Creative Coding : Coding For Noncoder, Designing For Nondesigner
Berita
09 June 2022

Creative Coding : Coding For Noncoder, Designing For Nondesigner

KSP Season 13 di episodenya yang terakhir dengan judul “Creative Coding: Coding For Noncoder, Designing For NonDesigner” diadakan pada tanggal 18 Mei 2022 dan dibawakan oleh Bapak Dr. Lukman Zaman, S.Kom., M.Kom. Beliau merupakan salah satu dosen pengajar di jurusan S1 Teknik Informatika dan S1 DKV ISTTS. Webinar ini diadakan secara online melalui Zoom dan live streaming Youtube Channel milik KSP ISTTS yang berlangsung pada pukul 13.00 WIB.

Pada webinar ini, Pak Lukman mengajarkan begitu banyak mengenai dasar-dasar yang diperlukan dalam coding dan design. Selain itu, Pak Lukman juga memberikan demonstrasi singkat untuk memperjelas materi yang beliau berikan. Pak Lukman berkata bahwa dasar dari coding adalah urutan, sedangkan dasar dari design adalah bentuk. Untuk membuat pola-pola yang dibutuhkan, penting untuk memiliki kemampuan dalam matematika dasar. Matematika dasar merupakan hal yang krusial di dalam dunia coding dan design, sehingga penguasaan terhadap bidang ini merupakan suatu hal yang wajib untuk dimiliki. Pak Lukman kemudian menunjukkan beberapa pola yang dapat dibuat dengan bantuan matematika dalam coding. Beliau pun berhasil membentuk berbagai bentuk yang diinginkannya. Di samping itu, Pak Lukman menjelaskan tentang penggunaan Fooplot untuk mengeksplorasi rumus matematika bentuk. Beliau menjelaskan bahwa penggunaan Fooplot lebih mudah diaplikasikan karena tidak menggunakan coding serta hanya bermain dengan sin dan cos untuk mendapatkan pola-pola dan bentuk yang diinginkan. Pak Lukman menuturkan bahwa jika kita sering menggunakan Fooplot, maka kita dapat mempertajam intuisi dalam membuat pola-pola yang diinginkan. Kelebihan lainnya adalah tidak ada aturan yang dilakukan. Selain menggunakan Footplot, Pak Lukman menjelaskan cara lain untuk membuat pola, yaitu dengan menggunakan Perlin Noise. Pak Lukman menjalaskan lebih lanjut bahwa Perlin Noise memiliki suatu kelebihan, yaitu bisa digunakan untuk membuat pola-pola yang bersifat random serta susah dicerna oleh otak. Sama halnya dengan Footplot, Perlin Noise juga menggunakan rumus matematika untuk membuat pola-pola random tersebut.  Penjelasan dari Pak Lukman dapat dipahami dengan jelas karena selain disertai demo,  Pak Lukman memberi contoh-contoh yang dipaparkan secara langsung dari slide.

Setelah pemberian materi selesai, panitia dari KSP memberikan waktu untuk peserta memberikan pertanyaan apabila masih merasa belum memahami materi yang diberikan oleh Pak Lukman. Banyak peserta yang dengan antusias memberikan sejumlah pertanyaan karena merasa tertarik dengan materi yang diberikan oleh Pak Lukman. Setelah sesi tanya jawab antara peserta KSP dengan Pak Lukman usai, panitia mengakhiri episode KSP kali ini. KSP ditutup dengan sesi dokumentasi dan pengisian absensi yang dapat diakses melalui Google Form.

Kembalinya ospek offline, Freshman Summit 2022

Kembalinya ospek offline, Freshman Summit 2022

Setelah 2 tahun menjalani ospek secara online, ISTTS memutuskan untuk menghidupkan kembali acara ini. Jatuh pada tanggal 8 – 11 Agustus 2022, ISTTS menyelenggarakan ospek untuk menyambut mahasiswa baru angkatan 2022. Ospek ini dikenal dengan nama Freshman Summit 2022 yang menghadirkan tema “New Start, New Beginning.”

Baca Selengkapnya
ITBCA Hiring Day

ITBCA Hiring Day

Acara ITBCA Hiring Day berhasil dilaksanakan pada hari Jumat, 9 September 2022, pukul 15.30 sampai 17.00 WIB. Bapak Yosi Kristian selaku kaprodi Informatika ISTTS memberikan sambutan singkat sebagai tanda mulainya acara. Acara kemudian berlanjut dengan dipandu oleh Laurentia Saras, Human Resources dari BCA.

Baca Selengkapnya
Sambut Hari Kemerdekaan, ISTTS Kembali Gelar Upacara Bendera

Sambut Hari Kemerdekaan, ISTTS Kembali Gelar Upacara Bendera

Tepat pada hari Rabu, 17 Agustus 2022, Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya berhasil menggelar upacara bendera dalam rangka mengenang kembali jasa para pahlawan. Upacara yang diadakan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ini dihadiri oleh segenap  civitas kampus ISTTS dan para mahasiswa. Bapak Arya selaku rektor ISTTS sekaligus pembina upacara pada hari itu berpesan kepada seluruh peserta upacara, terutama kepada para mahasiswa, untuk meneruskan jasa para pahlawan yang telah berjuang.

Baca Selengkapnya
Workshop Introduction to Amazon Alexa Skill dan Lomba Teknologi Cloud Computing AWS Jam

Workshop Introduction to Amazon Alexa Skill dan Lomba Teknologi Cloud Computing AWS Jam

Event AWS Academy kembali diadakan pada hari Senin, 22 Agustus 2022 jam 13.00 WIB - selesai. Acara yang bertempat di kampus ISTTS Surabaya ini, mengundang narasumber hebat untuk mengisi acara Workshop Introduction to Amazon Alexa Skill & Lomba Teknologi Cloud Computing AWS Jam yang diselenggarakan oleh komunitas AWS Academy. Ini merupakan kesekian kalinya acara ini diadakan di ISTTS dengan Bapak Furin Ongko, salah seorang Technical Program Manager Amazon Web Series.

Baca Selengkapnya
Google I/O Extended Surabaya 2022 x ML Study Jam

Google I/O Extended Surabaya 2022 x ML Study Jam

Sabtu pagi kemarin (30 Juli 2022) acara yang bertempat di kampus ISTTS Surabaya ini kembali mengundang pembicara-pembicara hebat untuk mengisi acara I/O Extended yang diselenggarakan oleh komunitas GDG (Google Developers Group) di kota Surabaya. Ini merupakan kesepuluh kalinya acara ini diadakan di Surabaya dengan Bu Esther Irawati, salah seorang dosen di ISTTS yang merangkap sebagai perwakilan GDG Surabaya. 

 

Baca Selengkapnya
Pameran Virtual: KWU Market 2022

Pameran Virtual: KWU Market 2022

DKV ISTTS mengadakan Pameran Virtual KWU yang merupakan pameran tahunan. Pameran ini bertujuan untuk membangun ide dalam berwirausaha sehingga menghasilkan inovasi baru saat era modern saat ini. Pameran tersebut diadakan via Zoom pada Selasa, 31 Mei 2022 lalu.

 

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon