Open Your Mind Reach Your Future
Berita
24 May 2022

Open Your Mind Reach Your Future

Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) mengadakan open house yang dipadati oleh siswa-siswi SMA Katolik Stella Maris (STELMA) Surabaya pada Jumat (20/5/2022)

Mengangkat tema “Open Your Mind, Reach Your Future”, acara ini diharapkan dapat membuka wawasan para siswa-siswi SMA untuk meraih masa depan dalam menentukan bidang yang diinginkan. Kursi di Gedung Auditorium yang mulanya kosong, perlahan-lahan mulai terisi oleh kehadiran siswa-siswi SMA STELMA. Menjelang pukul 1 siang, acara ini dibuka dengan sambutan hangat dari Bu Yanti sebagai perwakilan dari  Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di ISTTS.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan perkenalan jurusan dari seluruh jurusan yang ada di ISTTS, mulai dari Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), Teknik Informatika, Sistem Informasi Bisnis (SIB), Desain Produk, Teknik Elektro, dan Teknik Industri. Seluruh peserta tampak menyimak dengan seksama apa yang disampaikan oleh bapak dan ibu dosen.

Untuk dapat mengenal lebih lanjut tentang keunikan dan apa saja ilmu yang di dapat di masing-masing jurusan, para peserta dibagi berkelompok untuk mengunjungi setiap pos yang ada. Berikut merupakan jurusan-jurusan yang ada di ISTTS beserta keunikannya:

  1. Teknik Informatika

Jurusan ini menawarkan berbagai bidang ilmu yang luas, mulai dari cara mendevelop sebuah program, hingga mengolah data dalam bentuk teks maupun foto untuk menghasilkan sebuah model. Nah, lantas untuk apa semua data tersebut? Miniatur Self Driving Car dengan kemampuan computer vision yang dapat mendeteksi jalan ini merupakan salah satu bentuk penerapannya di kehidupan nyata.

2. Sistem Informasi

Selain mempelajari cara membangun sistem di kehidupan nyata, membuat program serta ilmu-ilmu bisnis, Sistem Informasi juga mengajarkan cara mendevelop sebuah game, salah satunya pada penerapan Unity untuk dunia metaverse menggunakan Oculus.

3. Teknik Elektro

Teknologi Internet of Things (IoT) dan cara membuat rangkaian juga dapat dipelajari lho untuk kamu yang ingin terjun ke jurusan elektro!

4. Teknologi Industri

Untuk kamu yang suka dengan berbagai ilmu pengetahuan seperti Matematika, Fisika, dan Kimia, jurusan ini cocok deh buat kamu! Mungkin kamu pernah berpikir apa kegunaannya di kehidupan sehari-hari, namun di jurusan ini kamu akan belajar berpikir lebih kritis lagi mengenai hal-hal yang ada di sekelilingmu. Mulai dari bidang manufaktur seperti cara memilih bahan dan menata keuangan perusahaan, bahkan ilmu human resource dan quality management juga kamu dapatkan di jurusan ini. Bidang kerja yang ditawarkan pun juga sangat beragam!

5. Desain Komunikasi Visual

Berbagai hasil karya mahasiswa DKV ditampilkan berupa buku ilustrasi, maupun hasil rebranding yang diaplikasikan kepada kemasan sebuah produk dalam upaya membantu memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Jawa Timur.

6. Desain Produk

Jurusan Despro memamerkan berbagai hasil karya mahasiswanya mulai dari sketsa produk, hingga hasil produk yang telah didesain oleh mahasiswa-mahasiswa Despro.

Semoga dengan diadakannya acara ini, siswa-siswi SMA STELMA dapat pulang dengan membawa bekal untuk menyongsong masa depan!

Pameran Virtual: KWU Market 2022

Pameran Virtual: KWU Market 2022

DKV ISTTS mengadakan Pameran Virtual KWU yang merupakan pameran tahunan. Pameran ini bertujuan untuk membangun ide dalam berwirausaha sehingga menghasilkan inovasi baru saat era modern saat ini. Pameran tersebut diadakan via Zoom pada Selasa, 31 Mei 2022 lalu.

 

Baca Selengkapnya
Creative Coding : Coding For Noncoder, Designing For Nondesigner

Creative Coding : Coding For Noncoder, Designing For Nondesigner

KSP Season 13 di episodenya yang terakhir dengan judul “Creative Coding: Coding For Noncoder, Designing For NonDesigner” diadakan pada tanggal 18 Mei 2022 dan dibawakan oleh Bapak Dr. Lukman Zaman, S.Kom., M.Kom. Beliau merupakan salah satu dosen pengajar di jurusan S1 Teknik Informatika dan S1 DKV ISTTS. Webinar ini diadakan secara online melalui Zoom dan live streaming Youtube Channel milik KSP ISTTS yang berlangsung pada pukul 13.00 WIB.

Baca Selengkapnya
Membahas Dunia Desain bersama Suangart 2022

Membahas Dunia Desain bersama Suangart 2022

Acara Suangart 2022 yang diadakan oleh jurusan DKV ISTTS berhasil digelar pada hari Sabtu, 28 Mei 2022 pukul 10.30 WIB melalui Zoom. Menghadirkan 4 narasumber yang akan membagikan ilmu seputar dunia desain, yakni Christalia Emerald, Vincensius Calvin, Hendrik Reinhard Umboh, dan Herlangga Panditama, webinar ini disambut positif oleh sejumlah peserta yang aktif mengikuti acara garapan jurusan Desain Komunikasi Visual ISTTS ini.

Baca Selengkapnya
KSP Season 13 Episode 5 : HEROES ARE NOT BORN BUT MADE

KSP Season 13 Episode 5 : HEROES ARE NOT BORN BUT MADE

“Pemuda adalah sebuah tiang peradaban ke depan..” adalah sepenggal kalimat yang diucapkan oleh Bapak Sigit Firdaus Prayogi, S.T., M.Ds., salah satu dosen program studi Desain Produk ISTTS pada webinar Knowledge Sharing Program (KSP) yang berjudul “Heroes are not Born but Made”. Webinar yang diselenggarakan pada tanggal 11 Mei tersebut berlangsung secara online melalui platform Zoom dan live streaming youtube.

Baca Selengkapnya
4 Dosen ISTTS Menjalani Pelantikan Insinyur Lulusan Program Studi Program Profesi Insinyur

4 Dosen ISTTS Menjalani Pelantikan Insinyur Lulusan Program Studi Program Profesi Insinyur

Hingga saat ini, insinyur yang diakui secara formal di Indonesia baru berjumlah sekitar 10.900 orang, padahal jumlah lulusan sarjana teknik dan serumpunnya melebihi 1 juta orang. Berkontribusi untuk mengatasi ketimpangan profesi insinyur tersebut, keempat orang dosen Insitut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) menempuh pendidikan selama 1 semester untuk memperoleh gelar insinyur. Pada Sabtu (16/4/2022) sore, Dr. Ir. Joan Santoso , Dr. Ir. Esther Irawati Setiawan, Ir. Iwan Chandra, beserta Dr. Ir. Hartarto Junaedi dilantik bersama-sama 89 insinyur baru lainnya melalui Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Proses pelantikan berjalan lancar dan dilakukan oleh Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PPI) Jawa Timur.

Baca Selengkapnya
Podcast "Bincang Kreatif" Eps. 05 - Peluang dan Tantangan Desainer Produk di Masa Depan

Podcast "Bincang Kreatif" Eps. 05 - Peluang dan Tantangan Desainer Produk di Masa Depan

Podcast Desain Produk ISTTS episode 05 diselenggarakan pada hari Sabtu, 23 April 2022 dengan mengangkat topik “Peluang dan Tantangan Desainer Produk di Masa Depan”. Materi ini dibawakan oleh Bapak Sigit Firdaus Prayogi, S.T., M.Ds, salah seorang dosen ISTTS yang menekuni   jurusan Desain Produk dan berprofesi sebagai dosen sekaligus seorang College Innovator. Podcast ini diselenggarakan melalui platform Zoom.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon