3rd EAST INDONESIA CONFERENCE ON COMPUTER AND INFORMATION TECHNOLOGY (EICONCIT)
Berita
05 May 2021

3rd EAST INDONESIA CONFERENCE ON COMPUTER AND INFORMATION TECHNOLOGY (EICONCIT)

East Indonesia Conference on Computer and Information Technology (EIConCIT), konferensi ilmiah internasional untuk penelitian di bidang teknologi dan Computer Science tahun ini diadakan secara virtual pada 9 - 10 April 2021 akibat pandemi Covid-19. Acara ini didukung oleh IEEE, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta berkerjasama dengan Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Malaysia Sabah, Institut Teknologi Kalimantan (ITK), Universitas Negeri Malang, dan beberapa universitas ternama. Hal ini menjadi sebuah kehormatan bagi ISTTS untuk menjadi host dalam acara tahunan ini. Acara dimulai dengan Dr. Joan Santoso, S.Kom., M.Kom. yang memberikan pidato sambutan di awal acara mewakili general chair dari EIConCIT. Ini merupakan tahun ke-3 EIConCIT diadakan dengan dibawakan oleh beberapa speaker dari berbagai bidang, yaitu Assoc. Prof. Rayner Alfred, Emeritus Prof. Kondo Kunio, Prof. Leonel Hernandez, dan Prof. Dr. Ir. Endang Setyati .  Selanjutnya Dr. Ing. Wahyudi Hasbi memberikan sambutan sebagai IEEE Indonesia Section Chair. Sambutan dari ISTTS diberikan oleh Ir. Edwin Pramana,  M.AppSc., Ph.D selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi mewakili rektor ISTTS sekaligus membuka acara EIConCIT ini. Pada tahun ke-3 ini telah dikumpulkan 251 paper dari 12 negara oleh anggota-anggota yang berkontribusi dengan jumlah paper yang diterima adalah 85 dengan acceptance rate sebesar kurang lebih 35%.

Moderator yang mendampingi keynote di hari pertama ini adalah Dr. Esther Irawati Setiawan, M.Kom. Sesi pertama dibawakan oleh Assoc. Prof. Rayner Alfred, dari Universiti Malaysia Sabah yang membahas tentang “Modeling and Forecasting Fresh Agro-food Commodities Consumption per Capita in Malaysia” atau sederhananya metode yang beliau gunakan untuk memprediksi produksi agrikultur di Malaysia. Produk agrikultur ini meliputi 33 produk segar mulai dari beras, ternak, buah, sayuran, hingga perikanan.  Metode Time Series adalah metode peramalan dengan menggunakan analisa plot hubungan antara variabel yang akan diperkirakan dengan variabel waktu. Beliau menggunakan Ordinary Least Squares (OLS) dan Deep Neural Network (DNN) sebagai prediction model untuk menentukan komoditi apa saja yang mengalami penaikan dan penurunan permintaan pada tahun 2021-2030 di Malaysia. Dari mana sumber data yang digunakan? Beliau beserta tim mengumpulkan data konsumsi per capita setiap tahun dari para pedagang untuk melakukan Time series analysis tersebut.

Sedangkan di sesi keynote speaker yang kedua, Emeritus Prof. Kondo Kunio yang merupakan ketua dari ADADA (Asian Digital Art and Design Association) dari Tokyo University of Technology. Beliau menekuni bidang Computer Graphic, Game, dan Interactive Modeling. Dalam beberapa waktu beliau telah mengunjungi Indonesia beberapa kali dan kali ini berkesempatan untuk menjadi pembicara di Seminar EIConCIT untuk membahas tentang “Digital Modeling using Interactive Sketch Interpreter”.  Beliau banyak menunjukkan hasil karyanya yang melakukan modeling melalu sketsa dan foto. Seperti gambar di bawah ini yang beliau lakukan pada 2014 menggunakan kamera iPhone 6s dan selfie stick.  Pertama-tama diambil foto dari sebuah monumen dari berbagai sudut selama 15 menit. Dari 60 foto yang Prof. Kondo ambil dihasilkan sebuah model hanya dalam waktu singkat menggunakan sebuah program. Selain hal ini, ada juga Sketch Interpretter System yang sangat berguna untuk para desainer untuk mengvisualisasikan karyanya dalam bentuk 3D.

 

 

Sesi keynote ditutup dengan foto bersama dan acara dilanjutkan dengan tanda tangan MOU sebagai tanda resminya ISTTS bergabung dengan EIConCIT yang dilakukan oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi ISTTS dengan beberapa mitra dari East Indonesia Consortium, diantaranya Assoc. Prof. Dr. Uril Bahruddin selaku Wakil Rektor 4 Universitas Islam Negeri, Maulana Malik Ibrahim Malang, Assoc. Prof. Haviluddin, PhD dari Universitas Mulawarman, Assoc. Prof. Aji Prasetya Wibawa, PhD dari Universitas Negeri Malang. Setelah melewati istirahat selama hampir 2 jam, acara kembali dilanjutkan dengan sesi presentasi dari penulis paper yang diterima secara online melalui Zoom.

 

 

Pada hari kedua, acara dilanjutkan dengan sesi keynote dari Assoc. Prof. Leonel Hernandez dari Corporación Universitaria Reformada yang dimoderatori oleh Ir. Edwin Pramana, M.App.Sc., Ph.D. Topik yang dibawakan adalah terkait dengan SDN. Sesi keynote terakhir dari seminar EIConCIT ini dibawakan oleh Assoc. Prof. Dr. Ir. Endang Setyati, MT dari Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya dengan topik terkait dengan Viseme Bahasa Indonesia. Acara dilanjutkan dengan dengan sesi presentasi dari penulis paper yang diterima secara online melalui Zoom. Setelah acara seminar telah selesai dilakukan, maka acara ditutup oleh sepatah dua patah kata dari Dr. Joan Santoso, S.Kom., M.Kom sebagai perwakilan dari ISTTS,  Assoc. Prof. Ir. Haviluddin, IPM, PhD sebagai perwakilan dari East Indonesia Consortium, Assoc Prof. Aji Prasetya Wibawa, PhD dan Dr. Ir. Fachrul Kurniawan, ST, M.MT., IPM. Sebagai tuan rumah dari 4th EICONCIT 2022.

 

ISTTS Vitual Open House 2021

ISTTS Vitual Open House 2021

iSTTS tahun ini mengadakan Open House secara virtual akibat pandemi COVID-19. Virtual Open House ini diadakan pada 8-11 Juni 2021 melalui platform Zoom. Meskipun diadakan secara online, event Virtual Open House ini tetap tidak kalah menarik; Event yang berlangsung selama 4 hari ini diisi dengan berbagai workshop dan sharing session yang menarik dari beragam topik yang berkaitan dengan jurusan-jurusan di iSTTS. Mulai dari topik desain, elektro, industri, bisnis, dan lain-lain. Para pembicara yang dihadirkan adalah para professional di bidangnya sehingga para peserta dapat mudah mencerna materi yang disampaikan.

Baca Selengkapnya
Virtual Entrepreneurship Exhibition

Virtual Entrepreneurship Exhibition

Pada hari Selasa, 25 Mei 2021, acara Virtual Entrepreneurship Exhibition dilaksanakan oleh DKV iSTTS melalui platform Zoom. Acara diawali dengan pembukaan dari ketua panitia, Gerardo Mosses dan ketua HIMA DKV iSTTS, Dwitama Lingga. Ketua panitia dalam pembukaannya menyampaikan tentang kondisi rendahnya rasio kewirausahaan di Indonesia.

Baca Selengkapnya
How to Make Your Own 2D Platformer Game

How to Make Your Own 2D Platformer Game

Pada KSP season 9 episode 6 kali ini berjudulkan tentang “How to Make Your Own 2D Platformer Game” yang dibawakan oleh Herman Thuan To Saurik, S.Kom., M.T. Beliau merupakan salah satu dosen di kampus kita ISTTS. Pada awal seminar, beliau membagikan pengalaman dan software apa saja yang digunakan untuk membuat game.

Baca Selengkapnya
Bahas Seputar Perkembangan Industri Kreatif dalam Event Kreaktif 2021

Bahas Seputar Perkembangan Industri Kreatif dalam Event Kreaktif 2021

Kreaktif 2021 diadakan Sabtu, 8 Mei 2021 lalu oleh Mahasiswa Mata Kuliah Seminar DKV iSTTS untuk memberikan ilmu dan wawasan sehingga mahasiswa bisa update dalam mengikuti perkembangan industri kreatif. Webinar ini menghadirkan Adhitya Syahbanur, Rozak Lintang, Yen Yen Kohar, dan Dwitama Lingga sebagai pembicaranya. Webinar yang dihadiri oleh lebih dari 60 peserta ini diawali dengan perkenalan para panitia event dan sambutan dari ketua dari event ini, Vincent Jaya.

Baca Selengkapnya
Build your own Chatbot, Enhance your Social Media Strategy

Build your own Chatbot, Enhance your Social Media Strategy

Beberapa tahun belakangan ini dikenal search engine yang cukup populer. Saat sebuah keyword dimasukkan, maka website bisa menampilkan hasil dari pencarian. Social media marketing juga semakin meroket apalagi di masa pandemi. Bagaimana cara menjadi viral secara positif di social media? Tidak bisa dipungkiri bahwa social media telah menjadi pusat perhatian bagi orang zaman sekarang dan strategi marketing mengalami perubahan dari waktu ke waktu agar bisa beradaptasi dengan baik. Salah satu strategi marketing di era sekarang yang terkenal yaitu, Chatbot.

Baca Selengkapnya
Configuration of Hybrid Vehicles

Configuration of Hybrid Vehicles

Episode keempat dalam KSP Season 9 ini bertemakan Configuration of Hybrid Vehicles yang dibawakan oleh Ferdiand Cornelius Sutiyono Master of Engineering (M. Eng.). Webinar ini diadakan pada hari Jumat, 31 April 2021 melalui platform Zoom dan live streaming Youtube. Webinar dibuka dengan pengenalan diri dari narasumber. Sebagai informasi, narasumber merupakan alumni dari S1 Teknik Elektro. Beliau juga sempat menjadi dosen selama kurang lebih 1 tahun. Kemudian melanjutkan studi nya pada tahun 2015 di Jerman.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon