Pameran Fotografi “Kaptured”, Ekspresikan Aspirasi Mahasiswa ISTTS
Berita
30 January 2022

Pameran Fotografi “Kaptured”, Ekspresikan Aspirasi Mahasiswa ISTTS

Pernahkah kamu mengunjungi pameran seni rupa? Pameran seni rupa adalah acara yang diadakan oleh seniman untuk dinikmati oleh khalayak umum. Selain seni lukis yang biasanya dapat mengekspresikan perasaan dari pelukisnya, seni fotografi juga merupakan seni rupa 2 dimensi. Fotografi diartikan sebagai seni dan penghasilan gambar dan cahaya pada film atau permukaan. Secara umum fotografi dapat diartikan sebagai proses melukis atau menulis dengan menggunakan media cahaya. Ngomong-ngomong soal fotografi, mari kita bahas mengenai acara pameran fotografi yang diselenggarakan pekan lalu yuk!


Pameran Fotografi Kaptured berlangsung sejak pekan lalu, 22-23 Januari di Unicorn Creative Space. Acara ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (HIMA DKV) yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan mengapresiasi seni rupa fotografi mahasiswa Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) dan masyarakat umum.

 

Ketua acara Kaptured Dave Yonathan mengatakan, tahun ini adalah pertama kalinya pameran fotografi diadakan sehingga pengunjung dapat merasakan experience dari mengunjungi pameran secara langsung dan dipandu secara langsung oleh para panitia acara.

Acara ini diselenggarakan selama akhir pekan, sehingga menjadi daya tarik untuk menghabiskan akhir pekan bersama teman dan keluarga dengan menikmati berbagai kegiatan menarik dan pameran fotografi yang menampilkan hasil jepretan para mahasiswa berbakat ISTTS. 



Pada hari pertama, Kaptured dibuka dengan sambutan dari Dwitama Lingga selaku MC dan Dave Yonathan selaku ketua acara untuk menyambut para pengunjung yang sudah tak sabar untuk melihat hasil karya yang ada.



Selain pameran foto, hari pertama diramaikan dengan Workshop Female Photography oleh Nabila Mazaya, seorang fotografer sebagai narasumber, dilanjutkan dengan Workshop Clay Magnet yang diselenggarakan oleh kakak-kakak dari Unicorn Creative Space. Pada workshop membuat clay magnet, peserta diajak untuk hands on untuk secara langsung membuat magnet kulkas dari bahan clay yang telah disediakan. 




Menginjak pukul 2 hingga 5 sore, situasi pameran di hari pertama semakin ramai dengan pengunjung yang beragam baik dari kalangan mahasiswa ISTTS maupun kalangan umum.





Pada hari kedua diadakan kembali pameran foto dan seminar Editorial Fashion Photography oleh Tascha Amalia. Kak Tascha adalah seorang dosen Makeup Artist namun dibalik itu memiliki hobi fotografi. Beliau menceritakan bagaimana awal mula mempelajari ilmu fotografi secara otodidak melalui YouTube. Karena sang ayah memiliki sebuah kamera analog, Kak Tascha mengurungkan niatnya untuk membeli kamera baru dan menggunakan kamera analog ayahnya. Walaupun secara harga kamera analog lebih murah dari digital, namun diperlukan biaya juga untuk membeli film dan mencuci foto di film lab juga terkadang bisa mengalami kegagalan. Belum lagi ditambah dengan karakter film dan kamera analog yang berbeda-beda. Biasanya film dicuci di dalam darkbox dan selama proses itu, maka darkbox tidak boleh dibuka sedikit pun, jika tidak cahaya akan masuk dan film akan terbakar.


Seorang rekan dari Kak Tascha juga memperkenalkan definisi dari konsep. Konsep sendiri merupakan ide awal yang abstrak dari design yang akan diwujudkan menjadi nyata. Dengan adanya konsep dan ideologi akan menghasilkan moodboard yang dapat mencantumkan berbagai hal terkait photoshoot tersebut seperti wajah dan tubuh ideal, lokasi photoshoot indoor/outdoor, pose, makeup, bahkan jenis pakaian yang digunakan. Dari moodboard ini lah hal-hal yang direncanakan dapat dicapai satu per satu. 

 

Dalam fotografi dibutuhkan sebuah ideologi berupa gambaran yang ingin dicapai oleh fotografer tersebut. Fotografer pun perlu memikirkan faktor “What” atau seperti apa ide dan konsep yang menarik sehingga membuat foto itu hidup dan berbicara. Sedangkan faktor “How” adalah bagaimana teknik foto tersebut dicetak, salah satunya beliau membawa contoh hasil cetak menggunakan cyanotype dan kantong teh. 





Dalam rentang waktu dua hari, Kaptured berhasil menarik 123 pengunjung dari berbagai kalangan. Acara ini telah menangkap berbagai hal yang tengah terjadi di dunia saat ini dan menuangkannya ke dalam bentuk foto, seperti hal-hal seputar human interest, olahraga,  arsitektur, dan Covid-19. Kaptured telah menjadi alat untuk mahasiswa berekspresi dan menghasilkan seni fotografi yang dapat berbicara kepada para pengunjungnya.

 

4 Dosen ISTTS Menjalani Pelantikan Insinyur Lulusan Program Studi Program Profesi Insinyur

4 Dosen ISTTS Menjalani Pelantikan Insinyur Lulusan Program Studi Program Profesi Insinyur

Hingga saat ini, insinyur yang diakui secara formal di Indonesia baru berjumlah sekitar 10.900 orang, padahal jumlah lulusan sarjana teknik dan serumpunnya melebihi 1 juta orang. Berkontribusi untuk mengatasi ketimpangan profesi insinyur tersebut, keempat orang dosen Insitut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) menempuh pendidikan selama 1 semester untuk memperoleh gelar insinyur. Pada Sabtu (16/4/2022) sore, Dr. Ir. Joan Santoso , Dr. Ir. Esther Irawati Setiawan, Ir. Iwan Chandra, beserta Dr. Ir. Hartarto Junaedi dilantik bersama-sama 89 insinyur baru lainnya melalui Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Proses pelantikan berjalan lancar dan dilakukan oleh Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PPI) Jawa Timur.

Baca Selengkapnya
Podcast "Bincang Kreatif" Eps. 05 - Peluang dan Tantangan Desainer Produk di Masa Depan

Podcast "Bincang Kreatif" Eps. 05 - Peluang dan Tantangan Desainer Produk di Masa Depan

Podcast Desain Produk ISTTS episode 05 diselenggarakan pada hari Sabtu, 23 April 2022 dengan mengangkat topik “Peluang dan Tantangan Desainer Produk di Masa Depan”. Materi ini dibawakan oleh Bapak Sigit Firdaus Prayogi, S.T., M.Ds, salah seorang dosen ISTTS yang menekuni   jurusan Desain Produk dan berprofesi sebagai dosen sekaligus seorang College Innovator. Podcast ini diselenggarakan melalui platform Zoom.

Baca Selengkapnya
Creating Simple Face Stickers Using Computer Vision Techniques

Creating Simple Face Stickers Using Computer Vision Techniques

ISTTS kembali mengadakan webinar KSP Season 13 yang berjudul “Creating Simple Face Stickers Using Computer Vision Techniques”. Materi kali ini dibawakan oleh Dr. Yosi Kristian, S. Kom, M. Kom. Pak Yosi sekarang berperan sebagai kepala program studi dan Associate Professor pada departemen informatika ISTTS. Webinar ini diadakan pada hari Selasa, 26 April 2022 secara online melalui platform Zoom dan Youtube.

Baca Selengkapnya
Serunya belajar AWS IoT Edukit di ISTTS!

Serunya belajar AWS IoT Edukit di ISTTS!

Pada Jumat, 22 April 2022 ISTTS mengadakan workshop berjudul ‘Learn IoT using AWS IoT Edukit’ bagi para siswa-siswi SMA/SMK sederajat. Sebanyak 26 siswa-siswi menghadiri pelatihan yang dijalankan secara on-site ini. Siswa-siswi yang datang tampak antusias, karena selain mendapat ilmu seputar IoT, dalam workshop ini mereka mendapat kesempatan untuk menggunakan alat AWS IoT Edukit secara langsung. 

Baca Selengkapnya
Wanita Berperan di Era Milenial

Wanita Berperan di Era Milenial

Tanggal 21 April merupakan hari di mana masyarakat Indonesia merayakan hari Kartini. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa-jasa R.A Kartini. salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi perayaan Hari Kartini adalah dengan berbagi ilmu mengenai bisnis melalui webinar yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri ISTTS. Webinar kali ini mengangkat tema “Wanita Berperan di Era Milenial” dan dibawakan oleh salah satu alumni Teknik Industri ISTTS yaitu Ibu Nike Lidiyastuti Aritovani, S.T. atau yang akrab dipanggil dengan sebutan Kak Nike. Beliau adalah salah satu pengusaha makanan berbahan dasar ikan yang cukup sukses di kota Ambon.

 

Baca Selengkapnya
My Recent Research on Multimedia Processing

My Recent Research on Multimedia Processing

Episode KSP kali ini bertemakan multimedia processing dan dibawakan oleh Profesor Chuan-kai Yang dari National Taiwan University. Multimedia processing yang akan dijelaskan dibagi menjadi 4 kategori, antara lain image processing, video processing, graphics and visualization dan aplikasi untuk mengambil gambar.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon