Mengintip Asiknya Workshop Pengembangan Komik ke Film Bumilangit bersama Is Yuniarto
Berita
24 January 2023

Mengintip Asiknya Workshop Pengembangan Komik ke Film Bumilangit bersama Is Yuniarto

Sabtu, 14 Januari 2023 menjadi hari yang spesial karena di hari tersebut, DKV ISTTS menyelenggarakan event yang berkaitan erat dengan dunia ilustrasi dan film, yaitu berjudulkan “Pengembangan Komik ke Film Bumilangit: Gundala dan Sri Asih”. Event ini dibawakan oleh seorang narasumber yang profesional di bidangnya, yaitu Is Yuniarto. Beliau adalah komikus asal Indonesia yang namanya sudah terkenal di mancanegara, sekaligus dosen yang mengajar di beberapa kampus di Surabaya, salah satunya ISTTS. 

Pak Is Yuniarto, atau yang kerap disapa Pak Is, saat ini menjabat sebagai General Manager di Bumilangit. Selain itu, beliau juga mengerjakan komik-komik seperti Garudayana Saga, trilogi Knights of Apocalypse, Grand Legend Ramayana, dan masih banyak lagi. Salah satu komiknya yaitu Grand Legend Ramayana, dibeli lisensinya oleh studio di Jepang dan Korea, sehingga saat ini komik Grand Legend Ramayana sudah tersedia dalam bahasa Jepang dan Korea.

Selain komik, salah satu karakter yang dibuat oleh Pak Is, yaitu Gatotkaca, mendapat kerjasama dengan Mobile Legends, sehingga karakter Gatotkaca tersebut dijadikan salah satu hero di Mobile Legends. Beliau kemudian bercerita mengenai awal mula terjadinya kerjasama tersebut. Saat itu, Moonton sedang mencari hero lokal Indonesia untuk dijadikan karakter dalam game Mobile Legends. Setelah itu, Moonton memutuskan untuk memilih Gatotkaca. Dari sekian banyak karakter Gatotkaca dari masa ke masa, yang terpilih adalah buatan Pak Is Yuniarto karena desain karakternya yang dinilai cukup modern. Dari situlah akhirnya karakter Gatotkaca buatan Pak Is menjadi hero dalam Mobile Legends yang bisa dimainkan oleh masyarakat dari mancanegara hingga saat ini. 

Pak Is juga membuat wayang modern yang beliau sebut sebagai “Wayangverse”. Salah satu karya wayangnya berjudul Kartika Yudha, yang merupakan fan art dari film Star Wars IX. Selain itu, beliau juga sempat diundang Marvel ke Singapore pada tahun 2018 untuk menyerahkan wayang Avengers langsung kepada Joe Russo, Benedict Cumberbatch, dan Karen Gillan. Beliau juga sempat membuat desain wayang untuk salah satu film Disney, yaitu Raya and The Last Dragon, yang kemudian dijadikan pagelaran wayang berjudul “Raya and the Last Dragon Shadow Puppet Performance”.

Pak Is sudah menjadi bagian dari Bumilangit sejak tahun 2016 dan berfokus pada divisi komik. Tak lupa, beliau juga memperkenalkan Jagat Sinema Bumilangit atau biasa disebut Bumilangit Cinematic Universe (BCU). Beberapa karya legendaris bertemakan kisah pendekar dan kepahlawanan yang dinaungi oleh Bumilangit yaitu Sri Asih (1954) karya R. A. Kosasih, Si Buta dari Gua Hantu (1967) karya Ganes T. H., dan Gundala Putra Petir (1969) karya Hasmi. Acara ditutup dengan foto bersama antara para penonton dengan Pak Is.

NOTIFY YOUR USERS IN FLUTTER

NOTIFY YOUR USERS IN FLUTTER

Acara seminar “NOTIFY YOUR USERS IN FLUTTER” adalah juga bagian dari acara GDG Surabaya (Google Developer Group) yang kini membahas lebih lanjut tentang cara kerja Flutter dalam memberi notifikasi kepada semua pengguna berdasarkan dari studi kasus sebuah Perusahaan PT Surya Buana Group yang sekaligus sebagai media partner acara seminar. Acara ini diawali dengan sambutan dari Ibu Esther Irawati Setiawan selaku perwakilan dari GDGS serta Dosen dari ISTTS dan kemudian dilanjutkan oleh Julius Prayogo yang menjelaskan latar belakang perusahaan PT Surya Buana Group yang berjalan di bidang logistik atau pengiriman barang jalur darat dan memanfaatkan Flutter sebagai basis data untuk mengirimkan informasi berasal dari Server pusat untuk semua pengguna mengenai informasi logistik dan layanan perusahaan. Selanjutnya menjelaskan tentang manfaat Flutter untuk perusahaan. Acara dilanjutkan oleh Yogi Prasetyo yang menjelaskan cara kerja notifikasi Flutter bekerja.

Baca Selengkapnya
LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan)

LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan)

Hari pertama tanggal 27-28 April 2023, ada tiga jurusan dari HIMA (Himpunan Mahasiswa) yaitu Industri, Elektro, dan Informatika mengadakan LDK dengan tema Get Solidarity from Simplicity. Sekitar pukul 11 berangkat dari ISTTS menggunakan satu bus dan satu mini bus, perjalanan memakan waktu kurang lebih 1 jam dan akhirnya tiba di GSP Prigen. Acara ini diawali dengan sambutan dari ketua acara Vincentius Kevin Trisanto lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Rektor Ir.F.X.F

Baca Selengkapnya
Seminar Kartini : Independent Woman In Every Situation

Seminar Kartini : Independent Woman In Every Situation

Seminggu sebelum memperingati Hari Kartini, pada Rabu (12/04/23) Himpunan Mahasiswa Teknik Industri ISTTS (HIMATRIS) mengadakan seminar dan talkshow berjudul “Independent Woman In Every Situation”. Berada di ruang Auditorium ISTTS, seminar ini dimulai pukul 13.00 WIB dengan antusias. Handsome Harapan, mahasiswa jurusan Teknik Industri Angkatan 2022 yang menjabat sebagai ketua dalam kegiatan ini, memberikan sambutannya untuk membuka acara ini. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan  Wakil Ketua Rektor Dr. Ir. Herman Budianto, M.M. 

Baca Selengkapnya
Bawakan Budaya Indonesia, Origin Dance Crew Raih Juara I Dance Competition Fantasia

Bawakan Budaya Indonesia, Origin Dance Crew Raih Juara I Dance Competition Fantasia

Origin Dance Crew, tim UKM Dance ISTTS, berhasil memenangkan Juara I Lomba Dance pada acara Fantasia (Festival Budaya Indonesia) yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Departemen Seni Budaya Fakultas Psikologi Universitas Surabaya (Ubaya). Acara ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 18 Maret 2023 dengan mengusut tema "Abhinaya Karya, Triasih Melestarikan Buddhayah". 

Baca Selengkapnya
Google Developer Group Surabaya (GDG Surabaya)

Google Developer Group Surabaya (GDG Surabaya)

Seminar berjudul Flutter Forward diselenggarakan pada tanggal 1 April 2023 oleh ISTTS yang mengundang 4 pembicara. 4 pembicara ini terdiri dari Yong Shean dari Malaysia, Wirawan Saputro, Erick Pranata, dan Bobby Ishak. Seminar ini disponsori oleh Dicoding dan Dailysocial dengan peserta lebih dari 150 orang dari Surabaya, Pasuruan, Madura dan Malang.

Baca Selengkapnya
KSP Goes to School Bersama SMA Mawar Sharon

KSP Goes to School Bersama SMA Mawar Sharon

Pada kesempatan ini, saya Michael Kevin Wijaya mewakili jurusan Sistem Informasi Bisnis dari ISTTS membawakan seminar yang bertema Create Your Own World with Blender 3D. Seminar ini diadakan pada hari Jumat, 17 Maret 2023.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon