Pameran Fotografi “Kaptured”, Ekspresikan Aspirasi Mahasiswa ISTTS
Berita
30 January 2022

Pameran Fotografi “Kaptured”, Ekspresikan Aspirasi Mahasiswa ISTTS

Pernahkah kamu mengunjungi pameran seni rupa? Pameran seni rupa adalah acara yang diadakan oleh seniman untuk dinikmati oleh khalayak umum. Selain seni lukis yang biasanya dapat mengekspresikan perasaan dari pelukisnya, seni fotografi juga merupakan seni rupa 2 dimensi. Fotografi diartikan sebagai seni dan penghasilan gambar dan cahaya pada film atau permukaan. Secara umum fotografi dapat diartikan sebagai proses melukis atau menulis dengan menggunakan media cahaya. Ngomong-ngomong soal fotografi, mari kita bahas mengenai acara pameran fotografi yang diselenggarakan pekan lalu yuk!


Pameran Fotografi Kaptured berlangsung sejak pekan lalu, 22-23 Januari di Unicorn Creative Space. Acara ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (HIMA DKV) yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan mengapresiasi seni rupa fotografi mahasiswa Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) dan masyarakat umum.

 

Ketua acara Kaptured Dave Yonathan mengatakan, tahun ini adalah pertama kalinya pameran fotografi diadakan sehingga pengunjung dapat merasakan experience dari mengunjungi pameran secara langsung dan dipandu secara langsung oleh para panitia acara.

Acara ini diselenggarakan selama akhir pekan, sehingga menjadi daya tarik untuk menghabiskan akhir pekan bersama teman dan keluarga dengan menikmati berbagai kegiatan menarik dan pameran fotografi yang menampilkan hasil jepretan para mahasiswa berbakat ISTTS. 



Pada hari pertama, Kaptured dibuka dengan sambutan dari Dwitama Lingga selaku MC dan Dave Yonathan selaku ketua acara untuk menyambut para pengunjung yang sudah tak sabar untuk melihat hasil karya yang ada.



Selain pameran foto, hari pertama diramaikan dengan Workshop Female Photography oleh Nabila Mazaya, seorang fotografer sebagai narasumber, dilanjutkan dengan Workshop Clay Magnet yang diselenggarakan oleh kakak-kakak dari Unicorn Creative Space. Pada workshop membuat clay magnet, peserta diajak untuk hands on untuk secara langsung membuat magnet kulkas dari bahan clay yang telah disediakan. 




Menginjak pukul 2 hingga 5 sore, situasi pameran di hari pertama semakin ramai dengan pengunjung yang beragam baik dari kalangan mahasiswa ISTTS maupun kalangan umum.





Pada hari kedua diadakan kembali pameran foto dan seminar Editorial Fashion Photography oleh Tascha Amalia. Kak Tascha adalah seorang dosen Makeup Artist namun dibalik itu memiliki hobi fotografi. Beliau menceritakan bagaimana awal mula mempelajari ilmu fotografi secara otodidak melalui YouTube. Karena sang ayah memiliki sebuah kamera analog, Kak Tascha mengurungkan niatnya untuk membeli kamera baru dan menggunakan kamera analog ayahnya. Walaupun secara harga kamera analog lebih murah dari digital, namun diperlukan biaya juga untuk membeli film dan mencuci foto di film lab juga terkadang bisa mengalami kegagalan. Belum lagi ditambah dengan karakter film dan kamera analog yang berbeda-beda. Biasanya film dicuci di dalam darkbox dan selama proses itu, maka darkbox tidak boleh dibuka sedikit pun, jika tidak cahaya akan masuk dan film akan terbakar.


Seorang rekan dari Kak Tascha juga memperkenalkan definisi dari konsep. Konsep sendiri merupakan ide awal yang abstrak dari design yang akan diwujudkan menjadi nyata. Dengan adanya konsep dan ideologi akan menghasilkan moodboard yang dapat mencantumkan berbagai hal terkait photoshoot tersebut seperti wajah dan tubuh ideal, lokasi photoshoot indoor/outdoor, pose, makeup, bahkan jenis pakaian yang digunakan. Dari moodboard ini lah hal-hal yang direncanakan dapat dicapai satu per satu. 

 

Dalam fotografi dibutuhkan sebuah ideologi berupa gambaran yang ingin dicapai oleh fotografer tersebut. Fotografer pun perlu memikirkan faktor “What” atau seperti apa ide dan konsep yang menarik sehingga membuat foto itu hidup dan berbicara. Sedangkan faktor “How” adalah bagaimana teknik foto tersebut dicetak, salah satunya beliau membawa contoh hasil cetak menggunakan cyanotype dan kantong teh. 





Dalam rentang waktu dua hari, Kaptured berhasil menarik 123 pengunjung dari berbagai kalangan. Acara ini telah menangkap berbagai hal yang tengah terjadi di dunia saat ini dan menuangkannya ke dalam bentuk foto, seperti hal-hal seputar human interest, olahraga,  arsitektur, dan Covid-19. Kaptured telah menjadi alat untuk mahasiswa berekspresi dan menghasilkan seni fotografi yang dapat berbicara kepada para pengunjungnya.

 

Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS, berlanjut pada hari Minggu tanggal 17 Maret 2024. Acara yang ditujukan pada anggota STV (Sinlui TV) ini adalah acara yang berlangsung selama 2 hari, dimana para peserta menginap pada sekolah mereka, tepatnya pada SMAK St. Louis 1 Surabaya. 

Baca Selengkapnya
Leveling Up Your Products Charm

Leveling Up Your Products Charm

Workshop berjudul Leveling Up Your Products Charm diselenggarakan pada hari Sabtu, 16 Maret 2024 oleh ISTTS yang berkolaborasi dengan SMA Frateran. Workshop ini bertempat di aula Frateran dan workshop ini dihadiri oleh anak anak dari SMA Frateran yang kurang lebih ada 100 orang. workshop ini telah memberikan kontribusi yang berharga dalam mengembangkan wawasan dan keterampilan peserta dalam menghadapi tantangan pasar yang semakin kompetitif di era digital ini.

Baca Selengkapnya
Videography Training STV x ISTTS di SMA St. Louis 1

Videography Training STV x ISTTS di SMA St. Louis 1

Pada tanggal 16 Maret 2024, di SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya suasana dipenuhi dengan semangat dan antusiasme saat Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) dan St. Louis TV (STV) mengadakan workshop Videography Training. Acara ini merupakan wujud kerjasama yang erat antara lembaga pendidikan dan media lokal untuk memberikan pengalaman belajar yang berharga kepada para siswa, khususnya dalam bidang videography, public speaking, dan media handling

Baca Selengkapnya
The Sailor Survival Game

The Sailor Survival Game

The sailor Survival Game ini adalah film survival game yang dibuat oleh Bu Farah Fauziah,S.hub.Int.,M.A. bersama team nya yang diselenggarakan di XXI TP(Tunjungan Plaza) pada hari sabtu 24 Februari 2024 jam 19.00. acara ini menjadi sorotan utama di kalangan masyarakat, terutama mereka yang tertarik dengan dunia militer dan film aksi.

Baca Selengkapnya
Factory Visit

Factory Visit

Kunjungan Pabrik antara jurusan elektro dengan jurusan industri ini diadakan hari kamis 22 februari 2024 oleh ISTTS. kunjungan pabrik ini dimulai dari jam 08.00 hingga sekitar 12.00 wib. kunjungan ini diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi jurusan elektro dan jurusan industri dari angkatan 2020 hingga 2023 serta beberapa dosen industri dan elektro.

Baca Selengkapnya
Berlomba Coding dengan TCC Internal 2024

Berlomba Coding dengan TCC Internal 2024

TCC 2024 (Top Coder Competition) adalah lomba yang diadakan oleh HIMAFOR (Himpunan Mahasiswa Informatika) ISTTS. TCC 2024 merupakan lomba berbasis coding, dimana para peserta mengerjakan soal yang berhubungan dengan logika dan pemrograman.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon