Kegelisahan dan Kegagapan Teknologi saat Pembelajaran Jarak Jauh Dikupas Tuntas di Webinar ISTTS
Media
15 July 2020

Kegelisahan dan Kegagapan Teknologi saat Pembelajaran Jarak Jauh Dikupas Tuntas di Webinar ISTTS

SURYA.CO.ID - Kegelisahan dan kegagapan teknologi dalam pembelajaran jarak jauh (daring) di masa pandemi covid-19 menjadi bahasan menarik dalam webinar yang diprakarsai Program S2 Teknologi Imformasi, ISTTS (Institut Sains dan Teknologi Terpadu) Surabaya, Sabtu (11/7/2020).

Lebih dari 150 orang terdiri dari guru, dosen dan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia turut ambil bagian di acara ini.

Tak cuma membahas gambaran pendidikan di Indonesia dan pembelajaran jarak jauh atau distance Learning (SPADA), webinar ini juga dibagikan tips membuat konten kreatif, virtual classroom serta alat-alat dan fasilitas-fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh guru untuk manajemen kelas daring.

Webinar ini menghadirkan tiga pembicara yaitu Dr. Ir. Franscisca Haryanti, Dr. Ir. Endang Setyati, M.T, serta seorang alumni S2 Teknologi Informasi ISTTS yang juga menjadi Juara Nasional Guru SMK berprestasi, Amiroh, S.Kom. M.Kom dan dipandu moderator kocak Jonie Hermanto S.Kom, MCSA, MCDBA.

Franscisca Haryanti mengupas tuntas tentang belajar mandiri, flipped classroom, masalah-masalah, apa yang diperlukan dan harus dikuasai dalam pembelajaran daring, persoalan akses juga budaya siswa.

Juga dipaparkan trik agar siswa tidak bosan dalam pembelajaran daring.

Peserta juga dikenalkan program Kahoot dan Quizizz sebagai apresiasi pada pencapaian siswa dan menumbuhkan motivasi.

"Karena motivasi ini adalah salah satu masalah yang sering terjadi dalam belajar secara daring," kata Franscisca

Sementara Endang Setyati, mengupas tentang SPADA, karakter kaum milenial, 7 tips membuat konten kreatif disertai contoh-contohnya serta panduan Working from Home.

Sebagai tambahan dijelaskan juga tentang PDCA dalam Online Learning (Plan, Do, Check & Act).

Endang juga membahas cara menyiapkan dan membuat kelas virtual, eksekusinya, cara interaksinya, tips learning engagement, cara penilaian dan evaluasinya serta pengarsipan dan pendokumentasiannya.

Faktor orisinilitas suatu konten pembelajaran daring menjadi salah satu penekanan dalam diskusi ini.

Tak kalah seru, Amiroh membagikan pengalamannya dalam pembelajaran daring serta tools Office 365 yang bisa diperoleh secara gratis untuk pembelajaran dan fitur-fitur yang ada didalamnya yang bisa digunakan oleh para guru untuk keperluan manajemen kelas virtualnya.

Dijelaskan panjang lebar tentang Form, Teams, dan Class Notebook. Dikatakan dengan Teams dapat melakukan tatap muka virtual, membagikan materi pembelajaran, berdiskusi dengan para siswa, mendokumentasikan dalam bentuk rekaman dan masih banyak lainnya.

"Pemberian tugas, tes formatif maupun sumatif bisa dilakukan dengan Form sehingga memudahkan guru untuk tidak menyulitkan diri dengan koreksi karena hasilnya langsung ada dan bisa diperoleh juga dalam bentuk excel," katanya.

Selain itu, menurutnya Class Notebook juga mendukung guru dalam pengelolaan kelas.

Diskusi mengalir santai dengan ditimpahi celoteh kocak dari moderator dan interaksi serta antusiasme para peserta hingga membuat webinar menjadi semakin menarik.

Kemeriahan semakin bertambah ketika peserta baik yang akses dengan zoom maupun youtube diajak memainkan game Kahoot berhadiah.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Kegelisahan dan Kegagapan Teknologi saat Pembelajaran Jarak Jauh Dikupas Tuntas di Webinar ISTTS, https://surabaya.tribunnews.com/2020/07/12/kegelisahan-dan-kegagapan-teknologi-saat-pembelajaran-jarak-jauh-dikupas-tuntas-di-webinar-istts.

Editor: Musahadah

Kumpulkan Bahan Dikira "Curanmor", Pencurian Bahan Humor

Kumpulkan Bahan Dikira "Curanmor", Pencurian Bahan Humor

Pengguna Google Assistant di Indonesia kini kian banyak. Asisten cerdas tersebut memiliki kemampuan perintah suara untuk melaksanakan banyak tugas. Untuk melengkapi hal itu, Jonie Hermanto alias Jonie SQL pun mengumpulkan 16 ribu humor sebagai big data yang dapat dipelajari Google Assistant maupun robot asisten lainnya.

Baca Selengkapnya
Gabungkan Karya Fotografi dengan Puisi agar Lebih Menarik

Gabungkan Karya Fotografi dengan Puisi agar Lebih Menarik

Banyak karya seni yang bisa dikawinkan untuk membentuk seni baru.Sebagaimana yang sudah didalami fotografer Yulius Widi Nugroho pada setiap karyanya. Jepretannya kini tak hanya menjadi sebuah karya fotografi. Dia selalu membubuhkan puisi didalamnya sehingga menjadikannya sebuah karya fotografi-puisi.

Baca Selengkapnya
Lulusan Siap Bersaing di Era Industri 4.0 dan Society 5.0

Lulusan Siap Bersaing di Era Industri 4.0 dan Society 5.0

Banyak orang beranggapan  kini ketinggalan dompet tak seburuk ketinggalan smartphone. beitu lekatnya keterikatan dengan smartphone tak lain karena kebutuhan akan informasi yang memudahkan aktivitas sehari-hari. 

Tantangan di era pandemi ada perusahaan-perusahaan besar perlu mengelola bisnisnya yang memiliki ratusan hingga ribuan karyawan dengan divisi yang berbeda-beda. 

Baca Selengkapnya
Kurikulum AI ISTTS Siap Jadi Solusi

Kurikulum AI ISTTS Siap Jadi Solusi

AI atau kecerdasan buatan makin memasuki sendi-sendi kehidupan manusia. Misalnya kontrol otomatis pada mobil tesla, Google voice assistant, rekomendasi produk pada online store, money management pada ATM, dan credit appraisal pada beberapa bank. AI terbukti memudahkan pengguna dan meningkatkan efesiensi kerja di dunia industri.

Baca Selengkapnya
Tugas Akhir Mahasiswa iSTTS, Buat Alat Memantau Lokasi Belajar Anak lewat Aplikasi

Tugas Akhir Mahasiswa iSTTS, Buat Alat Memantau Lokasi Belajar Anak lewat Aplikasi

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) memiliki berbagai kendala saat diterapkan di tengah pandemi. Sulitnya pengawasan pada siswa saat belajar membuat aktivitas siswa selama PJJ justru tidak terkontrol.

 

Baca Selengkapnya
Kenalkan Diri Sebagai Seniman Surabaya

Kenalkan Diri Sebagai Seniman Surabaya

Telah berkarya dalam satu dekade membuat seniman visual Sito Fosssy Biosa ingin merayakannya dengan lebih mengenalkan diri pada masyarakat luas dan  para senior di Surabaya. 

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Media Massa
Icon