Bawakan Budaya Indonesia, Origin Dance Crew Raih Juara I Dance Competition Fantasia
Berita
14 April 2023

Bawakan Budaya Indonesia, Origin Dance Crew Raih Juara I Dance Competition Fantasia

Origin Dance Crew, tim UKM Dance ISTTS, berhasil memenangkan Juara I Lomba Dance pada acara Fantasia (Festival Budaya Indonesia) yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Departemen Seni Budaya Fakultas Psikologi Universitas Surabaya (Ubaya). Acara ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 18 Maret 2023 dengan mengusut tema "Abhinaya Karya, Triasih Melestarikan Buddhayah". 

Sebagai informasi, Fantasia 2023 sendiri memiliki lima cabang perlombaan, yaitu Solo Singer, Fotografi, Desain Poster, Stand-Up Comedy, dan Dance yang diikuti oleh Origin Dance Crew ISTTS. Diselenggarakan secara luring di Function Room Fakultas Psikologi Ubaya, acara ini diikuti oleh mahasiswa sederajat untuk mengembangkan bakatnya di bidang seni. 

Lima mahasiswa yang berkompetisi mewakili ISTTS dalam lomba dance ini adalah Dominique Jocelyn Felicia Okawida dari jurusan Desain Komunikasi Visual angkatan 2022, James Tegar dari jurusan Desain Komunikasi Visual angkatan 2019, Gaby Paulina dari jurusan Informatika angkatan 2021,  Kezia Abigail dari jurusan DKV angkatan 2020, dan Febriani Carolina dari jurusan Desain Komunikasi Visual Program Profesional Angkatan 2022. 

“Awalnya  ada empat orang yang ditutup kain hitam melambangkan keindahan indonesia yang mulai dilupakan. Perjalanannya satu orang ini untuk bisa mengenalkan kembali keindahan Indonesia dengan cara membuka kain satu persatu, dan menarikan Budaya Indonesia bersama,” ujar Geraldo, pelatih Origin Dance Crew mengenai konsep tarian yang dibawakan.  

Dengan diiringi lagu “Wonderland Indonesia”, semakin menambah  nuansa Budaya Indonesia yang dibawakan. “Terus supaya relate sama kehidupan anak muda lagu yang dipakai meskipun terkesan modern tapi juga masih ada unsur kebudayaan Indonesia nya,” sambung Geraldo. 

Di akhir penampilan, kelima personil Origin Dance Crew ini menyatukan kain hitam menjadi peta Indonesia, hal ini menggambarkan bersatunya Indonesia yang terpecah menjadi satu kesatuan.

Penampilan Origin Dance Crew diapresiasi dengan sangat baik oleh kedua juri dan seluruh penonton. Anggota Origin Dance Crew lainnya juga hadir untuk turut meramaikan dan mendukung teman-teman yang sedang berlomba. “Keren banget, nggak nyangka bisa sekeren itu, apalagi waktu kerudungnya saling dibuka di tengah-tengah penampilan,” ujar John Dennis, salah satu suporter yang hadir meramaikan. 

Setelah semua peserta memberikan penampilannya, tiba saatnya pembacaan pengumuman pemenang lomba. Piala dan hadiah uang tunai sebesar Rp 1.000.000,00 diberikan kepada Origin Dance Crew sebagai pemenang Juara I Lomba Dance Fantasia. Acara lalu ditutup dengan penampilan dance dan band dari KMM Seni Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. 

“Pengalaman ini sangat tidak terlupakan, melihat penampilan peserta lain memberi kami motivasi dan kesenangan tersendiri. Tidak hanya itu, peserta lomba lain juga sangat suportif sehingga membuat suasana lomba semakin menyenangkan. Suporter tim kami juga ikut menyemangati pada saat lomba, hal ini  menghilangkan rasa takut dan grogi pada saat tampil, “ kata Kezia Abigail, salah satu personil Origin Dance Crew yang ikut tampil dalam lomba tersebut. 

Kezia juga menuturkan bahwa mereka mempersiapkan lomba ini selama dua setengah minggu, dengan latihan rutin di hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Selain mempersiapkan koreo, mereka juga mempersiapkan sendiri kostum dan properti yang dibutuhkan dengan penuh kreativitas. 

“Hari - hari latihan yang dijalani juga sangat berkesan, karena kami bisa latihan bersama dan saling membantu apabila ada yang kesulitan. Campur tangan dari pelatih yang sudah meluangkan banyak waktu dan terus memotivasi kami juga menjadi salah satu hal yang berkesan dalam pengalaman lomba ini, “ ujar Kezia. 

“Tidak ada salahnya untuk mencoba berkompetisi untuk mengukur sejauh mana kemampuan kita. Kalah menang bukanlah masalah, yang terpenting adalah keberanian yang sudah dimiliki untuk ikut berpartisipasi,“ pesan Kezia untuk teman-teman mahasiswa ISTTS.

MENGGAMBAR DENGAN PULPEN DI SEMINAR HEALING THROUGH DIRECT PEN DRAWING

MENGGAMBAR DENGAN PULPEN DI SEMINAR HEALING THROUGH DIRECT PEN DRAWING

Pada hari Sabtu tanggal 4 Mei 2024, kampus Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) mengadakan seminar dengan topik “Healing through Direct Pen Drawing (Steampunk Style)”. Seminar ini dipandu oleh seorang dosen DKV (Desain Komunikasi Visual), bernama Farah Fauziah S.Hub Int., M.A. Dalam seminar ini, akan diajarkan cara menggambar menggunakan pulpen dengan style steampunk. Steampunk adalah genre atau style yang menggabungkan estetika era Victoria dengan unsur-unsur futuristik. Style ini banyak menggunakan elemen roda gigi dan alat-alat.

Baca Selengkapnya
ISTTS Membuka Pintu Istirahat: Mahasiswa Bersiap Menghirup Udara Segar di Hari Buruh

ISTTS Membuka Pintu Istirahat: Mahasiswa Bersiap Menghirup Udara Segar di Hari Buruh

Peringatan Hari Buruh tahun ini di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) telah memberikan momen istimewa bagi para mahasiswa. Dalam suasana libur yang jarang terjadi, mereka merasa diberi kesempatan untuk menikmati waktu istirahat yang layak. Namun, seperti yang diungkapkan oleh beberapa mahasiswa dalam wawancara terpisah, kegembiraan ini terkadang terkendala oleh kekhawatiran akan tugas-tugas yang menumpuk dan tekanan akademik yang terus mengintai.

Baca Selengkapnya
Kunjungan Pabrik : PT. Surya Pratista Hutama

Kunjungan Pabrik : PT. Surya Pratista Hutama

Pada tanggal 23 April 2024, Diadakan acara kunjungan pabrik ke PT. Surya Pratista Hutama, yaitu acara dari HIMASIB, HIMATRIS, dan HME yang diadakan bagi para mahasiswa dan mahasiswi jurusan S1 untuk lebih mengetahui dan mengenal jenis - jenis dari mie burung dara, proses pembuatan dari mie burung dara itu sendiri serta profil perusahaannya. 

Baca Selengkapnya
Impact The Future During International Women’s Day 2024

Impact The Future During International Women’s Day 2024

Merayakan International Women’s Day di tahun 2024, Women Techmakers (WTM) mengadakan serangkaian acara di berbagai tempat mulai dari bulan Maret hingga April. Salah satu tempat yang dipilih adalah Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS). Acara yang diselenggarakan berupa seminar Impact the Future yang dilaksanakan pada tanggal 27 April 2024.

Baca Selengkapnya
Open Talk SIB 2024

Open Talk SIB 2024

Pada tanggal 26 April 2024, diadakan acara Open Talk SIB 2024, yaitu acara dari HIMASIB yang diadakan bagi para mahasiswa dan mahasiswi jurusan S1 - Sistem Informasi Bisnis ISTTS untuk menyampaikan aspirasi mereka setelah berkuliah selama beberapa waktu.

Baca Selengkapnya
Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Institut STTS Gelar Acara Open Talk DKV Semester Genap 2024

Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Institut STTS Gelar Acara Open Talk DKV Semester Genap 2024

Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) menggelar acara bertajuk "Open Talk DKV" untuk semester genap tahun 2024. Acara ini diadakan di Ruang E-402 pada pukul 13.00 dengan dihadiri oleh 33 peserta mahasiswa. Acara yang berlangsung dalam suasana penuh antusiasme ini menghadirkan Ketua Himpunan Mahasiswa DKV, Richard Jonathan sebagai pembicara, beserta para dosen yang berpengalaman dan keahlian dalam bidang desain komunikasi visual. Mereka adalah Ibu Bonifacia Bulan Aruming Tyas, S.Ds, M.A., Bapak Dr. Decky Avrilukito S.Sn., M.M., dan Ibu Amelia Agustina, S.Ds., M.Med.Kom. "Open Talk DKV" merupakan forum diskusi terbuka yang bertujuan untuk memperluas wawasan mahasiswa DKV ISTTS serta mempererat hubungan antara mahasiswa dan dosen. Dalam acara ini, para pembicara berbagi pengalaman, pengetahuan, dan pandangan mereka tentang berbagai aspek desain komunikasi visual. Selain itu, para peserta juga diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan langsung kepada para pembicara. Acara ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya konstruktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran di bidang desain komunikasi visual serta memperkuat ikatan antara mahasiswa dan dosen.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon