Creative Coding : Coding For Noncoder, Designing For Nondesigner
Berita
09 June 2022

Creative Coding : Coding For Noncoder, Designing For Nondesigner

KSP Season 13 di episodenya yang terakhir dengan judul “Creative Coding: Coding For Noncoder, Designing For NonDesigner” diadakan pada tanggal 18 Mei 2022 dan dibawakan oleh Bapak Dr. Lukman Zaman, S.Kom., M.Kom. Beliau merupakan salah satu dosen pengajar di jurusan S1 Teknik Informatika dan S1 DKV ISTTS. Webinar ini diadakan secara online melalui Zoom dan live streaming Youtube Channel milik KSP ISTTS yang berlangsung pada pukul 13.00 WIB.

Pada webinar ini, Pak Lukman mengajarkan begitu banyak mengenai dasar-dasar yang diperlukan dalam coding dan design. Selain itu, Pak Lukman juga memberikan demonstrasi singkat untuk memperjelas materi yang beliau berikan. Pak Lukman berkata bahwa dasar dari coding adalah urutan, sedangkan dasar dari design adalah bentuk. Untuk membuat pola-pola yang dibutuhkan, penting untuk memiliki kemampuan dalam matematika dasar. Matematika dasar merupakan hal yang krusial di dalam dunia coding dan design, sehingga penguasaan terhadap bidang ini merupakan suatu hal yang wajib untuk dimiliki. Pak Lukman kemudian menunjukkan beberapa pola yang dapat dibuat dengan bantuan matematika dalam coding. Beliau pun berhasil membentuk berbagai bentuk yang diinginkannya. Di samping itu, Pak Lukman menjelaskan tentang penggunaan Fooplot untuk mengeksplorasi rumus matematika bentuk. Beliau menjelaskan bahwa penggunaan Fooplot lebih mudah diaplikasikan karena tidak menggunakan coding serta hanya bermain dengan sin dan cos untuk mendapatkan pola-pola dan bentuk yang diinginkan. Pak Lukman menuturkan bahwa jika kita sering menggunakan Fooplot, maka kita dapat mempertajam intuisi dalam membuat pola-pola yang diinginkan. Kelebihan lainnya adalah tidak ada aturan yang dilakukan. Selain menggunakan Footplot, Pak Lukman menjelaskan cara lain untuk membuat pola, yaitu dengan menggunakan Perlin Noise. Pak Lukman menjalaskan lebih lanjut bahwa Perlin Noise memiliki suatu kelebihan, yaitu bisa digunakan untuk membuat pola-pola yang bersifat random serta susah dicerna oleh otak. Sama halnya dengan Footplot, Perlin Noise juga menggunakan rumus matematika untuk membuat pola-pola random tersebut.  Penjelasan dari Pak Lukman dapat dipahami dengan jelas karena selain disertai demo,  Pak Lukman memberi contoh-contoh yang dipaparkan secara langsung dari slide.

Setelah pemberian materi selesai, panitia dari KSP memberikan waktu untuk peserta memberikan pertanyaan apabila masih merasa belum memahami materi yang diberikan oleh Pak Lukman. Banyak peserta yang dengan antusias memberikan sejumlah pertanyaan karena merasa tertarik dengan materi yang diberikan oleh Pak Lukman. Setelah sesi tanya jawab antara peserta KSP dengan Pak Lukman usai, panitia mengakhiri episode KSP kali ini. KSP ditutup dengan sesi dokumentasi dan pengisian absensi yang dapat diakses melalui Google Form.

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Jurusan Desain Komunikasi Visual Angkatan 2023 Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) mengadakan kunjungan ke Kebun Binatang Surabaya (KBS) pada tanggal 28 Maret 2024. Kunjungan ini diadakan sebagai praktik dari kelas Fotografi Aplikatif, yang diajar oleh Bapak Herman Budianto. Kegiatan yang dihadiri oleh 32 mahasiswa-mahasiswa ini memiliki tujuan untuk mempraktikkan materi fotografi yang telah dipelajari sebelumnya, seperti human interest, wildlife, dan landscape photography.

Baca Selengkapnya
Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Seminar berjudul Cybersecurity and how initiate an anti mainstream overseas career journey diselenggarakan pada tanggal 27 Maret 2024 oleh ISTTS yang pembicaranya adalah Ferry Haris, S.Kom.,M.Sc.,. Ferry Haris ini sendiri dia adalah CEO dari FeHa International Consulting B.V. Seminar ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa dan mahasiswi dari Teknik Informatika lalu ada juga beberapa dari SIB(Sistem Informasi Bisnis) dan terakhir ada juga dari DKV(Desain Komunikasi Visual). 

Baca Selengkapnya
Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Pada tanggal 22 Maret 2024, matahari bersinar cerah seperti biasanya. Nampaknya, hari itu akan berjalan dengan normal seperti tidak akan terjadi apa-apa. Namun siapa yang menyangka, tiba-tiba tepat pada pukul 11.22 WIB terjadi gempa pertama kali setelah sekian lama tidak terjadi gempa, yang mengguncang gedung-gedung di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS).

Baca Selengkapnya
Open Talk Informatika Semester Genap 2024

Open Talk Informatika Semester Genap 2024

Himpunan Mahasiswa Informatika Institut Sains dan Teknologi Terapan Surabaya (ISTTS) menggelar acara Open Talk Informatika Semester Genap pada tanggal 22 Maret 2024 di ruang E-402. Acara ini mengundang Bapak Dr. Yosi Kristian, S.Kom. M.Kom., selaku Kepala Program Studi Informatika di ISTTS.

Baca Selengkapnya
Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS, berlanjut pada hari Minggu tanggal 17 Maret 2024. Acara yang ditujukan pada anggota STV (Sinlui TV) ini adalah acara yang berlangsung selama 2 hari, dimana para peserta menginap pada sekolah mereka, tepatnya pada SMAK St. Louis 1 Surabaya. 

Baca Selengkapnya
Leveling Up Your Products Charm

Leveling Up Your Products Charm

Workshop berjudul Leveling Up Your Products Charm diselenggarakan pada hari Sabtu, 16 Maret 2024 oleh ISTTS yang berkolaborasi dengan SMA Frateran. Workshop ini bertempat di aula Frateran dan workshop ini dihadiri oleh anak anak dari SMA Frateran yang kurang lebih ada 100 orang. workshop ini telah memberikan kontribusi yang berharga dalam mengembangkan wawasan dan keterampilan peserta dalam menghadapi tantangan pasar yang semakin kompetitif di era digital ini.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon