Mengintip Asiknya Workshop Pengembangan Komik ke Film Bumilangit bersama Is Yuniarto
Berita
24 January 2023

Mengintip Asiknya Workshop Pengembangan Komik ke Film Bumilangit bersama Is Yuniarto

Sabtu, 14 Januari 2023 menjadi hari yang spesial karena di hari tersebut, DKV ISTTS menyelenggarakan event yang berkaitan erat dengan dunia ilustrasi dan film, yaitu berjudulkan “Pengembangan Komik ke Film Bumilangit: Gundala dan Sri Asih”. Event ini dibawakan oleh seorang narasumber yang profesional di bidangnya, yaitu Is Yuniarto. Beliau adalah komikus asal Indonesia yang namanya sudah terkenal di mancanegara, sekaligus dosen yang mengajar di beberapa kampus di Surabaya, salah satunya ISTTS. 

Pak Is Yuniarto, atau yang kerap disapa Pak Is, saat ini menjabat sebagai General Manager di Bumilangit. Selain itu, beliau juga mengerjakan komik-komik seperti Garudayana Saga, trilogi Knights of Apocalypse, Grand Legend Ramayana, dan masih banyak lagi. Salah satu komiknya yaitu Grand Legend Ramayana, dibeli lisensinya oleh studio di Jepang dan Korea, sehingga saat ini komik Grand Legend Ramayana sudah tersedia dalam bahasa Jepang dan Korea.

Selain komik, salah satu karakter yang dibuat oleh Pak Is, yaitu Gatotkaca, mendapat kerjasama dengan Mobile Legends, sehingga karakter Gatotkaca tersebut dijadikan salah satu hero di Mobile Legends. Beliau kemudian bercerita mengenai awal mula terjadinya kerjasama tersebut. Saat itu, Moonton sedang mencari hero lokal Indonesia untuk dijadikan karakter dalam game Mobile Legends. Setelah itu, Moonton memutuskan untuk memilih Gatotkaca. Dari sekian banyak karakter Gatotkaca dari masa ke masa, yang terpilih adalah buatan Pak Is Yuniarto karena desain karakternya yang dinilai cukup modern. Dari situlah akhirnya karakter Gatotkaca buatan Pak Is menjadi hero dalam Mobile Legends yang bisa dimainkan oleh masyarakat dari mancanegara hingga saat ini. 

Pak Is juga membuat wayang modern yang beliau sebut sebagai “Wayangverse”. Salah satu karya wayangnya berjudul Kartika Yudha, yang merupakan fan art dari film Star Wars IX. Selain itu, beliau juga sempat diundang Marvel ke Singapore pada tahun 2018 untuk menyerahkan wayang Avengers langsung kepada Joe Russo, Benedict Cumberbatch, dan Karen Gillan. Beliau juga sempat membuat desain wayang untuk salah satu film Disney, yaitu Raya and The Last Dragon, yang kemudian dijadikan pagelaran wayang berjudul “Raya and the Last Dragon Shadow Puppet Performance”.

Pak Is sudah menjadi bagian dari Bumilangit sejak tahun 2016 dan berfokus pada divisi komik. Tak lupa, beliau juga memperkenalkan Jagat Sinema Bumilangit atau biasa disebut Bumilangit Cinematic Universe (BCU). Beberapa karya legendaris bertemakan kisah pendekar dan kepahlawanan yang dinaungi oleh Bumilangit yaitu Sri Asih (1954) karya R. A. Kosasih, Si Buta dari Gua Hantu (1967) karya Ganes T. H., dan Gundala Putra Petir (1969) karya Hasmi. Acara ditutup dengan foto bersama antara para penonton dengan Pak Is.

MENGGAMBAR DENGAN PULPEN DI SEMINAR HEALING THROUGH DIRECT PEN DRAWING

MENGGAMBAR DENGAN PULPEN DI SEMINAR HEALING THROUGH DIRECT PEN DRAWING

Pada hari Sabtu tanggal 4 Mei 2024, kampus Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) mengadakan seminar dengan topik “Healing through Direct Pen Drawing (Steampunk Style)”. Seminar ini dipandu oleh seorang dosen DKV (Desain Komunikasi Visual), bernama Farah Fauziah S.Hub Int., M.A. Dalam seminar ini, akan diajarkan cara menggambar menggunakan pulpen dengan style steampunk. Steampunk adalah genre atau style yang menggabungkan estetika era Victoria dengan unsur-unsur futuristik. Style ini banyak menggunakan elemen roda gigi dan alat-alat.

Baca Selengkapnya
ISTTS Membuka Pintu Istirahat: Mahasiswa Bersiap Menghirup Udara Segar di Hari Buruh

ISTTS Membuka Pintu Istirahat: Mahasiswa Bersiap Menghirup Udara Segar di Hari Buruh

Peringatan Hari Buruh tahun ini di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) telah memberikan momen istimewa bagi para mahasiswa. Dalam suasana libur yang jarang terjadi, mereka merasa diberi kesempatan untuk menikmati waktu istirahat yang layak. Namun, seperti yang diungkapkan oleh beberapa mahasiswa dalam wawancara terpisah, kegembiraan ini terkadang terkendala oleh kekhawatiran akan tugas-tugas yang menumpuk dan tekanan akademik yang terus mengintai.

Baca Selengkapnya
Kunjungan Pabrik : PT. Surya Pratista Hutama

Kunjungan Pabrik : PT. Surya Pratista Hutama

Pada tanggal 23 April 2024, Diadakan acara kunjungan pabrik ke PT. Surya Pratista Hutama, yaitu acara dari HIMASIB, HIMATRIS, dan HME yang diadakan bagi para mahasiswa dan mahasiswi jurusan S1 untuk lebih mengetahui dan mengenal jenis - jenis dari mie burung dara, proses pembuatan dari mie burung dara itu sendiri serta profil perusahaannya. 

Baca Selengkapnya
Impact The Future During International Women’s Day 2024

Impact The Future During International Women’s Day 2024

Merayakan International Women’s Day di tahun 2024, Women Techmakers (WTM) mengadakan serangkaian acara di berbagai tempat mulai dari bulan Maret hingga April. Salah satu tempat yang dipilih adalah Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS). Acara yang diselenggarakan berupa seminar Impact the Future yang dilaksanakan pada tanggal 27 April 2024.

Baca Selengkapnya
Open Talk SIB 2024

Open Talk SIB 2024

Pada tanggal 26 April 2024, diadakan acara Open Talk SIB 2024, yaitu acara dari HIMASIB yang diadakan bagi para mahasiswa dan mahasiswi jurusan S1 - Sistem Informasi Bisnis ISTTS untuk menyampaikan aspirasi mereka setelah berkuliah selama beberapa waktu.

Baca Selengkapnya
Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Institut STTS Gelar Acara Open Talk DKV Semester Genap 2024

Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Institut STTS Gelar Acara Open Talk DKV Semester Genap 2024

Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) menggelar acara bertajuk "Open Talk DKV" untuk semester genap tahun 2024. Acara ini diadakan di Ruang E-402 pada pukul 13.00 dengan dihadiri oleh 33 peserta mahasiswa. Acara yang berlangsung dalam suasana penuh antusiasme ini menghadirkan Ketua Himpunan Mahasiswa DKV, Richard Jonathan sebagai pembicara, beserta para dosen yang berpengalaman dan keahlian dalam bidang desain komunikasi visual. Mereka adalah Ibu Bonifacia Bulan Aruming Tyas, S.Ds, M.A., Bapak Dr. Decky Avrilukito S.Sn., M.M., dan Ibu Amelia Agustina, S.Ds., M.Med.Kom. "Open Talk DKV" merupakan forum diskusi terbuka yang bertujuan untuk memperluas wawasan mahasiswa DKV ISTTS serta mempererat hubungan antara mahasiswa dan dosen. Dalam acara ini, para pembicara berbagi pengalaman, pengetahuan, dan pandangan mereka tentang berbagai aspek desain komunikasi visual. Selain itu, para peserta juga diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan langsung kepada para pembicara. Acara ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya konstruktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran di bidang desain komunikasi visual serta memperkuat ikatan antara mahasiswa dan dosen.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon