IMPLEMENT COMPUTER VISION IS SUPER EASY WITH GOOGLE MLKIT
Berita
10 September 2020

IMPLEMENT COMPUTER VISION IS SUPER EASY WITH GOOGLE MLKIT

Himafor ISTTS kembali mengadakan webinar online pada hari Sabtu, 5 September 2020 tepatnya pukul 13.00 dengan topik “Implement Computer Vision is SUPER Easy with Google MLKit”. Webinar ini diikuti oleh peserta internal melalui platform Zoom. Webinar kali ini dibawakan oleh Malvin Patrick Kurniawan, alumni ISTTS angkatan 2016 yang sekarang telah berprofesi sebagai Full Stack Engineer di PT.Djarum. Narasumber membuka webinar dengan perkenalan diri terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan penjelasan mengenai Google MLKit.

Bagi para mobile developer mungkin akan sangat dimudahkan dengan adanya Google MLKit ini. Google MLKit adalah SDK (library) yang Google ciptakan untuk aplikasi Android dan iOS. Ada banyak keuntungan yang bisa didapat dari MLKit seperti tidak perlu koneksi internet, beberapa fiturnya bisa di built-in oleh Android atau iOS dan juga mudah digunakan sehingga kita tidak harus membuat modelling ataupun training terlebih dahulu. Ada 3 fitur besar yang telah di support, yaitu Vision API. Fitur ini akan banyak berhubungan di area vision, seperti deteksi samping, deteksi wajah, scan barcode. Fitur yang kedua adalah Natural Language API. Fitur ini berhubungan dengan teks, seperti identifikasi bahasa. Fitur yang terakhir adalah Custom Model. Pada fitur ini kita bisa membuat modelling sendiri dengan mengirimkan model yang telah kita buat ke Google MLKit

Ada banyak fitur yang telah disediakan oleh Google MLKit. Salah satu yang menarik adalah Face Detection. Machine Learning yang berhubungan dengan Face Detection harus bisa memberi fitur apa saja yang ada di wajah kita seperti mata, telinga, hidung, maupun mulut. MLKit juga harus bisa memberikan contour wajah (titik-titik poin pada wajah kita). Misal kita mau mendeteksi mulut, nanti di bagian mulut akan diberikan tanda titik-titik pada bagian mulut. Keistimewaan dari fitur ini adalah Google MLKit akan memberikan informasi tentang ekspresi dari wajah seseorang. Apakah orang tersebut sedang tersenyum atau mata kiri sedang tertutup. Hebatnya lagi karena fitur ini tidak perlu koneksi internet dan juga bisa mendeteksi wajah secara realtime. Kelebihan lain nya yang didapat dari fitur ini yaitu bisa mendeteksi banyak wajah sekaligus.

Di akhir materinya narasumber menampilkan cuplikan program di Android Studio. “Google MLKit bisa menjadi solusi untuk membuat aplikasi computer vision yang keren tapi mudah tanpa harus background CS (Computer Science) dengan menggunakan dots process image langsung mendapatkan hasilnya” ujar narasumber. Webinar kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber. Kemudian dilanjutkan dengan foto bersama dan mengisi absensi untuk peserta yang telah mengikuti webinar.

Configuration of Hybrid Vehicles

Configuration of Hybrid Vehicles

Episode keempat dalam KSP Season 9 ini bertemakan Configuration of Hybrid Vehicles yang dibawakan oleh Ferdiand Cornelius Sutiyono Master of Engineering (M. Eng.). Webinar ini diadakan pada hari Jumat, 31 April 2021 melalui platform Zoom dan live streaming Youtube. Webinar dibuka dengan pengenalan diri dari narasumber. Sebagai informasi, narasumber merupakan alumni dari S1 Teknik Elektro. Beliau juga sempat menjadi dosen selama kurang lebih 1 tahun. Kemudian melanjutkan studi nya pada tahun 2015 di Jerman.

Baca Selengkapnya
3rd EAST INDONESIA CONFERENCE ON COMPUTER AND INFORMATION TECHNOLOGY (EICONCIT)

3rd EAST INDONESIA CONFERENCE ON COMPUTER AND INFORMATION TECHNOLOGY (EICONCIT)

East Indonesia Conference on Computer and Information Technology (EIConCIT), konferensi ilmiah internasional untuk penelitian di bidang teknologi dan Computer Science tahun ini diadakan secara virtual pada 9 - 10 April 2021 akibat pandemi Covid-19.

Baca Selengkapnya
Simak Serunya Event Younity 2021 yang Meriah dan Inspiratif !

Simak Serunya Event Younity 2021 yang Meriah dan Inspiratif !

Younity 2021 diselenggarakan pada 9-10 April lalu, acara tersebut berjalan secara virtual. Event yang diselenggarakan oleh HIMA DKV iSTTS ini diikuti oleh peserta-peserta dari mahasiswa internal maupun eksternal kampus. Acara Younity ini berisikan berbagai webinar dan workshop yang dapat memperluas wawasan para peserta, khususnya untuk para mahasiswa jurusan DKV. Acara yang berlangsung selama dua hari ini, menghadirkan Naafi Nur Rohma, S.Sn., M.Sn., Jacky Cahyadi, S.Sn., dan Osmosi Usdiananda, A.Md. sebagai para narasumber yang ahli dalam industri kreatif.

Baca Selengkapnya
KSP Season 9 Episode 3 : IT Journey in Singapore and Australia

KSP Season 9 Episode 3 : IT Journey in Singapore and Australia

Singapura dan Australia merupakan negara yang menawarkan banyak peluang kerja yang menarik. Pada episode ke-3 dari KSP season 9 kali ini yang bertemakan “IT Journey in Singapore and Australia” akan dibahas mengenai perjalanan dan budaya kerja yang beliau alami di Singapura dan Australia. Episode ini diselenggarakan secara live melalui zoom dan streaming youtube pada Selasa, 20 April 2021 dan diikuti oleh peserta internal dan eksternal ISTTS. Ibu Claudia Audriana yang menjadi narasumber episode ini merupakan Quality Assurance Manager di Quantum Inventions Pte. Ltd di Singapura.

Baca Selengkapnya
KSP Season 9 Episode 2 : Trivial Thing in Microsoft Word that You Must Know

KSP Season 9 Episode 2 : Trivial Thing in Microsoft Word that You Must Know

Microsoft Word adalah salah satu program yang sangat familiar bagi berbagai kalangan masyarakat untuk menuliskan sesuatu secara mudah dan ringkas melalui komputer. Melalui Microsoft Word, dapat dilakukan formatting untuk banyak hal, seperti membuat daftar dan memasukkan gambar. Sejatinya Microsoft Word atau yang biasa disebut sebagai Ms Word dibuat dengan tujuan untuk membuat sebuah dokumen secara efisien. Namun kenyataannya, meskipun sudah sangat familiar dengan program ini, masih banyak orang yang belum mengetahui trik dan fungsi unik yang ada pada Ms Word.

Baca Selengkapnya
BCA ITalk Goes to Campus

BCA ITalk Goes to Campus

Pada kesempatan kali ini Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) bekerja sama dengan BCA untuk mengadakan BCA ITalk Goes to Campus. Webinar yang diadakan pada Rabu, 14 April 2021 melalui platform Zoom. Webinar dibawakan oleh Nendi Putrawijaya selaku perwakilan dari IT BCA. Webinar kali ini mengundang alumni ISTTS yang saat ini bekerja di IT BCA Jefri Tanwijaya. Dalam webinar ini juga diberikan tips interview dari Irene Fatrin Salim selaku perwakilan dari Recruitment BCA.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon