SEMINAR NETWORK AND CYBER SECURITY
Berita
19 October 2020

SEMINAR NETWORK AND CYBER SECURITY

Hima SIB ISTTS mengadakan webinar online yang diselenggarakan pada hari Sabtu,17 Oktober 2020 tepatnya pukul 10.00-12.30. Webinar kali ini terbuka untuk peserta internal maupun eksternal melalui platform Zoom dan juga Live Youtube. Webinar kali ini terasa berbeda karena ISTTS bekerja sama dengan Surabaya Hacker Link dengan mengangkat topik “Network and Cyber Security” . Webinar dibawakan oleh 2 narasumber sekaligus yaitu Bapak Haris Dwi dan Bapak Jonias Fortuna.

Webinar diawali dengan Pak Haris yang menjelaskan bahwa semenjak wabah Covid-19 kejahatan cyber meningkat hingga 30% di seluruh dunia. Hal ini terjadi karena kita diharuskan untuk bekerja dari rumah. Pak Haris juga bercerita tentang metode apa saja yang dikerjakan oleh seorang hacker yaitu metode Phising dan Sniffing. Metode Phising artinya memancing, sebagai  contoh misal kita menerima email dari seseorang dan di dalamnya terdapat dokumen dan berisikan ajakan untuk membuka dokumen itu. Pak Haris menyarankan untuk tidak membuka dokumen itu karena ditakutkan ada malware di dalam dokumen tersebut. Metode selanjutnya yaitu metode Sniffing, sebagai contoh jika kita melihat ada jaringan wifi yang tidak dikunci apalagi jaringan nya kencang otomatis akan membuat kita terpancing untuk menggunakan nya. Padahal jaringan tersebut bisa jadi sudah diatur sedemikian rupa sehingga hacker bisa melihat siapapun yang masuk dan paket apapun yang melintas di jaringan itu.

Webinar kemudian dilanjutkan oleh Bapak Jonias Fortuna yang akrab dipanggil Bapak Jo. Bapak Jo menjelaskan kejadian yang sempat gempar dunia dan terjadi di bulan Juli. Akun Twitter milik pesohor terkenal mulai dari Bill Gates bahkan Apple tiba-tiba menawarkan tipuan Bitcoin. Twitter diserang oleh hacker. Hacker meminta followers akun yang telah dibajak untuk mengirimkan cryptocurrency bitcoin ke dompet digital. Kejadian ini merupakan peretasan yang bisa jadi terburuk yang pernah terjadi di media sosial. Untung saja Twitter langsung mengambil tindakan cepat dengan tidak mengizinkan akun yang telah dibajak untuk nge-tweet selama 2 jam. Atas dasar itulah maka Pak Jo juga menyarankan untuk tidak terburu-buru percaya terhadap sesuatu yang belum pasti. Jika tidak maka data diri milik kita akan bocor dan bahkan bisa diperjual belikan secara bebas oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Di akhir materi narasumber memberikan beberapa saran yang penting. Salah satunya yaitu dalam membuat password sebaiknya minimal 13 karakter yang merupakan kombinasi dari angka, huruf dan simbol. “Lebih berhati-hati dalam memposting sesuatu di media sosial, karena sekarang sudah ada UU ITE dan kita harus bertanggung jawab terhadap apapun yang kita posting” ujar narasumber kepada peserta webinar yang mayoritas aktif menggunakan media sosial. Webinar diakhiri dengan sesi tanya jawab kemudian dilanjutkan dengan berfoto bersama dan absensi.

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Jurusan Desain Komunikasi Visual Angkatan 2023 Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) mengadakan kunjungan ke Kebun Binatang Surabaya (KBS) pada tanggal 28 Maret 2024. Kunjungan ini diadakan sebagai praktik dari kelas Fotografi Aplikatif, yang diajar oleh Bapak Herman Budianto. Kegiatan yang dihadiri oleh 32 mahasiswa-mahasiswa ini memiliki tujuan untuk mempraktikkan materi fotografi yang telah dipelajari sebelumnya, seperti human interest, wildlife, dan landscape photography.

Baca Selengkapnya
Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Seminar berjudul Cybersecurity and how initiate an anti mainstream overseas career journey diselenggarakan pada tanggal 27 Maret 2024 oleh ISTTS yang pembicaranya adalah Ferry Haris, S.Kom.,M.Sc.,. Ferry Haris ini sendiri dia adalah CEO dari FeHa International Consulting B.V. Seminar ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa dan mahasiswi dari Teknik Informatika lalu ada juga beberapa dari SIB(Sistem Informasi Bisnis) dan terakhir ada juga dari DKV(Desain Komunikasi Visual). 

Baca Selengkapnya
Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Pada tanggal 22 Maret 2024, matahari bersinar cerah seperti biasanya. Nampaknya, hari itu akan berjalan dengan normal seperti tidak akan terjadi apa-apa. Namun siapa yang menyangka, tiba-tiba tepat pada pukul 11.22 WIB terjadi gempa pertama kali setelah sekian lama tidak terjadi gempa, yang mengguncang gedung-gedung di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS).

Baca Selengkapnya
Open Talk Informatika Semester Genap 2024

Open Talk Informatika Semester Genap 2024

Himpunan Mahasiswa Informatika Institut Sains dan Teknologi Terapan Surabaya (ISTTS) menggelar acara Open Talk Informatika Semester Genap pada tanggal 22 Maret 2024 di ruang E-402. Acara ini mengundang Bapak Dr. Yosi Kristian, S.Kom. M.Kom., selaku Kepala Program Studi Informatika di ISTTS.

Baca Selengkapnya
Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS, berlanjut pada hari Minggu tanggal 17 Maret 2024. Acara yang ditujukan pada anggota STV (Sinlui TV) ini adalah acara yang berlangsung selama 2 hari, dimana para peserta menginap pada sekolah mereka, tepatnya pada SMAK St. Louis 1 Surabaya. 

Baca Selengkapnya
Leveling Up Your Products Charm

Leveling Up Your Products Charm

Workshop berjudul Leveling Up Your Products Charm diselenggarakan pada hari Sabtu, 16 Maret 2024 oleh ISTTS yang berkolaborasi dengan SMA Frateran. Workshop ini bertempat di aula Frateran dan workshop ini dihadiri oleh anak anak dari SMA Frateran yang kurang lebih ada 100 orang. workshop ini telah memberikan kontribusi yang berharga dalam mengembangkan wawasan dan keterampilan peserta dalam menghadapi tantangan pasar yang semakin kompetitif di era digital ini.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon