Problem Solving With Design Thinking
Berita
09 December 2022

Problem Solving With Design Thinking

KSP Season 15 Episode 6 yang diselenggarakan pada tanggal 30 November 2022 mengangkat judul Problem Solving With Design Thinking. Materi ini dibawakan oleh Kelvin, S.T., M.M., yang merupakan salah satu dosen prodi Teknik Industri di ISTTS. Seminar season ini diselenggarakan secara langsung di Kampus ISTTS pada gedung E-402.

Beliau menjelaskan bahwa, “Problem solving itu membuat sesuatu yang rumit menjadi jauh lebih mudah, bukan malah menjadi lebih ribet”. Semakin sering melakukan problem solving, semakin terlatih untuk menghadapi berbagai masalah dan mengambil keputusan. "Penerapan problem solving dapat diterapkan pada hampir semua aspek kehidupan,” kata beliau. Contohnya, membuat desain produk yang baik, desain yang lebih tepat pasaran, membuat software sesuai keinginan klien, pelayanan jasa untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, dan lain-lain. Ketika ingin menyelesaikan masalah, kebanyakan orang bingung untuk menentukan penyebab masalah yang akan diselesaikan. Kemudian, mereka akan mencari solusi untuk menyelesaikan masalahnya. “Seperti dalam membuat desain, semua desainer pasti memiliki beberapa alternatif desain yang ditawarkan pada kliennya, tidak mungkin hanya satu yang diberikan,” jelas beliau.

“Dalam penerapan problem solving, tidak bisa hanya menyelesaikannya melalui pandangan sendiri, melainkan harus dari sudut pandang yang memiliki masalah juga,” kata beliau. Beberapa jenis metode dalam problem solving, yaitu brainstorming, 6 thinking hats, the 5 whys, creative problem solving, dan design thinking. Definisi dari design thinking adalah bagaimana cara menyelesaikan masalah dengan melibatkan pengguna. Poin utama dalam design thinking adalah people-centered (fokus pada pengguna), hands-on (menyesuaikan kebutuhan pengguna), highly creative (kreatif), dan iterative (berkelanjutan). Seperti perbaikan desain dalam pembuatan halte bus, yang diperhatikan adalah penggunanya yang merasakan secara langsung masalah yang dihadapi dan penyelesaian yang diinginkan masyarakat. Tahapan design thinking yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Pak Kelvin menuturkan bahwa design thinking dianggap sebagai metode tercepat untuk menemukan solusi dalam membuat konsep baru.

Sepanjang penyampaian materi, Pak Kelvin selalu memberikan contoh atau filosofi yang mudah dimengerti dan mengajak peserta untuk berinteraksi selama seminar berlangsung. Beliau juga menerima pertanyaan dari para peserta dan menyempatkan diri untuk memberikan contoh permasalahan nyata yang dihadapi perusahaan ojek online dan penyelesaiannya. Seminar ditutup dengan sesi tanya jawab, lalu dilanjutkan dengan pengisian absensi melalui Google Form dan sesi foto bersama.

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Jurusan Desain Komunikasi Visual Angkatan 2023 Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) mengadakan kunjungan ke Kebun Binatang Surabaya (KBS) pada tanggal 28 Maret 2024. Kunjungan ini diadakan sebagai praktik dari kelas Fotografi Aplikatif, yang diajar oleh Bapak Herman Budianto. Kegiatan yang dihadiri oleh 32 mahasiswa-mahasiswa ini memiliki tujuan untuk mempraktikkan materi fotografi yang telah dipelajari sebelumnya, seperti human interest, wildlife, dan landscape photography.

Baca Selengkapnya
Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Seminar berjudul Cybersecurity and how initiate an anti mainstream overseas career journey diselenggarakan pada tanggal 27 Maret 2024 oleh ISTTS yang pembicaranya adalah Ferry Haris, S.Kom.,M.Sc.,. Ferry Haris ini sendiri dia adalah CEO dari FeHa International Consulting B.V. Seminar ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa dan mahasiswi dari Teknik Informatika lalu ada juga beberapa dari SIB(Sistem Informasi Bisnis) dan terakhir ada juga dari DKV(Desain Komunikasi Visual). 

Baca Selengkapnya
Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Pada tanggal 22 Maret 2024, matahari bersinar cerah seperti biasanya. Nampaknya, hari itu akan berjalan dengan normal seperti tidak akan terjadi apa-apa. Namun siapa yang menyangka, tiba-tiba tepat pada pukul 11.22 WIB terjadi gempa pertama kali setelah sekian lama tidak terjadi gempa, yang mengguncang gedung-gedung di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS).

Baca Selengkapnya
Open Talk Informatika Semester Genap 2024

Open Talk Informatika Semester Genap 2024

Himpunan Mahasiswa Informatika Institut Sains dan Teknologi Terapan Surabaya (ISTTS) menggelar acara Open Talk Informatika Semester Genap pada tanggal 22 Maret 2024 di ruang E-402. Acara ini mengundang Bapak Dr. Yosi Kristian, S.Kom. M.Kom., selaku Kepala Program Studi Informatika di ISTTS.

Baca Selengkapnya
Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS, berlanjut pada hari Minggu tanggal 17 Maret 2024. Acara yang ditujukan pada anggota STV (Sinlui TV) ini adalah acara yang berlangsung selama 2 hari, dimana para peserta menginap pada sekolah mereka, tepatnya pada SMAK St. Louis 1 Surabaya. 

Baca Selengkapnya
Leveling Up Your Products Charm

Leveling Up Your Products Charm

Workshop berjudul Leveling Up Your Products Charm diselenggarakan pada hari Sabtu, 16 Maret 2024 oleh ISTTS yang berkolaborasi dengan SMA Frateran. Workshop ini bertempat di aula Frateran dan workshop ini dihadiri oleh anak anak dari SMA Frateran yang kurang lebih ada 100 orang. workshop ini telah memberikan kontribusi yang berharga dalam mengembangkan wawasan dan keterampilan peserta dalam menghadapi tantangan pasar yang semakin kompetitif di era digital ini.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon