KSP Season 13 di episodenya yang terakhir dengan judul “Creative Coding: Coding For Noncoder, Designing For NonDesigner” diadakan pada tanggal 18 Mei 2022 dan dibawakan oleh Bapak Dr. Lukman Zaman, S.Kom., M.Kom. Beliau merupakan salah satu dosen pengajar di jurusan S1 Teknik Informatika dan S1 DKV ISTTS. Webinar ini diadakan secara online melalui Zoom dan live streaming Youtube Channel milik KSP ISTTS yang berlangsung pada pukul 13.00 WIB.
Pada webinar ini, Pak Lukman mengajarkan begitu banyak mengenai dasar-dasar yang diperlukan dalam coding dan design. Selain itu, Pak Lukman juga memberikan demonstrasi singkat untuk memperjelas materi yang beliau berikan. Pak Lukman berkata bahwa dasar dari coding adalah urutan, sedangkan dasar dari design adalah bentuk. Untuk membuat pola-pola yang dibutuhkan, penting untuk memiliki kemampuan dalam matematika dasar. Matematika dasar merupakan hal yang krusial di dalam dunia coding dan design, sehingga penguasaan terhadap bidang ini merupakan suatu hal yang wajib untuk dimiliki. Pak Lukman kemudian menunjukkan beberapa pola yang dapat dibuat dengan bantuan matematika dalam coding. Beliau pun berhasil membentuk berbagai bentuk yang diinginkannya. Di samping itu, Pak Lukman menjelaskan tentang penggunaan Fooplot untuk mengeksplorasi rumus matematika bentuk. Beliau menjelaskan bahwa penggunaan Fooplot lebih mudah diaplikasikan karena tidak menggunakan coding serta hanya bermain dengan sin dan cos untuk mendapatkan pola-pola dan bentuk yang diinginkan. Pak Lukman menuturkan bahwa jika kita sering menggunakan Fooplot, maka kita dapat mempertajam intuisi dalam membuat pola-pola yang diinginkan. Kelebihan lainnya adalah tidak ada aturan yang dilakukan. Selain menggunakan Footplot, Pak Lukman menjelaskan cara lain untuk membuat pola, yaitu dengan menggunakan Perlin Noise. Pak Lukman menjalaskan lebih lanjut bahwa Perlin Noise memiliki suatu kelebihan, yaitu bisa digunakan untuk membuat pola-pola yang bersifat random serta susah dicerna oleh otak. Sama halnya dengan Footplot, Perlin Noise juga menggunakan rumus matematika untuk membuat pola-pola random tersebut. Penjelasan dari Pak Lukman dapat dipahami dengan jelas karena selain disertai demo, Pak Lukman memberi contoh-contoh yang dipaparkan secara langsung dari slide.
Setelah pemberian materi selesai, panitia dari KSP memberikan waktu untuk peserta memberikan pertanyaan apabila masih merasa belum memahami materi yang diberikan oleh Pak Lukman. Banyak peserta yang dengan antusias memberikan sejumlah pertanyaan karena merasa tertarik dengan materi yang diberikan oleh Pak Lukman. Setelah sesi tanya jawab antara peserta KSP dengan Pak Lukman usai, panitia mengakhiri episode KSP kali ini. KSP ditutup dengan sesi dokumentasi dan pengisian absensi yang dapat diakses melalui Google Form.