satu program yang mungkin dilakukan oleh mahasiswa aktif ISTTS yang berminat untuk mencoba pengalaman belajar ke luar negeri selama satu semester. Segala urusan yang berhubungan dengan mahasiswa yang akan belajar keluar negeri akan ditangani oleh Kantor Urusan Internasional (KUI) ISTTS. Oleh karena itu dengan tujuan memberikan informasi kepada mahasiswa aktif ISTTS yang berminat untuk mengikuti student exchange ke luar negeri KUI mengadakan sharing session berjudul Study Abroad Sharing Session with Asia Exchange-ISTTS

Baca Selengkapnya
Optimize and Boost Your Wireless Network

Optimize and Boost Your Wireless Network

Knowledge Sharing Program Season 10 Episode 4 yang digelar pada hari Kamis, 23 September 2021 mengundang Bapak Iwan Chandra, S.Kom, M.Kom sebagai narasumbernya. Webinar yang berjudul Optimize and Boost Your Wireless Network ini menjelaskan mengenai konsep dasar tentang bagaimana kita dapat memaksimalkan jaringan wireless

Baca Selengkapnya
Good Sentences Structure For Essay Writing

Good Sentences Structure For Essay Writing

Essay atau karya tulis ilmiah lainnya tentu sudah sangat familiar di kalangan pelajar dan mahasiswa dalam dunia pendidikan. Melalui essay, mahasiswa dapat menuliskan hasil penelitian, hasil analisa, dan observasi yang dilakukan sebagai laporan tertulis. Namun kenyataannya, sampai saat ini dikalangan mahasiswa maupun pelajar masih banyak didapati kesalahan-kesalahan dalam penulisan essay atau karya tulis ilmiah. Oleh sebab itu dalam rangka mengedukasi pelajar dan mahasiswa serta sebagai langkah antisipasi terhadap adanya kesalahan-kesalahan dalam penulisan essay, Panitia KSP (Knowledge Sharing Program) mengadakan sesi KSP Season 10 dengan judul “Good Sentences Structure For Essay Writing”.

Baca Selengkapnya
Pengenalan Dasar Penggunaan Perangkat IoT pada Laboratorium IoT Teknik Industri ISTTS

Pengenalan Dasar Penggunaan Perangkat IoT pada Laboratorium IoT Teknik Industri ISTTS

Workshop yang berjudul Pengenalan Dasar Penggunaan Perangkat IoT pada Laboratorium IoT Teknik Industri ISTTS diadakan oleh Program Studi Teknik Industri ISTTS.  Workshop ini diadakan pada Rabu, 15 September 2021 melalui platform Zoom dan Google Meet dengan mengundang Evan Amrullah Alban S.T. sebagai pembicara dalam workshop ini. Pembicara sendiri merupakan mahasiswa Teknik Industri Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) angkatan 2017.

Baca Selengkapnya
Sharing Session Bangkit 2021

Sharing Session Bangkit 2021

Bangkit adalah program dari Google yang ditujukan untuk mempersiapkan pelajar keterampilan yang dibutuhkan. Bangkit juga menyediakan 3 learning path yaitu: Machine Learning, Mobile Development, dan Cloud Computing. Ketika peserta Bangkit lulus, maka peserta akan mendapatkan kesempatan untuk mendapat token sertifikat. Bangkit menggunakan capstone project untuk melakukan penilaian. Bangkit 2021 dimulai dari bulan Februari 2021 dan diikuti oleh beberapa mahasiswa serta alumni ISTTS. Oleh karena itu, ISTTS mengadakan Sharing Session Bangkit 2021 ini pada tanggal 11 September 2021 yang menghadirkan 4 pembicara.

Baca Selengkapnya
Borderless IT Recruitment

Borderless IT Recruitment

Saat ini seluruh dunia sedang mengalami hal yang sama karena pandemi Covid-19. Seluruh masyarakat diharuskan untuk work-from-home dan mengubah seluruhnya menjadi semi-online hingga online. Banyak hal yang berubah, seperti komunikasi sekarang tidak face to face tetapi lebih ke virtual gathering, hingga recruitment yang biasanya lebih ke daerah itu sendiri participant-nya, sekarang participant bisa direkrut dari seluruh dunia.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon