Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey
Berita
31 March 2024

Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Seminar berjudul Cybersecurity and how initiate an anti mainstream overseas career journey diselenggarakan pada tanggal 27 Maret 2024 oleh ISTTS yang pembicaranya adalah Ferry Haris, S.Kom.,M.Sc.,. Ferry Haris ini sendiri dia adalah CEO dari FeHa International Consulting B.V. Seminar ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa dan mahasiswi dari Teknik Informatika lalu ada juga beberapa dari SIB(Sistem Informasi Bisnis) dan terakhir ada juga dari DKV(Desain Komunikasi Visual). 

Seminar ini dimulai dengan registrasi terlebih dahulu pukul 09.00 lalu sekitar pukul 09.12  Bu Ardalina. L.C.G., S.Ds., M.I.Kom. selaku MC seminar tersebut mulai masuk untuk memperkenalkan diri serta menyampaikan beberapa kata lalu acara ini dilanjutkan dengan pembukaan dari Dr. Ir. F.X. Ferdinandus, M.T. lalu Pak Ferdinandus menjelaskan secara singkat tentang pentingnya seminar ini dikarenakan teknologi sudah semakin maju dan penjahat pun semakin banyak jadi kita perlu mengenal adanya cybersecurity lalu Pak Ferdinandus memperkenalkan Bu Eka Rahayu Setyaningsih, S.Kom., M.Kom. selaku kepala kemahasiswaan. 

lalu acara ini dilanjutkan dengan Lifestory as an Indonesian who established a company in the Netherlands bisa dikatakan ini termasuk proses perjalanan Pak Ferry Haris dari lahir dan besar di Bandung lalu S1 di UI(Universitas Indonesia) lalu tahun 2008 mendapatkan beasiswa di Belanda. Topik ini akan menggambarkan perjalanan hidup, tantangan, dan pencapaian dari Pak Ferris serta bagaimana pengalaman itu membentuk dan memengaruhi kehidupan Pak Ferris secara keseluruhan. 

Topik selanjutnya adalah tentang Anti-mainstream career opportunities in the tech industry bisa dikatakan ini termasuk peluang karir yang tidak biasa atau tidak umum dalam industri teknologi. Ini merujuk pada pekerjaan atau jalur karir di dalam industri teknologi yang mungkin jarang dipertimbangkan oleh banyak orang atau tidak sepopuler jalur karir yang lebih umum seperti pengembang perangkat lunak atau insinyur jaringan.

Maksudnya adalah untuk menyoroti bahwa di dalam industri teknologi terdapat beragam peluang karir yang mungkin tidak seberapa dikenal tetapi tetap menarik dan menguntungkan. Contohnya bisa berupa spesialis keamanan cyber, analis data etis, desainer pengalaman pengguna (UX) yang mengkhususkan diri dalam aksesibilitas, atau bahkan manajer komunitas teknologi. Ini adalah jenis pekerjaan yang membutuhkan keterampilan teknis dan kreativitas, tetapi mungkin tidak sepopuler atau umum seperti peran-peran lain dalam industri tersebut.

Topik selanjutnya adalah Introduction to cybersecurity compliance frameworks yang mengacu pada pengenalan terhadap kerangka kerja kepatuhan keamanan cyber. Ini mencakup pemahaman tentang kerangka kerja yang digunakan oleh organisasi untuk memastikan bahwa sistem dan proses mereka sesuai dengan standar keamanan cyber yang diperlukan oleh hukum, regulasi, atau standar industri.

Maksudnya adalah memberikan gambaran umum tentang berbagai kerangka kerja kepatuhan yang ada. Kerangka kerja ini memberikan panduan tentang langkah-langkah konkret yang perlu diambil oleh organisasi untuk melindungi data dan sistem mereka, serta mencegah pelanggaran keamanan cyber. Ini penting terutama mengingat meningkatnya ancaman keamanan cyber dan kebutuhan untuk mematuhi peraturan yang semakin ketat dalam berbagai industri.

Terakhir topik ini adalah tentang Tips on how to start working with the international market berarti saran atau panduan tentang bagaimana memulai bekerja dengan pasar internasional. Ini mencakup strategi dan langkah-langkah yang perlu diambil oleh individu atau perusahaan untuk memasuki dan berhasil beroperasi di pasar luar negeri.

Ini adalah langkah-langkah penting yang harus dipertimbangkan untuk memastikan kesuksesan dan pertumbuhan dalam berbisnis di pasar internasional. topik ini pun mengajarkan kita untuk selalu menjadi diri sendiri karena mereka yang bisa dan mereka yang bersedia untuk inter discliplinary adalah yang dibutuhkan oleh teknologi jaman sekarang.

Terlepas dari topik yang disampaikan, seminar ini memberikan wawasan yang berharga bagi para peserta, terutama mahasiswa dan mahasiswi Teknik Informatika, Sistem Informasi Bisnis, dan Desain Komunikasi Visual. Melalui pengalaman hidup Ferry Haris, mereka dapat memperoleh inspirasi tentang bagaimana mengejar karir di luar negeri dan menjelajahi peluang karir yang tidak konvensional dalam industri teknologi. 

Terlebih lagi, pesan untuk tetap menjadi diri sendiri dan bersedia untuk berinteraksi antardisiplin ilmu menjadi sorotan penting, mengingat kompleksitas dan kecepatan perkembangan teknologi saat ini membutuhkan kolaborasi lintas bidang untuk mencapai inovasi yang berkelanjutan. Dengan demikian, seminar ini tidak hanya memberikan pengetahuan praktis tentang cybersecurity dan peluang karir di industri teknologi, tetapi juga menumbuhkan semangat kewirausahaan dan keterbukaan terhadap kerjasama lintas disiplin ilmu yang esensial dalam era teknologi saat ini.

Saturday Sharing Session - Workshop Direct Pen Drawing (Steampunk Style) di Institut STTS

Saturday Sharing Session - Workshop Direct Pen Drawing (Steampunk Style) di Institut STTS

Pada tanggal 4 Mei 2024, Saturday Sharing Session Institut STTS menggelar workshop menarik yang membahas teknik menggambar langsung menggunakan pen tanpa penghapus, dengan tema "Healing through Direct Pen Drawing (Steampunk Style)". Acara ini dibawakan oleh Farah Fauziah, S.Hub.Int., M.A., Dosen program Studi S1 Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Sains Institut STTS. Peserta workshop diajarkan tentang pentingnya arsiran shading yang teliti dan perlahan untuk menciptakan gambar yang realistik dan jelas.

Baca Selengkapnya
EXPLORING CYBER VULNERABILITIES: "DIVE INTO GOOGLE DORKING & SQL INJECTION"

EXPLORING CYBER VULNERABILITIES: "DIVE INTO GOOGLE DORKING & SQL INJECTION"

Saturday Sharing Session (3S) Institut STTS kembali menghadirkan topik yang sangat relevan dengan keamanan siber di era digital saat ini. Pada Sabtu, 20 April 2024 diselenggarakan workshop dengan judul "Exploring Cyber Vulnerabilities: Dive into Google Dorking & SQL Injection" Oleh Jonathan Wilbert mahasiswa program S1 Informatika Fakultas Sains dan Tekologi Institut STTS.

Baca Selengkapnya
Saturday Sharing Session 2 - Bagaimana Cara Memanipulasi Statistik

Saturday Sharing Session 2 - Bagaimana Cara Memanipulasi Statistik

Dalam sesi ke 2 Saturday Sharing Session Institut STTS yang telah diselenggarakan, topik yang dibahas sangat menarik, yaitu "How to lie with statistics". Sesi ini dipandu oleh Ibu Sri Rahayu, seorang dosen program Teknik Industri di Institut STTS. Ibu Sri Rahayu menjelaskan bagaimana statistik bisa digunakan untuk memberikan representasi data, bahkan kadang-kadang mengungkap fakta-fakta yang tidak terlihat dari data itu sendiri. Salah satu poin penting yang dibahas adalah bagaimana manipulasi waktu dan skala grafik dapat mengubah interpretasi statistik; informasi yang disajikan dalam grafik dengan skala yang berbeda bisa memberikan makna yang berbeda.

Baca Selengkapnya
MULTIPLE APP WITH AI: Workshop Perdana Saturday Sharing Session Institut iSTTS

MULTIPLE APP WITH AI: Workshop Perdana Saturday Sharing Session Institut iSTTS

Saturday Sharing Session (3S) merupakan program Institut STTS yang bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran ilmu pengetahuan dan keterampilan melalui seminar dan workshop. Program ini dirancang untuk membekali mahasiswa Institut STTS dengan memberikan pemahaman dan wawasan baru yang aplikatif tentang teknologi dan desain terkini.

Baca Selengkapnya
Cyber Security:policy and its best practice

Cyber Security:policy and its best practice

Surabaya, 30 Mei 2024 - Para mahasiswa berkumpul di auditorium untuk mengetahui Info cyber security: policy and its best practice. Dengan antusiasme yang tinggi, 100 mahasiswa serta mahasiswi hadir untuk menjelajahi pentingnya cyber security. Seminar ini diselenggarakan dari pukul 13.30 hingga 16.00 WIB, menjelaskan kebijakan keamanan siber yang solid dan menerapkan praktik terbaik yang telah terbukti efektif.

Baca Selengkapnya
Berita Acara PKK dan UMKM: Menggali Potensi Wirausaha dengan Semangat dan Inovasi

Berita Acara PKK dan UMKM: Menggali Potensi Wirausaha dengan Semangat dan Inovasi

Surabaya, 22 Mei 2024 - Pagi yang cerah menjadi saksi keberangkatan dosen dan mahasiswa dari Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) pada pukul 09.00 WIB. Lima dosen, didampingi oleh dua mahasiswa dari jurusan Industri dan Elektro, menuju lokasi acara dengan semangat membara, siap untuk berbagi ilmu dan inspirasi.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon