DATA SCIENCE FOR DUMMIES
Berita
29 November 2020

DATA SCIENCE FOR DUMMIES

Episode terakhir KSP Season ini mengundang Dr. Joan Santoso, S.Kom, M.Kom., dengan tema “Data Science for Dummies”. Beliau merupakan salah satu dosen S1 Teknik Informatika ISTTS. Webinar yang diadakan pada Rabu, 25 November 2020 dibuka untuk peserta internal maupun eksternal melalui platform Zoom dan live streaming Youtube. Episode KSP kali ini cocok untuk peserta yang ingin menambah pengetahuan dasar tentang konsep Ilmu Data.

Data itu menarik untuk diolah. Apalagi di era revolusi industri 4.0, kita mungkin sering mendengar istilah Internet of Things (IoT). Bahkan tahun 2020 sekitar bulan April terjadi peningkatan populasi pengguna dari 7,77 billion hampir 50% memakai produk digital. Data juga memainkan peranan yang sangat penting. Hampir semua data diunggah ke internet. Semua pertukaran data menjadi peluang bagi kita dalam mempelajari hal tersebut.

"Data ini adalah jenis kekayaan baru. Saat ini data adalah new oil, bahkan lebih berharga dari minyak. Data yang valid menjadi salah satu kunci pembangunan," ujar Jokowi dalam acara pencanangan pelaksanaan sensus penduduk 2020 di Istana Negara, Jakarta, Jumat, 24 Januari 2020. Jadi, data ini valuable tetapi tidak akan berarti apapun jika kita tidak mengubahnya menjadi suatu hal yang berharga. “Data itu kalau mau dicari kelebihannya harus kita harus analisa dulu, disinilah menjadi lahan bagi kita untuk belajar. Masalahnya adalah bagaimana kita melihat data ini menjadi sumber daya yang baru” ujar Pak Joan

Bapak Joan juga berbagi tentang pengalaman kerja saat implementasi data science. Tantangan terbesar yaitu culture. Mengapa demikian ? Apakah orang bisa menerima hal yang baru atau tidak. “Apabila orang sudah nyaman dengan sistem yang lama, maka kemungkinan besar dia akan menolak sistem yang baru, ” ujar Pak Joan. Selain itu kendala yang dihadapi yaitu kebanyakan orang yang menerapkan big data, namun tidak tahu bagaimana cara mengimplementasikannya.

Webinar kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber. Salah satu peserta bertanya tentang apakah bisa mendapatkan income yang menjanjikan jika bekerja di bidang data science. Pernyataan dari dosen narasumber yang akhirnya dibuktikan sendiri oleh narasumber. Beliau mengatakan “Jika anda menggunakan ilmu yang saya ajarkan waktu bekerja jangan kaget kalau anda mendapatkan income yang besar”. Narasumber juga menambahkan kalau semakin giat dalam bekerja tentu semakin banyak juga income yang didapatkan.

Di penghujung acara, webinar kemudian ditutup dengan foto bersama beserta absensi untuk peserta yang telah mengikuti webinar

KSP Season 9 Episode 3 : IT Journey in Singapore and Australia

KSP Season 9 Episode 3 : IT Journey in Singapore and Australia

Singapura dan Australia merupakan negara yang menawarkan banyak peluang kerja yang menarik. Pada episode ke-3 dari KSP season 9 kali ini yang bertemakan “IT Journey in Singapore and Australia” akan dibahas mengenai budaya kerja di Singapura dan Australia. Ibu Claudia Audriana merupakan Quality Assurance Manager di Quantum Inventions Pte. Ltd di Singapura.

Baca Selengkapnya
KSP Season 9 Episode 2 : TRIVIAL THINGS IN MICROSOFT WORD THAT YOU MUST KNOW

KSP Season 9 Episode 2 : TRIVIAL THINGS IN MICROSOFT WORD THAT YOU MUST KNOW

Microsoft Word adalah salah satu program yang sangat familiar bagi berbagai kalangan masyarakat untuk menuliskan sesuatu secara mudah dan ringkas melalui komputer. Melalui Microsoft Word, dapat dilakukan formatting untuk banyak hal, seperti membuat daftar dan memasukkan gambar. Sejatinya Microsoft Word atau yang biasa disebut sebagai Ms Word dibuat dengan tujuan untuk membuat sebuah dokumen secara efisien. Namun kenyataannya, meskipun sudah sangat familiar dengan program ini, masih banyak orang yang belum mengetahui trik dan fungsi unik yang ada pada Ms Word.

Baca Selengkapnya
BCA ITalk Goes to Campus

BCA ITalk Goes to Campus

Pada kesempatan kali ini Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) bekerja sama dengan BCA untuk mengadakan BCA ITalk Goes to Campus. Webinar yang diadakan pada Rabu, 14 April 2021 melalui platform Zoom. Webinar dibawakan oleh Nendi Putrawijaya selaku perwakilan dari IT BCA. Webinar kali ini mengundang alumni ISTTS yang saat ini bekerja di IT BCA Jefri Tanwijaya. Dalam webinar ini juga diberikan tips interview dari Irene Fatrin Salim selaku perwakilan dari Recruitment BCA.

Baca Selengkapnya
TURNING OPEN SOURCE PROJECT INTO PROFITABLE BUSINESS

TURNING OPEN SOURCE PROJECT INTO PROFITABLE BUSINESS

           Episode pertama dalam KSP Season 9 kali ini dibawakan oleh Benyamin Limanto, S. SI. yang sering dipanggil Pak Ben. Beliau adalah salah satu dosen termuda yang mengajar di ISTTS. KSP kali ini bertema “Turning Open Source Project into Profitable Business”. Webinar ini dibuka dengan pengenalan diri Pak Ben lalu ia memulai presentasinya mengenai open source. Open source adalah sebuah gerakan yang memperbolehkan distribusi dan pengembangan kode program secara terbuka dan dapat diperbaiki tanpa adanya restriksi.

Baca Selengkapnya
Digital Illustration: Studying Human Gesture

Digital Illustration: Studying Human Gesture

KSP season 8 kembali diadakan oleh ISTTS pada hari Rabu, 17 Maret 2021. Episode ke 4 dari KSP ini bertema “Digital Illustration: Studying Human Gesture”. Pembicara yang membawakan KSP ini adalah Sonny Kusumasmoro, seorang freelancer illustrator dan juga pengajar di Creativo School.

Baca Selengkapnya
Software Development Overview

Software Development Overview

Pada KSP season 8 episode 5 kali ini berjudulkan tentang “Software Development Overview” yang dibawakan oleh Cipta Budhysutanto, S.T., M.AppIT. Seminar ini dibuka dengan dosen kita yaitu Dr. Jenny Ngo, MSc.Ed. yang menjelaskan tentang siapa pembicara kita kali ini. Beliau adalah salah satu alumnus ISTTS jurusan elektro. Lalu beliau melanjutkan studi S2 di Monash University, Melbourne, Australia. Beliau sekarang sedang bekerja di Melbourne, Australia sebagai senior software engineer di perusahaan Carsales.com LTD.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon