Workshop Videography STV X ISTTS Day 2
Berita
26 March 2024

Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS, berlanjut pada hari Minggu tanggal 17 Maret 2024. Acara yang ditujukan pada anggota STV (Sinlui TV) ini adalah acara yang berlangsung selama 2 hari, dimana para peserta menginap pada sekolah mereka, tepatnya pada SMAK St. Louis 1 Surabaya. 

Para peserta dibangunkan pada pukul 5 pagi, namun karena telah berkegiatan pada hari sebelumnya, mereka kelelahan. Pada pukul 6 pagi, para peserta pergi menuju Gereja Hati Kudus Yesus Katedral Surabaya, yang letaknya dekat dengan sekolah mereka.

Setelah menjalani ibadah, tepatnya pada pukul 07.00 pagi, para anggota STV kembali menuju tempat Workshop Videography STV X ISTTS, tepatnya pada ruangan Benedictus Room. Disana mereka disuguhi sarapan berupa Nasi Petite dan mie ayam. Sementara waktu istirahat tersebut, mereka diberi tugas untuk melakukan editing dari video yang telah mereka siapkan pada hari sebelumnya.

Suasana di ruangan Benedictus Room sangatlah tenang. Para peserta fokus pada media editing mereka, baik melalui handphone atau laptop mereka masing-masing. Alunan lagu juga diputar agar peserta dapat fokus dalam mengerjakan pekerjaan mereka. Peserta yang sudah dibagi-bagi menjadi kelompok pada hari sebelumnya, saling berkomunikasi dengan sesama anggota kelompok mereka agar video dapat terselesaikan dengan sempurna.

Waktu untuk edit video ini diberikan selama 1 jam 30 menit, sehingga seharusnya pada pukul 08.30 sesi ini sudah berakhir. Namun, dikarenakan complain dari para peserta, sesi ini diperpanjang. Gangsar Septa Putra Hidayanta, S.Psi. selaku guru pembina dari acara ini memberikan ceramah mengenai tanggung jawab, bahwa apabila mereka banyak mengulur waktu, maka mereka harus berani bertanggung jawab apabila waktu kepulangan mereka lebih siang.

Tepat pada pukul 09.00, para peserta dihentikan dari pekerjaan mereka. Sesi ice breaking yang dipimpin oleh pak Septa pun dimulai. Para peserta diajak melakukan senam bersama. Gerakan dari senam pun cukup menghibur, sehingga para peserta mengeluarkan tawa mereka. Sesi ice breaking ini berjalan selama 10 menit, dimana setelahnya para peserta diajak untuk kembali ke tempat duduk masing-masing.

Sesi penilaian pun dimulai. Juri-juri berasal dari guru-guru SMAK St.Louis 1 Surabaya, tepatnya guru yang bertugas dalam bidang digital marketing. Maka penilaian pun dijalankan. Video hasil editan para peserta ditampilkan melalui proyektor, dan para juri memberi masukan serta kritik berdasarkan video yang ditunjukkan.

Video yang ditunjukkan dari tiap kelompok sendiri ada dua video, yaitu video yang dibuat saat mereka berada di Jalan Tunjungan, dan video lainnya saat mereka berada di Balai Pemuda. Video ini direkam pada hari Sabtu, 16 Maret 2024, dan diberi editing dalam waktu yang singkat, dengan menggunakan kemampuan masing-masing serta mengimplementasikan ajaran-ajaran yang diberikan pada awal workshop ini.

Selama 2 jam, para peserta menampilkan video yang telah mereka buat melalui proyektor, dimana para juri memberi tanggapan mereka. Video yang ditampilkan bervariasi, dikarenakan tiap kelompok memiliki tema yang berbeda-beda dalam video mereka. Karena itu, latar dan cerita yang disampaikan pun bervariasi berdasarkan kreativitas tiap kelompok.

Setelah semua video ditayangkan, penutupan diberi oleh pak Septa. Penutupan diawali dengan pemberian souvenir dari pihak SMAK St Louis 1 Surabaya kepada pembicara dari ISTTS. Setelah itu, terdapat pengumuman pemenang, yang adalah kelompok 5. Hadiah diberikan oleh bu Yanti kepada kelompok 5. Pada akhir acara, terdapat doa penutup dan salam penutup oleh PIC dari acara ini, yaitu Felix.

Pada acara workshop videography STV x ISTTS, ada salah satu pelajaran penting yang diulang-ulang, yaitu time management. Kemampuan untuk mengatur waktu adalah salah satu poin penting yang ditekankan pada acara ini, khususnya pada hari kedua. Pak Septa mengingatkan bahwa para anggota Sinlui TV harus belajar untuk mengatur waktu, sehingga pekerjaan yang mendekati batas pengumpulan dapat diselesaikan dengan segera.

Pelajaran ini tidak hanya untuk acara ini saja, namun dapat kita gunakan pada kehidupan kita kedepannya. Seperti perkataan dari pak Septa, bahwa pelajaran yang didapat hari ini tidak hanya untuk hari ini saja, namun dapat berguna bagi masa depan kita.

Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual ISTTS Gelar Acara Open Talk DKV Semester Genap 2024

Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual ISTTS Gelar Acara Open Talk DKV Semester Genap 2024

Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) menggelar acara bertajuk "Open Talk DKV" untuk semester genap tahun 2024. Acara ini diadakan di Ruang E-402 pada pukul 13.00 dengan dihadiri oleh 33 peserta mahasiswa. Acara yang berlangsung dalam suasana penuh antusiasme ini menghadirkan Ketua Himpunan Mahasiswa DKV, Richard Jonathan sebagai pembicara, beserta para dosen yang berpengalaman dan keahlian dalam bidang desain komunikasi visual. Mereka adalah Ibu Bonifacia Bulan Aruming Tyas, S.Ds, M.A., Bapak Dr. Decky Avrilukito S.Sn., M.M., dan Ibu Amelia Agustina, S.Ds., M.Med.Kom. "Open Talk DKV" merupakan forum diskusi terbuka yang bertujuan untuk memperluas wawasan mahasiswa DKV ISTTS serta mempererat hubungan antara mahasiswa dan dosen. Dalam acara ini, para pembicara berbagi pengalaman, pengetahuan, dan pandangan mereka tentang berbagai aspek desain komunikasi visual. Selain itu, para peserta juga diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan langsung kepada para pembicara. Acara ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya konstruktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran di bidang desain komunikasi visual serta memperkuat ikatan antara mahasiswa dan dosen.

Baca Selengkapnya
Bagaimana Memulai Bisnis di Kalangan Siswa

Bagaimana Memulai Bisnis di Kalangan Siswa

Memulai bisnis di kalangan siswa adalah tantangan yang menarik dan bermanfaat. Seminar "How to Become An Entrepreneur" di SMK Petra Surabaya pada tanggal 23 April 2024 menjadi contoh nyata bagaimana pendidikan kewirausahaan dapat menginspirasi para siswa untuk memulai langkah-langkah awal mereka dalam dunia bisnis.

Baca Selengkapnya
Mengambil Momen di Pantai Kenjeran

Mengambil Momen di Pantai Kenjeran

Siapa sih yang tidak tahu fotografi. Bagi penikmatnya, fotografi tidak lain merupakan pembuatan karya seni dimana cara mengambil gambar memanfaatkan alat dokumentasi (kamera). Tentunya perlu lokasi dan timing yang pas serta beragam untuk menghasilkan gambar sesuai keinginan. Oleh karena itu, salah satu kampus di Surabaya ini menggelar pembelajaran yang sedikit berbeda dari sebelumnya. Setelah mengadakan kegiatan praktik mata kuliah Fotografi Aplikatif di Kebun Binatang Surabaya (KBS) pada tanggal 28 Maret 2024, jurusan Desain Komunikasi Visual angkatan 23 kembali mengadakan pembelajaran di luar kampus Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS). Dengan menggunakan teknik yang sudah dipelajari sebelumnya, mahasiswa yang berpartisipasi totalnya berjumlah 32 orang ini langsung terjun ke lapangan untuk mengimplementasikan ilmunya. Kali ini lokasi bertempat di salah satu tempat wisata yang cukup populer di telinga kalangan masyarakat Surabaya. Tidak lain nama tempat itu ialah Pantai Kenjeran Lama. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 18 April 2024 bertepatan dengan waktu penulisan berita ini dibuat.

Baca Selengkapnya
Artificial Intelligence

Artificial Intelligence

Seminar  berjudul Artificial Intelligence  diselenggarakan pada tanggal 16 April 2024 oleh ISTTS yang berkolaborasi dengan SMA Kristen Petra 1 dan pembicaranya adalah Dr. Ir. Joan Santoso, S.Kom., M.Kom. Seminar ini dihadiri oleh kelas XII yang berlokasi di SMA Kristen Petra 1 yang tepatnya ada di ruang medianya. 

Baca Selengkapnya
Bagaimana Keluarga ISTTS Merayakan Idul Fitri?

Bagaimana Keluarga ISTTS Merayakan Idul Fitri?

Bulan Ramadhan telah berlalu, dan bagi keluarga besar Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS), momen Idul Fitri menjadi hal yang sangat dinantikan. Tim jurnalis ISTTS telah melakukan survei kepada para mahasiswa untuk menggali pengalaman unik mereka selama bulan suci tersebut. Apakah mereka menikmati bulan Ramadhan dengan banyak keseruan? Bagaimana juga mereka bisa melalui puasa sambil tekun mengikuti kelas-kelas? Mari kita simak respon mereka!

Baca Selengkapnya
Skill Up and Get the Job you want

Skill Up and Get the Job you want

Seminar Skill Up and Get the Job you want diadakan di auditorium ISTTS (Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya) pada hari Jumat, 5 April 2024. Seminar ini diadakan oleh HIMAFOR ( Himpunan Mahasiswa Informatika) dengan dua pembicara yaitu Mariani selaku Project Manager dari PT Djarum dan Malvin Patrick Kurniawan selaku Fullstack Engineer PT Djarum. 

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon