PODCAST “Bincang Kreatif” Episode 04 Jadi Desainer Produk? WHY NOT?
Berita
02 April 2022

PODCAST “Bincang Kreatif” Episode 04 Jadi Desainer Produk? WHY NOT?

PODCAST Desain Produk ISTTS episode 04 diselenggarakan pada hari Sabtu, 26 Maret 2022 dengan mengangkat topik “Jadi Desainer Produk? WHY NOT?”. Materi ini dibawakan oleh Kak Gerard Rustady, S.Ds., salah seorang alumni mahasiswa ISTTS angkatan 2017 jurusan Desain Produk yang saat ini menjadi fresh graduate sebagai product designer di salah satu perusahaan sepeda ternama yaitu PT. Wimcycle. Podcast ini diselenggarakan melalui media platform Zoom.

Beliau memberikan pengalaman ketika menjadi mahasiswa jurusan Desain Produk dan cara membuat portofolio yang baik agar diterima dalam sebuah perusahaan ternama. Dengan pembawaan Kak Gerard yang santai, ia menyampaikan bahwa jurusan Desain Produk adalah jurusan yang langka di Indonesia. Dari segi pengertiannya, Desain Produk menurut Kak Gerard adalah jurusan yang mempelajari desain secara keseluruhan sehingga tidak mencakup hanya desain tertentu. Jadi, product designer secara umum bisa membuat desain produk furniture, food, fashion, otomotif dan lainnya.  

Kak Gerard menyampaikan bahwa, “Desain Produk lebih mengarah dengan dibekali ilmu dasar secara umum, bagaimana bisa menghasilkan suatu produk yang bagus dan produk yang bisa direalisasikan. Dari sana, bisa mengembangkan berbagai macam produk”. Kak Gerard pernah memiliki tantangan tersulit dalam hal menggambar, secara jurusan Desain Produk menuntut mahasiswanya untuk menggambar dan menghasilkan ide-ide desain dengan sketsa karena dari semester awal sampai pertengahan semester, Kak Gerard mengatakan bahwa dalam kemampuan menggambarnya masih terbilang kurang bagus. Dari tantangan tersebut, Kak Gerard mengingat impiannya dari awal yang tertarik ingin masuk jurusan Desain Produk dengan membuat produk dari 0 atau sketsa sampai bisa direalisasikan. Dari tantangan itulah, bisa menjadi motivasi semangat dari yang tidak bisa menggambar menjadi bisa menggambar karena itu semua akan diajarkan saat materi perkuliahan.

Sebelum Kak Gerard mengikuti pra seminar TA (Tugas Akhir), pada saat perkuliahan ia mencoba mengajukan portofolio pekerjaan di beberapa perusahaan, salah satunya di PT. Wimcycle. Tidak lama kemudian, portofolio lamaran kerja Kak Gerard menarik perhatian PT. Wimcycle dan langsung diterima oleh perusahaan tersebut karena mempunyai kreatifitas dan ide yang tinggi. Saat Kak Gerard sudah diterima bekerja di PT. Wimcycle, ia juga membagi waktunya untuk perkuliahan, mengikuti seminar TA (Tugas Akhir), dan bekerja di perusahaan tersebut sebagai product designer. Kak Gerard juga memberi tips bahwa jika ingin melamar pekerjaan, portofolio merupakan hal yang paling penting untuk ditambahkan selain CV. Karena portofolio menampilkan karya yang pernah kita buat dalam perkuliahan. Misalnya, dalam perkuliahan mempunyai 100 karya kemudian di-filter, karya mana yang layak untuk ditampilkan dalam portofolio. Selanjutnya, dirapikan dan dimasukkan dalam presentasi wawancara pekerjaan.

Terkadang, Kak Gerard mencoba membuat desain produk dalam aplikasi digital, salah satunya aplikasi Blender dan juga membuat sketsa secara manual di kertas saat ada waktu luang. Aplikasi Blender tidak diajarkan oleh jurusan Desain Produk. Meskipun tidak ada materi dari dosen mengenai aplikasi digital Blender, Kak Gerard memberi motivasi yang terpenting, yaitu mau belajar dan berusaha secara otodidak. Di akhir acara, Kak Gerard menambahkan pesan bahwa ketika kita merasa bosan, kita bisa mencari inspirasi dari lingkungan sekitar dan mengembangkannya sesuai ide dari pikiran kita.

4 Dosen ISTTS Menjalani Pelantikan Insinyur Lulusan Program Studi Program Profesi Insinyur

4 Dosen ISTTS Menjalani Pelantikan Insinyur Lulusan Program Studi Program Profesi Insinyur

Hingga saat ini, insinyur yang diakui secara formal di Indonesia baru berjumlah sekitar 10.900 orang, padahal jumlah lulusan sarjana teknik dan serumpunnya melebihi 1 juta orang. Berkontribusi untuk mengatasi ketimpangan profesi insinyur tersebut, keempat orang dosen Insitut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) menempuh pendidikan selama 1 semester untuk memperoleh gelar insinyur. Pada Sabtu (16/4/2022) sore, Dr. Ir. Joan Santoso , Dr. Ir. Esther Irawati Setiawan, Ir. Iwan Chandra, beserta Dr. Ir. Hartarto Junaedi dilantik bersama-sama 89 insinyur baru lainnya melalui Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Proses pelantikan berjalan lancar dan dilakukan oleh Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PPI) Jawa Timur.

Baca Selengkapnya
Podcast "Bincang Kreatif" Eps. 05 - Peluang dan Tantangan Desainer Produk di Masa Depan

Podcast "Bincang Kreatif" Eps. 05 - Peluang dan Tantangan Desainer Produk di Masa Depan

Podcast Desain Produk ISTTS episode 05 diselenggarakan pada hari Sabtu, 23 April 2022 dengan mengangkat topik “Peluang dan Tantangan Desainer Produk di Masa Depan”. Materi ini dibawakan oleh Bapak Sigit Firdaus Prayogi, S.T., M.Ds, salah seorang dosen ISTTS yang menekuni   jurusan Desain Produk dan berprofesi sebagai dosen sekaligus seorang College Innovator. Podcast ini diselenggarakan melalui platform Zoom.

Baca Selengkapnya
Creating Simple Face Stickers Using Computer Vision Techniques

Creating Simple Face Stickers Using Computer Vision Techniques

ISTTS kembali mengadakan webinar KSP Season 13 yang berjudul “Creating Simple Face Stickers Using Computer Vision Techniques”. Materi kali ini dibawakan oleh Dr. Yosi Kristian, S. Kom, M. Kom. Pak Yosi sekarang berperan sebagai kepala program studi dan Associate Professor pada departemen informatika ISTTS. Webinar ini diadakan pada hari Selasa, 26 April 2022 secara online melalui platform Zoom dan Youtube.

Baca Selengkapnya
Serunya belajar AWS IoT Edukit di ISTTS!

Serunya belajar AWS IoT Edukit di ISTTS!

Pada Jumat, 22 April 2022 ISTTS mengadakan workshop berjudul ‘Learn IoT using AWS IoT Edukit’ bagi para siswa-siswi SMA/SMK sederajat. Sebanyak 26 siswa-siswi menghadiri pelatihan yang dijalankan secara on-site ini. Siswa-siswi yang datang tampak antusias, karena selain mendapat ilmu seputar IoT, dalam workshop ini mereka mendapat kesempatan untuk menggunakan alat AWS IoT Edukit secara langsung. 

Baca Selengkapnya
Wanita Berperan di Era Milenial

Wanita Berperan di Era Milenial

Tanggal 21 April merupakan hari di mana masyarakat Indonesia merayakan hari Kartini. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa-jasa R.A Kartini. salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi perayaan Hari Kartini adalah dengan berbagi ilmu mengenai bisnis melalui webinar yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri ISTTS. Webinar kali ini mengangkat tema “Wanita Berperan di Era Milenial” dan dibawakan oleh salah satu alumni Teknik Industri ISTTS yaitu Ibu Nike Lidiyastuti Aritovani, S.T. atau yang akrab dipanggil dengan sebutan Kak Nike. Beliau adalah salah satu pengusaha makanan berbahan dasar ikan yang cukup sukses di kota Ambon.

 

Baca Selengkapnya
My Recent Research on Multimedia Processing

My Recent Research on Multimedia Processing

Episode KSP kali ini bertemakan multimedia processing dan dibawakan oleh Profesor Chuan-kai Yang dari National Taiwan University. Multimedia processing yang akan dijelaskan dibagi menjadi 4 kategori, antara lain image processing, video processing, graphics and visualization dan aplikasi untuk mengambil gambar.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon