Detail Postingan

SOSIALISASI TUGAS AKHIR DAN KERJA PRAKTEK


Pada hari Jumat, 13 Maret 2020 pukul 13.00 WIB, iSTTS mengadakan Sosialisasi Tugas Akhir dan Kerja Praktek yang diikuti 40 mahasiswa Teknik Informatika iSTTS. Sosialisasi yang diadakan di gedung E-402 dihadiri oleh beberapa dosen S1 Teknik Informatika termasuk Dr. Yosi Kristian, S.Kom, M.Kom dan  Reddy Alexandro Harianto, S.Kom., M.Kom.

Untuk meningkatkan jumlah lulusan iSTTS di tahun berikutnya, maka Himafor (Himpunan Mahasiswa Informatika) mengadakan Sosialisasi TA dan KP yang bertujuan untuk membantu mahasiswa yang akan mengambil Tugas Akhir agar dapat menemukan tema atau judul Tugas Akhir yang sesuai. Pada awal sosialisasi dijelaskan tujuan dari Kerja Praktek yaitu untuk mencari pengalaman kerja dengan banyak orang. Selain itu, Kerja Praktek dibagi menjadi 2 pilihan. Yang pertama adalah dengan magang(pelatihan kerja di perusahaan) dan yang kedua dengan problem solving (membuat project yang berhubungan dengan masalah perusahaan dan dapat dilakukan online). Selain itu terdapat beberapa syarat untuk kerja praktek. Minimal kerja 20 hari dan kerja praktek dapat dilakukan 1-2 bulan sebelum perwalian. 

Pada saat sosialisasi, juga diberikan tips dan trik bagaimana untuk lulus dalam kurun waktu 3.5 tahun. Tips yang diberikan yaitu, mahasiswa harus mengumpulkan Proposal Tugas Akhir pada periode pertama pengumpulan TA, yaitu pada 15 Agustus. Selain itu, mahasiswa harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuan yang bisa dilihat pada website sim.stts.edu. Mengumpulkan tanda tangan beberapa dosen merupakan hal yang wajib saat mengajukan proposal.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan mahasiswa iSTTS dapat mengerti kaidah dan urutan pengumpulan TA.