KSP : THE FUTURE OF DIGITAL ART
Berita
01 September 2020

KSP : THE FUTURE OF DIGITAL ART

Webinar diawali oleh Pak Sito yang berbicara mengenai dunia perfilman Indonesia. Pak Sito telah menciptakan sebuah film Pink Pastel pada tahun 2016. Pak Sito mengatakan bahwa beberapa orang ingin diarahkan pada situasi horror, psikopat, dan mencekam karena beberapa benda hadir secara dominan mengelilingi subjeknya. “Saya menggambarkan kesendirian ketimbang situasi yang mengancam. Saya juga lebih suka jika penonton mengartikan hal lain atau multi tafsir karena multi tafsir memberikan nilai tambah untuk film tersebut,” ujar Pak Sito. Perjuangan Pak Sito Pak Sito juga menceritakan perjalanannya hingga masuk ke dunia perfilman.

Setelah itu, pembicaraan digantikan oleh Pak Iwan. Pak Iwan berbicara tentang pengalamannya terjun ke dunia teknologi suara. Pak Iwan juga menunjukkan beberapa pengaturan efek suara pada film atau lagu dan pengaturan speaker. Berikut beberapa gambarnya

Pembicaraan dilanjutkan oleh Pak Syamsul. Pak Syamsul menjelaskan tentang seni media baru. “Seni media baru digunakan secara arbiter untuk mengidentifikasi berbagai kecendrungan praktik seni yang berbasis media teknologi seperti kamera untuk foto dan video, komputer, internet, dan projector,” ujar Pak Syamsul. Beliau juga menjelaskan tentang pola kerja komunitas film dan pola penciptaan seni. Pak Syamsul berkata,”pola ini bisa dibalik-balik sampai tujuannya tercapai.”

Webinar diakhiri oleh pembicaraan Pak Arif dan Pak Martinus. Pak Arif berbicara sebagian mengenai perkembangan dunia design digital di seluruh dunia. Pak Martinus menanggapi hal tersebut dengan mengatakan, “dari sana kita bisa lihat bahwa membuat inovasi baru tidak harus dari 0, tapi mengadaptasi apa yang sudah ada sekarang dan memberikan nilai tambah.” Lalu Pak Martinus memberikan contoh designnya :

MENGGAMBAR DENGAN PULPEN DI SEMINAR HEALING THROUGH DIRECT PEN DRAWING

MENGGAMBAR DENGAN PULPEN DI SEMINAR HEALING THROUGH DIRECT PEN DRAWING

Pada hari Sabtu tanggal 4 Mei 2024, kampus Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) mengadakan seminar dengan topik “Healing through Direct Pen Drawing (Steampunk Style)”. Seminar ini dipandu oleh seorang dosen DKV (Desain Komunikasi Visual), bernama Farah Fauziah S.Hub Int., M.A. Dalam seminar ini, akan diajarkan cara menggambar menggunakan pulpen dengan style steampunk. Steampunk adalah genre atau style yang menggabungkan estetika era Victoria dengan unsur-unsur futuristik. Style ini banyak menggunakan elemen roda gigi dan alat-alat.

Baca Selengkapnya
ISTTS Membuka Pintu Istirahat: Mahasiswa Bersiap Menghirup Udara Segar di Hari Buruh

ISTTS Membuka Pintu Istirahat: Mahasiswa Bersiap Menghirup Udara Segar di Hari Buruh

Peringatan Hari Buruh tahun ini di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) telah memberikan momen istimewa bagi para mahasiswa. Dalam suasana libur yang jarang terjadi, mereka merasa diberi kesempatan untuk menikmati waktu istirahat yang layak. Namun, seperti yang diungkapkan oleh beberapa mahasiswa dalam wawancara terpisah, kegembiraan ini terkadang terkendala oleh kekhawatiran akan tugas-tugas yang menumpuk dan tekanan akademik yang terus mengintai.

Baca Selengkapnya
Kunjungan Pabrik : PT. Surya Pratista Hutama

Kunjungan Pabrik : PT. Surya Pratista Hutama

Pada tanggal 23 April 2024, Diadakan acara kunjungan pabrik ke PT. Surya Pratista Hutama, yaitu acara dari HIMASIB, HIMATRIS, dan HME yang diadakan bagi para mahasiswa dan mahasiswi jurusan S1 untuk lebih mengetahui dan mengenal jenis - jenis dari mie burung dara, proses pembuatan dari mie burung dara itu sendiri serta profil perusahaannya. 

Baca Selengkapnya
Impact The Future During International Women’s Day 2024

Impact The Future During International Women’s Day 2024

Merayakan International Women’s Day di tahun 2024, Women Techmakers (WTM) mengadakan serangkaian acara di berbagai tempat mulai dari bulan Maret hingga April. Salah satu tempat yang dipilih adalah Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS). Acara yang diselenggarakan berupa seminar Impact the Future yang dilaksanakan pada tanggal 27 April 2024.

Baca Selengkapnya
Open Talk SIB 2024

Open Talk SIB 2024

Pada tanggal 26 April 2024, diadakan acara Open Talk SIB 2024, yaitu acara dari HIMASIB yang diadakan bagi para mahasiswa dan mahasiswi jurusan S1 - Sistem Informasi Bisnis ISTTS untuk menyampaikan aspirasi mereka setelah berkuliah selama beberapa waktu.

Baca Selengkapnya
Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Institut STTS Gelar Acara Open Talk DKV Semester Genap 2024

Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Institut STTS Gelar Acara Open Talk DKV Semester Genap 2024

Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) menggelar acara bertajuk "Open Talk DKV" untuk semester genap tahun 2024. Acara ini diadakan di Ruang E-402 pada pukul 13.00 dengan dihadiri oleh 33 peserta mahasiswa. Acara yang berlangsung dalam suasana penuh antusiasme ini menghadirkan Ketua Himpunan Mahasiswa DKV, Richard Jonathan sebagai pembicara, beserta para dosen yang berpengalaman dan keahlian dalam bidang desain komunikasi visual. Mereka adalah Ibu Bonifacia Bulan Aruming Tyas, S.Ds, M.A., Bapak Dr. Decky Avrilukito S.Sn., M.M., dan Ibu Amelia Agustina, S.Ds., M.Med.Kom. "Open Talk DKV" merupakan forum diskusi terbuka yang bertujuan untuk memperluas wawasan mahasiswa DKV ISTTS serta mempererat hubungan antara mahasiswa dan dosen. Dalam acara ini, para pembicara berbagi pengalaman, pengetahuan, dan pandangan mereka tentang berbagai aspek desain komunikasi visual. Selain itu, para peserta juga diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan langsung kepada para pembicara. Acara ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya konstruktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran di bidang desain komunikasi visual serta memperkuat ikatan antara mahasiswa dan dosen.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon