TAHUN BERDIRI 2008
AKREDITASI B
SK No. 164/SK/BAN-PTAk-VI/S/VIII/2013
GELAR Sarjana Desain (S.Ds.)
MASA STUDI 8 Semester, 144 SKS

Deskripsi :                                                                                                                                                 

Desain Komunikasi Visual (DKV) ISTTS berfokus pada 3 pilar utama yaitu Seni, Teknologi, dan Bisnis. Kurikulum Program Studi selalu mengakomodasi kebutuhan dunia desain visual yang selalu berkembang, sehingga lulusan DKV ISTTS mampu bersaing dalam pasar global khususnya dunia industri kreatif.


Seni
Mahasiswa DKV ISTTS akan belajar teori dan berlatih ketrampilan seni rupa dan desain agar memiliki dasar yang kuat dalam berkarya. Mereka juga akan dilatih untuk memacu kreatifitas, memiliki kepekaan estetika dan mampu mengapresiasi karya seni.

Teknologi
Dengan latar belakangnya yang kuat di bidang teknologi, tidak perlu diragukan lagi kemampuan DKV ISTTS dalam melatih mahasiswa agar mampu menggunakan teknologi multimedia semaksimal mungkin untuk meningkatkan produktivitasnya dalam berkarya. Yang perlu diingat, teknologi tidak bisa menciptakan kreativitas, namun teknologi sangat membantu dalam meningkatkannya.

Bisnis
Ide cemerlang bisa hilang, bila tak terealisasikan menjadi karya. Karya yang bagus tak akan jadi nyata tanpa dukungan sumberdaya. Namun bila ketrampilan manajemen dimiliki, maka ketrampilan ini bisa meningkatkan kualitas sarana/prasarana bagi perkembangan kreatifitas dan kemunculan karya-karya selanjutnya. Mahasiswa DKV ISTTS akan dilatih dalam hal ini, sehingga mereka punya kemampuan untuk menjalankan bisnis desain dan berwirausaha.

 

Visi

Program Studi Desain Komunikasi Visual ISTTS menjadi program studi unggulan di bidang DKV berbasis teknologi komputer yang mampu bersaing di tingkat Asia Tenggara, dengan mengedepankan kualitas, inovasi dan nilai-nilaikeindonesiaan.

Misi

Menyelenggarakan pendidikan yang berorientasi pada bidang desain komunikasi visual yang berbasis teknologi komputer, menggiatkan penelitian yang memberikan kontribusi pada perkembangan dunia desain dan menerapkan keilmuan dan ketrampilan dalam pengembangan industri kreatif di masyarakat, sesuai dengan Tridarma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat).

 

Tujuan

  • Mampu mengapresiasi seni terapan, memiliki ketrampilan dan keahlian dalam karya yang nyata yang dibutuhkan oleh masyarakat dan dunia industri.
  • Mampu memanfaatkan teknologi komputer untuk meningkatkan produktvitas dalam berkarya.
  • Mampu berkompetensi dalam dunia kerja dan mampu menciptakan industri kreatif yang mennyerap tenaga kerja.
  • Mampu meneliti dan menciptakan inovasi baru di bidang seni terapan.

 

Fokus pendidikan

Menjelang semester akhir mahasiswa DKV STTS akan memilih bidang peminatan sesuai minat mereka masing-masing. Pemilihan dilakukan dengan mengambil setidaknya tiga mata kuliah pilihan (MKP). Bidang peminatan yang tersedia adalah:

Animasi
Bagi mahasiswa yang tertarik pada 3D modeling dan pembuatan animasi 3D, maka bidang peminatan ini akan mengajarkan ketrampilan berdasar teknologi terbaru untuk membekali mereka terjun ke dunia yang sedang hot saat ini. Matakuliah yang bisa dipilih adalah: 3D Modeling, Special Effects dan Motion Graphics.

Sinematography/Perfilman
Dengan memilih mata kuliah bagi bidang ini, yaitu: Sinematografi, Advertising Film, dan Film Experimental, maka mahasiswa yang tertarik untuk berkarya dalam media film bisa lebih siap untuk menghasilkan karya film yang mampu bersaing dalam mutu.

Ilustrasi dan Komik
Industri komik adalah industri kreatif yang menarik minat banyak anak muda. Bagi mahasiswa yang berminat dan memiliki bakat dan ketrampilan dalam menggambar ilustrasi, pastilah bidang peminatan ini menjadi pilihan mereka. Di dalamnya mereka akan medapatkan kuliah: Graphic Novel, Characters Design dan Advanced Digital Drawing.

Fotografi
Bila media foto menjadi pilihan, maka mahasiswa DKV bisa memantapkan ilmu mereka pada bidang ini sekaligus belajar bagaimana membuat karya mereka agar bisa 'dijual' dan 'menjual', serta menuntun mereka untuk menjadi fotografer yang profesional. Mata kuliah yang ditawarkan adalah: Fotografi Desain, Fotografi Eksperimental dan Fotografi Bisnis.
 

 

Fasilitas

Sebagai program studi yang bergerak dalam bidang seni terapan, tentu saja kegiatan perkuliahan tidak hanya dilakukan di kelas. Kegiatan perkuliahan yang berupa praktik langsung akan menyertai banyak mata kuliah di DKV iSTTS. Praktik yang menggunakan media tradisional dilakukan di studio, sedang praktik yang menggunakan media digital dilakukan dalam laboratorium.

Dalam studio mahasiswa bisa mengerjakan materi dan tugas yang diberikan saat perkuliahan. DKV ISTTS memberikan sesi praktik ini tanpa perlu biaya lagi. Misalnya terdapat matakuliah sebanyak 3 SKS, maka mahasiswa mendapat pertemuan kelas selama 3 SKS dan mendapat pertemuan studio selama 2 SKS tanpa biaya tambahan.

DKV ISTTS mengutamakan kemampuan mahasiswa dalam menguasai media digital. Untuk mencapai hal itu maka diberikan fasilitas berupa laboratorium yang dilengkapi dengan teknologi terkini. Tersedia komputer yang dilengkapi dengan tablet Wacom berukuran A4 yang bisa digunakan mahasiswa untuk membuat digital illustration atau digital sculpting. DKV ISTTS juga telah bekerjasama dengan banyak software provider sehingga semua program yang digunakan adalah software original yang legal.

Selain fasilitas tersebut terdapat juga terdapat fasilitas untuk bidang fotografi dan perfilman. Tersedia kamera-kamera SLR, kamera video, lighting set bahkan green screen studio yang bisa digunakan mahasiswa untuk membuat karya-karya audio-visual dan sinematografi.

 

Sarjana Desain Komunikasi Visual (DKV) ISTTS dapat berprofesi di bidang:

  • Designer grafis
  • Periklanan
  • Percetakan
  • Ilustrasi dan Komik
  • Film Production
  • Animasi
  • Profesi lainnya yang membutuhkan kreativitas dan keterampilan di bidang desain dan multimedia