Serunya belajar AWS IoT Edukit di ISTTS!
Berita
25 April 2022

Serunya belajar AWS IoT Edukit di ISTTS!

Serunya belajar AWS IoT Edukit di ISTTS!

Penulis: Jocelyn G.

Fotografer: Jocelyn  G.

Pada Jumat, 22 April 2022 ISTTS mengadakan workshop berjudul ‘Learn IoT using AWS IoT Edukit’ bagi para siswa-siswi SMA/SMK sederajat. Sebanyak 26 siswa-siswi menghadiri pelatihan yang dijalankan secara on-site ini. Siswa-siswi yang datang tampak antusias, karena selain mendapat ilmu seputar IoT, dalam workshop ini mereka mendapat kesempatan untuk menggunakan alat AWS IoT Edukit secara langsung. 

Workshop IoT ini menjadi pelatihan on-site pertama yang diselenggarakan oleh ISTTS sejak pandemi COVID-19, dan dijalankan sesuai protokol kesehatan, dengan jarak antar-meja yang diatur dan adanya proses disinfeksi sebelum peserta memasuki ruang workshop. Para peserta yang hadir tampak kompak mengenakan seragam T-shirt berwarna biru yang telah dibagikan panitia. 

Workshop ini dimulai pukul 13.30 WIB dengan sambutan dari Bapak Ir. Edwin Pramana, M.AppSc., Ph.D. dan dilanjutkan oleh Ibu Masrara Dwi Yanti HandayaniI, S.Pd., M.M. yang membagikan pengenalan seputar kampus ISTTS pada para peserta. Bu Yanti juga menyampaikan bahwa materi IoT yang dipelajari pada workshop ini sangat bermanfaat dan dapat diaplikasikan pada tiap jurusan yang ada di ISTTS. 

Selanjutnya, Bapak Furin Ongko, selaku Technical Program Manager di Amazon Web ServiceEducate, memberikan materi pembuka melalui video mengenai pengertian dan kelebihan komputasi awan (cloud computing), hingga potensi dari cloud computing di masa depan. Beliau menyampaikan harapannya agar workshop ini dapat menjadi sarana bagi para peserta untuk eksplorasi dan belajar seputar AWS. 

Pelatihan ini dibimbing oleh Dr. Joan Santoso, sebagai salah satu dosen teknik informatika yang mengajar di ISTTS. Pertama-tama, Pak Joan menjelaskan mengenai pengertian IoT dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari, contohnya dalam optimasi industri, pembangunan smart building dan smart city, hingga penggunaan IoT pada gawai yang kita gunakan sehari-hari. Lalu beliau menjelaskan seputar alat AWS IoT Edukit yang digunakan pada workshop ini. 

AWS IoT Edukit adalah sebuah device yang dibuat oleh Amazon Web Services untuk memudahkan para developer mempelajari IoT. Saat ini, ISTTS merupakan satu-satunya Institut yang memiliki fasilitas alat AWS IoT Edukit ini dan telah dipercaya untuk memberikan sertifikasi AWS Academy sejak tahun 2021. 

Pada workshop ini, Pak Joan menjelaskan langkah demi langkah, cara untuk menyimulasikan kondisi ruangan dengan AWS IoT Edukit. Beliau membimbing para peserta dengan bahasa yang mudah dipahami, sehingga para peserta yang pemula pun bisa mengikuti pelatihan dengan baik. Ketika ada peserta yang kesulitan, para panitia workshop selalu siap membantu para peserta. 

Walaupun dalam kondisi pandemi, siswa-siswi yang hadir tidak kalah semangat untuk menambah ilmu. Para peserta memperhatikan dengan saksama, lalu mempraktikkan tiap langkah yang dijelaskan oleh Pak Joan. Hasil akhirnya, para peserta dapat menyimulasikan suhu ruangan dengan AWS IoT Edukit. 

Menariknya, AWS IoT Edukit juga dapat digunakan sebagai game controller. Dalam selingan acara, Pak Adim S.T., M.T., salah satu dosen di ISTTS, mengajak salah satu peserta untuk bermain game dengan AWS IoT Edukit.

Sebelumnya, para peserta juga diajak untuk membagikan foto kegiatan mereka selama workshop di media sosial, dan dua peserta yang mendapatkan like terbanyak mendapat hadiah. 

Pak Joan mengajak para peserta berkunjung kembali ke ISTTS untuk mempelajari alat AWS IoT Edukit, selain itu, ISTTS juga memberikan summer school gratis selama dua bulan bagi para peserta yang tertarik. Setelah para peserta diminta untuk mengisi lembar feedback, Pelatihan ini ditutup dengan sesi foto bersama dan pembagian sertifikat pada para peserta yang hadir. Masih banyak lagi kesempatan yang disediakan ISTTS bagi teman-teman yang ingin belajar lebih dalam seputar Amazon Web Service. Yuk, nantikan event edukasi seru berikutnya!

4 Dosen ISTTS Menjalani Pelantikan Insinyur Lulusan Program Studi Program Profesi Insinyur

4 Dosen ISTTS Menjalani Pelantikan Insinyur Lulusan Program Studi Program Profesi Insinyur

Hingga saat ini, insinyur yang diakui secara formal di Indonesia baru berjumlah sekitar 10.900 orang, padahal jumlah lulusan sarjana teknik dan serumpunnya melebihi 1 juta orang. Berkontribusi untuk mengatasi ketimpangan profesi insinyur tersebut, keempat orang dosen Insitut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) menempuh pendidikan selama 1 semester untuk memperoleh gelar insinyur. Pada Sabtu (16/4/2022) sore, Dr. Ir. Joan Santoso , Dr. Ir. Esther Irawati Setiawan, Ir. Iwan Chandra, beserta Dr. Ir. Hartarto Junaedi dilantik bersama-sama 89 insinyur baru lainnya melalui Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Proses pelantikan berjalan lancar dan dilakukan oleh Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PPI) Jawa Timur.

Baca Selengkapnya
Podcast "Bincang Kreatif" Eps. 05 - Peluang dan Tantangan Desainer Produk di Masa Depan

Podcast "Bincang Kreatif" Eps. 05 - Peluang dan Tantangan Desainer Produk di Masa Depan

Podcast Desain Produk ISTTS episode 05 diselenggarakan pada hari Sabtu, 23 April 2022 dengan mengangkat topik “Peluang dan Tantangan Desainer Produk di Masa Depan”. Materi ini dibawakan oleh Bapak Sigit Firdaus Prayogi, S.T., M.Ds, salah seorang dosen ISTTS yang menekuni   jurusan Desain Produk dan berprofesi sebagai dosen sekaligus seorang College Innovator. Podcast ini diselenggarakan melalui platform Zoom.

Baca Selengkapnya
Creating Simple Face Stickers Using Computer Vision Techniques

Creating Simple Face Stickers Using Computer Vision Techniques

ISTTS kembali mengadakan webinar KSP Season 13 yang berjudul “Creating Simple Face Stickers Using Computer Vision Techniques”. Materi kali ini dibawakan oleh Dr. Yosi Kristian, S. Kom, M. Kom. Pak Yosi sekarang berperan sebagai kepala program studi dan Associate Professor pada departemen informatika ISTTS. Webinar ini diadakan pada hari Selasa, 26 April 2022 secara online melalui platform Zoom dan Youtube.

Baca Selengkapnya
Wanita Berperan di Era Milenial

Wanita Berperan di Era Milenial

Tanggal 21 April merupakan hari di mana masyarakat Indonesia merayakan hari Kartini. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa-jasa R.A Kartini. salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi perayaan Hari Kartini adalah dengan berbagi ilmu mengenai bisnis melalui webinar yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri ISTTS. Webinar kali ini mengangkat tema “Wanita Berperan di Era Milenial” dan dibawakan oleh salah satu alumni Teknik Industri ISTTS yaitu Ibu Nike Lidiyastuti Aritovani, S.T. atau yang akrab dipanggil dengan sebutan Kak Nike. Beliau adalah salah satu pengusaha makanan berbahan dasar ikan yang cukup sukses di kota Ambon.

 

Baca Selengkapnya
My Recent Research on Multimedia Processing

My Recent Research on Multimedia Processing

Episode KSP kali ini bertemakan multimedia processing dan dibawakan oleh Profesor Chuan-kai Yang dari National Taiwan University. Multimedia processing yang akan dijelaskan dibagi menjadi 4 kategori, antara lain image processing, video processing, graphics and visualization dan aplikasi untuk mengambil gambar.

Baca Selengkapnya
Metaverse – Our Future World

Metaverse – Our Future World

Metaverse memang menjadi isu dan topik yang hangat diperbincangkan akhir-akhir ini. Mengusung konsep dunia virtual yang mempermudah komunikasi lintas jarak dan wilayah, metaverse merupakan terobosan teknologi yang cukup menggemparkan dunia. KSP episode kedua kali ini dibawakan oleh Pak Hendrawan Armanto yang merupakan salah satu dosen ISTTS yang terjun ke dunia metaverse. Pak Hendrawan akan membahas mengenai metaverse secara mendalam di dalam KSP kali ini.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon