Detail Postingan

Helping Tools For Web Development


Senin,18 november merupakan KSP ke – 6 yang di bawakan oleh bapak Mikhael Setiawan,S.kom,KSP kali ini membahas tools – tools yang dapat membantu kita dalam membuat suatu web. “Pembahasan pada KSP ini hanya berisi overview saja,tidak semua tools akan dibahas,jika ada yang lain mungkin bisa di sharingkan”.
 

  “Alur pembuatan sebuah website memakai pola waterfall yang pertama requirement analysis,design,development,testing,maintenance” kata Bapak Michael Setiawan selagi menjelaskan slide-nya,dalam alur yang pertama kita diperkenalkan pada aplikasi bernama slack. Slack dapat berintegrasi dengan tools lain,dan google juga. Alur kedua merupakan desain,dalam desain ini berguna mewujudkan konsep yang diinginkan client.

 

 ”Desain merupakan komunikasi yang ampuh untuk memvisualkan apa yang client inginkan,memastikan kamu dan client memiliki visi yang sama,jika tidak maka akan memerlukan waktu dan tenaga yang besar apalagi jika minta ganti seluruh desain” kata Pak Mikhael,oleh karena itu tools yang dapat membantu kita adalah balsamiq salah satu contohnya,lalu untuk database design kita dapat menggunakan tools draw.io dan alur selanjutnya ada development,tools yang bisa diberikan pada KSP kali ini adalah visual studio code dikarenakan menurut pak Michael memiliki banyak extension yang dapat kita gunakan 

Dan alur yang terakhir adalah Maintenance ,Pak Michael berkata “Pastikan kalian tahu dulu apa yang harus di maintenance sebelum client yang memberi tahu”,dalam alur ini terdapat tools juga yang dapat kita gunakan yaitu Error Reporting,RollBar.


  Dan terakhir pak Michael mengutarakan kita harus bekerja secara collaborative “Karena bekerja bersama lebih baik daripada menjomblo”,dalam bekerja bersama terdapat tools yang dapat kita gunakan yaitu GitHub,GitLab,Bitbucket