Open Talk Informatika Semester Genap 2024
Berita
31 March 2024

Open Talk Informatika Semester Genap 2024

Himpunan Mahasiswa Informatika Institut Sains dan Teknologi Terapan Surabaya (ISTTS) menggelar acara Open Talk Informatika Semester Genap pada tanggal 22 Maret 2024 di ruang E-402. Acara ini mengundang Bapak Dr. Yosi Kristian, S.Kom. M.Kom., selaku Kepala Program Studi Informatika di ISTTS. Open Talk Informatika berfungsi sebagai wadah untuk menyalurkan aspirasi mahasiswa mahasiswi jurusan Informatika kepada Kaprodi Informatika dengan tujuan untuk memajukan jurusan Informatika di ISTTS. Acara ini merupakan acara yang diadakan satu kali setiap semester, biasanya di akhir Ujian Tengah Semester (UTS). Dihadiri oleh sekitar 50 peserta yang antusias, acara ini membuktikan menjadi wadah berharga untuk bertukar wawasan, pembaruan, dan peluang di bidang informatika.

Pak Yosi sebagai pembicara utama di Open Talk, memulai acara dengan mendorong mahasiswa-mahasiswi ISTTS untuk mengikuti Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dan menghadiri berbagai seminar serta workshop yang diselenggarakan oleh ISTTS baik secara internal maupun juga berkolaborasi dengan pihak eksternal ISTTS. Kesempatan-kesempatan ini memang dirancang untuk memperluas wawasan mahasiswa dan mempersiapkan mereka untuk masa depan yang lebih cerah. Oleh karena itu, Pak Yosi menghimbau kepada seluruh peserta yang hadir aktif mengikuti kegiatan-kegiatan untuk menambah wawasan dan memperluas networking.

Salah satu hal yang disorot dari Open Talk Informatika adalah penyebaran informasi mengenai peluang karier. Peserta diberitahu tentang lowongan pekerjaan di Bank Central Asia (BCA) yang dapat didapatkan mahasiswa mahasiswi melalui program Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka. Kerjasama dengan perusahaan-perusahaan besar seperti Djarum, Dicoding, dan Bangkit Academy juga disorot. Kemitraan ini merupakan bukti dedikasi program studi Informatika ISTTS dalam memberikan pengalaman dunia nyata dan kesempatan berjejaring kepada mahasiswa. Di bulan April yang akan datang, Pak Yosi juga berencana ingin mengundang manager dari PT. Djarum untuk memberikan workshop bagi mahasiswa-mahasiswi di ISTTS.

Kurikulum 2024 untuk program studi Informatika juga sedang dalam proses penyusunan, dengan fokus pada revisi beberapa mata kuliah dan komponen praktikumnya. Pendekatan proaktif ini memastikan bahwa mahasiswa mahasiswi menerima pendidikan terkini yang sejalan dengan tuntutan industri, yang pada akhirnya meningkatkan daya saing mereka setelah lulus. Penyusunan kurikulum juga disesuaikan dengan body of knowledge dari pemerintah dan pengatur kurikulum lainnya. Dengan demikian, kurikulum yang menjadi acuan pembelajaran mahasiswa-mahasiswi program studi Informatika ISTTS menjadi relevan dengan tuntutan dan perkembangan zaman. Akan tetapi, mata kuliah di ISTTS tetap bisa ditukar melalui program MSIB Kampus Merdeka yang sudah bisa diambil mulai dari semester 4 saat ini. Mahasiswa mahasiswi juga dapat melakukan studi ke luar negeri di universitas-universitas yang terkemuka.

Selain itu, pembahasan Open Talk juga menyentuh fasilitas kampus yang tersedia bagi mahasiswa mahasiswi. ISTTS tidak menyia-nyiakan upaya dalam menyediakan lingkungan belajar yang kondusif mulai dari fasilitas penting seperti Air Conditioner, Wi-Fi dan colokan listrik, hingga ruangan-ruangan tertentu di ISTTS seperti kantin kejujuran, fasilitas gym, dan ruang istirahat mahasiswa (student lounge). Selain itu, pertimbangan untuk aspek praktis seperti fasilitas parkir juga dibahas, memastikan kebutuhan mahasiswa terpenuhi dengan baik. Pak Yosi mengajak mahasiswa mahasiswi untuk mendaftar sebagai asisten apabila ingin mendapatkan fasilitas lahan parkir gratis melalui free-parking card.

Dari sisi akademis, berbagai mata kuliah juga dieksplorasi selama Open Talk. Mulai dari sistem digital dan organisasi komputer, hingga bidang-bidang khusus seperti game programming, computer vision, dan machine learning. Peserta mendapatkan wawasan berharga tentang beragam aspek ilmu komputer. Selain itu, mata kuliah dasar seperti sistem operasi, pemrograman aplikasi desktop, dan teknik pemrograman juga dibahas, menekankan sifat komprehensif dari kurikulum.

Open Talk Informatika Semester Genap 2024 menjadi wadah yang dinamis bagi mahasiswa mahasiswi untuk memperkaya perjalanan akademis mereka dan mempersiapkan karier masa depan dengan cara memfasilitasi kerjasama dengan mitra industri, memperbarui kurikulum, dan menyediakan fasilitas terkini. ISTTS juga menegaskan komitmennya untuk terus membina mahasiswa mahasiswi agar dapat bersaing sesuai dengan tuntutan zaman. Inisiatif seperti itu tidak hanya memberdayakan mahasiswa untuk berkembang secara akademis, tetapi juga membekali mereka dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk berkembang di dunia teknologi yang juga terus berkembang.

Saturday Sharing Session - Workshop Direct Pen Drawing (Steampunk Style) di Institut STTS

Saturday Sharing Session - Workshop Direct Pen Drawing (Steampunk Style) di Institut STTS

Pada tanggal 4 Mei 2024, Saturday Sharing Session Institut STTS menggelar workshop menarik yang membahas teknik menggambar langsung menggunakan pen tanpa penghapus, dengan tema "Healing through Direct Pen Drawing (Steampunk Style)". Acara ini dibawakan oleh Farah Fauziah, S.Hub.Int., M.A., Dosen program Studi S1 Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Sains Institut STTS. Peserta workshop diajarkan tentang pentingnya arsiran shading yang teliti dan perlahan untuk menciptakan gambar yang realistik dan jelas.

Baca Selengkapnya
EXPLORING CYBER VULNERABILITIES: "DIVE INTO GOOGLE DORKING & SQL INJECTION"

EXPLORING CYBER VULNERABILITIES: "DIVE INTO GOOGLE DORKING & SQL INJECTION"

Saturday Sharing Session (3S) Institut STTS kembali menghadirkan topik yang sangat relevan dengan keamanan siber di era digital saat ini. Pada Sabtu, 20 April 2024 diselenggarakan workshop dengan judul "Exploring Cyber Vulnerabilities: Dive into Google Dorking & SQL Injection" Oleh Jonathan Wilbert mahasiswa program S1 Informatika Fakultas Sains dan Tekologi Institut STTS.

Baca Selengkapnya
Saturday Sharing Session 2 - Bagaimana Cara Memanipulasi Statistik

Saturday Sharing Session 2 - Bagaimana Cara Memanipulasi Statistik

Dalam sesi ke 2 Saturday Sharing Session Institut STTS yang telah diselenggarakan, topik yang dibahas sangat menarik, yaitu "How to lie with statistics". Sesi ini dipandu oleh Ibu Sri Rahayu, seorang dosen program Teknik Industri di Institut STTS. Ibu Sri Rahayu menjelaskan bagaimana statistik bisa digunakan untuk memberikan representasi data, bahkan kadang-kadang mengungkap fakta-fakta yang tidak terlihat dari data itu sendiri. Salah satu poin penting yang dibahas adalah bagaimana manipulasi waktu dan skala grafik dapat mengubah interpretasi statistik; informasi yang disajikan dalam grafik dengan skala yang berbeda bisa memberikan makna yang berbeda.

Baca Selengkapnya
MULTIPLE APP WITH AI: Workshop Perdana Saturday Sharing Session Institut iSTTS

MULTIPLE APP WITH AI: Workshop Perdana Saturday Sharing Session Institut iSTTS

Saturday Sharing Session (3S) merupakan program Institut STTS yang bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran ilmu pengetahuan dan keterampilan melalui seminar dan workshop. Program ini dirancang untuk membekali mahasiswa Institut STTS dengan memberikan pemahaman dan wawasan baru yang aplikatif tentang teknologi dan desain terkini.

Baca Selengkapnya
Cyber Security:policy and its best practice

Cyber Security:policy and its best practice

Surabaya, 30 Mei 2024 - Para mahasiswa berkumpul di auditorium untuk mengetahui Info cyber security: policy and its best practice. Dengan antusiasme yang tinggi, 100 mahasiswa serta mahasiswi hadir untuk menjelajahi pentingnya cyber security. Seminar ini diselenggarakan dari pukul 13.30 hingga 16.00 WIB, menjelaskan kebijakan keamanan siber yang solid dan menerapkan praktik terbaik yang telah terbukti efektif.

Baca Selengkapnya
Berita Acara PKK dan UMKM: Menggali Potensi Wirausaha dengan Semangat dan Inovasi

Berita Acara PKK dan UMKM: Menggali Potensi Wirausaha dengan Semangat dan Inovasi

Surabaya, 22 Mei 2024 - Pagi yang cerah menjadi saksi keberangkatan dosen dan mahasiswa dari Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) pada pukul 09.00 WIB. Lima dosen, didampingi oleh dua mahasiswa dari jurusan Industri dan Elektro, menuju lokasi acara dengan semangat membara, siap untuk berbagi ilmu dan inspirasi.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon