Workshop Investasi 2021
Berita
20 February 2021

Workshop Investasi 2021

Pada kesempatan kali ini, salah satu jurusan di kampus kita yaitu SIB, mengadakan workshop dengan judul “Workshop Investasi 2021”. Workshop ini dibawakan oleh Eko Susanto, S.Kom yang bekerja sebagai Branch Manager dan didampingi oleh rekannya yaitu Evan Linando sebagai salah satu staff Sales RHB Sekuritas Indonesia Cabang Surabaya. Workshop ini diawali dengan perkenalan dari sang pembicara, yang merupakan seorang alumnus ISTTS dari Angkatan 1991 dari jurusan S1 Teknik Informatika. Workshop ini dibuka untuk internal dan umum. Terlihat dari beberapa peserta yang merupakan mahasiswa dari universitas selain ISTTS.

            Selama workshop ini, Pak Eko menjelaskan tentang investasi untuk para generasi milenial. Pak Eko juga menyebutkan beberapa cara untuk menghasilkan passive income, cara untuk melipatgandakan uang melalui investasi, dan lainnya. Pengertian dari investasi secara umum adalah penanaman aset atau dana yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau perorangan untuk jangka waktu tertentu demi memperoleh imbal balik yang lebih besar di masa depan. Kemudian beliau juga memperkenalkan mindset yang sedang banyak dibicarakan oleh orang-orang, yaitu FIRE (Financial Independence Retire Early). FIRE ini sudah dikenalkan oleh salah satu publik figur Indonesia yaitu Raditya Dika. Mindset ini tidak hanya tentang kebebasan finansial dan pensiun dini, namun merupakan suatu gerakan untuk mencapai cita-cita.

            Mengapa kita harus berinvestasi? Kita harus memulai investasi karena ada beberapa faktor dalam keuangan yang akan kita hadapi, seperti inflasi, keinginan atau gaya hidup masyarakat yang konsumtif, peningkatan nilai kekayaan, kebutuhan untuk sandang, papan, dan pangan, dan juga ketidakpastian dari kondisi ekonomi negara. Ketidakpastian ini juga disebabkan oleh beberapa faktor, seperti halnya pandemi yang sedang kita hadapi saat ini. Pandemi ini sangat mempengaruhi perekonomian seluruh negara. Lalu pada tahun 1998 kita juga menghadapi krisis moneter besar-besaran yang menyebabkan kesulitan untuk bertahan hidup. Jadi, kita harus siap untuk menghadapi ketidakpastian ini.

           

           Beliau juga menjelaskan tentang perbedaan antara menabung dengan investasi. Mulai dari hasil yang kita dapat, kelebihan, serta kekurangannya. Pak Eko juga menjelaskan betapa pentingnya untuk memulai investasi, meskipun kita hanya memiliki modal yang sedikit. Beliau mengajak para peserta untuk memulai investasi sejak dini hanya dengan bermodalkan sisa dari uang saku perbulannya. Kemudian dilanjutkan dengan macam-macam dan contoh yang berwujud dan tidak berwujud yang bisa kita investasikan. Mulai dari yang berwujud seperti property tanah dan rumah, emas, serta valuta asing seperti USD atau SGD, dan yang tidak berwujud seperti reksa dana, obligasi, saham dan yang sedang naik daun yaitu digital asset (crypto, bitcoin, dll).

            Setelah itu, dilanjutkan oleh pembicara kedua, yaitu pak Evan, yang menjelaskan cara mendaftar ke RHB tradesmart. Tak lupa beliau menjelaskan mengapa kita harus memilih RHB Tradesmart ID untuk dipercayakan investasinya, serta detail-detail seputar RHB Tradesmart ID. Kemudian beliau juga mengajarkan cara menggunakan dan membaca bagaimana transaksi saham tersebut bekerja. Di akhir workshop, dibuka sesi tanya jawab melalui website slido dan berfoto bersama. Lalu di penghujung acara para peserta diminta untuk mengisi absensi sebagai bukti telah mengikuti workshop ini.

 

Tingkatkan Kepercayaan Diri dengan Workshop Social Media Seru

Tingkatkan Kepercayaan Diri dengan Workshop Social Media Seru

Workshop Social Media Seru (SMS) yang digelar pada 5 April 2024 di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) menjadi sorotan bagi siswa-siswi SMAK Santa Maria Surabaya dan pihak terkait. Acara ini diselenggarakan oleh ISTTS dengan pembicara Ardalina.L.C.G.,S.Ds., M.I.Kom., yang juga menjabat sebagai Kepala Tim Digital Marketing ISTTS, sebagai pembicara utama.

Baca Selengkapnya
Steering Wheel

Steering Wheel

Kevin, seorang alumni dari angkatan 19, telah menunjukkan prestasi luar biasa dengan memimpin proyek pengembangan setir mobil bersama dengan teman-temannya. Kehadiran Kevin dalam komunitas alumni angkatan 19 telah menjadi sorotan karena dedikasinya yang luar biasa terhadap proyek ini. Sebagai seorang wisudawan terbaik, Kevin telah membuktikan bahwa prestasi akademisnya hanya sebagian kecil dari potensinya yang sebenarnya.

Baca Selengkapnya
Paskah 2024 dengan Pembina UKK Katolik dan Ketua UKK Kristen

Paskah 2024 dengan Pembina UKK Katolik dan Ketua UKK Kristen

Paskah atau Easter adalah perayaan keagamaan bagi umat Kristen Protestan dan Katolik. Paskah merayakan hari kebangkitan Yesus Kristus, dimana sebelumnya Ia wafat sebagai manusia lalu bangkit demi menebus dosa manusia.  Paskah menandakan kehidupan baru, dimana umat yang merayakan meninggalkan dosa-dosa mereka dan bertobat untuk mencapai kehidupan yang benar.

Baca Selengkapnya
Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Jurusan Desain Komunikasi Visual Angkatan 2023 Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) mengadakan kunjungan ke Kebun Binatang Surabaya (KBS) pada tanggal 28 Maret 2024. Kunjungan ini diadakan sebagai praktik dari kelas Fotografi Aplikatif, yang diajar oleh Bapak Herman Budianto. Kegiatan yang dihadiri oleh 32 mahasiswa-mahasiswa ini memiliki tujuan untuk mempraktikkan materi fotografi yang telah dipelajari sebelumnya, seperti human interest, wildlife, dan landscape photography.

Baca Selengkapnya
Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Seminar berjudul Cybersecurity and how initiate an anti mainstream overseas career journey diselenggarakan pada tanggal 27 Maret 2024 oleh ISTTS yang pembicaranya adalah Ferry Haris, S.Kom.,M.Sc.,. Ferry Haris ini sendiri dia adalah CEO dari FeHa International Consulting B.V. Seminar ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa dan mahasiswi dari Teknik Informatika lalu ada juga beberapa dari SIB(Sistem Informasi Bisnis) dan terakhir ada juga dari DKV(Desain Komunikasi Visual). 

Baca Selengkapnya
Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Pada tanggal 22 Maret 2024, matahari bersinar cerah seperti biasanya. Nampaknya, hari itu akan berjalan dengan normal seperti tidak akan terjadi apa-apa. Namun siapa yang menyangka, tiba-tiba tepat pada pukul 11.22 WIB terjadi gempa pertama kali setelah sekian lama tidak terjadi gempa, yang mengguncang gedung-gedung di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS).

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon