The Importance of Cloud Computing
Berita
15 November 2021

The Importance of Cloud Computing

Kamis, 11 November 2021 pukul 13.00 melalui Zoom, berlangsung sebuah Guest Lecture mengenai The Importance of Cloud Computing in Education yang dibawakan oleh narasumber Furin Ongko, seorang Technical Program Manager di Amazon Web Services Educate. Semenjak awal tahun 2021, ISTTS telah menerima kepercayaan sebagai salah satu institusi yang dapat mengeluarkan sertifikasi AWS Academy.

Acara ini diramaikan oleh puluhan peserta yang merupakan mahasiswa maupun siswa yang masih menempuh pendidikan di jenjang SMA dan ingin mempelajari ilmu Cloud Computing. Sebelum menjelaskan mengenai apa itu cloud computing, beliau memutar sebuah video yang menjelaskan definisi internet, yaitu jaringan komputer yang saling terhubung. Jaringan komputer yang berskala besar akan disebut server. Namun dengan hadirnya cloud computing, maka komputer fisik tidak lagi menjadi sebuah kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan pengguna jasa server. Selain itu, cloud computing juga bersifat praktis dan elastis. Praktis karena dapat dinyalakan di bawah waktu 5 menit. Elastis karena dapat menyesuaikan prosesor dan biaya sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Agar peserta lebih memahami cara kerja pembayaran pada cloud computing, beliau mengibaratkan pembayaran cloud computing layaknya tagihan air. Semakin banyak air yang dibutuhkan di bak mandi, maka dibutuhkan aliran yang semakin deras. Apabila bak mandi penuh tetapi keran air dibiarkan menyala maka tagihan PLN akan bertambah walaupun air tersebut tidak dapat tertampung. Hal ini disebut sebagai pay as you go, dimana customer dapat mengatur besar kecilnya penggunaan resource cloud seperti keran air dan membayar sesuai dengan resource yang digunakan.

AWS merupakan penyedia jasa cloud yang paling terpercaya yang telah membantu jutaan bisnis di 190 negara dan merupakan seorang cloud leader sejak 2010-2021. Yang unik dari AWS adalah setiap service yang disediakan berangkat dari permasalahan dan masukan dari customer pada umumnya untuk menghasilkan tools yang paling tepat. Pada saat ini terdapat lebih dari 2000 service lebih dari 5000 fitur. Namun dengan banyaknya fitur dan kenyamanan yang disediakan AWS justru tidak pernah menaikkan harganya selama 15 tahun. Tidak lama lagi akan diterbitkan data center AWS di Jakarta untuk mempermudah akses pelanggan AWS di Indonesia, diantaranya Blibli, Kumparan, Halodoc dll.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan Kak Furin melakukan simulasi lab AWS yang dengan mudah dilakukan dan dalam waktu singkat sudah didapatkan server yang dapat menerima ping. AWS ternyata memiliki banyak fungsionalitas selain penyedia jasa cloud computing. Dengan menggabungkan ilmu cloud computing yang serverless dengan machine learning dapat menghasilkan berbagai inovasi. Kedua teknologi ini dapat menghitung pressure index pada pertandingan sepak bola serverless dan menggunakan analisa dari machine learning berdasarkan sudut para pemain, sehingga penonton dapat merasakan experience seperti di lapangan pertandingan. Amazon Go merupakan aplikasi yang digunakan untuk masuk ke supermarket tanpa pegawai dimana barang yang diambil akan secara otomatis ditambahkan barang ke virtual cart. Saldo pengguna akan terpotong dan receipt akan dikirim ke aplikasi Amazon Go pengguna. Teknologi memanfaatkan teknologi computer vision seperti yang digunakan pada self driving car.

Di tengah dunia yang sedang dilanda virus Covid-19 penggunaan cloud computing juga semakin meningkat. Dunia IT banyak terdampak oleh cloud computing karena segala sesuatu dapat dilakukan dengan lebih cepat. Menurut Forbes, 80% perusahaan IT akan berpindah ke cloud pada 2025. Maka dari itu AWS bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk memberikan program AWS Educate secara gratis kepada siswa SMA dan SMK. Di akhir acara dibuka sesi tanya jawab dan semua peserta berfoto bersama untuk mengabadikan momen tersebut.

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Jurusan Desain Komunikasi Visual Angkatan 2023 Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) mengadakan kunjungan ke Kebun Binatang Surabaya (KBS) pada tanggal 28 Maret 2024. Kunjungan ini diadakan sebagai praktik dari kelas Fotografi Aplikatif, yang diajar oleh Bapak Herman Budianto. Kegiatan yang dihadiri oleh 32 mahasiswa-mahasiswa ini memiliki tujuan untuk mempraktikkan materi fotografi yang telah dipelajari sebelumnya, seperti human interest, wildlife, dan landscape photography.

Baca Selengkapnya
Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Seminar berjudul Cybersecurity and how initiate an anti mainstream overseas career journey diselenggarakan pada tanggal 27 Maret 2024 oleh ISTTS yang pembicaranya adalah Ferry Haris, S.Kom.,M.Sc.,. Ferry Haris ini sendiri dia adalah CEO dari FeHa International Consulting B.V. Seminar ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa dan mahasiswi dari Teknik Informatika lalu ada juga beberapa dari SIB(Sistem Informasi Bisnis) dan terakhir ada juga dari DKV(Desain Komunikasi Visual). 

Baca Selengkapnya
Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Pada tanggal 22 Maret 2024, matahari bersinar cerah seperti biasanya. Nampaknya, hari itu akan berjalan dengan normal seperti tidak akan terjadi apa-apa. Namun siapa yang menyangka, tiba-tiba tepat pada pukul 11.22 WIB terjadi gempa pertama kali setelah sekian lama tidak terjadi gempa, yang mengguncang gedung-gedung di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS).

Baca Selengkapnya
Open Talk Informatika Semester Genap 2024

Open Talk Informatika Semester Genap 2024

Himpunan Mahasiswa Informatika Institut Sains dan Teknologi Terapan Surabaya (ISTTS) menggelar acara Open Talk Informatika Semester Genap pada tanggal 22 Maret 2024 di ruang E-402. Acara ini mengundang Bapak Dr. Yosi Kristian, S.Kom. M.Kom., selaku Kepala Program Studi Informatika di ISTTS.

Baca Selengkapnya
Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS, berlanjut pada hari Minggu tanggal 17 Maret 2024. Acara yang ditujukan pada anggota STV (Sinlui TV) ini adalah acara yang berlangsung selama 2 hari, dimana para peserta menginap pada sekolah mereka, tepatnya pada SMAK St. Louis 1 Surabaya. 

Baca Selengkapnya
Leveling Up Your Products Charm

Leveling Up Your Products Charm

Workshop berjudul Leveling Up Your Products Charm diselenggarakan pada hari Sabtu, 16 Maret 2024 oleh ISTTS yang berkolaborasi dengan SMA Frateran. Workshop ini bertempat di aula Frateran dan workshop ini dihadiri oleh anak anak dari SMA Frateran yang kurang lebih ada 100 orang. workshop ini telah memberikan kontribusi yang berharga dalam mengembangkan wawasan dan keterampilan peserta dalam menghadapi tantangan pasar yang semakin kompetitif di era digital ini.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon