Google Developer Group Surabaya (GDG Surabaya)
Berita
14 April 2023

Google Developer Group Surabaya (GDG Surabaya)

Seminar berjudul Flutter Forward diselenggarakan pada tanggal 1 April 2023 oleh ISTTS yang mengundang 4 pembicara. 4 pembicara ini terdiri dari Yong Shean dari Malaysia, Wirawan Saputro, Erick Pranata, dan Bobby Ishak. Seminar ini disponsori oleh Dicoding dan Dailysocial dengan peserta lebih dari 150 orang dari Surabaya, Pasuruan, Madura dan Malang.

Sesi pertama yang dibawakan oleh Yong Shean dari Malaysia membawakan topik "Form Validation". Pada seminar tersebut, beliau membahas beberapa poin penting yang perlu dipahami tentang "Form Validation" pada Flutter, seperti pentingnya validasi formulir dalam pengembangan aplikasi Flutter, teknik dasar dalam validasi formulir, serta panduan tentang kapan harus melakukan validasi. Beliau juga mengajarkan bagaimana melakukan deep dive ke dalam TextFormField, sebuah widget yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan teks dalam formulir. 

Beliau membahas cara menggunakan TextFormField secara efektif dalam validasi formulir dan cara praktis menangani situasi validasi yang kompleks dalam aplikasi Flutter. Beliau juga menjelaskan kapan harus menggunakan TextField sebagai alternatif untuk TextFormField. Topik ini memberikan penjelasan yang berguna bagi para pengembang aplikasi Flutter untuk melakukan validasi formulir secara efektif.

Sesi kedua dibawakan oleh Wirawan Saputro yang mengulas topik “Exploring the benefit of digital Transformation”. Pada seminar tersebut, beliau membahas beberapa poin penting yang perlu dipahami tentang “Digital Transformation”, pentingnya melakukan Digital Transformation dan memenuhi kebutuhan konsumen.

Beliau juga memberikan panduan mengenai bagaimana cara memulainya, dari membangun produk, maintenance produk, improve produk untuk kehidupan bisnis. Topik ini secara keseluruhan memberikan penjelasan yang berguna bagi para pengembang aplikasi Flutter untuk digital transformation dan memulai bisnis. 

Sesi ketiga dibawakan oleh Erick Pranata dengan topik “Life-Saving Cross-Platform Flutter Packages”. Pada seminar tersebut, beliau membahas beberapa poin penting seperti perubahan data memakai Flutter Block agar lebih rapih dan mudah. Lalu, beliau memberikan panduan cara menyimpan data di dalam handphone, web browser, dan bisa diakses offline. Ada banyak cara untuk menyimpan data tersebut dan ada satu opsi bernama Hive yang dilihat dari benchmarks, performanya berupa class. Topik ini secara keseluruhan memberikan penjelasan yang berguna bagi para pengembang aplikasi Flutter untuk melakukan perubahan dan penyimpananan data.

Sesi keempat yaitu workshop yang dibawakan oleh Bobby Ishak dengan membawakan topik “Flutter Authentication with Firebase Workshop”. Secara keseluruhan, workshop ini memberikan pemahaman yang baik tentang cara mengimplementasikan autentikasi pada aplikasi Flutter dengan menggunakan Firebase Authentication dan VSCode. Beliau juga memberikan contoh kasus yang dapat diaplikasikan pada proyek Flutter yang sedang dikerjakan.

Seminar dilanjutkan dengan sesi doorprize untuk peserta dengan mem-posting story di Instagram. Seminar kemudian diakhiri dengan sesi foto dan pengisian Google Form sebagai feedback Flutter Forward Extended 2023.

Ada satu tanggapan dari peserta bernama Michael Kevin terkait kesan dan pesan Seminar GDG Flutter Forward 2023. Michael Kevin sendiri adalah mahasiswa Sistem Informasi Bisnis Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) angkatan 2020. Menurutnya, acara tersebut secara keseluruhan menarik. Materi yang disajikan juga menarik dan menurutnya, pembicara dapat menyampaikan keseluruhan materi yang dibawakan dengan jelas.

Factory Visit

Factory Visit

Kunjungan Pabrik antara jurusan elektro dengan jurusan industri ini diadakan hari kamis 22 februari 2024 oleh ISTTS. kunjungan pabrik ini dimulai dari jam 08.00 hingga sekitar 12.00 wib. kunjungan ini diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi jurusan elektro dan jurusan industri dari angkatan 2020 hingga 2023 serta beberapa dosen industri dan elektro.

Baca Selengkapnya
Berlomba Coding dengan TCC Internal 2024

Berlomba Coding dengan TCC Internal 2024

TCC 2024 (Top Coder Competition) adalah lomba yang diadakan oleh HIMAFOR (Himpunan Mahasiswa Informatika) ISTTS. TCC 2024 merupakan lomba berbasis coding, dimana para peserta mengerjakan soal yang berhubungan dengan logika dan pemrograman.

Baca Selengkapnya
Boost Your Product With Packaging

Boost Your Product With Packaging

Workshop SMA Santa Agnes yang bertemakan Boost Your Product With Packaging diselenggarakan pada hari kamis, 22 Februari 2024 diadakan di ISTTS (Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya) yang dihadiri oleh beberapa peserta dari SMA Santa Agnes yaitu anak - anak kelas 11. 

Baca Selengkapnya
ISTTS English Speech Contest

ISTTS English Speech Contest

ISTTS English Speech Contest dengan tema Modern Electronics in Our Daily Lives diselenggarakan pada tanggal 16 hingga 17 Februari 2024 oleh ISTTS yang dihadiri oleh 51 orang dari beberapa anak SMA dari mulai kelas 10 hingga kelas 12. ISTTS English Speech Contest ini diadakan technical meeting sekitar jam 17.00 hingga jam 17.42. technical meeting ini dihadiri oleh 20 orang saja dan pembicaranya adalah Kyka Madona yang menjelaskan tentang tutorial tata cara berdiri yang baik, berkomunikasi yang baik jadi berdiri tidak boleh menunduk dan kakinya harus stabil dalam menyampaikan sesuatu seperti menjadi reporter lalu diberikan contoh tentang beberapa berita lalu diberikan waktu 5 menit untuk membuat kesimpulan berita menggunakan 3 kalimat lalu dipresentasikan. Lalu technical meeting ini ditutup oleh Mas Rara Dwi Yanti Handayanil dengan pemberitahuan bahwa ISTTS English Speech Contest ini diadakan besok tanggal 17 Februari 2024 jam 08.00 hingga 14.00

Baca Selengkapnya
"Latihan Dasar Kepemimpinan dengan Komunikasi yang Efektif, Pemecahan Masalah, dan Sinergi dalam Tim" - LDK HIMAFOR 2024

"Latihan Dasar Kepemimpinan dengan Komunikasi yang Efektif, Pemecahan Masalah, dan Sinergi dalam Tim" - LDK HIMAFOR 2024

LDK atau biasa disebut sebagai Latihan Dasar Kepemimpinan yang diadakan oleh HIMAFOR pada tahun ini dilaksanakan dalam dua hari, yaitu pada tanggal 15 Februari hingga 16 Februari 2024 di Wisma Samadi Syalom, Batu. LDK HIMAFOR tahun ini dengan tema Integrated Outbound Training dengan judul kegiatan “Developing Effective Communication, Problem Solving, Smart Leadership & Synergic Team Building” didampingi oleh team Seboelir dengan trainer utama Pak Heri Agus S. yang siap melatih setiap mahasiswa untuk menjadi seseorang yang memiliki mindset yang tepat dan bermental kuat untuk dapat menjadi seorang pemimpin yang baik.

Baca Selengkapnya
Workshop VR and Multiplatfrom Programming with AI

Workshop VR and Multiplatfrom Programming with AI

Workshop berjudul VR and Multiplatform Programming with AI diselenggarakan pada tanggal 6 Februari 2024 oleh ISTTS yang berkolaborasi dengan SMA Katolik Santa Agnes dan pembicaranya adalah Dr. Ir. Esther Irawati membicarakan tentang multiplatfrom programming with AI dan Daniel Gamaliel Saputra sebagai mahasiswa Informatika angkatan 2020 mengajarkan VR tentang kimia. Workshop ini dihadiri oleh kelas X IPA 5 dan X IPA 6 dengan dibagi dua sesi dan dua laboratorium.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon