The Importance of Cloud Computing
Berita
15 November 2021

The Importance of Cloud Computing

Kamis, 11 November 2021 pukul 13.00 melalui Zoom, berlangsung sebuah Guest Lecture mengenai The Importance of Cloud Computing in Education yang dibawakan oleh narasumber Furin Ongko, seorang Technical Program Manager di Amazon Web Services Educate. Semenjak awal tahun 2021, ISTTS telah menerima kepercayaan sebagai salah satu institusi yang dapat mengeluarkan sertifikasi AWS Academy.

Acara ini diramaikan oleh puluhan peserta yang merupakan mahasiswa maupun siswa yang masih menempuh pendidikan di jenjang SMA dan ingin mempelajari ilmu Cloud Computing. Sebelum menjelaskan mengenai apa itu cloud computing, beliau memutar sebuah video yang menjelaskan definisi internet, yaitu jaringan komputer yang saling terhubung. Jaringan komputer yang berskala besar akan disebut server. Namun dengan hadirnya cloud computing, maka komputer fisik tidak lagi menjadi sebuah kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan pengguna jasa server. Selain itu, cloud computing juga bersifat praktis dan elastis. Praktis karena dapat dinyalakan di bawah waktu 5 menit. Elastis karena dapat menyesuaikan prosesor dan biaya sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Agar peserta lebih memahami cara kerja pembayaran pada cloud computing, beliau mengibaratkan pembayaran cloud computing layaknya tagihan air. Semakin banyak air yang dibutuhkan di bak mandi, maka dibutuhkan aliran yang semakin deras. Apabila bak mandi penuh tetapi keran air dibiarkan menyala maka tagihan PLN akan bertambah walaupun air tersebut tidak dapat tertampung. Hal ini disebut sebagai pay as you go, dimana customer dapat mengatur besar kecilnya penggunaan resource cloud seperti keran air dan membayar sesuai dengan resource yang digunakan.

AWS merupakan penyedia jasa cloud yang paling terpercaya yang telah membantu jutaan bisnis di 190 negara dan merupakan seorang cloud leader sejak 2010-2021. Yang unik dari AWS adalah setiap service yang disediakan berangkat dari permasalahan dan masukan dari customer pada umumnya untuk menghasilkan tools yang paling tepat. Pada saat ini terdapat lebih dari 2000 service lebih dari 5000 fitur. Namun dengan banyaknya fitur dan kenyamanan yang disediakan AWS justru tidak pernah menaikkan harganya selama 15 tahun. Tidak lama lagi akan diterbitkan data center AWS di Jakarta untuk mempermudah akses pelanggan AWS di Indonesia, diantaranya Blibli, Kumparan, Halodoc dll.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan Kak Furin melakukan simulasi lab AWS yang dengan mudah dilakukan dan dalam waktu singkat sudah didapatkan server yang dapat menerima ping. AWS ternyata memiliki banyak fungsionalitas selain penyedia jasa cloud computing. Dengan menggabungkan ilmu cloud computing yang serverless dengan machine learning dapat menghasilkan berbagai inovasi. Kedua teknologi ini dapat menghitung pressure index pada pertandingan sepak bola serverless dan menggunakan analisa dari machine learning berdasarkan sudut para pemain, sehingga penonton dapat merasakan experience seperti di lapangan pertandingan. Amazon Go merupakan aplikasi yang digunakan untuk masuk ke supermarket tanpa pegawai dimana barang yang diambil akan secara otomatis ditambahkan barang ke virtual cart. Saldo pengguna akan terpotong dan receipt akan dikirim ke aplikasi Amazon Go pengguna. Teknologi memanfaatkan teknologi computer vision seperti yang digunakan pada self driving car.

Di tengah dunia yang sedang dilanda virus Covid-19 penggunaan cloud computing juga semakin meningkat. Dunia IT banyak terdampak oleh cloud computing karena segala sesuatu dapat dilakukan dengan lebih cepat. Menurut Forbes, 80% perusahaan IT akan berpindah ke cloud pada 2025. Maka dari itu AWS bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk memberikan program AWS Educate secara gratis kepada siswa SMA dan SMK. Di akhir acara dibuka sesi tanya jawab dan semua peserta berfoto bersama untuk mengabadikan momen tersebut.

Podcast "Bincang Kreatif" Episode 3: Thesis Vs Pandemic

Podcast "Bincang Kreatif" Episode 3: Thesis Vs Pandemic

“Thesis Vs Pandemic” menjadi topik pembicaraan utama pada Podcast Bincang Kreatif episode ke-3. Podcast ini mengundang narasumber yang kebetulan merupakan alumni Desain Produk ISTTS angkatan 2015. Beliau bernama Yohanna Ekawati, S.Ds. Kesibukan yang sedang dijalani oleh narasumber yang akrab disapa Kak Hana ini adalah menjadi seorang social media and brand strategies di salah satu brand hair care dari Jepang. Selain itu, beliau juga akan menjadi UX Designer di salah satu start-up Jakarta yang bernama Altera Academy.

Baca Selengkapnya
DAYKAVE 3.0  : Content Creator - Take the First Step

DAYKAVE 3.0 : Content Creator - Take the First Step

DAYKAVE 3.0 berhasil mengadakan webinar yang ditunggu-tunggu  oleh para pembuat konten. Senin malam lalu pada tanggal 29 November 2021 ,  telah terselenggara webinar DAYKAVE 3.0 yang berjudul Content Creator: Take the First Step.  Pembicara yang hadir untuk menyampaikan materi pada kesempatan kali ini adalah Fini Charisa, yang biasanya dipanggil dengan nama Kak Fini. Kecakapan pembicara pada webinar ketiga DAYKAVE 3.0 ini tidak perlu diragukan. Beliau adalah seorang UI Designer, bahkan beliau sudah mempunyai course dan akun edukasi desain yang bisa dilihat di Instagram @fin.design. 

Baca Selengkapnya
DAYKAVE 3.0 : Personal Branding in the Digital Era

DAYKAVE 3.0 : Personal Branding in the Digital Era

Desain Komunikasi Visual ISTTS kembali mengadakan webinar-webinar menarik sebagai bagian dari rangkaian acara DAYKAVE 3.0. Webinar yang mengangkat tema ”Personal Branding in The Digital Era“ diadakan pada Sabtu, 27 November 2021 dan berlangsung mulai pukul 10.00-11.00 WIB melalui platform Zoom. Sesi materi disampaikan oleh Ayom Satrio.

Baca Selengkapnya
BCA Interview Sharing Session

BCA Interview Sharing Session

BCA Interview Sharing Session merupakan sebuah acara sharing yang diadakan oleh ISTTS pada tanggal 27 November 2021. Acara ini mengundang 3 mahasiswa ISTTS yang lolos interview BCA sebagai pembicara kali ini. Ketiga pembicara tersebut adalah Kak Winda, Kak Heinrich, dan Kak Enricho. BCA memiliki 2 jurusan saat merekrut yaitu BCA IT Trainee dan BCA IT Staff. BCA IT Trainee Program dari BCA akan melatih pesertanya selama 6,5 bulan lalu bisa langsung kerja di BCA. Program BIT diketahui saat ada seminar yang diadakan di ISTTS. Syarat daftar BIT bisa dilihat di https://karir.bca.co.id/karir. Salah satu syaratnya adalah IPK minimal 3 dan tentunya, harus bisa di bidang IT. Pengalaman kerja dan berorganisasi juga bisa menjadi nilai tambahan bagi kita dalam mendaftar BIT.

Baca Selengkapnya
DAYKAVE 3.0 : Communicate Through Illustration

DAYKAVE 3.0 : Communicate Through Illustration

Melihat kondisi industri kreatif yang terus berkembang, mahasiswa juga perlu untuk mengerti dan mengikuti perkembangan tersebut. Hal inilah yang mendorong HIMA DKV ISTTS mengadakan acara DAYKAVE 3.0 di tahun ini. DAYKAVE 3.0 sendiri merupakan suatu acara yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh HIMA DKV. DAYKAVE merupakan acara pameran karya mahasiswa ISTTS dari jurusan DKV dari mahasiswa semester 1, 3, 5, dan 7. Tetapi pada kali ini, acara ini akan dimeriahkan dengan berbagai lomba dan seminar. Seminar yang bertemakan “Communicate Through Illustration” ini merupakan seminar pertama dari rangkaian acara DAYKAVE 3.0 lainnya. Seminar ini diadakan pada Rabu, 24 November 2021. Narasumber seminar ini merupakan seorang ilustrator buku anak, penulis sekaligus dosen DKV di ISTTS yang bernama Bu Naafi Nur Rohma,S.Sn., M.Sn 

Baca Selengkapnya
Visual Design Principle for UX Design

Visual Design Principle for UX Design

Knowledge Sharing Program iSTTS kembali mengadakan webinar pada 25 November 2021 yang berjudul “Visual Design Principle for UX Design”. Melalui platform Zoom dan Youtube, kali ini KSP mengundang Ibu Amelia Agustina Herlijanto, S.Ds., M.Med.Kom selaku pembicaranya yang membagikan materi seputar UX Design dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain UX dalam aplikasi.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon