Mengambil Momen di Pantai Kenjeran
Berita
28 April 2024

Mengambil Momen di Pantai Kenjeran

Siapa sih yang tidak tahu fotografi. Bagi penikmatnya, fotografi tidak lain merupakan pembuatan karya seni dimana cara mengambil gambar memanfaatkan alat dokumentasi (kamera). Tentunya perlu lokasi dan timing yang pas serta beragam untuk menghasilkan gambar sesuai keinginan. Oleh karena itu, salah satu kampus di Surabaya ini menggelar pembelajaran yang sedikit berbeda dari sebelumnya. Setelah mengadakan kegiatan praktik mata kuliah Fotografi Aplikatif di Kebun Binatang Surabaya (KBS) pada tanggal 28 Maret 2024, jurusan Desain Komunikasi Visual angkatan 23 kembali mengadakan pembelajaran di luar kampus Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS). Dengan menggunakan teknik yang sudah dipelajari sebelumnya, mahasiswa yang berpartisipasi totalnya berjumlah 32 orang ini langsung terjun ke lapangan untuk mengimplementasikan ilmunya. Kali ini lokasi bertempat di salah satu tempat wisata yang cukup populer di telinga kalangan masyarakat Surabaya. Tidak lain nama tempat itu ialah Pantai Kenjeran Lama. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 18 April 2024 bertepatan dengan waktu penulisan berita ini dibuat.

Untuk jam pemberangkatan sudah dijadwalkan seperti saat pemberangkatan sebelumnya. Tepatnya sebelum jam 7.30 WIB, mahasiswa-mahasiswi sudah berkumpul di titik awal sebelum pergi. Untuk mekanismenya kurang lebih sama seperti sebelumnya, yaitu dibagi menjadi dua kloter. Beberapa berangkat menggunakan kendaraan pribadi dan sisanya berangkat dengan mobil kampus, jadi terdapat sekitar 14 orang yang ikut serta dalam perjalanan tersebut. Saat jam sudah menunjukkan waktu rencana, mobil mulai memanaskan mesinnya lalu bergegas meninggalkan kampus. Apabila diukur dari titik awal menuju tujuan, jarak yang harus ditempuh berjarak 8,4 km. Jadi, waktu perjalanan ke Pantai Kenjeran Lama memakan waktu sekitar 20 menit. 

Sesampainya di sana, terlihat beberapa mahasiswa yang memakai kendaraan pribadi sudah sampai di lokasi. Sambil menunggu seluruh mahasiswa yang datang lengkap, beberapa mengambil kesempatan ini untuk mengabadikan momen ini bersama teman-temannya. Sebelum memulai kegiatan, dilakukan sesi foto bersama dahulu seperti biasanya. Setelah itu baru berbaris masuk dan memasuki tempat. Di saat tengah menginjakkan kaki, angin dengan lembut menyibak pepohonan yang rindang dan menyambut siapa saja yang datang berkunjung. Pemandangan pantai terlihat menyejukkan bagi yang melihat. Tidak lupa dengan suara deru ombak di pinggir dan pasir dalam setiap jejak kaki yang ditinggalkan.

Berhubungan dengan kesempatan bisa berkunjung di sini, rombongan mahasiswa-mahasiswi ini terlihat antusias dan bersemangat sekali. Tidak ingin menunggu terlalu lama, para mahasiswa kemudian berpencar dengan yang lain untuk hunting foto dengan berbekal alat yang mereka bawa seperti kamera maupun kamera dari gawai. Di sepanjang eksplorasi, terdapat banyak spot tempat yang bisa menjadi bahan material untuk difoto. Pada saat itu, bisa dibilang terik panas matahari tengah menusuk-nusuk kulit dan suhunya cukup membuat gerah. Namun itu tidak membuat para pencari foto ini patah semangat untuk mengabadikan momen yang sedang terjadi.

Dimulai dari tempat awal, terdapat beberapa perahu yang terjejer di tepi bibir pantai. Apabila menginginkan menelusuri lebih lanjut sisi dari laut Pantai Kenjeran, baik melihat lebih jauh laut sekitar maupun menengok lebih dekat pada biota laut, maka bapak-bapak pemilik perahu tersebut turut menawarkan jasanya kepada penikmat sekitar untuk menaiki perahu mereka. Lalu sedikit berjalan lagi pengunjung dapat melewati jembatan yang melintasi laut. Di titik tersebut, pemandangan laut beserta pantulan yang berasal dari cahaya matahari menampakkan wujudnya di ujung tempat tersebut. 

Bapak Herman Budianto, selaku dosen pengampu mata kuliah Fotografi Aplikatif turut memberikan edukasi arahan dan tips kepada mahasiswanya supaya memperoleh foto yang bagus sekaligus menarik. Entah itu dari komposisi maupun setting kamera yang pas dalam fotografi Landscape. Tidak terasa waktu selalu berjalan, lokasi pantai perlahan mulai dipadati pengunjung baru. Semakin banyak orang, maka semakin banyak pula interaksi orang-orang yang terjadi di sana. Seperti bertransaksi dengan penjual hingga menikmati lingkungan pantai. Melihat hal ini, mahasiswa juga mengambil momen ini untuk dipotret. Pengambilan dari fotografi ini termasuk ke dalam kategori Human Interest. Tepat sebelum jam pemulangan 10.30 WIB, mahasiwa-mahasiswi yang ikut kendaraan kampus berkumpul di titik awal sebelum akhirnya kembali ke kampus. Foto-foto itu kemudian dikumpulkan ke link Google Drive sebelum dibahas bersama di pertemuan selanjutnya. 

Berkaca dari kegiatan yang sudah dilakukan sebelumnya, lokasi yang berbeda ini menjadi wadah sarana bagi para mahasiswa untuk menyalurkan minat dan ilmunya yang sudah dipelajari di perkuliahan. Jadi, mahasiswa juga belajar hal baru perihal dunia fotografi. Sembari bertukar ide dengan yang lain, pandangan baru dapat terbuka juga. Dengan berpartisipasi kegiatan seperti ini, mahasiswa diharapkan bisa meningkatkan keterampilannya dalam memotret. 

MENGGAMBAR DENGAN PULPEN DI SEMINAR HEALING THROUGH DIRECT PEN DRAWING

MENGGAMBAR DENGAN PULPEN DI SEMINAR HEALING THROUGH DIRECT PEN DRAWING

Pada hari Sabtu tanggal 4 Mei 2024, kampus Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) mengadakan seminar dengan topik “Healing through Direct Pen Drawing (Steampunk Style)”. Seminar ini dipandu oleh seorang dosen DKV (Desain Komunikasi Visual), bernama Farah Fauziah S.Hub Int., M.A. Dalam seminar ini, akan diajarkan cara menggambar menggunakan pulpen dengan style steampunk. Steampunk adalah genre atau style yang menggabungkan estetika era Victoria dengan unsur-unsur futuristik. Style ini banyak menggunakan elemen roda gigi dan alat-alat.

Baca Selengkapnya
ISTTS Membuka Pintu Istirahat: Mahasiswa Bersiap Menghirup Udara Segar di Hari Buruh

ISTTS Membuka Pintu Istirahat: Mahasiswa Bersiap Menghirup Udara Segar di Hari Buruh

Peringatan Hari Buruh tahun ini di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) telah memberikan momen istimewa bagi para mahasiswa. Dalam suasana libur yang jarang terjadi, mereka merasa diberi kesempatan untuk menikmati waktu istirahat yang layak. Namun, seperti yang diungkapkan oleh beberapa mahasiswa dalam wawancara terpisah, kegembiraan ini terkadang terkendala oleh kekhawatiran akan tugas-tugas yang menumpuk dan tekanan akademik yang terus mengintai.

Baca Selengkapnya
Kunjungan Pabrik : PT. Surya Pratista Hutama

Kunjungan Pabrik : PT. Surya Pratista Hutama

Pada tanggal 23 April 2024, Diadakan acara kunjungan pabrik ke PT. Surya Pratista Hutama, yaitu acara dari HIMASIB, HIMATRIS, dan HME yang diadakan bagi para mahasiswa dan mahasiswi jurusan S1 untuk lebih mengetahui dan mengenal jenis - jenis dari mie burung dara, proses pembuatan dari mie burung dara itu sendiri serta profil perusahaannya. 

Baca Selengkapnya
Impact The Future During International Women’s Day 2024

Impact The Future During International Women’s Day 2024

Merayakan International Women’s Day di tahun 2024, Women Techmakers (WTM) mengadakan serangkaian acara di berbagai tempat mulai dari bulan Maret hingga April. Salah satu tempat yang dipilih adalah Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS). Acara yang diselenggarakan berupa seminar Impact the Future yang dilaksanakan pada tanggal 27 April 2024.

Baca Selengkapnya
Open Talk SIB 2024

Open Talk SIB 2024

Pada tanggal 26 April 2024, diadakan acara Open Talk SIB 2024, yaitu acara dari HIMASIB yang diadakan bagi para mahasiswa dan mahasiswi jurusan S1 - Sistem Informasi Bisnis ISTTS untuk menyampaikan aspirasi mereka setelah berkuliah selama beberapa waktu.

Baca Selengkapnya
Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Institut STTS Gelar Acara Open Talk DKV Semester Genap 2024

Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Institut STTS Gelar Acara Open Talk DKV Semester Genap 2024

Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) menggelar acara bertajuk "Open Talk DKV" untuk semester genap tahun 2024. Acara ini diadakan di Ruang E-402 pada pukul 13.00 dengan dihadiri oleh 33 peserta mahasiswa. Acara yang berlangsung dalam suasana penuh antusiasme ini menghadirkan Ketua Himpunan Mahasiswa DKV, Richard Jonathan sebagai pembicara, beserta para dosen yang berpengalaman dan keahlian dalam bidang desain komunikasi visual. Mereka adalah Ibu Bonifacia Bulan Aruming Tyas, S.Ds, M.A., Bapak Dr. Decky Avrilukito S.Sn., M.M., dan Ibu Amelia Agustina, S.Ds., M.Med.Kom. "Open Talk DKV" merupakan forum diskusi terbuka yang bertujuan untuk memperluas wawasan mahasiswa DKV ISTTS serta mempererat hubungan antara mahasiswa dan dosen. Dalam acara ini, para pembicara berbagi pengalaman, pengetahuan, dan pandangan mereka tentang berbagai aspek desain komunikasi visual. Selain itu, para peserta juga diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan langsung kepada para pembicara. Acara ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya konstruktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran di bidang desain komunikasi visual serta memperkuat ikatan antara mahasiswa dan dosen.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon