Skill Up and Get the Job you want
Berita
28 April 2024

Skill Up and Get the Job you want

Seminar Skill Up and Get the Job you want diadakan di auditorium ISTTS (Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya) pada hari Jumat, 5 April 2024. Seminar ini diadakan oleh HIMAFOR ( Himpunan Mahasiswa Informatika) dengan dua pembicara yaitu Mariani selaku Project Manager dari PT Djarum dan Malvin Patrick Kurniawan selaku Fullstack Engineer PT Djarum. 

Seminar ini awalnya dimulai dengan open gate sekitar pukul 15.00 hingga 15.30 lalu dilanjutkan dengan pembukaan seminar oleh MC yaitu Adeltrudo Donal dan Honggie Sedharta Jangnaloka Riang. 

pada sesi pertama dijelaskan oleh Mariani yang membicarakan tentang Djarum Software lalu menjelaskan secara rinci tentang struktur organisasi perusahaan, termasuk divisi mana yang bertanggung jawab atas fungsi-fungsi tertentu seperti produksi, pemasaran, penelitian dan pengembangan, serta keuangan lalu membahas tujuan masing-masing divisi, pencapaian terbaru, proyek-proyek strategis yang sedang berjalan, serta sinergi antar-divisi untuk mencapai visi dan misi perusahaan secara keseluruhan.

lalu acara ini dilanjutkan dengan sesi ice breaking menggunakan platform quizziz sebelum memasuki sesi kedua. Sesi quiziz akan memberikan kesempatan kepada peserta seminar untuk berpartisipasi dalam kuis interaktif yang melibatkan pertanyaan-pertanyaan seputar materi yang telah dibahas sebelumnya. Hal ini tidak hanya akan memperdalam pemahaman mereka tentang topik yang telah disampaikan, tetapi juga akan menciptakan suasana yang menyenangkan dan kompetitif di antara peserta. Dengan mengadakan sesi quizizz dapat menggabungkan pembelajaran dengan hiburan, sehingga peserta merasa lebih terlibat dan antusias dalam menyimak materi yang akan disampaikan di sesi selanjutnya.

Pada sesi kedua seminar, dijelaskan  mengenai backend dan engine services di Djarum yang terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu Microsoft .NET, Spring + Spring Boot, OptaPlanner, jBPM, dan GraphHopper oleh Malvin Patrick Kurniawan.  dipaparkan secara rinci tentang masing-masing platform dan teknologi tersebut, termasuk penggunaan, keunggulan, serta aplikasi praktisnya dalam operasi sehari-hari perusahaan. Mulai dari Microsoft .NET yang merupakan framework pengembangan perangkat lunak yang kuat dan canggih, hingga Spring + Spring Boot yang populer dalam pengembangan aplikasi berbasis Java, dibahas bagaimana teknologi-teknologi ini mendukung kebutuhan backend dan engine services di Djarum.

Selain itu, dijelaskan juga tentang OptaPlanner, jBPM, dan GraphHopper yang merupakan platform dan layanan yang digunakan untuk perencanaan optimasi, manajemen proses bisnis, dan pemetaan rute secara efisien. dijelaskan juga bagaimana penggunaan teknologi-teknologi ini telah memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan efisiensi operasional dan pengambilan keputusan di berbagai area bisnis di Djarum. Dengan pemahaman yang mendalam tentang backend dan engine services ini, diharapkan peserta seminar dapat mengaplikasikan pengetahuan yang didapat untuk meningkatkan kinerja dan inovasi di perusahaan mereka masing-masing. 

Setelah menjelaskan secara rinci tentang backend dan engine services yang digunakan di Djarum, seminar ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Sesi ini memberikan kesempatan kepada para peserta untuk mengajukan pertanyaan, memberikan tanggapan, atau berbagi pengalaman terkait materi yang telah disampaikan sebelumnya. para pembicara pun berusaha menjawab setiap pertanyaan dengan jelas dan terperinci, serta membahas topik-topik tambahan yang mungkin timbul selama sesi tanya jawab. Dengan adanya sesi ini, diharapkan peserta dapat lebih memahami konsep dan implementasi dari backend dan engine services yang telah dijelaskan sebelumnya, serta mendapatkan jawaban atas keraguan atau pertanyaan yang muncul dalam pikiran mereka

Sesi tanya jawab juga menjadi kesempatan bagi pembicara untuk mendengarkan langsung masukan dari peserta seminar, sehingga dapat memperbaiki dan meningkatkan penyampaian materi di masa mendatang. Selain itu, interaksi antara pembicara dan peserta seminar dalam sesi ini juga dapat memperkaya pemahaman bersama dan membangun jaringan kolaborasi yang lebih kuat di antara mereka. Dengan demikian, sesi tanya jawab tidak hanya menjadi bagian penting dari seminar ini untuk memastikan pemahaman yang maksimal, tetapi juga untuk memperkuat hubungan antara Djarum dan para mitra bisnis serta pemangku kepentingan.

Sebagai penutup yang meriah, seminar ini akan ditutup dengan sesi foto bersama para panitia dari ISTTS, peserta seminar, dan juga pembicara. Sesi foto bersama ini akan menjadi momen yang berkesan dan menjadi kenang kenangan bagi semua yang hadir. Para peserta akan memiliki kesempatan untuk berbagi senyum, sambil mengabadikan momen bersama dengan rekan-rekan dan pembicara yang telah memberikan wawasan berharga selama acara. Selain itu, foto bersama ini juga akan menjadi bukti dari kolaborasi yang sukses antara Djarum, ISTTS, dan peserta seminar dalam menyelenggarakan acara yang informatif dan bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat.

 

MENGGAMBAR DENGAN PULPEN DI SEMINAR HEALING THROUGH DIRECT PEN DRAWING

MENGGAMBAR DENGAN PULPEN DI SEMINAR HEALING THROUGH DIRECT PEN DRAWING

Pada hari Sabtu tanggal 4 Mei 2024, kampus Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) mengadakan seminar dengan topik “Healing through Direct Pen Drawing (Steampunk Style)”. Seminar ini dipandu oleh seorang dosen DKV (Desain Komunikasi Visual), bernama Farah Fauziah S.Hub Int., M.A. Dalam seminar ini, akan diajarkan cara menggambar menggunakan pulpen dengan style steampunk. Steampunk adalah genre atau style yang menggabungkan estetika era Victoria dengan unsur-unsur futuristik. Style ini banyak menggunakan elemen roda gigi dan alat-alat.

Baca Selengkapnya
ISTTS Membuka Pintu Istirahat: Mahasiswa Bersiap Menghirup Udara Segar di Hari Buruh

ISTTS Membuka Pintu Istirahat: Mahasiswa Bersiap Menghirup Udara Segar di Hari Buruh

Peringatan Hari Buruh tahun ini di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) telah memberikan momen istimewa bagi para mahasiswa. Dalam suasana libur yang jarang terjadi, mereka merasa diberi kesempatan untuk menikmati waktu istirahat yang layak. Namun, seperti yang diungkapkan oleh beberapa mahasiswa dalam wawancara terpisah, kegembiraan ini terkadang terkendala oleh kekhawatiran akan tugas-tugas yang menumpuk dan tekanan akademik yang terus mengintai.

Baca Selengkapnya
Kunjungan Pabrik : PT. Surya Pratista Hutama

Kunjungan Pabrik : PT. Surya Pratista Hutama

Pada tanggal 23 April 2024, Diadakan acara kunjungan pabrik ke PT. Surya Pratista Hutama, yaitu acara dari HIMASIB, HIMATRIS, dan HME yang diadakan bagi para mahasiswa dan mahasiswi jurusan S1 untuk lebih mengetahui dan mengenal jenis - jenis dari mie burung dara, proses pembuatan dari mie burung dara itu sendiri serta profil perusahaannya. 

Baca Selengkapnya
Impact The Future During International Women’s Day 2024

Impact The Future During International Women’s Day 2024

Merayakan International Women’s Day di tahun 2024, Women Techmakers (WTM) mengadakan serangkaian acara di berbagai tempat mulai dari bulan Maret hingga April. Salah satu tempat yang dipilih adalah Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS). Acara yang diselenggarakan berupa seminar Impact the Future yang dilaksanakan pada tanggal 27 April 2024.

Baca Selengkapnya
Open Talk SIB 2024

Open Talk SIB 2024

Pada tanggal 26 April 2024, diadakan acara Open Talk SIB 2024, yaitu acara dari HIMASIB yang diadakan bagi para mahasiswa dan mahasiswi jurusan S1 - Sistem Informasi Bisnis ISTTS untuk menyampaikan aspirasi mereka setelah berkuliah selama beberapa waktu.

Baca Selengkapnya
Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Institut STTS Gelar Acara Open Talk DKV Semester Genap 2024

Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Institut STTS Gelar Acara Open Talk DKV Semester Genap 2024

Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) menggelar acara bertajuk "Open Talk DKV" untuk semester genap tahun 2024. Acara ini diadakan di Ruang E-402 pada pukul 13.00 dengan dihadiri oleh 33 peserta mahasiswa. Acara yang berlangsung dalam suasana penuh antusiasme ini menghadirkan Ketua Himpunan Mahasiswa DKV, Richard Jonathan sebagai pembicara, beserta para dosen yang berpengalaman dan keahlian dalam bidang desain komunikasi visual. Mereka adalah Ibu Bonifacia Bulan Aruming Tyas, S.Ds, M.A., Bapak Dr. Decky Avrilukito S.Sn., M.M., dan Ibu Amelia Agustina, S.Ds., M.Med.Kom. "Open Talk DKV" merupakan forum diskusi terbuka yang bertujuan untuk memperluas wawasan mahasiswa DKV ISTTS serta mempererat hubungan antara mahasiswa dan dosen. Dalam acara ini, para pembicara berbagi pengalaman, pengetahuan, dan pandangan mereka tentang berbagai aspek desain komunikasi visual. Selain itu, para peserta juga diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan langsung kepada para pembicara. Acara ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya konstruktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran di bidang desain komunikasi visual serta memperkuat ikatan antara mahasiswa dan dosen.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon