Grab-Pegadaian Sediakan Pinjaman Bunga 0 Persen untuk Driver
Blog
27 July 2020

Grab-Pegadaian Sediakan Pinjaman Bunga 0 Persen untuk Driver

Jakarta, CNN Indonesia -- Grab bekerja sama dengan PT Pegadaian (Persero) Cabang Magelang menghadirkan program "Gadai Peduli" yang diperuntukkan bagi para mitra pengemudi GrabCar dan GrabBike di Magelang.

Gadai Peduli merupakan pinjaman modal usaha hingga Rp1 juta dengan bunga 0 persen bagi mitra pengemudi yang ingin juga memulai usaha dengan menjadi mitra GrabKios.

Kemitraan ini merupakan bagian dari program #TerusUsaha untuk mendukung kualitas hidup pekerja lepas (gig workers). Mengingat kontribusi perekonomian yang dihasilkan para pekerja lepas termasuk UMKM sangatlah besar bagi Jawa Tengah.

Head of West Indonesia Grab Indonesia Richard Aditya mengatakan pinjaman modal usaha dengan bunga nol persen ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para mitra driver sehingga mampu bertahan di tengah krisis.

"Program ini pun sejalan dengan komitmen jangka panjang GrabForGood yang dihadirkan di Jawa Tengah untuk mengubah pandangan 'susah akibat wabah', menjadi semangat #TerusUsaha dalam menyongsong peluang baru dan bersama bangkit dengan teknologi," ujar Richard berdasarkan keterangan resminya, Semarang, Kamis (23/7).

Apalagi, lanjut Richard, rata-rata pendapatan agen GrabKios Semarang yang disurvei mengalami peningkatan pendapatan, sehingga mereka mengaku tidak perlu penambahan modal untuk meningkatkan bisnisnya bahkan membuka peluang terhadap akses perbankan seperti investasi dan pinjaman.

"Rata-rata pendapatan agen GrabKios Semarang meningkat 12 persen menjadi Rp13 juta per bulan sejak bergabung."

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut baik langkah Grab untuk mendorong pelaku UMKM di Jawa Tengah.

"Survei internasional menyebutkan, kita ini adalah bangsa yang paling suka membantu dan saya mengajak teman-teman dari dunia usaha untuk bersinergi dalam hal ini. Grab menjadi bagian dari siklus rantai ini dalam bagian dari digitalisasi cara berdagang dan transportasi pengantaran."

Ganjar melanjutkan, program #TerusUsaha jadi bagian dari cara menyelesaikan persoalan masyarakat yang terjadi sekarang. Menurutnya, Grab sudah melakukan sila kedua Pancasila, 'Kemanusiaan yang adil dan beradab' dan Program #TerusUsaha jadi bentuk konkretnya.

"Saya senang program #TerusUsaha ini punya filosofi menyemangati karena yang bisa mengubah nasib kita adalah kita sendiri. Buat mereka yang terus usaha pasti akan sukses," ujar Ganjar.

Sebagai informasi, bagi mitra pengemudi yang tertarik dapat menemukan informasi pinjaman melalui fitur GrabBenefits di aplikasi dan menukarkannya di Pegadaian Cabang Magelang dengan kesempatan mendapatkan pinjaman modal usaha hingga Rp1 juta dengan suku bunga 0 persen.

Bos Facebook Berbagi Cara Menghasilkan Uang di Instagram

Bos Facebook Berbagi Cara Menghasilkan Uang di Instagram

Jakarta, CNN Indonesia -- CEO Facebook Mark Zuckerberg membeberkan fitur baru Instagram untuk membantu kreator atau influencer menghasilkan uang lewat konten yang diunggah. Instagram akan membantu mencocokkan pemilik brand dengan pembuat konten yang sesuai dengan audiens atau pasar yang ingin dijangkau.

Baca Selengkapnya
Mengenal Blockchain, Cikal Bakal Uang Kripto Seperti Bitcoin

Mengenal Blockchain, Cikal Bakal Uang Kripto Seperti Bitcoin

Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagian orang pasti pernah mendengar istilah blockchain. Tetapi mungkin ada yang tidak tahu apa itu blockchain dan mengapa sekarang begitu populer dan mendasari bangkitnya bitcoin dan mata uang kripto.

 

Baca Selengkapnya
Mulai 25 April, Pemerintah Tutup Sementara Pintu Masuk Perjalanan Orang dari India

Mulai 25 April, Pemerintah Tutup Sementara Pintu Masuk Perjalanan Orang dari India

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia melalui Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) resmi menutup pintu masuk bagi setiap pelaku perjalanan yang berasal dari India menyusul terjadi lonjakan kasus Covid-19 di negara tersebut.

Baca Selengkapnya
Discord Tolak Tawaran Akuisisi Microsoft

Discord Tolak Tawaran Akuisisi Microsoft

Jakarta, CNN Indonesia -- Startup obrolan audio, Discord Inc, dilaporkan telah menghentikan pembicaraan untuk dibeli oleh sejumlah perusahaan, salah satunya Microsoft Corp. Discord lebih memilih untuk tetap mandiri dan berniat untuk IPO.

Baca Selengkapnya
Gojek-Telkom Kolaborasi Kembangkan Startup di Indonesia Timur

Gojek-Telkom Kolaborasi Kembangkan Startup di Indonesia Timur

Jakarta, CNN Indonesia -- Sukses jadi super-app terdepan di Asia Tenggara, Gojek kembali melakukan inisiatif untuk memberdayakan anak muda, khususnya di kawasan Indonesia timur dengan memanfaatkan teknologi.

Baca Selengkapnya
500 Juta Data LinkedIn Bocor, Dijual Rp29 Ribu Per Data

500 Juta Data LinkedIn Bocor, Dijual Rp29 Ribu Per Data

Jakarta, CNN Indonesia -- Ratusan juta data pengguna LinkedIn dilaporkan bocor di jagat maya. Ada 500 juta data yang dilelang dalam sebuah forum hacker yang isinya informasi yang terbilang detail dari data pengguna.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Blog
Icon