Road to Worldwide Developers Conference (WWDC)
Berita
30 August 2021

Road to Worldwide Developers Conference (WWDC)

Webinar berjudul “Road to Worldwide Developer Conference (WWDC)” yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 28 Agustus 2021 oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika mengundang Davin Djayadi sebagai pembicaranya. Davin sendiri merupakan mahasiswa Teknik Informatika Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (iSTTS) angkatan 2018.

Sesi webinar dibuka dengan pengenalan mengenai WWDC. Davin mengatakan bahwa WWDC adalah konferensi IT internasional yang digelar oleh Apple dan bertempat di Silicon Valley, salah satu provinsi yang terletak di California di mana banyak startup didirikan. Konferensi WWDC hanya bisa dihadiri oleh Apple Developer yang diundang untuk bergabung dalam konferensi yang sangat ditunggu-tunggu oleh sekian banyak developer yang antusias mengenai perkembangan teknologi itu. Namun, Davin menjelaskan bahwa Apple membuka peluang bagi mereka yang tertarik dengan mengadakan WWDC Scholarship atau yang kerap kali disebut sebagai Swift Student Challenge dengan sejumlah persyaratan yang harus terpenuhi. 

Beliau kemudian melanjutkan bahwa dalam konferensi yang bertemakan teknologi itu, Apple menunjukkan sejumlah teknologi baru garapannya dan menggelar workshop yang memungkinkan bagi pesertanya untuk berkonsultasi dan berjumpa dengan Apple Team. Hal menarik lainnya adalah konferensi ini tidak hanya bisa dihadiri oleh mereka yang tertarik untuk menjadi developer saja, tetapi juga terbuka untuk mereka yang menggeluti bidang desain aplikasi dan web serta marketing. Untuk saat ini, total peserta yang bergabung dalam konferensi itu berjumlah 350 orang dan 20 orang di antaranya berasal dari Indonesia. Davin lalu menyampaikan harapannya agar jumlah peserta konferensi yang berasal dari Indonesia dapat bertambah seiring berjalannya waktu.

Selanjutnya, Davin berbagi pengalaman mengenai aplikasi bertema edukasi yang diajukannya. Aplikasi yang bernama Add Modulo itu merupakan game strategi yang mengedukasi pemainnya tentang penjumlahan sederhana, operator modulus, dan berpikir strategi. Beliau memaparkan bahwa sebenarnya tujuan dari aplikasi yang dibuatnya itu adalah untuk membantu anak-anak pada bidang matematika dasar (basic math). 

Webinar dilanjutkan dengan sesi tanya jawab atau sharing session bersama narasumber. Dalam sesi ini, Davin berbagi mengenai pengalamannya selama mengikuti Konferensi WWDC dan informasi yang diketahuinya mengenai Apple Academy. Selain itu, beliau juga sempat menceritakan mengenai pengalamannya menjadi seorang asisten tetap dan keuntungan yang diraihnya. Davin kemudian menutup sesi tanya jawab dengan mengatakan bahwa tidak ada kata terlambat untuk belajar atau memulai sesuatu dan bahwa memiliki semangat belajar merupakan suatu hal yang penting. Webinar kemudian diakhiri dengan sesi foto dan pengisian Google Form sebagai absensi kehadiran.

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Jurusan Desain Komunikasi Visual Angkatan 2023 Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) mengadakan kunjungan ke Kebun Binatang Surabaya (KBS) pada tanggal 28 Maret 2024. Kunjungan ini diadakan sebagai praktik dari kelas Fotografi Aplikatif, yang diajar oleh Bapak Herman Budianto. Kegiatan yang dihadiri oleh 32 mahasiswa-mahasiswa ini memiliki tujuan untuk mempraktikkan materi fotografi yang telah dipelajari sebelumnya, seperti human interest, wildlife, dan landscape photography.

Baca Selengkapnya
Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Seminar berjudul Cybersecurity and how initiate an anti mainstream overseas career journey diselenggarakan pada tanggal 27 Maret 2024 oleh ISTTS yang pembicaranya adalah Ferry Haris, S.Kom.,M.Sc.,. Ferry Haris ini sendiri dia adalah CEO dari FeHa International Consulting B.V. Seminar ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa dan mahasiswi dari Teknik Informatika lalu ada juga beberapa dari SIB(Sistem Informasi Bisnis) dan terakhir ada juga dari DKV(Desain Komunikasi Visual). 

Baca Selengkapnya
Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Pada tanggal 22 Maret 2024, matahari bersinar cerah seperti biasanya. Nampaknya, hari itu akan berjalan dengan normal seperti tidak akan terjadi apa-apa. Namun siapa yang menyangka, tiba-tiba tepat pada pukul 11.22 WIB terjadi gempa pertama kali setelah sekian lama tidak terjadi gempa, yang mengguncang gedung-gedung di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS).

Baca Selengkapnya
Open Talk Informatika Semester Genap 2024

Open Talk Informatika Semester Genap 2024

Himpunan Mahasiswa Informatika Institut Sains dan Teknologi Terapan Surabaya (ISTTS) menggelar acara Open Talk Informatika Semester Genap pada tanggal 22 Maret 2024 di ruang E-402. Acara ini mengundang Bapak Dr. Yosi Kristian, S.Kom. M.Kom., selaku Kepala Program Studi Informatika di ISTTS.

Baca Selengkapnya
Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS, berlanjut pada hari Minggu tanggal 17 Maret 2024. Acara yang ditujukan pada anggota STV (Sinlui TV) ini adalah acara yang berlangsung selama 2 hari, dimana para peserta menginap pada sekolah mereka, tepatnya pada SMAK St. Louis 1 Surabaya. 

Baca Selengkapnya
Leveling Up Your Products Charm

Leveling Up Your Products Charm

Workshop berjudul Leveling Up Your Products Charm diselenggarakan pada hari Sabtu, 16 Maret 2024 oleh ISTTS yang berkolaborasi dengan SMA Frateran. Workshop ini bertempat di aula Frateran dan workshop ini dihadiri oleh anak anak dari SMA Frateran yang kurang lebih ada 100 orang. workshop ini telah memberikan kontribusi yang berharga dalam mengembangkan wawasan dan keterampilan peserta dalam menghadapi tantangan pasar yang semakin kompetitif di era digital ini.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon