Workshop Investasi 2021
Berita
20 February 2021

Workshop Investasi 2021

Pada kesempatan kali ini, salah satu jurusan di kampus kita yaitu SIB, mengadakan workshop dengan judul “Workshop Investasi 2021”. Workshop ini dibawakan oleh Eko Susanto, S.Kom yang bekerja sebagai Branch Manager dan didampingi oleh rekannya yaitu Evan Linando sebagai salah satu staff Sales RHB Sekuritas Indonesia Cabang Surabaya. Workshop ini diawali dengan perkenalan dari sang pembicara, yang merupakan seorang alumnus ISTTS dari Angkatan 1991 dari jurusan S1 Teknik Informatika. Workshop ini dibuka untuk internal dan umum. Terlihat dari beberapa peserta yang merupakan mahasiswa dari universitas selain ISTTS.

            Selama workshop ini, Pak Eko menjelaskan tentang investasi untuk para generasi milenial. Pak Eko juga menyebutkan beberapa cara untuk menghasilkan passive income, cara untuk melipatgandakan uang melalui investasi, dan lainnya. Pengertian dari investasi secara umum adalah penanaman aset atau dana yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau perorangan untuk jangka waktu tertentu demi memperoleh imbal balik yang lebih besar di masa depan. Kemudian beliau juga memperkenalkan mindset yang sedang banyak dibicarakan oleh orang-orang, yaitu FIRE (Financial Independence Retire Early). FIRE ini sudah dikenalkan oleh salah satu publik figur Indonesia yaitu Raditya Dika. Mindset ini tidak hanya tentang kebebasan finansial dan pensiun dini, namun merupakan suatu gerakan untuk mencapai cita-cita.

            Mengapa kita harus berinvestasi? Kita harus memulai investasi karena ada beberapa faktor dalam keuangan yang akan kita hadapi, seperti inflasi, keinginan atau gaya hidup masyarakat yang konsumtif, peningkatan nilai kekayaan, kebutuhan untuk sandang, papan, dan pangan, dan juga ketidakpastian dari kondisi ekonomi negara. Ketidakpastian ini juga disebabkan oleh beberapa faktor, seperti halnya pandemi yang sedang kita hadapi saat ini. Pandemi ini sangat mempengaruhi perekonomian seluruh negara. Lalu pada tahun 1998 kita juga menghadapi krisis moneter besar-besaran yang menyebabkan kesulitan untuk bertahan hidup. Jadi, kita harus siap untuk menghadapi ketidakpastian ini.

           

           Beliau juga menjelaskan tentang perbedaan antara menabung dengan investasi. Mulai dari hasil yang kita dapat, kelebihan, serta kekurangannya. Pak Eko juga menjelaskan betapa pentingnya untuk memulai investasi, meskipun kita hanya memiliki modal yang sedikit. Beliau mengajak para peserta untuk memulai investasi sejak dini hanya dengan bermodalkan sisa dari uang saku perbulannya. Kemudian dilanjutkan dengan macam-macam dan contoh yang berwujud dan tidak berwujud yang bisa kita investasikan. Mulai dari yang berwujud seperti property tanah dan rumah, emas, serta valuta asing seperti USD atau SGD, dan yang tidak berwujud seperti reksa dana, obligasi, saham dan yang sedang naik daun yaitu digital asset (crypto, bitcoin, dll).

            Setelah itu, dilanjutkan oleh pembicara kedua, yaitu pak Evan, yang menjelaskan cara mendaftar ke RHB tradesmart. Tak lupa beliau menjelaskan mengapa kita harus memilih RHB Tradesmart ID untuk dipercayakan investasinya, serta detail-detail seputar RHB Tradesmart ID. Kemudian beliau juga mengajarkan cara menggunakan dan membaca bagaimana transaksi saham tersebut bekerja. Di akhir workshop, dibuka sesi tanya jawab melalui website slido dan berfoto bersama. Lalu di penghujung acara para peserta diminta untuk mengisi absensi sebagai bukti telah mengikuti workshop ini.

 

ISTTS Vitual Open House 2021

ISTTS Vitual Open House 2021

iSTTS tahun ini mengadakan Open House secara virtual akibat pandemi COVID-19. Virtual Open House ini diadakan pada 8-11 Juni 2021 melalui platform Zoom. Meskipun diadakan secara online, event Virtual Open House ini tetap tidak kalah menarik; Event yang berlangsung selama 4 hari ini diisi dengan berbagai workshop dan sharing session yang menarik dari beragam topik yang berkaitan dengan jurusan-jurusan di iSTTS. Mulai dari topik desain, elektro, industri, bisnis, dan lain-lain. Para pembicara yang dihadirkan adalah para professional di bidangnya sehingga para peserta dapat mudah mencerna materi yang disampaikan.

Baca Selengkapnya
Virtual Entrepreneurship Exhibition

Virtual Entrepreneurship Exhibition

Pada hari Selasa, 25 Mei 2021, acara Virtual Entrepreneurship Exhibition dilaksanakan oleh DKV iSTTS melalui platform Zoom. Acara diawali dengan pembukaan dari ketua panitia, Gerardo Mosses dan ketua HIMA DKV iSTTS, Dwitama Lingga. Ketua panitia dalam pembukaannya menyampaikan tentang kondisi rendahnya rasio kewirausahaan di Indonesia.

Baca Selengkapnya
How to Make Your Own 2D Platformer Game

How to Make Your Own 2D Platformer Game

Pada KSP season 9 episode 6 kali ini berjudulkan tentang “How to Make Your Own 2D Platformer Game” yang dibawakan oleh Herman Thuan To Saurik, S.Kom., M.T. Beliau merupakan salah satu dosen di kampus kita ISTTS. Pada awal seminar, beliau membagikan pengalaman dan software apa saja yang digunakan untuk membuat game.

Baca Selengkapnya
Bahas Seputar Perkembangan Industri Kreatif dalam Event Kreaktif 2021

Bahas Seputar Perkembangan Industri Kreatif dalam Event Kreaktif 2021

Kreaktif 2021 diadakan Sabtu, 8 Mei 2021 lalu oleh Mahasiswa Mata Kuliah Seminar DKV iSTTS untuk memberikan ilmu dan wawasan sehingga mahasiswa bisa update dalam mengikuti perkembangan industri kreatif. Webinar ini menghadirkan Adhitya Syahbanur, Rozak Lintang, Yen Yen Kohar, dan Dwitama Lingga sebagai pembicaranya. Webinar yang dihadiri oleh lebih dari 60 peserta ini diawali dengan perkenalan para panitia event dan sambutan dari ketua dari event ini, Vincent Jaya.

Baca Selengkapnya
Build your own Chatbot, Enhance your Social Media Strategy

Build your own Chatbot, Enhance your Social Media Strategy

Beberapa tahun belakangan ini dikenal search engine yang cukup populer. Saat sebuah keyword dimasukkan, maka website bisa menampilkan hasil dari pencarian. Social media marketing juga semakin meroket apalagi di masa pandemi. Bagaimana cara menjadi viral secara positif di social media? Tidak bisa dipungkiri bahwa social media telah menjadi pusat perhatian bagi orang zaman sekarang dan strategi marketing mengalami perubahan dari waktu ke waktu agar bisa beradaptasi dengan baik. Salah satu strategi marketing di era sekarang yang terkenal yaitu, Chatbot.

Baca Selengkapnya
Configuration of Hybrid Vehicles

Configuration of Hybrid Vehicles

Episode keempat dalam KSP Season 9 ini bertemakan Configuration of Hybrid Vehicles yang dibawakan oleh Ferdiand Cornelius Sutiyono Master of Engineering (M. Eng.). Webinar ini diadakan pada hari Jumat, 31 April 2021 melalui platform Zoom dan live streaming Youtube. Webinar dibuka dengan pengenalan diri dari narasumber. Sebagai informasi, narasumber merupakan alumni dari S1 Teknik Elektro. Beliau juga sempat menjadi dosen selama kurang lebih 1 tahun. Kemudian melanjutkan studi nya pada tahun 2015 di Jerman.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon