Meneladan Pahlawan Dengan Menjadi Pejuang Ekonomi Kreatif
Berita
11 November 2021

Meneladan Pahlawan Dengan Menjadi Pejuang Ekonomi Kreatif

Tepat pada tanggal 10 November 2021, saat seluruh masyarakat Indonesia merayakan Hari Pahlawan Nasional, ISTTS kembali mengadakan Knowledge Sharing Program Special Season 11 Episode 4 melalui Zoom Meeting. KSP yang berjudul “Meneladan Pahlawan Dengan Menjadi Pejuang Ekonomi Kreatif” ini menghadirkan 2 pembicara yaitu Agatha Dinarah S.R., S.T., M.Ds. dan Angger D. Wiranata sebagai Founder Dus Duk Duk & aktivis Surabaya Creative Network (SCN).

Ibu Agatha selaku dosen di ISTTS menjelaskan bahwa ekonomi kreatif adalah suatu konsep yang mengintensifikan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Industri kreatif sendiri merupakan suatu sub sistem dari ekonomi. Ciri-ciri dari ekonomi kreatif, yaitu siklus hidupnya singkat, resiko tinggi, saingan banyak dan mudah ditiru sehingga yang menjadi bahan bakarnya yaitu kreativitas sendiri. Ekonomi berkembang dari ekonomi pertanian, ekonomi industri, ekonomi informasi lalu menjadi ekonomi kreatif yang melahirkan industri kreatif. Industri kreatif sendiri memiliki 17 sub-sektor.

Alasan mengapa kita perlu mengembangkan industri kreatif yaitu karena dependensi ekonomi nasional pada sektor ekstraksi SDA (mineral, perkebunan, dan lain-lain). Berdasarkan Global Innovation Index (GII), Indonesia berada pada urutan ke-85 hingga 90 dari 131 ekonomi negara dunia. Sebagai tambahan, adanya arahan presiden RI yaitu ekonomi kreatif harus menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia. Peluang pengembangan industri kreatif mencakup beberapa hal seperti: potensi kekayaan alam dan budaya, demand produk kreatif, gaya hidup digital, jumlah kelas menengah, dan bonus demografi. Tiga syarat agar Indonesia bisa menjadi negara terhebat ke-3 di dunia pada tahun 2045: pertumbuhan ekonomi tidak boleh kurang dari 5%, kondisi politik di Indonesia yang kondusif terutama saat pemilihan demokrasi, dan generasi muda yang mempunyai skill, produktif dan kompetitif. Ibu Agatha menghimbau kepada para anak muda agar bersama mewarnai Indonesia dengan berbagai macam kreativitas.

Setelah presentasi dari Bu Agatha, Pak Angger menceritakan tentang perjalanan hidupnya yang tidak berhenti mengembangkan kreativitasnya, mulai dari awal masuk kuliah sampai dengan lulus dan kerja. Menurut Pak Angger, networking dan trust merupakan komponen yang penting bagi kita dalam bekerja bersama orang lain. Semenjak kuliah, ia sudah menerima pekerjaan proyek yang bernilai tinggi dan sempat berkeliling ke berbagai daerah di Indonesia. Semua itu bisa direalisasikan dengan kreativitas tanpa batas dan semangat pantang menyerah. Perjalanan hidup Pak Angger sungguh menginspirasi anak muda agar tetap terus berkarya lebih banyak.

Webinar kemudian tentunya dilanjutkan dengan sharing dari Bu Agatha tentang kehidupan kuliahnya yang sangat menginspirasi juga. Setelah itu, sesi tanya jawab dibuka bagi para peserta. Webinar diakhiri dengan sesi foto bersama beserta absensi bagi peserta internal ISTTS.

Podcast "Bincang Kreatif" Episode 3: Thesis Vs Pandemic

Podcast "Bincang Kreatif" Episode 3: Thesis Vs Pandemic

“Thesis Vs Pandemic” menjadi topik pembicaraan utama pada Podcast Bincang Kreatif episode ke-3. Podcast ini mengundang narasumber yang kebetulan merupakan alumni Desain Produk ISTTS angkatan 2015. Beliau bernama Yohanna Ekawati, S.Ds. Kesibukan yang sedang dijalani oleh narasumber yang akrab disapa Kak Hana ini adalah menjadi seorang social media and brand strategies di salah satu brand hair care dari Jepang. Selain itu, beliau juga akan menjadi UX Designer di salah satu start-up Jakarta yang bernama Altera Academy.

Baca Selengkapnya
DAYKAVE 3.0  : Content Creator - Take the First Step

DAYKAVE 3.0 : Content Creator - Take the First Step

DAYKAVE 3.0 berhasil mengadakan webinar yang ditunggu-tunggu  oleh para pembuat konten. Senin malam lalu pada tanggal 29 November 2021 ,  telah terselenggara webinar DAYKAVE 3.0 yang berjudul Content Creator: Take the First Step.  Pembicara yang hadir untuk menyampaikan materi pada kesempatan kali ini adalah Fini Charisa, yang biasanya dipanggil dengan nama Kak Fini. Kecakapan pembicara pada webinar ketiga DAYKAVE 3.0 ini tidak perlu diragukan. Beliau adalah seorang UI Designer, bahkan beliau sudah mempunyai course dan akun edukasi desain yang bisa dilihat di Instagram @fin.design. 

Baca Selengkapnya
DAYKAVE 3.0 : Personal Branding in the Digital Era

DAYKAVE 3.0 : Personal Branding in the Digital Era

Desain Komunikasi Visual ISTTS kembali mengadakan webinar-webinar menarik sebagai bagian dari rangkaian acara DAYKAVE 3.0. Webinar yang mengangkat tema ”Personal Branding in The Digital Era“ diadakan pada Sabtu, 27 November 2021 dan berlangsung mulai pukul 10.00-11.00 WIB melalui platform Zoom. Sesi materi disampaikan oleh Ayom Satrio.

Baca Selengkapnya
BCA Interview Sharing Session

BCA Interview Sharing Session

BCA Interview Sharing Session merupakan sebuah acara sharing yang diadakan oleh ISTTS pada tanggal 27 November 2021. Acara ini mengundang 3 mahasiswa ISTTS yang lolos interview BCA sebagai pembicara kali ini. Ketiga pembicara tersebut adalah Kak Winda, Kak Heinrich, dan Kak Enricho. BCA memiliki 2 jurusan saat merekrut yaitu BCA IT Trainee dan BCA IT Staff. BCA IT Trainee Program dari BCA akan melatih pesertanya selama 6,5 bulan lalu bisa langsung kerja di BCA. Program BIT diketahui saat ada seminar yang diadakan di ISTTS. Syarat daftar BIT bisa dilihat di https://karir.bca.co.id/karir. Salah satu syaratnya adalah IPK minimal 3 dan tentunya, harus bisa di bidang IT. Pengalaman kerja dan berorganisasi juga bisa menjadi nilai tambahan bagi kita dalam mendaftar BIT.

Baca Selengkapnya
DAYKAVE 3.0 : Communicate Through Illustration

DAYKAVE 3.0 : Communicate Through Illustration

Melihat kondisi industri kreatif yang terus berkembang, mahasiswa juga perlu untuk mengerti dan mengikuti perkembangan tersebut. Hal inilah yang mendorong HIMA DKV ISTTS mengadakan acara DAYKAVE 3.0 di tahun ini. DAYKAVE 3.0 sendiri merupakan suatu acara yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh HIMA DKV. DAYKAVE merupakan acara pameran karya mahasiswa ISTTS dari jurusan DKV dari mahasiswa semester 1, 3, 5, dan 7. Tetapi pada kali ini, acara ini akan dimeriahkan dengan berbagai lomba dan seminar. Seminar yang bertemakan “Communicate Through Illustration” ini merupakan seminar pertama dari rangkaian acara DAYKAVE 3.0 lainnya. Seminar ini diadakan pada Rabu, 24 November 2021. Narasumber seminar ini merupakan seorang ilustrator buku anak, penulis sekaligus dosen DKV di ISTTS yang bernama Bu Naafi Nur Rohma,S.Sn., M.Sn 

Baca Selengkapnya
Visual Design Principle for UX Design

Visual Design Principle for UX Design

Knowledge Sharing Program iSTTS kembali mengadakan webinar pada 25 November 2021 yang berjudul “Visual Design Principle for UX Design”. Melalui platform Zoom dan Youtube, kali ini KSP mengundang Ibu Amelia Agustina Herlijanto, S.Ds., M.Med.Kom selaku pembicaranya yang membagikan materi seputar UX Design dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain UX dalam aplikasi.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon