Google Developer Group Surabaya (GDG Surabaya)
Berita
14 April 2023

Google Developer Group Surabaya (GDG Surabaya)

Seminar berjudul Flutter Forward diselenggarakan pada tanggal 1 April 2023 oleh ISTTS yang mengundang 4 pembicara. 4 pembicara ini terdiri dari Yong Shean dari Malaysia, Wirawan Saputro, Erick Pranata, dan Bobby Ishak. Seminar ini disponsori oleh Dicoding dan Dailysocial dengan peserta lebih dari 150 orang dari Surabaya, Pasuruan, Madura dan Malang.

Sesi pertama yang dibawakan oleh Yong Shean dari Malaysia membawakan topik "Form Validation". Pada seminar tersebut, beliau membahas beberapa poin penting yang perlu dipahami tentang "Form Validation" pada Flutter, seperti pentingnya validasi formulir dalam pengembangan aplikasi Flutter, teknik dasar dalam validasi formulir, serta panduan tentang kapan harus melakukan validasi. Beliau juga mengajarkan bagaimana melakukan deep dive ke dalam TextFormField, sebuah widget yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan teks dalam formulir. 

Beliau membahas cara menggunakan TextFormField secara efektif dalam validasi formulir dan cara praktis menangani situasi validasi yang kompleks dalam aplikasi Flutter. Beliau juga menjelaskan kapan harus menggunakan TextField sebagai alternatif untuk TextFormField. Topik ini memberikan penjelasan yang berguna bagi para pengembang aplikasi Flutter untuk melakukan validasi formulir secara efektif.

Sesi kedua dibawakan oleh Wirawan Saputro yang mengulas topik “Exploring the benefit of digital Transformation”. Pada seminar tersebut, beliau membahas beberapa poin penting yang perlu dipahami tentang “Digital Transformation”, pentingnya melakukan Digital Transformation dan memenuhi kebutuhan konsumen.

Beliau juga memberikan panduan mengenai bagaimana cara memulainya, dari membangun produk, maintenance produk, improve produk untuk kehidupan bisnis. Topik ini secara keseluruhan memberikan penjelasan yang berguna bagi para pengembang aplikasi Flutter untuk digital transformation dan memulai bisnis. 

Sesi ketiga dibawakan oleh Erick Pranata dengan topik “Life-Saving Cross-Platform Flutter Packages”. Pada seminar tersebut, beliau membahas beberapa poin penting seperti perubahan data memakai Flutter Block agar lebih rapih dan mudah. Lalu, beliau memberikan panduan cara menyimpan data di dalam handphone, web browser, dan bisa diakses offline. Ada banyak cara untuk menyimpan data tersebut dan ada satu opsi bernama Hive yang dilihat dari benchmarks, performanya berupa class. Topik ini secara keseluruhan memberikan penjelasan yang berguna bagi para pengembang aplikasi Flutter untuk melakukan perubahan dan penyimpananan data.

Sesi keempat yaitu workshop yang dibawakan oleh Bobby Ishak dengan membawakan topik “Flutter Authentication with Firebase Workshop”. Secara keseluruhan, workshop ini memberikan pemahaman yang baik tentang cara mengimplementasikan autentikasi pada aplikasi Flutter dengan menggunakan Firebase Authentication dan VSCode. Beliau juga memberikan contoh kasus yang dapat diaplikasikan pada proyek Flutter yang sedang dikerjakan.

Seminar dilanjutkan dengan sesi doorprize untuk peserta dengan mem-posting story di Instagram. Seminar kemudian diakhiri dengan sesi foto dan pengisian Google Form sebagai feedback Flutter Forward Extended 2023.

Ada satu tanggapan dari peserta bernama Michael Kevin terkait kesan dan pesan Seminar GDG Flutter Forward 2023. Michael Kevin sendiri adalah mahasiswa Sistem Informasi Bisnis Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) angkatan 2020. Menurutnya, acara tersebut secara keseluruhan menarik. Materi yang disajikan juga menarik dan menurutnya, pembicara dapat menyampaikan keseluruhan materi yang dibawakan dengan jelas.

Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS, berlanjut pada hari Minggu tanggal 17 Maret 2024. Acara yang ditujukan pada anggota STV (Sinlui TV) ini adalah acara yang berlangsung selama 2 hari, dimana para peserta menginap pada sekolah mereka, tepatnya pada SMAK St. Louis 1 Surabaya. 

Baca Selengkapnya
Leveling Up Your Products Charm

Leveling Up Your Products Charm

Workshop berjudul Leveling Up Your Products Charm diselenggarakan pada hari Sabtu, 16 Maret 2024 oleh ISTTS yang berkolaborasi dengan SMA Frateran. Workshop ini bertempat di aula Frateran dan workshop ini dihadiri oleh anak anak dari SMA Frateran yang kurang lebih ada 100 orang. workshop ini telah memberikan kontribusi yang berharga dalam mengembangkan wawasan dan keterampilan peserta dalam menghadapi tantangan pasar yang semakin kompetitif di era digital ini.

Baca Selengkapnya
Videography Training STV x ISTTS di SMA St. Louis 1

Videography Training STV x ISTTS di SMA St. Louis 1

Pada tanggal 16 Maret 2024, di SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya suasana dipenuhi dengan semangat dan antusiasme saat Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) dan St. Louis TV (STV) mengadakan workshop Videography Training. Acara ini merupakan wujud kerjasama yang erat antara lembaga pendidikan dan media lokal untuk memberikan pengalaman belajar yang berharga kepada para siswa, khususnya dalam bidang videography, public speaking, dan media handling

Baca Selengkapnya
The Sailor Survival Game

The Sailor Survival Game

The sailor Survival Game ini adalah film survival game yang dibuat oleh Bu Farah Fauziah,S.hub.Int.,M.A. bersama team nya yang diselenggarakan di XXI TP(Tunjungan Plaza) pada hari sabtu 24 Februari 2024 jam 19.00. acara ini menjadi sorotan utama di kalangan masyarakat, terutama mereka yang tertarik dengan dunia militer dan film aksi.

Baca Selengkapnya
Factory Visit

Factory Visit

Kunjungan Pabrik antara jurusan elektro dengan jurusan industri ini diadakan hari kamis 22 februari 2024 oleh ISTTS. kunjungan pabrik ini dimulai dari jam 08.00 hingga sekitar 12.00 wib. kunjungan ini diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi jurusan elektro dan jurusan industri dari angkatan 2020 hingga 2023 serta beberapa dosen industri dan elektro.

Baca Selengkapnya
Berlomba Coding dengan TCC Internal 2024

Berlomba Coding dengan TCC Internal 2024

TCC 2024 (Top Coder Competition) adalah lomba yang diadakan oleh HIMAFOR (Himpunan Mahasiswa Informatika) ISTTS. TCC 2024 merupakan lomba berbasis coding, dimana para peserta mengerjakan soal yang berhubungan dengan logika dan pemrograman.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon