Detail Postingan

The Right Investment Mindset


                25 november 2019 merupakan KSP terakhir pada semester ini. KSP ini bertema “The right investment mindset” seminar ini di bawakan oleh Dr.Hartanto j.,S.Kom.,M.Kom.,dalam pembukaan KSP pak jun berkata jika mindset dalam berinvestasi haruslah di ubah dulu ia berkata “investasi merupakan passive income,bukan berarti uang bekerja untuk kita tapi harus memikirakn yang benar dulu dalam berinvestasi”. Investasi selalu memperhitungkan dana,wahana investasi,tujuan,jangka waktu,mendapatkan keuntungan serta risiko.

                Dalam siklus hidup manusia pendapatan kita akan turut serta naik seiring dengan usia kita jika kita mengetahui apa yang dapat kita lakukan. Pada normalnya pada umur 20 kita sudah dapat memiliki penghasilan sendiri,umur 30 kita telah menikah dan memiliki mobil. Umur 40 memiliki anak,dan berharap pada umur 55 kita dapat pensiun dan anak kita telah lulus kuliah .

               Akan tetapi pada kenyataanya tidak semudah itu meski pendapatan bertambah, pengeluaran kita juga ikut bertambah hingga pada akhirnya kita tidak bisa menikmati hasil dan gaya hidup yang kita bangun dari awal,melainkan kita harus mengurangi gaya hidup kita. Jika tidak ingin begitu kita harus mulai berinvestasi secepatnya belum lagi inflasi yang terus membayang – bayangi kita.

               Dalam berinvestasi kita harus menentukan tujuan berinvestasi di bagi dalam 3 yaitu jangka pendek kurang dari 5 tahun,jangka menengah 5-10 tahun,jangka panjang lebih dari 5 tahun. Sebelum menentukan berinvestasi kita harus finansial check up dari rasio hutang konsumtif,rasio cicilan,rasio dana darurat,rasio biaya terhadap pendapatan. Dalam KSP ini menjelaskan lebih detail berapa rasio standar sehat yang di terapkan.

               Jenis – jenis investasi yang dijelaskan pada KSP ini merupakan investasi property, investasi emas, obligasi, saham, reksa dana ,dan terakhir adalah forex. Pada KSP ini kita mendapatkan informasi dari bagaiamana cara membelinya,keuntungan,dan kelemahan. Dan terakhir pak Jun membagikan 8 langkah investasi yaitu pahami tujuan investasi, kenali profil resiko anda, pelajari alternatif investasi yang tersedia,pahami risiko yang berkaitan. Tentukan batas investasi sesuai kemampuan keuangan,tentukan strategi investasi anda,manfaatkan jasa professional,dan terakhir pertahankan tujuan anda