KSP : THE FUTURE OF DIGITAL ART
Berita
01 September 2020

KSP : THE FUTURE OF DIGITAL ART

Webinar diawali oleh Pak Sito yang berbicara mengenai dunia perfilman Indonesia. Pak Sito telah menciptakan sebuah film Pink Pastel pada tahun 2016. Pak Sito mengatakan bahwa beberapa orang ingin diarahkan pada situasi horror, psikopat, dan mencekam karena beberapa benda hadir secara dominan mengelilingi subjeknya. “Saya menggambarkan kesendirian ketimbang situasi yang mengancam. Saya juga lebih suka jika penonton mengartikan hal lain atau multi tafsir karena multi tafsir memberikan nilai tambah untuk film tersebut,” ujar Pak Sito. Perjuangan Pak Sito Pak Sito juga menceritakan perjalanannya hingga masuk ke dunia perfilman.

Setelah itu, pembicaraan digantikan oleh Pak Iwan. Pak Iwan berbicara tentang pengalamannya terjun ke dunia teknologi suara. Pak Iwan juga menunjukkan beberapa pengaturan efek suara pada film atau lagu dan pengaturan speaker. Berikut beberapa gambarnya

Pembicaraan dilanjutkan oleh Pak Syamsul. Pak Syamsul menjelaskan tentang seni media baru. “Seni media baru digunakan secara arbiter untuk mengidentifikasi berbagai kecendrungan praktik seni yang berbasis media teknologi seperti kamera untuk foto dan video, komputer, internet, dan projector,” ujar Pak Syamsul. Beliau juga menjelaskan tentang pola kerja komunitas film dan pola penciptaan seni. Pak Syamsul berkata,”pola ini bisa dibalik-balik sampai tujuannya tercapai.”

Webinar diakhiri oleh pembicaraan Pak Arif dan Pak Martinus. Pak Arif berbicara sebagian mengenai perkembangan dunia design digital di seluruh dunia. Pak Martinus menanggapi hal tersebut dengan mengatakan, “dari sana kita bisa lihat bahwa membuat inovasi baru tidak harus dari 0, tapi mengadaptasi apa yang sudah ada sekarang dan memberikan nilai tambah.” Lalu Pak Martinus memberikan contoh designnya :

KSP Season 9 Episode 2 : TRIVIAL THINGS IN MICROSOFT WORD THAT YOU MUST KNOW

KSP Season 9 Episode 2 : TRIVIAL THINGS IN MICROSOFT WORD THAT YOU MUST KNOW

Microsoft Word adalah salah satu program yang sangat familiar bagi berbagai kalangan masyarakat untuk menuliskan sesuatu secara mudah dan ringkas melalui komputer. Melalui Microsoft Word, dapat dilakukan formatting untuk banyak hal, seperti membuat daftar dan memasukkan gambar. Sejatinya Microsoft Word atau yang biasa disebut sebagai Ms Word dibuat dengan tujuan untuk membuat sebuah dokumen secara efisien. Namun kenyataannya, meskipun sudah sangat familiar dengan program ini, masih banyak orang yang belum mengetahui trik dan fungsi unik yang ada pada Ms Word.

Baca Selengkapnya
BCA ITalk Goes to Campus

BCA ITalk Goes to Campus

Pada kesempatan kali ini Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) bekerja sama dengan BCA untuk mengadakan BCA ITalk Goes to Campus. Webinar yang diadakan pada Rabu, 14 April 2021 melalui platform Zoom. Webinar dibawakan oleh Nendi Putrawijaya selaku perwakilan dari IT BCA. Webinar kali ini mengundang alumni ISTTS yang saat ini bekerja di IT BCA Jefri Tanwijaya. Dalam webinar ini juga diberikan tips interview dari Irene Fatrin Salim selaku perwakilan dari Recruitment BCA.

Baca Selengkapnya
TURNING OPEN SOURCE PROJECT INTO PROFITABLE BUSINESS

TURNING OPEN SOURCE PROJECT INTO PROFITABLE BUSINESS

           Episode pertama dalam KSP Season 9 kali ini dibawakan oleh Benyamin Limanto, S. SI. yang sering dipanggil Pak Ben. Beliau adalah salah satu dosen termuda yang mengajar di ISTTS. KSP kali ini bertema “Turning Open Source Project into Profitable Business”. Webinar ini dibuka dengan pengenalan diri Pak Ben lalu ia memulai presentasinya mengenai open source. Open source adalah sebuah gerakan yang memperbolehkan distribusi dan pengembangan kode program secara terbuka dan dapat diperbaiki tanpa adanya restriksi.

Baca Selengkapnya
Digital Illustration: Studying Human Gesture

Digital Illustration: Studying Human Gesture

KSP season 8 kembali diadakan oleh ISTTS pada hari Rabu, 17 Maret 2021. Episode ke 4 dari KSP ini bertema “Digital Illustration: Studying Human Gesture”. Pembicara yang membawakan KSP ini adalah Sonny Kusumasmoro, seorang freelancer illustrator dan juga pengajar di Creativo School.

Baca Selengkapnya
Software Development Overview

Software Development Overview

Pada KSP season 8 episode 5 kali ini berjudulkan tentang “Software Development Overview” yang dibawakan oleh Cipta Budhysutanto, S.T., M.AppIT. Seminar ini dibuka dengan dosen kita yaitu Dr. Jenny Ngo, MSc.Ed. yang menjelaskan tentang siapa pembicara kita kali ini. Beliau adalah salah satu alumnus ISTTS jurusan elektro. Lalu beliau melanjutkan studi S2 di Monash University, Melbourne, Australia. Beliau sekarang sedang bekerja di Melbourne, Australia sebagai senior software engineer di perusahaan Carsales.com LTD.

Baca Selengkapnya
AUGMENTED REALITY APP USING ARCORE

AUGMENTED REALITY APP USING ARCORE

ISTTS kembali mengadakan webinar KSP Season 8 yang berjudul “Augmented Reality App using ARCore”. KSP episode ke 4 kali ini dibawakan oleh 2 narasumber sekaligus yaitu Amelia Alexandra, S.Kom. dan Christian Wicaksana. Ibu Amelia merupakan salah satu dosen S1 Teknik Informatika ISTTS. Sedangkan Bapak Christian adalah salah satu alumni ISTTS yang mengaplikasikan ARCore sebagai judul Tugas Akhir.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon