Metode Iklan Kekinian, “Baper Advertising”
Berita
18 June 2020

Metode Iklan Kekinian, “Baper Advertising”

Pada hari Senin, 15 Juni 2020, Dr. Decky Avrilukito, S.Sn., MM atau yang biasa dikenal sebagai “Pak Dee”, membawakan KSP yang berjudul “Baper Advertising”. Apa sih “Baper Advertising” itu? Secara garis besar, baper advertising ialah iklan dari suatu produk, yang dapat menyentuh hati para penontonnya. Biasanya, baper advertising ini diunggah dalam bentuk short movie. Namun cara pengiklanan dengan membuat baper ini masih belum diterapkan di dunia periklanan di Indonesia.

Sebelum mulainya acara seminar, Pak Dee menunjukkan sebuah video dari penyanyi Alm. Didi Kempot yang sering disebut sebagai “The Godfather of Broken Heart”. Disitu beliau menunjukkan bahwa inilah salah satu contoh iklan baper advertising yang sudah ada di Indonesia. Tak hanya itu, untuk membuat para partisipan agar “baper”, beliau juga memutarkan lagu bertemakan patah hati sebelum dimulainya seminar. Disamping itu, beliau juga memamerkan hasil karya mahasiswa DKV ISTTS, mulai dari mahasiswa yang baru, hingga yang sudah lulus. Beliau juga memberi potongan film hasil karya mahasiswa yang dilombakan di Jakarta, dan berhasil meraih juara 1.

Selama seminar, beliau juga menunjukkan perbandingan antara iklan di Indonesia, dan iklan pembuatan negara Thailand. Beliau menunjukkan bagaimana iklan asuransi di Indonesia, dan iklan asuransi di Thailand. Di kesempatan ini beliau membuktikkan, bahwa baper advertising ini sangat penting untuk mulai diterapkan di Indonesia, karena di satu sisi iklan tersebut menarik dan tidak membosankan, tetapi juga dapat menyentuh perasaan para penonton. Kemudian beliau juga menampilkan salah satu brand internasional yang sudah akrab kita kenal dengan produk susu dan serealnya. Dan sebagian orang menyetujui bahwa iklan dengan metode baper advertising ini sangat ampuh untuk menarik perhatian para penonton.

Pak Dee juga mengajarkan para partisipan yang mengikuti seminar tersebut. Caranya bagaimana? Mulai dari membuat Idea Mapping, memilih ide yang anti-mainstream, dan lain lain. Namun perlu ditekankan bahwa baper bukanlah hanya membuat orang menjadi jatuh hati. Jika penonton marah atau tertawa karena iklan yang kita buat, berarti kita sudah membuat para penonton kita menjadi “baper”. Beliau juga menceritakan bagaimana pengalamannya selama bekerja di perusahaan rokok besar di Indonesia ini. Banyak tantangan yang telah beliau hadapi selama bekerja di bawah perusahaan rokok besar.

Pada akhir seminar, beliau juga menekankan sekali lagi. Kunci untuk membuat baper para penonton adalah, “Jadilah berbeda”. Jadi, kesimpulannya adalah “think out of the box, start from now”. Tak hanya menjadikan kita untuk berpikir dari berbagai sisi, tetapi juga menjadikan kita lebih kreatif dan anti-mainstream!

 

Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS, berlanjut pada hari Minggu tanggal 17 Maret 2024. Acara yang ditujukan pada anggota STV (Sinlui TV) ini adalah acara yang berlangsung selama 2 hari, dimana para peserta menginap pada sekolah mereka, tepatnya pada SMAK St. Louis 1 Surabaya. 

Baca Selengkapnya
Leveling Up Your Products Charm

Leveling Up Your Products Charm

Workshop berjudul Leveling Up Your Products Charm diselenggarakan pada hari Sabtu, 16 Maret 2024 oleh ISTTS yang berkolaborasi dengan SMA Frateran. Workshop ini bertempat di aula Frateran dan workshop ini dihadiri oleh anak anak dari SMA Frateran yang kurang lebih ada 100 orang. workshop ini telah memberikan kontribusi yang berharga dalam mengembangkan wawasan dan keterampilan peserta dalam menghadapi tantangan pasar yang semakin kompetitif di era digital ini.

Baca Selengkapnya
Videography Training STV x ISTTS di SMA St. Louis 1

Videography Training STV x ISTTS di SMA St. Louis 1

Pada tanggal 16 Maret 2024, di SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya suasana dipenuhi dengan semangat dan antusiasme saat Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) dan St. Louis TV (STV) mengadakan workshop Videography Training. Acara ini merupakan wujud kerjasama yang erat antara lembaga pendidikan dan media lokal untuk memberikan pengalaman belajar yang berharga kepada para siswa, khususnya dalam bidang videography, public speaking, dan media handling

Baca Selengkapnya
The Sailor Survival Game

The Sailor Survival Game

The sailor Survival Game ini adalah film survival game yang dibuat oleh Bu Farah Fauziah,S.hub.Int.,M.A. bersama team nya yang diselenggarakan di XXI TP(Tunjungan Plaza) pada hari sabtu 24 Februari 2024 jam 19.00. acara ini menjadi sorotan utama di kalangan masyarakat, terutama mereka yang tertarik dengan dunia militer dan film aksi.

Baca Selengkapnya
Factory Visit

Factory Visit

Kunjungan Pabrik antara jurusan elektro dengan jurusan industri ini diadakan hari kamis 22 februari 2024 oleh ISTTS. kunjungan pabrik ini dimulai dari jam 08.00 hingga sekitar 12.00 wib. kunjungan ini diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi jurusan elektro dan jurusan industri dari angkatan 2020 hingga 2023 serta beberapa dosen industri dan elektro.

Baca Selengkapnya
Berlomba Coding dengan TCC Internal 2024

Berlomba Coding dengan TCC Internal 2024

TCC 2024 (Top Coder Competition) adalah lomba yang diadakan oleh HIMAFOR (Himpunan Mahasiswa Informatika) ISTTS. TCC 2024 merupakan lomba berbasis coding, dimana para peserta mengerjakan soal yang berhubungan dengan logika dan pemrograman.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon