Bikin Bangga, Deretan Produk Lokal Ini Udah Go International!
Blog
22 February 2021

Bikin Bangga, Deretan Produk Lokal Ini Udah Go International!

Di tengah menjamurnya produk asing yang beredar di Indonesia, ternyata banyak produk lokal yang berhasil eksis sampai sekarang loh. Masalahnya, sampai sekarang masih banyak kebanyakan orang yang merasa gengsi dalam membeli produk lokal. Sebagian besar masyarakat Indonesia diketahui masih seringkali meremehkan kualitas produk lokal ketimbang produk luar negeri, apalagi jika menyangkut barang-barang branded.

Padahal produk lokal tidak selamanya berkualitas jelek loh. Malahan saat ini ada banyak produk lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan produk luar negeri. Bahkan, banyak produk lokal yang saat ini sudah berhasil go internasional. Berikut ini deretan produk lokal yang sukses go internasional!

1. Silver Queen  

Merek cokelat yang satu ini pasti sering kamu temukan di berbagai toko maupun minimarket. Meski begitu, mungkin tidak banyak yang tahu bahwa merek cokelat ini merupakan produk asli Indonesia. Hebatnya, cokelat asal Indonesia ini tak kalah dengan merek luar negeri seperti Toblerone, Cadburry, Kit Kat, dan sebagainya loh. Bahkan, Silver Queen sekarang telah melebarkan sayapnya ke negara lain seperti Filipina, Singapura, Amerika, dan lain-lain.

 

2. Kopiko  

Produk lokal yang sukses go internasional selanjutnya adalah permen Kopiko. Permen Kopiko adalah salah satu produk yang legendaris di Indonesia. Sudah berhasil menembus pasar di lebih dari 50 negara dunia, ketenaran Kopiko saat ini sudah tidak perlu diragukan. Dari Beneluks, Italia, hingga Portugal, Kopiko begitu diminati.

Drama-drama Korea memang diketahui menuliskan setiap brand yang mendukung mereka di kredit. Tak sedikit bahkan brand tersebut juga dimunculkan di dalam drama sebagai adegan spesial untuk mempromosikan secara tidak langsung.

Akun Twitter komunitas pecinta drama Korea Selatan pun tampak menyoroti mengenai munculnya Kopiko dalam kredit "Vincenzo" tersebut. "Heboh KOPIKO jadi sponsor #Vincenzo Nunggu adegan Joongki nguap, terus ngiklan, mending ngemut permen aja dulu… "Kopiko, Gantinya Ngopi…" Ah mantap," tulis akun @K_DramaIndo kemarin, Minggu (21/2).

kopiko masuk di kredit drama song joong ki yakni vincenzo

3. La Fonte 

Siapa sih yang mengira kalau merek pasta yang satu ini berasal dari dalam negeri? La Fonte berada di bawah naungan PT Bogasari dan menyediakan produk pasta kering serta sausnya. Beberapa negara seperti Korea, Thailand, dan Malaysia menjual produk lokal Indonesia ini loh!

4. Tolak Angin 

Produk jamu cair pertama di Indonesia ini dibuat dengan racikan homemade dengan resep yang tidak pernah berubah, tepatnya sejak tahun 1951 hingga sekarang. Bahan-bahannya diambil dari berbagai rempah alami seperti biji adas, kayu ules, jahe, dan daun cengkeh yang dapat menghangatkan badan. Sekarang ini, produk Tolak Angin sudah mampu go internasional. Produk dengan tagline “Orang Pintar Minum Tolak Angin” ini telah beredar di berbagai negara seperti Hong Kong, Australia, Belanda, bahkan Amerika Serikat. 

5. Indomie

Produk lokal yang sukses go internasional terakhir berupa mi instan bernama Indomie. Sejak tahun 1972 hingga saat ini terus menjadi produk legendaris Indonesia. Kamu pasti akan bisa menemukan produk Indomie di setiap minimarket yang ada pada berbagai negara.

Bahkan saking populernya, Bahasa yang ada pada kemasan Indomie telah disesuaikan dengan keberadaannya, misalnya di Korea, tulisannya akan berubah menjadi hangeul. Begitu juga di negara-negara lainnya, mulai dari Asia, Amerika, Australia, Eropa, hingga Afrika.

Nah, itulah deretan produk lokal yang sukses go internasional. Sebagai orang Indonesia, tentunya kamu juga harus mulai mendukung berbagai produk lokal. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan dalam mendukung produk lokal dengan bergabung menjadi pendana di Amartha. Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu berarti telah berpartisipasi menciptakan dampak sosial yang nyata berupa kesejahteraan merata sekaligus mendukung produk lokal.

Ini Cara Belajar yang Efektif Menurut Penelitian

Ini Cara Belajar yang Efektif Menurut Penelitian

Bagi sebagian kalangan seperti pelajar atau mahasiswa belajar merupakan rutinitas setiap hari yang melelahkan karena kita dituntut untuk memahaminya. Kamu mungkin bertanya-tanya kenapa sih setiap belajar, materi yang telah dipelajari sering lupa atau malah belum paham mengenai materi yang telah dipelajari? Mungkin saja saat belajar konsentrasi kamu suka buyar atau bisa saja karena cara belajar yang kurang begitu efektif.

Baca Selengkapnya
Alasan Hasil Rapid Test Bisa Positif Usai Vaksin Covid-19

Alasan Hasil Rapid Test Bisa Positif Usai Vaksin Covid-19

Jakarta, CNN Indonesia -- Tim peneliti dari Laboratorium Rekayasa Makromolekul, Departemen Kimia Farmasi, Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) menjelaskan potensi terdeteksi positif Covid-19 usai disuntik vaksin. Salah satunya hasil reaktif atau positif ketika diuji dengan rapid test atau tes swab.

Baca Selengkapnya
Terbelit Utang dari Tiga Pinjaman Online, Pria Ini Tertolong Aplikasi Sampah dari Hamish Daud

Terbelit Utang dari Tiga Pinjaman Online, Pria Ini Tertolong Aplikasi Sampah dari Hamish Daud

Sulaiman terbelit utang dari tiga platform pinjaman online. Tunggakan cicilan harus ia lunasi akhir bulan. Tak punya rumah dan punya tanggungan dua anak, pria 43 tahun ini tak punya banyak pilihan untuk menyelamatkan keluarganya. Namun, ia menemukan sebuah aplikasi yang mencari pengangkut sampah, Octopus. Octopus adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya menyetorkan sampah untuk didaur ulang. Pengguna akan mendapat imbalan seperti voucher potongan harga saat membeli kopi kekinian. 

Baca Selengkapnya
Kominfo Didesak Blokir Konten Negatif Netflix dan OTT Asing

Kominfo Didesak Blokir Konten Negatif Netflix dan OTT Asing

Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) didesak untuk lebih tegas mengawasi dan memblokir konten negatif seperti pornografi, LGBT ataupun kekerasan di penyedia over the top (OTT) asing seperti Netflix dkk di Indonesia.

Baca Selengkapnya
Gojek dan KLHK Berkolaborasi Kurangi Penggunaan Plastik

Gojek dan KLHK Berkolaborasi Kurangi Penggunaan Plastik

Jakarta, CNN Indonesia -- Jelang Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) pada 21 Februari mendatang, Gojek bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berkolaborasi dalam upaya mengurangi penggunaan sampah plastik sekali pakai. Kerja sama itu sekaligus menjadi perwujudan pilar keberlanjutan Gojek Greener yang mengajak masyarakat mengadopsi gaya hidup lebih ramah lingkungan.

Baca Selengkapnya
Profil Marie Thomas, Dokter Perempuan Pertama di Indonesia yang Dijadikan Google Doodle Hari Ini

Profil Marie Thomas, Dokter Perempuan Pertama di Indonesia yang Dijadikan Google Doodle Hari Ini

KOMPAS.com -  Google Doodle hari ini menampilkan sosok dokter perempuan yang sedang menggendong seorang bayi. Sosok yang menjadi Google Doodle tersebut adalah Marie Thomas. Google menjadikannya sebagai Google Doodle, Rabu (17/2/2021) karena hari ini merupakan hari ulang tahunnya ke 125.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Blog
Icon