Good Sentences Structure For Essay Writing
Berita
21 September 2021

Good Sentences Structure For Essay Writing

Essay atau karya tulis ilmiah lainnya tentu sudah sangat familiar di kalangan pelajar dan mahasiswa dalam dunia pendidikan. Melalui essay, mahasiswa dapat menuliskan hasil penelitian, hasil analisa, dan observasi yang dilakukan sebagai laporan tertulis. Namun kenyataannya, sampai saat ini dikalangan mahasiswa maupun pelajar masih banyak didapati kesalahan-kesalahan dalam penulisan essay atau karya tulis ilmiah. Oleh sebab itu dalam rangka mengedukasi pelajar dan mahasiswa serta sebagai langkah antisipasi terhadap adanya kesalahan-kesalahan dalam penulisan essay, Panitia KSP (Knowledge Sharing Program) mengadakan sesi KSP Season 10 dengan judul “Good Sentences Structure For Essay Writing”.

KSP dengan judul Good Sentences Structure For Essay Writing ini dilaksanakan pada hari Selasa, 14 September 2021. Berlangsung mulai pukul 10.30-12.30, KSP ini dilaksanakan melalui Zoom meeting dan disiarkan juga melalui Youtube channel KSP ISTTS. Menghadirkan Bapak Agus, M.Sc., M.Min. sebagai pembawa materi, KSP ini dihadiri oleh 75 peserta di Youtube live dan 80 peserta dalam zoom meeting online. 

Dalam KSP kali ini Bapak Agus membagikan tentang bentuk-bentuk essay seperti analisa, ulasan, opini, karya ilmiah, laporan, dan lain-lain. Dalam pembuatan essay, terdapat tujuh hal yang perlu diperhatikan dan menjadi fokus utama dalam penulisan essay. Tujuh fokus utama tersebut terdiri dari : konten alinea/paragraf, kata pembuka kalimat, panjang kalimat, kelengkapan kalimat, sinkronisasi subyek dan frase, frase keterangan, dan penggunaan kalimat aktif dan pasif.

Tujuh fokus utama tersebut menjadi poin pembahasan utama karena pada poin-poin tersebutlah sering ditemui kesalahan dalam penulisannya. Lebih lanjut ketujuh fokus tersebut dikupas tuntas oleh Bapak Agus, misalnya pada poin pertama yaitu konten aline/paragraf dijelaskan tentang bagaimana sebuah alinea/paragraf yang benar harus ditulis. Untuk menulis sebuah paragraf yang baik dan benar perlu menggolongkan konteks kalimat berdasarkan urutan waktu, urutan data, tempat/lokasi, subyek, obyek, kondisi, dll. Sehingga sebuah paragraf tidak sekedar dibuat dari sebuah kalimat namun ada beberapa kalimat yang jelas dan informatif.

Selain itu masih banyak lagi penjelasan yang disampaikan oleh Bapak Agus terkait dengan tujuh fokus pembahasan tersebut. Bapak Agus juga menuturkan bahwa kecakapan dalam menulis essay dan karya ilmiah dapat didapatkan melalui pengalaman, seperti menulis artikel dan karangan-karangan lainnya sehingga akan mengetahui hal-hal yang perlu diperbaiki dan diperhatikan saat menulis essay atau karya ilmiah lainnya.

Kegiatan KSP dengan tema yang disampaikan oleh Pak Agus ini merupakan sebuah kegiatan yang sangat memfasilitasi pelajar dan mahasiswa terutama mahasiswa yang sedang menyusun Tugas Akhir supaya dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan penulisan dalam buku Tugas Akhir, dimana hal tersebut dapat membantu mengurangi jumlah revisi dalam buku Tugas Akhir tersebut.

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Jurusan Desain Komunikasi Visual Angkatan 2023 Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) mengadakan kunjungan ke Kebun Binatang Surabaya (KBS) pada tanggal 28 Maret 2024. Kunjungan ini diadakan sebagai praktik dari kelas Fotografi Aplikatif, yang diajar oleh Bapak Herman Budianto. Kegiatan yang dihadiri oleh 32 mahasiswa-mahasiswa ini memiliki tujuan untuk mempraktikkan materi fotografi yang telah dipelajari sebelumnya, seperti human interest, wildlife, dan landscape photography.

Baca Selengkapnya
Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Seminar berjudul Cybersecurity and how initiate an anti mainstream overseas career journey diselenggarakan pada tanggal 27 Maret 2024 oleh ISTTS yang pembicaranya adalah Ferry Haris, S.Kom.,M.Sc.,. Ferry Haris ini sendiri dia adalah CEO dari FeHa International Consulting B.V. Seminar ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa dan mahasiswi dari Teknik Informatika lalu ada juga beberapa dari SIB(Sistem Informasi Bisnis) dan terakhir ada juga dari DKV(Desain Komunikasi Visual). 

Baca Selengkapnya
Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Pada tanggal 22 Maret 2024, matahari bersinar cerah seperti biasanya. Nampaknya, hari itu akan berjalan dengan normal seperti tidak akan terjadi apa-apa. Namun siapa yang menyangka, tiba-tiba tepat pada pukul 11.22 WIB terjadi gempa pertama kali setelah sekian lama tidak terjadi gempa, yang mengguncang gedung-gedung di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS).

Baca Selengkapnya
Open Talk Informatika Semester Genap 2024

Open Talk Informatika Semester Genap 2024

Himpunan Mahasiswa Informatika Institut Sains dan Teknologi Terapan Surabaya (ISTTS) menggelar acara Open Talk Informatika Semester Genap pada tanggal 22 Maret 2024 di ruang E-402. Acara ini mengundang Bapak Dr. Yosi Kristian, S.Kom. M.Kom., selaku Kepala Program Studi Informatika di ISTTS.

Baca Selengkapnya
Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS, berlanjut pada hari Minggu tanggal 17 Maret 2024. Acara yang ditujukan pada anggota STV (Sinlui TV) ini adalah acara yang berlangsung selama 2 hari, dimana para peserta menginap pada sekolah mereka, tepatnya pada SMAK St. Louis 1 Surabaya. 

Baca Selengkapnya
Leveling Up Your Products Charm

Leveling Up Your Products Charm

Workshop berjudul Leveling Up Your Products Charm diselenggarakan pada hari Sabtu, 16 Maret 2024 oleh ISTTS yang berkolaborasi dengan SMA Frateran. Workshop ini bertempat di aula Frateran dan workshop ini dihadiri oleh anak anak dari SMA Frateran yang kurang lebih ada 100 orang. workshop ini telah memberikan kontribusi yang berharga dalam mengembangkan wawasan dan keterampilan peserta dalam menghadapi tantangan pasar yang semakin kompetitif di era digital ini.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon