DAYKAVE 3.0 : Personal Branding in the Digital Era
Berita
29 November 2021

DAYKAVE 3.0 : Personal Branding in the Digital Era

Desain Komunikasi Visual ISTTS kembali mengadakan webinar-webinar menarik sebagai bagian dari rangkaian acara DAYKAVE 3.0. Webinar yang mengangkat tema ”Personal Branding in The Digital Era“ diadakan pada Sabtu, 27 November 2021 dan berlangsung mulai pukul 10.00-11.00 WIB melalui platform Zoom. Sesi materi disampaikan oleh Ayom Satrio.

Acara diawali dengan membahas tentang apa itu brand dan branding. Mengutip dari Marty Neumeier, brand adalah firasat seseorang terhadap suatu produk, jasa atau perusahaan. “Ketika kita membentuk brand, kita membentuk persepsi seseorang terhadap kita,” tutur Kak Ayom. Sedangkan branding adalah teknik-teknik untuk mengarahkan persepsi tadi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa branding merupakan usahanya dan brand adalah hasilnya.

Lalu, mengapa kita perlu membangun personal branding? Ada 4 manfaat yang disampaikan oleh Kak Ayom, antara lain:

  1. Jika dulu kita tidak bisa complain pada televisi, sekarang kita bisa meninggalkan comment di internet, yang menunjukkan bahwa komunikasi tidak lagi searah, namun dua arah. Hal ini membuat kita memiliki media kita sendiri dan bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan market.
  2. Networking. Kak Ayom menjelaskan bahwa marketing yang paling efektif adalah word of mouth, di mana orang-orang biasanya lebih percaya pada perkataan orang lain daripada brand. Sebagai contoh, beliau membagikan pengalaman bahwa mayoritas klien beliau mengetahui beliau lewat rekomendasi orang lain.
  3. Trust. Audiens terbukti memiliki kepercayaan lebih tinggi terhadap seseorang daripada brand. Itulah mengapa muncul brand ambassador.
  4. Kepercayaan yang sudah dibangun akan berdampak pada legibilitas seseorang. Kak Ayom misalnya, meski bukan lulusan Desain Komunikasi Visual, namun Kak Ayom berhasil memiliki kepercayaan audiensnya. Hal ini dikarenakan beliau memiliki pengalaman 6 tahun berkecimpung di industri kreatif.

Bagaimana cara memulai personal brand? Kak Ayom membahas tentang teori close the gap, yaitu teori mendekatkan jarak antara dua hal. Hubungannya dengan personal brand yaitu mendekatkan jarak antara diri kita dengan target market. Selain itu, kita juga perlu mengenali diri kita. “Bukan be yourself, tapi be your best,” kata Kak Ayom.

Personal branding yang memang tidak hanya bisa diciptakan dengan membuat konten di media sosial, namun, sejauh ini pembuatan konten adalah hal yang paling efektif. Kak Ayom lanjut menjabarkan tentang manfaat membuat konten seperti loyal audiences, soft selling product, free advertisement, sponsor, affiliate product, dan lain-lain. Saat membuat konten, tentunya ada hal-hal penting untuk diperhatikan, seperti membuat konten yang dibutuhkan audiens, konten yang relate dengan audiens, selalu konsisten, serta post dan lupakan.

Beliau juga membahas sekilas tentang AIDA (Attention, Interest, Desire, Action), formula membuat konten yang sering beliau terapkan. Saat ini, banyak sekali konten kreator yang bermunculan. Maka dari itu, penting untuk memiliki hook yang menggaet perhatian. Agar audiens betah dengan konten kita, harus ada faktor yang menarik dan bermanfaat dari konten tersebut. Dan yang terakhir, bisa juga ditambahkan aksi-aksi untuk memancing atau ‘menuntut’ audiens untuk melakukan sesuatu.

Sesi materi ditutup oleh sebuah quote dari Kak Ayom. Ada juga sesi tanya jawab dengan narasumber agar peserta dapat jauh lebih dalam memahami tentang personal branding. Webinar kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama serta absensi.

Refash Volume 09 : Feast Your Eyes

Refash Volume 09 : Feast Your Eyes

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) ISTTS berhasil menggelar pameran hasil karya mahasiswa semester pertama, yakni Refash pada tanggal 6-9 Desember 2021. Pameran yang berlangsung dalam kurun waktu 1 minggu ini menampilkan 12 karya unik dari 6 kelompok mahasiswa DKV yang berupa upcycle fashion atau hasil karya dalam bentuk pakaian yang terbuat dari pemanfaatan material yang sudah tidak terpakai. Pameran yang rutin diadakan pada setiap tahunnya ini menjadi ajang bagi para mahasiswa untuk dapat menerapkan ilmu-ilmu yang sudah diajarkan dan merealisasikan kekreatifannya.

Baca Selengkapnya
Info Session the Series Exclusive for High School Students

Info Session the Series Exclusive for High School Students

Institut Sains Dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) mengadakan acara “Info Session The Series” yang dimulai dari 6 December 2021 sampai 18 December 2021. Acara yang diadakan melalui platform Zoom selama dua minggu ini menargetkan secara khusus untuk para siswa – siswi SMA Kelas 10 – 12 dan juga para mahasiswa (S1) yang ingin melanjutkan studi ke jenjang master (S2). Para siswa bisa memilih topik dari jurusan yang ingin mereka ketahui lebih lanjut seperti Informatika, Teknik Elektro, Teknik Industri, Sistem Informasi Bisnis, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk dan juga program Master.

Baca Selengkapnya
Dunia Pabrik dan Investasi

Dunia Pabrik dan Investasi

Webinar yang digelar pada hari Sabtu, 27 November 2021 mengundang Citro Hobart Jayanto alumni S1-Teknik Elektro lulusan 2014 sebagai pembicaranya. Di awal acara, beliau menyebutkan bahwa semasa kuliah, dirinya aktif mengikuti organisasi bahkan menjadi asisten di ISTTS. Saat ini, beliau sedang bekerja sebagai Asisstant Technical Manager di PT Jasuindo Tiga Perkasa Tbk.

Baca Selengkapnya
DAYKAVE 3.0 : Lecturer X Student Collaboration

DAYKAVE 3.0 : Lecturer X Student Collaboration

Hari terakhir pada serangkaian acara DAYKAVE 3.0 di tahun 2021 jatuh pada Sabtu siang lalu, tanggal 4 Desember 2021 dengan terselenggaranya webinar DAYKAVE 3.0 terakhir yang berjudul Lecturer X Student Collaboration. Webinar yang digelar jurusan DKV ISTTS kali ini sangatlah special karena mengundang dua pembicara, salah satunya adalah dosen pengajar DKV ISTTS, yaitu Naafi Nur Rohma, S.Sn, M.Sn. Seminar ini dimulai pada pukul 14.00 WIB yang bertempat di platform Zoom

Baca Selengkapnya
Podcast "Bincang Kreatif" Episode 3: Thesis Vs Pandemic

Podcast "Bincang Kreatif" Episode 3: Thesis Vs Pandemic

“Thesis Vs Pandemic” menjadi topik pembicaraan utama pada Podcast Bincang Kreatif episode ke-3. Podcast ini mengundang narasumber yang kebetulan merupakan alumni Desain Produk ISTTS angkatan 2015. Beliau bernama Yohanna Ekawati, S.Ds. Kesibukan yang sedang dijalani oleh narasumber yang akrab disapa Kak Hana ini adalah menjadi seorang social media and brand strategies di salah satu brand hair care dari Jepang. Selain itu, beliau juga akan menjadi UX Designer di salah satu start-up Jakarta yang bernama Altera Academy.

Baca Selengkapnya
DAYKAVE 3.0  : Content Creator - Take the First Step

DAYKAVE 3.0 : Content Creator - Take the First Step

DAYKAVE 3.0 berhasil mengadakan webinar yang ditunggu-tunggu  oleh para pembuat konten. Senin malam lalu pada tanggal 29 November 2021 ,  telah terselenggara webinar DAYKAVE 3.0 yang berjudul Content Creator: Take the First Step.  Pembicara yang hadir untuk menyampaikan materi pada kesempatan kali ini adalah Fini Charisa, yang biasanya dipanggil dengan nama Kak Fini. Kecakapan pembicara pada webinar ketiga DAYKAVE 3.0 ini tidak perlu diragukan. Beliau adalah seorang UI Designer, bahkan beliau sudah mempunyai course dan akun edukasi desain yang bisa dilihat di Instagram @fin.design. 

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon