Bahas Seputar Perkembangan Industri Kreatif dalam Event Kreaktif 2021
Berita
17 May 2021

Bahas Seputar Perkembangan Industri Kreatif dalam Event Kreaktif 2021

Kreaktif 2021 diadakan Sabtu, 8 Mei 2021 lalu oleh Mahasiswa Mata Kuliah Seminar DKV iSTTS untuk memberikan ilmu dan wawasan sehingga mahasiswa bisa update dalam mengikuti perkembangan industri kreatif. Webinar ini menghadirkan Adhitya Syahbanur, Rozak Lintang, Yen Yen Kohar, dan Dwitama Lingga sebagai pembicaranya. Webinar yang dihadiri oleh lebih dari 60 peserta ini diawali dengan perkenalan para panitia event dan sambutan dari ketua dari event ini, Vincent Jaya.

Webinar ini diadakan melalui platform Zoom dan terdiri dari 4 sesi seminar yang dibawakan oleh para mahasiswa DKV iSTTS. Sesi webinar pertama dibawakan oleh Adhitya Syahbanur tentang ‘Permainan Kartu Ilustrasi Wayang di Era Globalisasi’. Pada era saat ini, permainan tradisional telah beralih ke digital sebagai dampak dari globalisasi. Generasi muda kurang pengetahuan tentang budaya era lalu di Indonesia. Akibatnya, para pecinta budaya wayang khawatir budaya warisan para leluhur tersebut kian menghilang. Pembuatan kartu permainan berilustrasikan wayang ini selain dapat melestarikan wayang dan permainan kartu tradisional, juga memiliki dampak positif, seperti mengajarkan sifat disiplin, taat peraturan, sportif, bersosialisasi dengan sesama, kemampuan analisis, dan mengalihkan perhatian dari gadget.

Pada sesi kedua dilanjutkan dengan sesi webinar dari Rozak Lintang yang berbincang mengenai Power Character Design di Industri Games dan Animasi’. Pada sesi ini peserta diedukasi tentang desain karakter. Ternyata, desain karakter membutuhkan proses yang kompleks dengan adanya berbagai proses desain, termasuk eksplorasi, eksperimen, dan visualisasi. Desain Karakter yang baik memiliki nilai yang baik. Desain karakter yang baik juga akan memiliki berbagai keuntungan dalam industri. Dalam desain karakter, sebelum membuat visualnya kita perlu menentukan konsep dasar karakter baik segi fisik maupun psikologinya. Kita perlu memikirkan cara supaya orang lain bisa tertarik dengan karakter kita. Karakter yang perancangannya matang akan lebih bisa diterima dengan baik oleh audience.


Setelah sesi kedua ini para peserta diberikan kesempatan untuk beristirahat hingga waktu yang sudah diumumkan. Baru dilanjutkan pada sesi ketiga dan keempat. Sesi webinar ketiga dibawakan oleh Yen Yen Kohar dengan tema ‘Peran Desainer di Kala Pandemi’. Desainer memiliki berbagai peran penting, juga dalam perekonomian Indonesia karena karya seorang desainer dapat menjadi kunci untuk memasarkan produk. Pembicara berpesan bahwa kita desainer juga bisa menjadi pahlawan dengan menjalankan peran kita sebagai desainer.

Sesi terakhir dari webinar Kreaktif 2021 ini diisi oleh pembicara Dwitama Lingga yang membahas tentang Get Cash as a Designer (Pandemic ver.) Pada kesempatan kali ini pembicara memberikan banyak informasi pada peserta tentang bagaimana cara mendapatkan pendapatan sebagai seorang desainer dalam masa pandemi ini. Masa pandemi ini sangat mempengaruhi perekonomian, tapi tak menutup kemungkinan bagi kita untuk tetap memiliki cara untuk memiliki penghasilan. Pembicara membeberkan beberapa caranya seperti: mengikuti kontes desain, bergabung di situs microstock, mencari project sendiri, menjadi gig service, dan dengan membuat blog atau channel Youtube.

“Masalah adalah kesempatan bagi kita sebagai desainer, bagi kita sebagai pelaku industri kreatif, dan bagi kita sebagai manusia yang sama-sama berjuang di era pandemi ini,” pesannya.

Webinar Kreaktif 2021 berjalan dengan baik dan tertata. Tiap topik yang dibahas oleh para pembicara bervariasi dan informatif yang membuat webinar ini semakin menarik dan unik. Pada setiap akhir sesi webinar dibuka sesi tanya jawab dan pemberian kesimpulan dari webinar, sehingga para peserta dapat dibantu untuk lebih mengerti materi yang disampaikan oleh para pembicara di tiap sesi webinar. Event Kreaktif 2021 ini juga diharapkan dapat memberikan semangat baru dan memepererat kebersamaan antar mahasiswa di lingkungan kampus. Webinar ditutup dengan sesi foto bersama dan pengisian absensi dan kuesioner.

ISTTS Vitual Open House 2021

ISTTS Vitual Open House 2021

iSTTS tahun ini mengadakan Open House secara virtual akibat pandemi COVID-19. Virtual Open House ini diadakan pada 8-11 Juni 2021 melalui platform Zoom. Meskipun diadakan secara online, event Virtual Open House ini tetap tidak kalah menarik; Event yang berlangsung selama 4 hari ini diisi dengan berbagai workshop dan sharing session yang menarik dari beragam topik yang berkaitan dengan jurusan-jurusan di iSTTS. Mulai dari topik desain, elektro, industri, bisnis, dan lain-lain. Para pembicara yang dihadirkan adalah para professional di bidangnya sehingga para peserta dapat mudah mencerna materi yang disampaikan.

Baca Selengkapnya
Virtual Entrepreneurship Exhibition

Virtual Entrepreneurship Exhibition

Pada hari Selasa, 25 Mei 2021, acara Virtual Entrepreneurship Exhibition dilaksanakan oleh DKV iSTTS melalui platform Zoom. Acara diawali dengan pembukaan dari ketua panitia, Gerardo Mosses dan ketua HIMA DKV iSTTS, Dwitama Lingga. Ketua panitia dalam pembukaannya menyampaikan tentang kondisi rendahnya rasio kewirausahaan di Indonesia.

Baca Selengkapnya
How to Make Your Own 2D Platformer Game

How to Make Your Own 2D Platformer Game

Pada KSP season 9 episode 6 kali ini berjudulkan tentang “How to Make Your Own 2D Platformer Game” yang dibawakan oleh Herman Thuan To Saurik, S.Kom., M.T. Beliau merupakan salah satu dosen di kampus kita ISTTS. Pada awal seminar, beliau membagikan pengalaman dan software apa saja yang digunakan untuk membuat game.

Baca Selengkapnya
Build your own Chatbot, Enhance your Social Media Strategy

Build your own Chatbot, Enhance your Social Media Strategy

Beberapa tahun belakangan ini dikenal search engine yang cukup populer. Saat sebuah keyword dimasukkan, maka website bisa menampilkan hasil dari pencarian. Social media marketing juga semakin meroket apalagi di masa pandemi. Bagaimana cara menjadi viral secara positif di social media? Tidak bisa dipungkiri bahwa social media telah menjadi pusat perhatian bagi orang zaman sekarang dan strategi marketing mengalami perubahan dari waktu ke waktu agar bisa beradaptasi dengan baik. Salah satu strategi marketing di era sekarang yang terkenal yaitu, Chatbot.

Baca Selengkapnya
Configuration of Hybrid Vehicles

Configuration of Hybrid Vehicles

Episode keempat dalam KSP Season 9 ini bertemakan Configuration of Hybrid Vehicles yang dibawakan oleh Ferdiand Cornelius Sutiyono Master of Engineering (M. Eng.). Webinar ini diadakan pada hari Jumat, 31 April 2021 melalui platform Zoom dan live streaming Youtube. Webinar dibuka dengan pengenalan diri dari narasumber. Sebagai informasi, narasumber merupakan alumni dari S1 Teknik Elektro. Beliau juga sempat menjadi dosen selama kurang lebih 1 tahun. Kemudian melanjutkan studi nya pada tahun 2015 di Jerman.

Baca Selengkapnya
3rd EAST INDONESIA CONFERENCE ON COMPUTER AND INFORMATION TECHNOLOGY (EICONCIT)

3rd EAST INDONESIA CONFERENCE ON COMPUTER AND INFORMATION TECHNOLOGY (EICONCIT)

East Indonesia Conference on Computer and Information Technology (EIConCIT), konferensi ilmiah internasional untuk penelitian di bidang teknologi dan Computer Science tahun ini diadakan secara virtual pada 9 - 10 April 2021 akibat pandemi Covid-19.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon