Open Talk Informatika Semester Genap 2024
Berita
31 March 2024

Open Talk Informatika Semester Genap 2024

Himpunan Mahasiswa Informatika Institut Sains dan Teknologi Terapan Surabaya (ISTTS) menggelar acara Open Talk Informatika Semester Genap pada tanggal 22 Maret 2024 di ruang E-402. Acara ini mengundang Bapak Dr. Yosi Kristian, S.Kom. M.Kom., selaku Kepala Program Studi Informatika di ISTTS. Open Talk Informatika berfungsi sebagai wadah untuk menyalurkan aspirasi mahasiswa mahasiswi jurusan Informatika kepada Kaprodi Informatika dengan tujuan untuk memajukan jurusan Informatika di ISTTS. Acara ini merupakan acara yang diadakan satu kali setiap semester, biasanya di akhir Ujian Tengah Semester (UTS). Dihadiri oleh sekitar 50 peserta yang antusias, acara ini membuktikan menjadi wadah berharga untuk bertukar wawasan, pembaruan, dan peluang di bidang informatika.

Pak Yosi sebagai pembicara utama di Open Talk, memulai acara dengan mendorong mahasiswa-mahasiswi ISTTS untuk mengikuti Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dan menghadiri berbagai seminar serta workshop yang diselenggarakan oleh ISTTS baik secara internal maupun juga berkolaborasi dengan pihak eksternal ISTTS. Kesempatan-kesempatan ini memang dirancang untuk memperluas wawasan mahasiswa dan mempersiapkan mereka untuk masa depan yang lebih cerah. Oleh karena itu, Pak Yosi menghimbau kepada seluruh peserta yang hadir aktif mengikuti kegiatan-kegiatan untuk menambah wawasan dan memperluas networking.

Salah satu hal yang disorot dari Open Talk Informatika adalah penyebaran informasi mengenai peluang karier. Peserta diberitahu tentang lowongan pekerjaan di Bank Central Asia (BCA) yang dapat didapatkan mahasiswa mahasiswi melalui program Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka. Kerjasama dengan perusahaan-perusahaan besar seperti Djarum, Dicoding, dan Bangkit Academy juga disorot. Kemitraan ini merupakan bukti dedikasi program studi Informatika ISTTS dalam memberikan pengalaman dunia nyata dan kesempatan berjejaring kepada mahasiswa. Di bulan April yang akan datang, Pak Yosi juga berencana ingin mengundang manager dari PT. Djarum untuk memberikan workshop bagi mahasiswa-mahasiswi di ISTTS.

Kurikulum 2024 untuk program studi Informatika juga sedang dalam proses penyusunan, dengan fokus pada revisi beberapa mata kuliah dan komponen praktikumnya. Pendekatan proaktif ini memastikan bahwa mahasiswa mahasiswi menerima pendidikan terkini yang sejalan dengan tuntutan industri, yang pada akhirnya meningkatkan daya saing mereka setelah lulus. Penyusunan kurikulum juga disesuaikan dengan body of knowledge dari pemerintah dan pengatur kurikulum lainnya. Dengan demikian, kurikulum yang menjadi acuan pembelajaran mahasiswa-mahasiswi program studi Informatika ISTTS menjadi relevan dengan tuntutan dan perkembangan zaman. Akan tetapi, mata kuliah di ISTTS tetap bisa ditukar melalui program MSIB Kampus Merdeka yang sudah bisa diambil mulai dari semester 4 saat ini. Mahasiswa mahasiswi juga dapat melakukan studi ke luar negeri di universitas-universitas yang terkemuka.

Selain itu, pembahasan Open Talk juga menyentuh fasilitas kampus yang tersedia bagi mahasiswa mahasiswi. ISTTS tidak menyia-nyiakan upaya dalam menyediakan lingkungan belajar yang kondusif mulai dari fasilitas penting seperti Air Conditioner, Wi-Fi dan colokan listrik, hingga ruangan-ruangan tertentu di ISTTS seperti kantin kejujuran, fasilitas gym, dan ruang istirahat mahasiswa (student lounge). Selain itu, pertimbangan untuk aspek praktis seperti fasilitas parkir juga dibahas, memastikan kebutuhan mahasiswa terpenuhi dengan baik. Pak Yosi mengajak mahasiswa mahasiswi untuk mendaftar sebagai asisten apabila ingin mendapatkan fasilitas lahan parkir gratis melalui free-parking card.

Dari sisi akademis, berbagai mata kuliah juga dieksplorasi selama Open Talk. Mulai dari sistem digital dan organisasi komputer, hingga bidang-bidang khusus seperti game programming, computer vision, dan machine learning. Peserta mendapatkan wawasan berharga tentang beragam aspek ilmu komputer. Selain itu, mata kuliah dasar seperti sistem operasi, pemrograman aplikasi desktop, dan teknik pemrograman juga dibahas, menekankan sifat komprehensif dari kurikulum.

Open Talk Informatika Semester Genap 2024 menjadi wadah yang dinamis bagi mahasiswa mahasiswi untuk memperkaya perjalanan akademis mereka dan mempersiapkan karier masa depan dengan cara memfasilitasi kerjasama dengan mitra industri, memperbarui kurikulum, dan menyediakan fasilitas terkini. ISTTS juga menegaskan komitmennya untuk terus membina mahasiswa mahasiswi agar dapat bersaing sesuai dengan tuntutan zaman. Inisiatif seperti itu tidak hanya memberdayakan mahasiswa untuk berkembang secara akademis, tetapi juga membekali mereka dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk berkembang di dunia teknologi yang juga terus berkembang.

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Jurusan Desain Komunikasi Visual Angkatan 2023 Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) mengadakan kunjungan ke Kebun Binatang Surabaya (KBS) pada tanggal 28 Maret 2024. Kunjungan ini diadakan sebagai praktik dari kelas Fotografi Aplikatif, yang diajar oleh Bapak Herman Budianto. Kegiatan yang dihadiri oleh 32 mahasiswa-mahasiswa ini memiliki tujuan untuk mempraktikkan materi fotografi yang telah dipelajari sebelumnya, seperti human interest, wildlife, dan landscape photography.

Baca Selengkapnya
Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Seminar berjudul Cybersecurity and how initiate an anti mainstream overseas career journey diselenggarakan pada tanggal 27 Maret 2024 oleh ISTTS yang pembicaranya adalah Ferry Haris, S.Kom.,M.Sc.,. Ferry Haris ini sendiri dia adalah CEO dari FeHa International Consulting B.V. Seminar ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa dan mahasiswi dari Teknik Informatika lalu ada juga beberapa dari SIB(Sistem Informasi Bisnis) dan terakhir ada juga dari DKV(Desain Komunikasi Visual). 

Baca Selengkapnya
Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Pada tanggal 22 Maret 2024, matahari bersinar cerah seperti biasanya. Nampaknya, hari itu akan berjalan dengan normal seperti tidak akan terjadi apa-apa. Namun siapa yang menyangka, tiba-tiba tepat pada pukul 11.22 WIB terjadi gempa pertama kali setelah sekian lama tidak terjadi gempa, yang mengguncang gedung-gedung di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS).

Baca Selengkapnya
Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS, berlanjut pada hari Minggu tanggal 17 Maret 2024. Acara yang ditujukan pada anggota STV (Sinlui TV) ini adalah acara yang berlangsung selama 2 hari, dimana para peserta menginap pada sekolah mereka, tepatnya pada SMAK St. Louis 1 Surabaya. 

Baca Selengkapnya
Leveling Up Your Products Charm

Leveling Up Your Products Charm

Workshop berjudul Leveling Up Your Products Charm diselenggarakan pada hari Sabtu, 16 Maret 2024 oleh ISTTS yang berkolaborasi dengan SMA Frateran. Workshop ini bertempat di aula Frateran dan workshop ini dihadiri oleh anak anak dari SMA Frateran yang kurang lebih ada 100 orang. workshop ini telah memberikan kontribusi yang berharga dalam mengembangkan wawasan dan keterampilan peserta dalam menghadapi tantangan pasar yang semakin kompetitif di era digital ini.

Baca Selengkapnya
Videography Training STV x ISTTS di SMA St. Louis 1

Videography Training STV x ISTTS di SMA St. Louis 1

Pada tanggal 16 Maret 2024, di SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya suasana dipenuhi dengan semangat dan antusiasme saat Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) dan St. Louis TV (STV) mengadakan workshop Videography Training. Acara ini merupakan wujud kerjasama yang erat antara lembaga pendidikan dan media lokal untuk memberikan pengalaman belajar yang berharga kepada para siswa, khususnya dalam bidang videography, public speaking, dan media handling

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon