Workshop Videography STV X ISTTS Day 2
Berita
26 March 2024

Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS, berlanjut pada hari Minggu tanggal 17 Maret 2024. Acara yang ditujukan pada anggota STV (Sinlui TV) ini adalah acara yang berlangsung selama 2 hari, dimana para peserta menginap pada sekolah mereka, tepatnya pada SMAK St. Louis 1 Surabaya. 

Para peserta dibangunkan pada pukul 5 pagi, namun karena telah berkegiatan pada hari sebelumnya, mereka kelelahan. Pada pukul 6 pagi, para peserta pergi menuju Gereja Hati Kudus Yesus Katedral Surabaya, yang letaknya dekat dengan sekolah mereka.

Setelah menjalani ibadah, tepatnya pada pukul 07.00 pagi, para anggota STV kembali menuju tempat Workshop Videography STV X ISTTS, tepatnya pada ruangan Benedictus Room. Disana mereka disuguhi sarapan berupa Nasi Petite dan mie ayam. Sementara waktu istirahat tersebut, mereka diberi tugas untuk melakukan editing dari video yang telah mereka siapkan pada hari sebelumnya.

Suasana di ruangan Benedictus Room sangatlah tenang. Para peserta fokus pada media editing mereka, baik melalui handphone atau laptop mereka masing-masing. Alunan lagu juga diputar agar peserta dapat fokus dalam mengerjakan pekerjaan mereka. Peserta yang sudah dibagi-bagi menjadi kelompok pada hari sebelumnya, saling berkomunikasi dengan sesama anggota kelompok mereka agar video dapat terselesaikan dengan sempurna.

Waktu untuk edit video ini diberikan selama 1 jam 30 menit, sehingga seharusnya pada pukul 08.30 sesi ini sudah berakhir. Namun, dikarenakan complain dari para peserta, sesi ini diperpanjang. Gangsar Septa Putra Hidayanta, S.Psi. selaku guru pembina dari acara ini memberikan ceramah mengenai tanggung jawab, bahwa apabila mereka banyak mengulur waktu, maka mereka harus berani bertanggung jawab apabila waktu kepulangan mereka lebih siang.

Tepat pada pukul 09.00, para peserta dihentikan dari pekerjaan mereka. Sesi ice breaking yang dipimpin oleh pak Septa pun dimulai. Para peserta diajak melakukan senam bersama. Gerakan dari senam pun cukup menghibur, sehingga para peserta mengeluarkan tawa mereka. Sesi ice breaking ini berjalan selama 10 menit, dimana setelahnya para peserta diajak untuk kembali ke tempat duduk masing-masing.

Sesi penilaian pun dimulai. Juri-juri berasal dari guru-guru SMAK St.Louis 1 Surabaya, tepatnya guru yang bertugas dalam bidang digital marketing. Maka penilaian pun dijalankan. Video hasil editan para peserta ditampilkan melalui proyektor, dan para juri memberi masukan serta kritik berdasarkan video yang ditunjukkan.

Video yang ditunjukkan dari tiap kelompok sendiri ada dua video, yaitu video yang dibuat saat mereka berada di Jalan Tunjungan, dan video lainnya saat mereka berada di Balai Pemuda. Video ini direkam pada hari Sabtu, 16 Maret 2024, dan diberi editing dalam waktu yang singkat, dengan menggunakan kemampuan masing-masing serta mengimplementasikan ajaran-ajaran yang diberikan pada awal workshop ini.

Selama 2 jam, para peserta menampilkan video yang telah mereka buat melalui proyektor, dimana para juri memberi tanggapan mereka. Video yang ditampilkan bervariasi, dikarenakan tiap kelompok memiliki tema yang berbeda-beda dalam video mereka. Karena itu, latar dan cerita yang disampaikan pun bervariasi berdasarkan kreativitas tiap kelompok.

Setelah semua video ditayangkan, penutupan diberi oleh pak Septa. Penutupan diawali dengan pemberian souvenir dari pihak SMAK St Louis 1 Surabaya kepada pembicara dari ISTTS. Setelah itu, terdapat pengumuman pemenang, yang adalah kelompok 5. Hadiah diberikan oleh bu Yanti kepada kelompok 5. Pada akhir acara, terdapat doa penutup dan salam penutup oleh PIC dari acara ini, yaitu Felix.

Pada acara workshop videography STV x ISTTS, ada salah satu pelajaran penting yang diulang-ulang, yaitu time management. Kemampuan untuk mengatur waktu adalah salah satu poin penting yang ditekankan pada acara ini, khususnya pada hari kedua. Pak Septa mengingatkan bahwa para anggota Sinlui TV harus belajar untuk mengatur waktu, sehingga pekerjaan yang mendekati batas pengumpulan dapat diselesaikan dengan segera.

Pelajaran ini tidak hanya untuk acara ini saja, namun dapat kita gunakan pada kehidupan kita kedepannya. Seperti perkataan dari pak Septa, bahwa pelajaran yang didapat hari ini tidak hanya untuk hari ini saja, namun dapat berguna bagi masa depan kita.

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Jurusan Desain Komunikasi Visual Angkatan 2023 Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) mengadakan kunjungan ke Kebun Binatang Surabaya (KBS) pada tanggal 28 Maret 2024. Kunjungan ini diadakan sebagai praktik dari kelas Fotografi Aplikatif, yang diajar oleh Bapak Herman Budianto. Kegiatan yang dihadiri oleh 32 mahasiswa-mahasiswa ini memiliki tujuan untuk mempraktikkan materi fotografi yang telah dipelajari sebelumnya, seperti human interest, wildlife, dan landscape photography.

Baca Selengkapnya
Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Seminar berjudul Cybersecurity and how initiate an anti mainstream overseas career journey diselenggarakan pada tanggal 27 Maret 2024 oleh ISTTS yang pembicaranya adalah Ferry Haris, S.Kom.,M.Sc.,. Ferry Haris ini sendiri dia adalah CEO dari FeHa International Consulting B.V. Seminar ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa dan mahasiswi dari Teknik Informatika lalu ada juga beberapa dari SIB(Sistem Informasi Bisnis) dan terakhir ada juga dari DKV(Desain Komunikasi Visual). 

Baca Selengkapnya
Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Pada tanggal 22 Maret 2024, matahari bersinar cerah seperti biasanya. Nampaknya, hari itu akan berjalan dengan normal seperti tidak akan terjadi apa-apa. Namun siapa yang menyangka, tiba-tiba tepat pada pukul 11.22 WIB terjadi gempa pertama kali setelah sekian lama tidak terjadi gempa, yang mengguncang gedung-gedung di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS).

Baca Selengkapnya
Open Talk Informatika Semester Genap 2024

Open Talk Informatika Semester Genap 2024

Himpunan Mahasiswa Informatika Institut Sains dan Teknologi Terapan Surabaya (ISTTS) menggelar acara Open Talk Informatika Semester Genap pada tanggal 22 Maret 2024 di ruang E-402. Acara ini mengundang Bapak Dr. Yosi Kristian, S.Kom. M.Kom., selaku Kepala Program Studi Informatika di ISTTS.

Baca Selengkapnya
Leveling Up Your Products Charm

Leveling Up Your Products Charm

Workshop berjudul Leveling Up Your Products Charm diselenggarakan pada hari Sabtu, 16 Maret 2024 oleh ISTTS yang berkolaborasi dengan SMA Frateran. Workshop ini bertempat di aula Frateran dan workshop ini dihadiri oleh anak anak dari SMA Frateran yang kurang lebih ada 100 orang. workshop ini telah memberikan kontribusi yang berharga dalam mengembangkan wawasan dan keterampilan peserta dalam menghadapi tantangan pasar yang semakin kompetitif di era digital ini.

Baca Selengkapnya
Videography Training STV x ISTTS di SMA St. Louis 1

Videography Training STV x ISTTS di SMA St. Louis 1

Pada tanggal 16 Maret 2024, di SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya suasana dipenuhi dengan semangat dan antusiasme saat Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) dan St. Louis TV (STV) mengadakan workshop Videography Training. Acara ini merupakan wujud kerjasama yang erat antara lembaga pendidikan dan media lokal untuk memberikan pengalaman belajar yang berharga kepada para siswa, khususnya dalam bidang videography, public speaking, dan media handling

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon