Google I/O Extended Surabaya 2022 x ML Study Jam
Berita
03 August 2022

Google I/O Extended Surabaya 2022 x ML Study Jam

Google I/O Extended Surabaya 2022 x ML Study Jam

Penulis: Jessica Nathania

Sabtu pagi kemarin (30 Juli 2022) acara yang bertempat di kampus ISTTS Surabaya ini kembali mengundang pembicara-pembicara hebat untuk mengisi acara I/O Extended yang diselenggarakan oleh komunitas GDG (Google Developers Group) di kota Surabaya. Ini merupakan kesepuluh kalinya acara ini diadakan di Surabaya dengan Bu Esther Irawati, salah seorang dosen di ISTTS yang merangkap sebagai perwakilan GDG Surabaya. 

 

Acara ini dimeriahkan oleh 12 pembicara dari berbagai penjuru. Salah satunya Janise Tan, Google Developer Ecosystem Regional Lead pada Asia Tenggara yang melingkupi Indonesia, Malaysia, Singapura dan sekitarnya. Janise memberikan sambutan hangat kepada 150 peserta yang hadir pada hari itu. Beliau juga memberikan kuis berhadiah untuk peserta yang dapat menjawab pertanyaan seputar event annual tersebut. 

Event I/O sendiri dikenal sebagai input output di mana pembicara Google memberikan output berupa teknologi terbaru seputar web, mobile, dan machine learning. Sementara peserta dapat memberi masukan berupa output dari keluh kesah maupun kesulitan yang dihadapi dalam menggunakan produk-produk Google. Istilah ini dikenal juga sebagai innovation in the open.

Di kesempatan itu Pak Ferdi selaku wakil rektor ISTTS juga memberi sambutan dan menyiratkan pesan agar setiap peserta tidak hanya menjadi konsumen tetapi bisa menjadi produsen aplikasi di kemudian hari. 

 

Selanjutnya acara berjalan dengan sesi-sesi yang diberikan oleh speaker dari Google maupun developer yang menggunakan produk-produk Google seperti Android, Angular, Firebase, dan fitur-fitur lainnya yang digunakan untuk merancang aplikasi. 

Sidiq Permana, seorang Google Developer Expert yang telah berkontribusi pada komunitas sejak 2004 juga adalah seorang entrepreneur. Kak Sidiq sangat passionate dalam berbagi ilmunya seputar perkembangan Android OS 13 yang dijuluki dengan nama makan Tiramissu. 

 

"Hal yang pasti dari SE adalah ketidakpastian, " sebut Kak Sidiq. Justru di tengah kemajuan OS yang ada sebetulnya kecepatan dan stabilitas dari suatu aplikasi bersifat trade off. Namun dibalik itu, ada peningkatan keamanan dan performa yang ditawarkan. Salah satu trade off yang dihadapi oleh pengguna teknologi Android di Indonesia adalah baterai device

OS ini mampu mendeteksi inactive application yang tidak digunakan selama 8 hari, maka aplikasi akan ditandai dengan dimasukkan ke standby bucket dan tidak dapat memberikan notif.

Selanjutnya bapak wakil gubernur Jawa Timur memberikan sambutannya kepada masa depan pembangun bangsa, para pecinta teknologi yang bahkan termuda mencapai usia 12 tahun. Hal ini sangat mengundang antisipasi dan semangat dari para peserta yang lain. 

 

Selain itu, seorang alumni ISTTS yang saat ini bekerja di GDP juga membawakan materi seputar penggunaan Angular bersama timnya. Aplikasi ini bernama Catapa, aplikasi yang dibangun menggunakan fitur dari Angular ini bermanfaat untuk absensi dan payroll karyawan pada perusahaan. Salah satu kelebihan Angular, yaitu reactive programming di mana ketika state berubah akan di-notice dan tampilan akan diubah. 

 

Kak Fajar dari lapak hijau, Tokopedia juga membagikan betapa pentingnya testing pada aplikasi yang akan dirilis untuk digunakan oleh pengguna. 

 

Kak Eka dari Google juga berbicara mengenai perkembangan terbaru dari CSS untuk desain web yang dapat sangat membantu developer, cascade layers. Layer yang bisa dikelompokkan berdasarkan layer-nya dapat memecahkan mana style yang digunakan sebagai base atau dasar, mana yg untuk customization

Di akhir acara peserta dibagi menjadi beberapa ruangan untuk sesi study jam. Di mana dalam sesi ini dapat belajar mengenai bidang yang diminati maupun peserta yang awam terhadap dunia teknologi dapat bertanya seputar topik tersebut. 

 

Janise mengatakan, "If you want to go fast go alone, but if you want to go far go together. GDG is the community to go together and have fun while doing it." Beliau mengatakan komunitas ini bertujuan untuk saling sharing dan berbagi satu sama lain agar setiap orang dapat berkembang menuju potensial terbaiknya dengan cara yang asik.

 

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Jurusan Desain Komunikasi Visual Angkatan 2023 Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) mengadakan kunjungan ke Kebun Binatang Surabaya (KBS) pada tanggal 28 Maret 2024. Kunjungan ini diadakan sebagai praktik dari kelas Fotografi Aplikatif, yang diajar oleh Bapak Herman Budianto. Kegiatan yang dihadiri oleh 32 mahasiswa-mahasiswa ini memiliki tujuan untuk mempraktikkan materi fotografi yang telah dipelajari sebelumnya, seperti human interest, wildlife, dan landscape photography.

Baca Selengkapnya
Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Seminar berjudul Cybersecurity and how initiate an anti mainstream overseas career journey diselenggarakan pada tanggal 27 Maret 2024 oleh ISTTS yang pembicaranya adalah Ferry Haris, S.Kom.,M.Sc.,. Ferry Haris ini sendiri dia adalah CEO dari FeHa International Consulting B.V. Seminar ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa dan mahasiswi dari Teknik Informatika lalu ada juga beberapa dari SIB(Sistem Informasi Bisnis) dan terakhir ada juga dari DKV(Desain Komunikasi Visual). 

Baca Selengkapnya
Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Pada tanggal 22 Maret 2024, matahari bersinar cerah seperti biasanya. Nampaknya, hari itu akan berjalan dengan normal seperti tidak akan terjadi apa-apa. Namun siapa yang menyangka, tiba-tiba tepat pada pukul 11.22 WIB terjadi gempa pertama kali setelah sekian lama tidak terjadi gempa, yang mengguncang gedung-gedung di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS).

Baca Selengkapnya
Open Talk Informatika Semester Genap 2024

Open Talk Informatika Semester Genap 2024

Himpunan Mahasiswa Informatika Institut Sains dan Teknologi Terapan Surabaya (ISTTS) menggelar acara Open Talk Informatika Semester Genap pada tanggal 22 Maret 2024 di ruang E-402. Acara ini mengundang Bapak Dr. Yosi Kristian, S.Kom. M.Kom., selaku Kepala Program Studi Informatika di ISTTS.

Baca Selengkapnya
Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS, berlanjut pada hari Minggu tanggal 17 Maret 2024. Acara yang ditujukan pada anggota STV (Sinlui TV) ini adalah acara yang berlangsung selama 2 hari, dimana para peserta menginap pada sekolah mereka, tepatnya pada SMAK St. Louis 1 Surabaya. 

Baca Selengkapnya
Leveling Up Your Products Charm

Leveling Up Your Products Charm

Workshop berjudul Leveling Up Your Products Charm diselenggarakan pada hari Sabtu, 16 Maret 2024 oleh ISTTS yang berkolaborasi dengan SMA Frateran. Workshop ini bertempat di aula Frateran dan workshop ini dihadiri oleh anak anak dari SMA Frateran yang kurang lebih ada 100 orang. workshop ini telah memberikan kontribusi yang berharga dalam mengembangkan wawasan dan keterampilan peserta dalam menghadapi tantangan pasar yang semakin kompetitif di era digital ini.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon