Google I/O Extended Surabaya 2022 x ML Study Jam
Berita
03 August 2022

Google I/O Extended Surabaya 2022 x ML Study Jam

Google I/O Extended Surabaya 2022 x ML Study Jam

Penulis: Jessica Nathania

Sabtu pagi kemarin (30 Juli 2022) acara yang bertempat di kampus ISTTS Surabaya ini kembali mengundang pembicara-pembicara hebat untuk mengisi acara I/O Extended yang diselenggarakan oleh komunitas GDG (Google Developers Group) di kota Surabaya. Ini merupakan kesepuluh kalinya acara ini diadakan di Surabaya dengan Bu Esther Irawati, salah seorang dosen di ISTTS yang merangkap sebagai perwakilan GDG Surabaya. 

 

Acara ini dimeriahkan oleh 12 pembicara dari berbagai penjuru. Salah satunya Janise Tan, Google Developer Ecosystem Regional Lead pada Asia Tenggara yang melingkupi Indonesia, Malaysia, Singapura dan sekitarnya. Janise memberikan sambutan hangat kepada 150 peserta yang hadir pada hari itu. Beliau juga memberikan kuis berhadiah untuk peserta yang dapat menjawab pertanyaan seputar event annual tersebut. 

Event I/O sendiri dikenal sebagai input output di mana pembicara Google memberikan output berupa teknologi terbaru seputar web, mobile, dan machine learning. Sementara peserta dapat memberi masukan berupa output dari keluh kesah maupun kesulitan yang dihadapi dalam menggunakan produk-produk Google. Istilah ini dikenal juga sebagai innovation in the open.

Di kesempatan itu Pak Ferdi selaku wakil rektor ISTTS juga memberi sambutan dan menyiratkan pesan agar setiap peserta tidak hanya menjadi konsumen tetapi bisa menjadi produsen aplikasi di kemudian hari. 

 

Selanjutnya acara berjalan dengan sesi-sesi yang diberikan oleh speaker dari Google maupun developer yang menggunakan produk-produk Google seperti Android, Angular, Firebase, dan fitur-fitur lainnya yang digunakan untuk merancang aplikasi. 

Sidiq Permana, seorang Google Developer Expert yang telah berkontribusi pada komunitas sejak 2004 juga adalah seorang entrepreneur. Kak Sidiq sangat passionate dalam berbagi ilmunya seputar perkembangan Android OS 13 yang dijuluki dengan nama makan Tiramissu. 

 

"Hal yang pasti dari SE adalah ketidakpastian, " sebut Kak Sidiq. Justru di tengah kemajuan OS yang ada sebetulnya kecepatan dan stabilitas dari suatu aplikasi bersifat trade off. Namun dibalik itu, ada peningkatan keamanan dan performa yang ditawarkan. Salah satu trade off yang dihadapi oleh pengguna teknologi Android di Indonesia adalah baterai device

OS ini mampu mendeteksi inactive application yang tidak digunakan selama 8 hari, maka aplikasi akan ditandai dengan dimasukkan ke standby bucket dan tidak dapat memberikan notif.

Selanjutnya bapak wakil gubernur Jawa Timur memberikan sambutannya kepada masa depan pembangun bangsa, para pecinta teknologi yang bahkan termuda mencapai usia 12 tahun. Hal ini sangat mengundang antisipasi dan semangat dari para peserta yang lain. 

 

Selain itu, seorang alumni ISTTS yang saat ini bekerja di GDP juga membawakan materi seputar penggunaan Angular bersama timnya. Aplikasi ini bernama Catapa, aplikasi yang dibangun menggunakan fitur dari Angular ini bermanfaat untuk absensi dan payroll karyawan pada perusahaan. Salah satu kelebihan Angular, yaitu reactive programming di mana ketika state berubah akan di-notice dan tampilan akan diubah. 

 

Kak Fajar dari lapak hijau, Tokopedia juga membagikan betapa pentingnya testing pada aplikasi yang akan dirilis untuk digunakan oleh pengguna. 

 

Kak Eka dari Google juga berbicara mengenai perkembangan terbaru dari CSS untuk desain web yang dapat sangat membantu developer, cascade layers. Layer yang bisa dikelompokkan berdasarkan layer-nya dapat memecahkan mana style yang digunakan sebagai base atau dasar, mana yg untuk customization

Di akhir acara peserta dibagi menjadi beberapa ruangan untuk sesi study jam. Di mana dalam sesi ini dapat belajar mengenai bidang yang diminati maupun peserta yang awam terhadap dunia teknologi dapat bertanya seputar topik tersebut. 

 

Janise mengatakan, "If you want to go fast go alone, but if you want to go far go together. GDG is the community to go together and have fun while doing it." Beliau mengatakan komunitas ini bertujuan untuk saling sharing dan berbagi satu sama lain agar setiap orang dapat berkembang menuju potensial terbaiknya dengan cara yang asik.

 

Pameran Virtual: KWU Market 2022

Pameran Virtual: KWU Market 2022

DKV ISTTS mengadakan Pameran Virtual KWU yang merupakan pameran tahunan. Pameran ini bertujuan untuk membangun ide dalam berwirausaha sehingga menghasilkan inovasi baru saat era modern saat ini. Pameran tersebut diadakan via Zoom pada Selasa, 31 Mei 2022 lalu.

 

Baca Selengkapnya
Creative Coding : Coding For Noncoder, Designing For Nondesigner

Creative Coding : Coding For Noncoder, Designing For Nondesigner

KSP Season 13 di episodenya yang terakhir dengan judul “Creative Coding: Coding For Noncoder, Designing For NonDesigner” diadakan pada tanggal 18 Mei 2022 dan dibawakan oleh Bapak Dr. Lukman Zaman, S.Kom., M.Kom. Beliau merupakan salah satu dosen pengajar di jurusan S1 Teknik Informatika dan S1 DKV ISTTS. Webinar ini diadakan secara online melalui Zoom dan live streaming Youtube Channel milik KSP ISTTS yang berlangsung pada pukul 13.00 WIB.

Baca Selengkapnya
Membahas Dunia Desain bersama Suangart 2022

Membahas Dunia Desain bersama Suangart 2022

Acara Suangart 2022 yang diadakan oleh jurusan DKV ISTTS berhasil digelar pada hari Sabtu, 28 Mei 2022 pukul 10.30 WIB melalui Zoom. Menghadirkan 4 narasumber yang akan membagikan ilmu seputar dunia desain, yakni Christalia Emerald, Vincensius Calvin, Hendrik Reinhard Umboh, dan Herlangga Panditama, webinar ini disambut positif oleh sejumlah peserta yang aktif mengikuti acara garapan jurusan Desain Komunikasi Visual ISTTS ini.

Baca Selengkapnya
Open Your Mind Reach Your Future

Open Your Mind Reach Your Future

Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) mengadakan open house yang dipadati oleh siswa-siswi SMA Katolik Stella Maris (STELMA) Surabaya pada Jumat (20/5/2022)

Baca Selengkapnya
KSP Season 13 Episode 5 : HEROES ARE NOT BORN BUT MADE

KSP Season 13 Episode 5 : HEROES ARE NOT BORN BUT MADE

“Pemuda adalah sebuah tiang peradaban ke depan..” adalah sepenggal kalimat yang diucapkan oleh Bapak Sigit Firdaus Prayogi, S.T., M.Ds., salah satu dosen program studi Desain Produk ISTTS pada webinar Knowledge Sharing Program (KSP) yang berjudul “Heroes are not Born but Made”. Webinar yang diselenggarakan pada tanggal 11 Mei tersebut berlangsung secara online melalui platform Zoom dan live streaming youtube.

Baca Selengkapnya
4 Dosen ISTTS Menjalani Pelantikan Insinyur Lulusan Program Studi Program Profesi Insinyur

4 Dosen ISTTS Menjalani Pelantikan Insinyur Lulusan Program Studi Program Profesi Insinyur

Hingga saat ini, insinyur yang diakui secara formal di Indonesia baru berjumlah sekitar 10.900 orang, padahal jumlah lulusan sarjana teknik dan serumpunnya melebihi 1 juta orang. Berkontribusi untuk mengatasi ketimpangan profesi insinyur tersebut, keempat orang dosen Insitut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) menempuh pendidikan selama 1 semester untuk memperoleh gelar insinyur. Pada Sabtu (16/4/2022) sore, Dr. Ir. Joan Santoso , Dr. Ir. Esther Irawati Setiawan, Ir. Iwan Chandra, beserta Dr. Ir. Hartarto Junaedi dilantik bersama-sama 89 insinyur baru lainnya melalui Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Proses pelantikan berjalan lancar dan dilakukan oleh Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PPI) Jawa Timur.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon