Optimize and Boost Your Wireless Network
Berita
23 September 2021

Optimize and Boost Your Wireless Network

Knowledge Sharing Program Season 10 Episode 4 yang digelar pada hari Kamis, 23 September 2021 mengundang Bapak Iwan Chandra, S.Kom, M.Kom sebagai narasumbernya. Webinar yang berjudul Optimize and Boost Your Wireless Network ini menjelaskan mengenai konsep dasar tentang bagaimana kita dapat memaksimalkan jaringan wireless

Webinar kali ini diawali dengan pengenalan singkat seputar Wi-Fi  oleh Pak Iwan. Beliau menjelaskan bahwa Wireless Fidelity atau yang kerap kali disebut dengan Wi-Fi merupakan komunikasi tanpa kabel yang memanfaatkan gelombang dan frekuensi untuk bertukar informasi. Penjelasan mengenai teknologi tanpa kabel itu berlanjut dengan pembahasan mengenai parameter Wi-Fi. Pak Iwan menjabarkan bahwa parameter tersebut mencakup frequency atau band, standard atau mode, dan channel. Beliau kemudian membeberkan sejumlah fakta terkait topik tersebut, seperti frekuensi Wi-Fi yang tinggi ternyata dapat berpengaruh pada jumlah channel yang dapat digunakan dan bahwa channel width atau band width yang lebar dapat berujung pada data rate  yang besar, namun jangkauan yang dihasilkan cenderung tidak besar.

Sesi webinar kemudian berlanjut dengan pemahaman mendalam tentang pemilihan perangkat Wi-Fi. Pak Iwan mengatakan bahwa dalam memilih perangkat yang akan digunakan, penting untuk mengetahui kebutuhan dan klien terlebih dahulu. Beliau kemudian memaparkan sejumlah prioritas yang dapat menjadi pertimbangan dalam memilih perangkat. Pertama adalah wireless type atau standard. Pak Iwan menerangkan bahwa calon pembeli wajib untuk melihat tipe yang sesuai dengan kebutuhannya. Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah Gigabit Ethernet karena input Ethernet akan berdampak pada bandwidth yang dihasilkan. Ketiga, data rate dan jumlah antenna. Perlu diketahui bahwa nyatanya, jumlah antenna berpengaruh pada data rate. Pak Iwan mengutarakan bahwa untuk kebutuhan data rate banyak, calon pembeli bisa mempertimbangkan untuk memasang antenna lebih. Prioritas keempat adalah processor. Menurut penjelasan beliau, processor akan berpengaruh pada concurrent user, yakni jumlah user yang dapat tersambung pada perangkat dalam suatu waktu. Terakhir, beliau mengatakan bahwa budget merupakan hal yang tidak kalah penting sebagai pertimbangan dalam memilih perangkat yang tepat.

Selanjutnya, Pak Iwan membagikan informasi bahwa calon pembeli perlu mengetahui kegunaan dari jenis-jenis wireless device, seperti Access Point yang hanya memiliki satu port ethernet dan berfungsi mengubah sinyal dari UTP menjadi gelombang wireless dan Wireless Router yang memiliki fungsi routing, firewall, NAT, serta mendistribusikan DHCP. Di samping itu, beliau juga menyebutkan beberapa tips untuk memaksimalkan jangkauan, yaitu dengan merencanakan topologi dengan matang sebelum implementasi karena menurut beliau, perencanaan adalah suatu hal yang penting sebelum implementasi.

Webinar kemudian ditutup dengan sesi tanya jawab dengan narasumber. Pak Iwan menambahkan suatu pesan singkat di akhir acara, yaitu agar para peserta tidak takut untuk mempelajari tentang wireless karena ilmu yang menyangkutnya sangat luas. Sesi tanya jawab diikuti dengan sesi foto bersama dan pengisian Google Form sebagai tanda kehadiran peserta.

Easy and Aesthetic Layout for Instagram Story

Easy and Aesthetic Layout for Instagram Story

KSP season 10 episode 6 diselenggarakan pada tanggal 6 Oktober 2021, mengangkat tema Easy and Aesthetic Layout for Instagram Story. Materi ini dibawakan oleh Ibu Bonifacia Bulan Aruming Tyas, S.Ds., M.A., salah seorang dosen jurusan DKV di ISTTS. Webinar ini diselenggarakan melalui platform Zoom dan Youtube. 

Baca Selengkapnya
Kenali Program Dual Degree Swinburne University

Kenali Program Dual Degree Swinburne University

Apakah anda siswa SMA yang sedang mencari kesempatan untuk menempuh pendidikan di luar negeri? Dengan mencari perguruan tinggi yang memiliki kerja sama dengan kampus luar negeri, mahasiswa bisa mencicipi beberapa semester awal di Indonesia kemudian menyelesaikan semester akhirnya di luar negeri. Dengan acara ini, siswa SMA yang lulus tahun ini tetap bisa melanjutkan studi di dalam negeri secara online dan melanjutkan studi di luar negeri saat pandemi sudah mereda.

Baca Selengkapnya
Jump and Start Your Finance

Jump and Start Your Finance

Knowledge Sharing Program (KSP) Season 10 Episode 5 diadakan pada hari Jumat, 1 Oktober 2021 dengan mengundang Bapak Hadyanto Suryadi, S.Kom. sebagai narasumber. Beliau merupakan alumni Informatika ISTTS yang sekarang bekerja sebagai Infra Team Lead, NCS Pte Ltd, di Singapura. Webinar yang berjudul “Jump and Start Your Finance” ini dilaksanakan secara online melalui platform Zoom dan Youtube.

Baca Selengkapnya
Podcast "Bincang Kreatif" Episode 1: Bertahan Sebagai Desainer Produk dalam Masa Pandemi"

Podcast "Bincang Kreatif" Episode 1: Bertahan Sebagai Desainer Produk dalam Masa Pandemi"

Podcast “Bincang Kreatif” yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 25 September 2021 oleh Himpunan Mahasiswa Desain Produk mengundang Kevin Nathanael,S.Ds sebagai pembicaranya. Kevin sendiri merupakan alumni Desain Produk Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) angkatan 2016.

Baca Selengkapnya
Study Abroad Sharing Session With Asia Exchange ISTTS

Study Abroad Sharing Session With Asia Exchange ISTTS

Student exchange atau pertukaran mahasiswa ke luar negeri merupakan salah satu program yang mungkin dilakukan oleh mahasiswa aktif ISTTS yang berminat untuk mencoba pengalaman belajar ke luar negeri selama satu semester. Segala urusan yang berhubungan dengan mahasiswa yang akan belajar keluar negeri akan ditangani oleh Kantor Urusan Internasional (KUI) ISTTS. Oleh karena itu dengan tujuan memberikan informasi kepada mahasiswa aktif ISTTS yang berminat untuk mengikuti student exchange ke luar negeri KUI mengadakan sharing session berjudul Study Abroad Sharing Session with Asia Exchange-ISTTS

Baca Selengkapnya
Good Sentences Structure For Essay Writing

Good Sentences Structure For Essay Writing

Essay atau karya tulis ilmiah lainnya tentu sudah sangat familiar di kalangan pelajar dan mahasiswa dalam dunia pendidikan. Melalui essay, mahasiswa dapat menuliskan hasil penelitian, hasil analisa, dan observasi yang dilakukan sebagai laporan tertulis. Namun kenyataannya, sampai saat ini dikalangan mahasiswa maupun pelajar masih banyak didapati kesalahan-kesalahan dalam penulisan essay atau karya tulis ilmiah. Oleh sebab itu dalam rangka mengedukasi pelajar dan mahasiswa serta sebagai langkah antisipasi terhadap adanya kesalahan-kesalahan dalam penulisan essay, Panitia KSP (Knowledge Sharing Program) mengadakan sesi KSP Season 10 dengan judul “Good Sentences Structure For Essay Writing”.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon