Tugas Akhir Mahasiswa iSTTS, Buat Alat Memantau Lokasi Belajar Anak lewat Aplikasi
Media
21 August 2020

Tugas Akhir Mahasiswa iSTTS, Buat Alat Memantau Lokasi Belajar Anak lewat Aplikasi

Tugas Akhir Mahasiswa iSTTS, Buat Alat Memantau Lokasi Belajar Anak lewat Aplikasi
Kamis, 20 Agustus 2020 21:50
tribunnewslihat fototribunnews
surya.co.id/sulvi sofiana
Excel Alexander Pratama menunjukkan aplikasi "ISTTS ChildGuard" karya tugas akhirnya.


SURYA.CO.ID | SURABAYA - Pembelajaran jarak jauh (PJJ) memiliki berbagai kendala saat diterapkan di tengah pandemi. Sulitnya pengawasan pada siswa saat belajar membuat aktivitas siswa selama PJJ justru tidak terkontrol.

Hal ini membuat mahasiswa tingkat akhir Jurusan Teknik Informatika iSTTS (institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya), Excel Alexander Pratama membuat aplikasi "ISTTS ChildGuard".

Dikatakan Excel, aplikasi buatannya ini berfungsi untuk pemantauan anak selama pandemi Covid-19 yang dilengkapi geofence, app management, dan phone management.


"Saat ini banyak anak yang mulai jenuh atau bosan di rumah saja karena kondisi Covid-19 ini, sehingga akhirnya bu Risma jadi gemes dan muncul wacana bahwa mau diaktifkan kembali untuk sekolah. Padahal kondisi saat ini belum terlihat membaik, jadi solusinya saya membuat aplikasi ini," urainya dikonfirmasi SURYA.CO.ID, Kamis (20/8/2020).

Aplikasi ini juga mengimplementasikan ilmu baru mengenai sistem android yang tujuannya membantu orang tua untuk memantau lokasi anak selama PJJ atau daring.

Serta membantu orang tua untuk memantau dan membatasi aktivitas anak dalam penggunaan smartphone.

"Sistem aplikasi ini terdiri dari beberapa fitur, fitur utama yang diimplementasikan ialah "Geofence" yaitu untuk memantau lokasi dan membatasi area bermain anak. Jika lokasi anak berada diluar batasan area maka orang tua akan diberikan notifikasi,"paparnya mahsiswa yang dibimbing Hartarto Junaedi dan Amelia Alexandra Putri.

Berikutnya, fitur penguncian aplikasi dan pembatasan waktu. Fitur ini untuk membatasi anak dalam penggunaan smartphone. Anak juga akan mengetahui adanya pembatasan dari orang tua dengan munculny "Screen Time".

"Screen time ini hasil yang akan ditampilkan pada aplikasi anak ketika pembatasan telah diberlakukan orang tua," ujarnya.

Berdasarkan fungsinya, aplikasi ini dapat diaplikasikan pada gadget orang tua dan anak. Sehingga orang tua tetap bisa memantau anaknya meskipun tidak menemani di rumah.

"Dalam proses pengerjaan aplikasi ini saya cukup kesulitan dalam pengenalan sistem android yang msih baru. Mengenai beberapa permission baru, serta mengimplementasikan untuk mencari lokasi atau posisi anak secara realtime untuk fitur geofence tadi," lanjutnya.

Selain untuk orang tua, Excel mengungkapkan aplikasinya bisa diterapkan untuk aplikasi "jaga kampung".

Dimana pemantauan RT dan RW bisa memantau setiap kepala keluarga ataupun orang-orang yang ada rumah di kampung.

"Jadi ketika masa pandemi ini, pengurus RT dan RW bisa memastikan warganya tetap dirumah saja,"urainya.

Humas iSTTS, Masrara Dwi Yanti Handayani menambahkan, aplikasi buatan Excel dirasa akan bisa diimplementsikan di saat pandemi. Sehingga tidak menutup kemungkinan untuk terus dikembangkan.

Mahasiswa tingkat akhir Jurusan Teknik Informatika iSTTS (Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya), Excel Alexander Pratama menunjukkan aplikasi "ISTTS ChildGuard"


Tags tugas akhirTugas Akhir Mahasiswa iSTTSpembelajaran jarak jauh (PJJ)ISTTS ChildGuard
Berita Terkait :#Berita Kampus Surabaya

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin


Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Tugas Akhir Mahasiswa iSTTS, Buat Alat Memantau Lokasi Belajar Anak lewat Aplikasi, https://surabaya.tribunnews.com/2020/08/20/tugas-akhir-mahasiswa-istts-buat-aplikasi-untuk-memantau-lokasi-belajar-anak-lewat-istts-childguard?page=all.
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin

 

 

 

 

Kurikulum AI ISTTS Siap Jadi Solusi

Kurikulum AI ISTTS Siap Jadi Solusi

AI atau kecerdasan buatan makin memasuki sendi-sendi kehidupan manusia. Misalnya kontrol otomatis pada mobil tesla, Google voice assistant, rekomendasi produk pada online store, money management pada ATM, dan credit appraisal pada beberapa bank. AI terbukti memudahkan pengguna dan meningkatkan efesiensi kerja di dunia industri.

Baca Selengkapnya
Kenalkan Diri Sebagai Seniman Surabaya

Kenalkan Diri Sebagai Seniman Surabaya

Telah berkarya dalam satu dekade membuat seniman visual Sito Fosssy Biosa ingin merayakannya dengan lebih mengenalkan diri pada masyarakat luas dan  para senior di Surabaya. 

Baca Selengkapnya
ISTTS selenggarakan Program Dual Degree, Biaya Lebih Hemat

ISTTS selenggarakan Program Dual Degree, Biaya Lebih Hemat

Ada beberapa opsi yang bisa diambil para lulusan SMA yang ingin kuliah di luar negeri tersebut. Alternatifnya adalah mencari Perguruan Tinggi yang memiliki kerja sama dengan luar negeri.

Baca Selengkapnya
BIsa Kuliah Desain sambil  Bekerja

BIsa Kuliah Desain sambil Bekerja

Setelah lulus SMA, kebanyakan orang dihadapkan pada dua pilihan yaitu  melanjutkan kuliah atau langsung bekerja. Sebagian mantap memilih untuk mlanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Baca Selengkapnya
Sinar Berlebihan, Kaca Helm Tutup Otomatis

Sinar Berlebihan, Kaca Helm Tutup Otomatis

Sinar ultraviolet memang sangat berbahaya bagi kesehatan kulit. Karena itu, Yonathan Vinandra, mahasiswa Prodi Desain Produk ISTTS menciptakan smart helm.

Baca Selengkapnya
Kegelisahan dan Kegagapan Teknologi saat Pembelajaran Jarak Jauh Dikupas Tuntas di Webinar ISTTS

Kegelisahan dan Kegagapan Teknologi saat Pembelajaran Jarak Jauh Dikupas Tuntas di Webinar ISTTS

Kegelisahan dan kegagapan teknologi dalam pembelajaran jarak jauh (daring) di masa pandemi covid-19 menjadi bahasan menarik dalam webinar yang diprakarsai Program S2 Teknologi Imformasi, ISTTS (Institut Sains dan Teknologi Terpadu) Surabaya, Sabtu (11/7/2020).

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Media Massa
Icon