TEACH A COMPUTER TO PLAY A GAME
Berita
29 July 2020

TEACH A COMPUTER TO PLAY A GAME

ISTTS kembali mengadakan seminar KSP Season 6 yang berjudul “Teach A Computer to Play A Game”. KSP episode ke 9 kali ini dibawakan oleh Bapak Reddy Alexandro Harianto., S.Kom., M.Kom. Beliau merupakan salah satu dosen S1 Teknik Informatika ISTTS. Seminar yang diadakan pada Kamis, 23 Juli 2020 dibuka untuk peserta internal maupun eksternal melalui platform zoom dan live streaming youtube. Pak Reddy membuka KSP dengan perkenalan diri kemudian dilanjutkan dengan menjelaskan materi tentang Machine Learning.

Sebelum membahas lebih dalam tentang AI dan Machine Learning, pernahkah anda berpikir mengapa komputer bisa lebih cerdas dibandingkan manusia?  Mengapa robot bisa bekerja seperti layaknya manusia? Jadi apa sebenarnya AI dan Machine Learning itu? Di era digital seperti sekarang ini, Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sudah menjadi sesuatu yang sangat berpengaruh pada pekerjaan manusia. Demikian juga dengan Machine Learning, hal ini dikarenakan Machine Learning adalah bagian dari AI yang memungkinkan komputer untuk mempelajari sejumlah data sehingga dapat menghasilkan sesuatu model untuk melakukan proses input output tanpa menggunakan kode program yang dibuat secara eksplisit. Proses ini menggunakan algoritma khusus yang disebut machine learning algorithms. Cara kerja Machine Learning adalah kita memberikan suatu contoh variasi dan nanti mesin yang akan menemukan caranya sendiri untuk melakukan sesuatu. Sehingga yang harus kita lakukan hanyalah memberi contoh , nanti komputer yang akan menganalisa sendiri.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknologi AI bisa dikatakan cerdas bahkan mungkin bisa melebihi kecerdasan pada umumnya. Namun kita harus ingat 1 hal bahwa manusia lah yang menciptakan teknologi ini. Memang dengan adanya teknologi ini kehidupan manusia menjadi lebih mudah dan praktis, tapi bukan berarti kita terlalu bergantungan pada teknologi ini. Kita lah yang harusnya mengatur mereka dan bukan mereka yang mengatur kita.

Pak Reddy juga membagikan demo untuk membuat game Pacman dengan Machine Learning. Tak lupa beliau juga memberikan tips untuk mengenali algoritma yang cocok dengan program yang kita buat terlebih dahulu sebelum menggunakan nya. Selain itu, dengan membaca jurnal orang juga membantu kita dalam memilih algoritma yang tepat.

Seminar kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara peserta KSP dan narasumber. Kemudian diakhiri dengan foto bersama dan mengisi kuisioner beserta absensi untuk peserta yang telah mengikuti KSP.

 

GDG DevFest Cloud Surabaya 2023

GDG DevFest Cloud Surabaya 2023

Pada tanggal 18 November 2023, telah berlangsung acara DevFest di kampus ISTTS oleh Google Developer Group Cloud Surabaya yang berfokus pada 4 topik utama yaitu Cloud, App Modernization, Data, dan AI/ML in Cloud yang dibawakan oleh 8 pembicara utama dan didukung oleh Cloud Raya sebagai salah satu brand Wowrack yang mengakomodasi kebutuhan public cloud. Acara ini bisa dibilang sangat sukses dengan peserta yang hadir lebih dari 500 orang yang sebagian besar dihadiri oleh peserta eksternal ISTTS sekitar Surabaya dan Jawa Timur, serta berhasil meraih persentase kepuasan mencapai 98,1%.

Baca Selengkapnya
IT Land 2023: Menantang Logika dan Kreativitas, Sebuah Perjalanan Seru di Kampus ISTTS

IT Land 2023: Menantang Logika dan Kreativitas, Sebuah Perjalanan Seru di Kampus ISTTS

  Di tengah semaraknya dunia pendidikan, Kampus ISTTS kembali memukau dengan keseruan IT Land 2023, sebuah event tahunan yang mempertemukan para pelajar SMA/SMK sederajat dalam ajang kompetisi logika yang menantang dan penuh kreativitas. Berlangsung selama dua hari, IT Land berhasil menciptakan pengalaman berharga bagi para peserta, memperkaya wawasan, serta meningkatkan semangat kebersamaan di lingkungan kampus ISTTS.

 

Baca Selengkapnya
Pra KMDGI 15 di Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Pra KMDGI 15 di Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Pada tanggal 14-15 Oktober 2023, Pra KMDGI 15 kembali diadakan secara offline di Institut Seni Indonesia Yogyakarta setelah tahun lalu diadakan secara online di Malang. KMDGI (Kriyasana Mahasiswa Desain Grafis Indonesia) merupakan forum yang sudah terbentuk sejak tahun 1993 yang ditujukan untuk kampus-kampus se-Indonesia yang memiliki jurusan Desain Komunikasi Visual, sehingga dapat membuat karya yang kemudian dipamerkan secara bersama-sama. Pra KMDGI 15 merupakan acara pertemuan antarpeserta mahasiswa/delegasi guna membahas kegiatan yang akan diadakan saat acara utama KMDGI 15. KMDGI 15 diikuti oleh 67 kampus seluruh Indonesia yang jumlahnya kian bertambah setiap diselenggarakannya KMDGI.

Baca Selengkapnya
Tunjukkan Skill Sports dan Esports melalui Ajang Eagle Cup 2023

Tunjukkan Skill Sports dan Esports melalui Ajang Eagle Cup 2023

Beberapa hari yang lalu, ISTTS mengadakan ajang perlombaan di bidang sports dan esports. Dalam ajang ini, peserta dari berbagai latar belakang berkumpul untuk berlomba-lomba menguji kemampuan taktis dan strategis mereka dalam berbagai sektor perlombaan. Tingginya tingkat antusiasme dan kualitas pertandingan dapat dilihat pada ajang ini. Peserta baik dari dalam kota maupun luar kota berpartisipasi dengan semangat yang tinggi.

 

Baca Selengkapnya
How is Life After Graduation?

How is Life After Graduation?

Pada hari Rabu, tanggal 23 September 2023, Himpunan Mahasiswa Informatika ISTTS (HIMAFOR) mengundang Diana Xu, S.Kom. untuk membagikan pengalamannya tentang dunia setelah lulus kuliah, terutama dunia kerja, kepada para mahasiswa di ISTTS. Acara ini diadakan di Auditorium ISTTS dan diikuti oleh mahasiswa Informatika angkatan 2023 yang baru memasuki dunia kuliah di semester ini. Acara ini dimulai dengan sambutan dari Kepala Program Studi Informatika ISTTS, Dr. Yosi Kristian, S.Kom. M.Kom., lalu dilanjut dengan penyambutan Diana Xu selaku pembicara yang disambut antusias oleh para mahasiwa, terutama angkatan baru.

Baca Selengkapnya
Serunya BBQ-an di Welcome Party Informatika

Serunya BBQ-an di Welcome Party Informatika

Hari Jumat, 15 September 2023, menjadi hari yang spesial bagi para mahasiswa baru Program Studi Informatika dan Sistem Informasi ISTTS. Dua minggu setelah perkuliahan dimulai, mereka mengikuti acara Welcome Party yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Informatika (HIMAFOR). Berbeda dengan acara Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) jurusan yang juga diadakan setiap tahun, acara ini dikhususkan untuk menjalin kebersamaan antar mahasiswa S1 Informatika dan D3 Sistem Informasi.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon