Google IO Extended 2024
Berita
31 July 2024

Google IO Extended 2024

Pada hari sabtu, 27 Juli 2024, diadakan acara Google IO Extended Surabaya yang bertempatan di Suara Surabaya Centre. Acara ini diketuai oleh Ong Hansel Santoso, dosen dari prodi Sistem Informasi Bisnis Institut STTS. Kepanitiaannya juga merupakan gabungan dari mahasiswa Institut STTS dengan Google serta mahasiswa dari kampus lain.

Acara Google IO Extended mendatangkan berbagai pembicara dari luar negeri yang tentunya memiliki pengalaman yang berlimpah di bidang IT. Acara ini menjadi kesempatan bagi mahasiswa serta pekerja yang meniti karir di bidang teknologi digital untuk mendapatkan ilmu dari beragam pengalaman-pengalaman yang dimiliki oleh para pembicara dari Google IO Extended Surabaya ini.

Registrasi ulang mulai dibuka pada pukul 09.00 WIB, namun beberapa peserta sudah menunjukkan antusiasme mereka dengan berkumpul di lokasi pukul 08.00 WIB. Dari barisan peserta ini, mereka menunjukkan tiket-tiket mereka yang beragam dari tiket free hingga tiket gold. Perbedaan terdapat pada ruang tunggu, konsumsi, dan merchandise yang didapatkan masing-masing peserta.

Acara pun dimulai pada pukul 10.00 WIB, dimana sambutan diberikan oleh para MC. Setelah pembukaan tersebut, terdapat opening speech yang diberikan oleh 4 orang, yaitu oleh Sherlita Ratna Dewi Agustin selaku perwakilan kominfo, dilanjutkan oleh Dr.Ir. Esther Irawati Setiawan, S.Kom, M.Kom, lalu Dr. Ir. Joan Santoso, S.Kom., M.Kom., dan diakhiri oleh Eddy Prastyo selaku Chief Editor Suara Surabaya. Pak Eddy Prastyo menekankan bahwa teknologi itu dikembangkan bukan untuk membuat manusia tidak berguna, melainkan manusia harus memanfaatkan teknologi tersebut dan melihat masa depan sebagai opportunity.



Setelah opening speech tersebut, terdapat materi yang dibawakan oleh Guan Wang. Ia mampu membawakan materi yang mudah untuk dicerna walaupun menggunakan bahasa inggris. Materi yang diberikan menyangkut implementasi dari Artificial Inteligence, bagaimana untuk menggunakannya dengan baik dan benar.
Setelah menghabiskan waktu yang lama untuk berkonsentrasi terhadap pembicara, para peserta diberikan waktu untuk bermain Kahoot. Permainan tersebut bertujuan untuk melepas penat dari para peserta, dimana mereka telah mendengarkan materi cukup lama. Permainan tersebut cukup menghibur, menimbulkan reaksi yang antusias dari para peserta.
Sebelum memasuki istirahat, para peserta diberikan penjelasan secara singkat mengenai kegiatan setelah break. Mereka diarahkan untuk mengambil foto bersama, dimana sekitar 400 orang berkumpul untuk mengambil foto bersama dengan para speaker yang sudah atau akan membawakan materi nanti. Setelah foto, mereka diarahkan untuk mengambil konsumsi secara bergiliran, sehingga mereka dapat mengisi perut untuk menghadiri seminar dan workshop yang dijalankan sesudah istirahat tersebut.
Sementara istirahat tersebut, para panitia mengubah denah dari aula yang dipakai saat sesi tadi. Terdapat sekat-sekat pemisah yang diberikan untuk tiap-tiap ruangan, sehingga di aula tersebut terdapat 4 ruangan dan sebuah panggung utama. Masing-masing dari ruangan tersebut disediakan kursi bagi penonton yang ingin mengikuti seminar atau workshop yang disediakan pada ruangan tersebut.
Pada tiap ruangan, terdapat televisi untuk melihat materi pembicara, namun tidak ada pengeras suara atau speaker pada ruangan tersebut. Hal ini dikarenakan konsep dari acara Google IO Extended Surabaya adalah silent conference. Artinya adalah selama seminar setelah istirahat, para peserta menggunakan earphone atau TWS masing-masing untuk mendengarkan suara pembicara dari perangkat masing-masing. Hal ini membuat kondisi aula tenang, hanya terdapat gemuruh ringan dari suara koordinasi panitia.
Setelah waktu istirahat berakhir, para peserta dipersilahkan untuk memilih ruangan mereka masing-masing. Mereka memasuki ruangan virtual sesuai dengan ruangan di aula yang mereka pilih, dimana terdapat pembicara-pembicara yang siap untuk membawakan materi yang berkesinambungan dengan bidang teknologi. Tiap peserta mengikuti sesi masing-masing dengan tenang agar tidak mengganggu pengalaman para peserta lainnya.
Pada tiap pergantian sesinya, peserta diperbolehkan untuk melakukan perpindahan ruangan sesuai dengan minat masing-masing. Tiap ruangan memberikan materi yang berbeda yang dibawakan oleh pembicara yang berbeda. Para peserta jadi bebas untuk memilih sesi yang sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Acara Google IO Extended Surabaya membawa konsep unik yang baru. Acara ini memberikan pengalaman yang berbeda dari yang biasa, dimana terdapat banyak pembicara dari luar negeri. Bagi peserta yang beruntung, mereka dapat bertukar pengalaman dengan para pembicara tersebut, yang tentunya memberi pemahaman yang lebih luas dalam karir dan studi masing-masing. Berbagai fasilitas juga disediakan bagi peserta agar mereka lebih nyaman dalam mengikuti acara yang disponsori oleh Google ini. Akhir kata, diharapkan agar ilmu dan pengalaman yang didapat dari acara ini dapat membawa dampak baik bagi segenap peserta dan panitia yang bersangkutan.

Google IO Extended 2024

Google IO Extended 2024

Pada hari sabtu, 27 Juli 2024, diadakan acara Google IO Extended Surabaya yang bertempatan di Suara Surabaya Centre. Acara ini diketuai oleh Ong Hansel Santoso, dosen dari prodi Sistem Informasi Bisnis Institut STTS. Kepanitiaannya juga merupakan gabungan dari mahasiswa Institut STTS dengan Google serta mahasiswa dari kampus lain.

Baca Selengkapnya
AI adventure

AI adventure

Surabaya, 26 Juli 2024 - Para anak SMAK santa agnes datang ke institut STTS dan berkumpul di auditorium untuk mengetahui Info AI adventure. Dengan antusiasme yang tinggi, 107 siswa-siswi untuk menjelajahi pentingnya AI adventure. Seminar ini diselenggarakan dari pukul 09.00 hingga 14.00 WIB, menjelaskan pentingnya AI buat kehidupan dan Mengenal lebih dalam tentang apa yang ada di dalam kampus institut STTS.

Baca Selengkapnya
Workshop Teknologi FutureTech Catalyst: Belajar Internet of Things dan Introduction to Programming

Workshop Teknologi FutureTech Catalyst: Belajar Internet of Things dan Introduction to Programming

Pada tanggal 20 Juli 2024, IEEE Student Branch Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) menyelenggarakan workshop teknologi bertajuk "FutureTech Catalyst”. Workshop ini berfokus pada dua topik utama: Internet of Things (IoT) dan Introduction to Programming, dirancang khusus untuk siswa-siswi SMA dengan tujuan memperluas wawasan serta keterampilan mereka dalam bidang teknologi. Acara ini dibuka dengan sambutan hangat dari tim penyelenggara serta Dr. Ir. Joan Santoso, S.Kom., M.Kom., dosen ISTTS. Setelah pembukaan, para peserta diarahkan menuju kelas yang telah mereka pilih, yaitu kelas IoT atau kelas Introduction to Programming.

Baca Selengkapnya
Kunjungan SMA Little Sun Surabaya ke iSTTS

Kunjungan SMA Little Sun Surabaya ke iSTTS

SMA Little Sun Surabaya dan Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (iSTTS) telah mengadakan kerjasama yang bermakna dengan mengorganisir kunjungan bagi siswa-siswi SMA Little Sun ke kampus iSTTS pada tanggal 19 Juli 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan siswa-siswi dengan dunia kampus teknik dan desain, serta memberikan wawasan mengenai berbagai peluang pendidikan yang tersedia di iSTTS. Acara ini dimulai dengan sambutan hangat dari tim acara, diikuti oleh Dr. Ir. F.X. Ferdinandus, M.T. selaku perwakilan dari iSTTS, dan dilanjutkan oleh perwakilan dari SMA Little Sun Surabaya.

Baca Selengkapnya
Menggali Potensi AI di Kampus STTS

Menggali Potensi AI di Kampus STTS

Pada hari Kamis, tanggal 19 Juli 2024, sebuah acara pengenalan Institut STTS diadakan bagi para siswa kelas 12. Sambutan pembuka disampaikan oleh Pak Ferdi yang menjelaskan tentang Institut STTS yang berbasis digital dan kecerdasan buatan (AI). Dalam sambutannya, Pak Ferdi menekankan bahwa teknologi AI seperti ChatGPT dan Gemini akan terus digunakan di masa depan. Ia juga menegaskan bahwa jika AI dimanfaatkan dengan baik, teknologi ini dapat mempermudah berbagai pekerjaan. Oleh karena itu, ia mengajak para siswa untuk tidak hanya menggunakan teknologi, tetapi juga memanfaatkannya dengan bijak.

Baca Selengkapnya
Workshop UU ITE “Etika dan Gen AI” di SMA Kristen Petra 2

Workshop UU ITE “Etika dan Gen AI” di SMA Kristen Petra 2

Pada  tanggal 13 Juni 2024, Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) mengadakan kunjungan ke SMA Kristen Petra 2 Surabaya untuk melakukan workshop mengenai UU ITE “Etika dan Gen AI”. Workshop ini terbagi menjadi 2 sesi. 2 sesi tersebut membahas tema yang sama yaitu seputar AI ( Artificial Intelligence).

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon