TAHUN BERDIRI 2006
AKREDITASI B
GELAR Sarjana Sistem Informasi (S.Si.)
MASA STUDI 8 Semester, 144 SKS

Deskripsi

Sistim Informasi Bisnis adalah program studi yang menggabungkan Information Technology (IT) dan dunia Bisnis. Sarjana Sistem Informasi Bisnis akan dibekali dengan pengetahuan mengenai proses bisnis dari skala retail hingga manufaktur , sehingga tidak hanya mampu memberikan solusi berbasis Tecnologi yang efektif dan efisien tetapi juga mampu merancang proses bisnis yang inovatif serta dapat mendesain aplikasi berskala menengah, hingga besar.

 

Visi

Menjadi Program Studi Strata-1 Sistem Informasi yang beretika, berkualitas, inovatif, berwawasan lingkungan, dan cepat tanggap terhadap masalah masyarakat lokal maupun Indonesia Timur dengan mengedepankan sistem tata kelola organisasi yang efisien. 

 

Misi

  • Memberikan materi pendidikan dan pengajaran terbaik di bidang sistem informasi, disesuaikan dengan situasi dan kondisi kebutuhan masyarakat Indonesia Timur. 
  • Bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi dan industri di Indonesia Timur, melakukan penelitian terapan bidang sistem informasi yang disesuaikan dengan situasi, kondisi, dan kebutuhan masyarakat Indonesia Timur dalam rangka peningkatan daya saing ekonomi. 
  • Menyediakan berbagai solusi inovatif dan unggulan berbasis Sistem Informasi bagi berbagai masalah masyarakat Indonesia Timur, khususnya dalam menghadapi pasar masyarakat ekonomi ASEAN (MEA).

 

Fokus Pendidikan

  • Enterprise Data and Information Management
    Keterampilan dalam pemanfaatan IT untuk mengolah data, menganalisa data, dan membuat laporan executive untuk meningkatkan efisiensi bisnis kecil hingga besar dalam mendukung pengambilan keputusan melalui Decision Support System. Salah satu jenis aplikasi nyata yang banyak dipakai dalam perusahaan besar saat ini adalah Enterprise Resource Planning dan Advance Data Processing yang juga menjadi salah satu topik yang dipelajari secara mendalam.
  • Multimedia and Game Technology
    Game developer adalah bidang yang sudah sangat berkembang pada masa sekarang. Hal Ini di tandai dengan banyaknya pengembang perangkat lunak  game dengan berbagai genre yang sudah banyak dihasilkan. Pada  bidang  ini mahasiswa tidak hanya menguasai multimedia, tetapi juga dapat menghasilkan game yang beredukasi.      
  • Social Media and Business
    Sebuah istilah yang sedang diminati anak muda adalah STARTUP, dimana Indonesia tengah menggalakkan 1000 STARTUP campaign. Daya kreativitas dan inovasi dalam menyelesaikan masalah-masalah bisnis yang ada, menguasai hospitality, manajemen yang mulai bertumbuh, dan mengembangkan sebuah bisnis dengan memanfaatkan IT menjadi harga mutlak bagi mahasiswa SIB. Major ini akan mengajarkan mahasiswa bagaimana memulai dan membangun sebuah e-business, tidak hanya secara teori melainkan pembekalan langsung dari dosen yang telah sukses di bidang E-Business. 

 

Keistimewaan Jurusan

  • Sistem Informasi Bisnis adalah jurusan pertama yang benar-benar menggabungkan ilmu Sistem Informasi dengan ilmu-ilmu Bisnis dan Multimedia, dimana mahasiswa tidak hanya dapat memahami dan mengerti dunia bisnis, tetapi juga menjadi inovator dalam bidang IT, bisnis dan multimedia, terutama multimedia untuk mengembangkan sebuah game. 
  • Pada semester awal mahasiswa sudah diperkenalkan kepada dunia bisnis, investasi, dan bidang-bidang yang diperlukan untuk menjalankan sebuah bisnis yang baik seperti hospitality dan manajemen keuangan.
  • Pada pertengahan semester mahasiswa akan diajari untuk dapat menerapakan prinsip-prinsip pengelolaan sistem informasi yang baik mulai dari Perencanaan Strategis IT, Tata Kelola IT dan Audit IT. Serta menumbuhkan pola berpikir wirausaha, mengembangkan usaha mereka menjadi lebih baik termasuk memasarkan produk yang dihasilkan.
  • Tenaga pengajar ISTTS yang sangat berpengalaman.
  • Pada semester akhir mahasiswa dapat memilih major yang sesuai dengan minatnya: Information Science, E-Business, maupun Multimedia and Game Technology. SIB juga memiliki pusat studi untuk pengembangan software sistem informasi dan pengembangan aplikasi multimedia dan game serta pojok investasi.

 

Prospek Karir

System Analyst

Lulusan mampu menganalisis dan mendesain sebuah sistem menggunakan IT untuk mendukung bisnis dan membentuk suatu sistem bisnis yang baik berbasis ICT.

Business Analyst

Mampu menganalisis proses bisnis untuk menciptakan inovasi-inovasi bisnis, serta meningkatkan bisnis sehingga jauh lebih efektif dan efisien.

Auditor System Analyst

Lulusan mampu melakukan audit dalam sebuah sistem informasi, agar sistem informasi tersebut berkualitas dan menghilangkan resiko yang mengancam perusahaan

Manajer Proyek Sistem Informasi

Lulusan mampu melakukan perencanaan dan mengatur jalannya sebuah proyek sistem informasi dan memastikan keberhasilan proyek sistem informasi 

ERP Analyst

Lulusan mampu menganalisa dan memberikan solusi untuk kebutuhan sebuah sistem ERP perusahaan yang dapat meningkatkan efisiensi 

Data Analyst and Information Visualization

Lulusan mampu memanfaatkan IT (big data) untuk mengolah data, menganalisa data, dan membuat laporan executive untuk meningkatkan efisiensi bisnis kecil hingga besar.

IT Consultant

Lulusan mampu memberikan pemecahan masalah untuk tata kelola IT dan mampu memberikan inovasi pendayagunaan IT dalam berbagai bidang.

Game Developer

Lulusan akan mampu mengembangkan sistem game dengan jalan cerita yang menarik dan sistem permainan yang seru, menegangkan dan dengan game play yang memikat.

Investor

Lulusan akan dapat membaca kekuatan fundamental perusahaan dan dapat memilih portofolio yang baik untuk investasi. Lulusan juga dapat mengatur strategi investasi yang baik sesuai dengan kebutuhannya.