Detail Postingan

KOTLIN EVERYWHERE


                 Beberapa waktu belakangan ini bahasa pemrograman Kotlin sedang naik daun. Hal ini dirasa penting karena mempelajari hal baru terutama pada pengembangan android sangatlah penting sebab sekarang adalah era penggunaan android yang sedang merajalela. Pada seminar ini tidak hanya mengulas bagaimana kotlin bekerja dan keunggulannya, namun seminar ini pun juga mengajarkan coding dalam kotlin.
 
                 Beberapa kemudahan yang ditunjukan oleh kotlin adalah pencegahan nullable, mudah diubah-ubah dan jauh lebih singkat penulisannya daripada bahasa pemrograman java biasa. Seminar yang dibawakan oleh Rui Fernando yang merupakan CEO di Generate Code Indonesia dan Eric Pranata, seorang Software Engineer dari Renseki ini membawakan seminar kotlin dengan cukup menarik dan mudah dipahami, apalagi mahasiswa tidak perlu repot-repot untuk mengetik sendiri dan coding sudah disiapkan oleh kakak Rui. 
 
                 Pada awalnya para mahasiswa dijelaskan mengenai pentingnya dan mengapa bahasa pemrograman kotlin sangat penting bagi developer android, seperti keunggulannya. Lalu selain itu juga dijelaskan bagaimana mengubah bahasa pemrograman java menjadi bahasa kotlin dan sebaliknya. Setelah itu barulah masuk kedalam tahap yang lebih menarik yaitu tahap coding dan bedah coding. Sehingga para mahasiswa dapat mengerti secara langsung bagaimana cara mengubah java menjadi kotlin. 
 
               Pada seminar sesi dua, para mahasiswa diajarkan bagaimana menggunakan Kotlin Coroutine yang membuat pemrograman kotlin menjadi lebih canggih dan menarik dimana pola pikir mahasiswa yang memrogram menggunakan java yang tidak efisien menjadi kotlin yang lebih efisien dan lebih mudah dibaca. Meskipun banyak sintax yang perlu dihafalkan atau dipelajari oleh mahasiswa, namun seminar yang dibawakan oleh Eric Pranata, menjadikan kotlin lebih menarik.