Chart vs Graph: Visualization That Best Suits Your Data
Berita
28 November 2022

Chart vs Graph: Visualization That Best Suits Your Data

KSP Season 15 Episode 5 berhasil diselenggarakan pada Rabu, 23 November 2022 dengan mengangkat tema "Chart vs Graph: Visualization That Best Suits Your Data". Materi ini dibawakan oleh Dr. Ir. Fransisca H. Chandra, MT. yang merupakan seorang dosen jurusan Teknik Elektro dan Sistem Informasi Bisnis di Institut Sains Teknologi dan Terpadu Surabaya (ISTTS).

Setelah memperkenalkan diri secara singkat, Bu Fransisca memulai materinya sesuai dengan tema KSP pada episode ini. Sebelumnya beliau menanyakan kepada para peserta, “Apa perbedaan Chart dan Graph?”. Secara singkat beliau menjelaskan bahwa,Perbedaannya yakni, Chart adalah dimana data diwakili oleh simbol, seperti batang dalam bagan batang, garis dalam bagan garis, atau irisan dalam bagan, sedangkan Graph adalah grafik yang dapat dibaca lebih cepat karena lebih banyak gambar yang dapat menampilkan data”. Fungsinya Chart and Graph adalah agar penonton lebih nyaman dan efisien ketika melihat data dalam bentuk Chart maupun Graph.

Tujuan visualization ada 4 yakni; Comparison, Composition, Distribution, and Relationship. Apa saja syarat membuat Chart and Graph yang benar? Syaratnya adalah harus membuat dari titik pusat dari sumbu x, garis tepi lebih tipis, dan lainnya. Selain itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yakni; Column Histogram, Bar Chart, Warna harus konsisten dan hindari warna yang tidak bisa dilihat bagi yang memiliki buta warna (contoh warna yang tidak bisa dilihat bagi orang yang buta warna yaitu merah dan hijau). 

Selanjutnya di sesi akhir acara, diadakan sesi tanya jawab dan games dengan beberapa pertanyaan. Kemudian, bagi para pemenang mendapatkan hadiah berupa pembayaran digital berupa Go-pay atau Shopeepay sesuai kategori juara yang telah ditentukan dan diakhiri dengan sesi foto bersama. Kesimpulan dari KSP Season 15 Episode 5 ini, pada saat mempresentasikan data dalam grafik sebaiknya menggunakan column chart atau grafik batang dan pewarnaan harus konsisten agar lebih mudah dipahami dan digunakan.

 

The Sailor Survival Game

The Sailor Survival Game

The sailor Survival Game ini adalah film survival game yang dibuat oleh Bu Farah Fauziah,S.hub.Int.,M.A. bersama team nya yang diselenggarakan di XXI TP(Tunjungan Plaza) pada hari sabtu 24 Februari 2024 jam 19.00. acara ini menjadi sorotan utama di kalangan masyarakat, terutama mereka yang tertarik dengan dunia militer dan film aksi.

Baca Selengkapnya
Factory Visit

Factory Visit

Kunjungan Pabrik antara jurusan elektro dengan jurusan industri ini diadakan hari kamis 22 februari 2024 oleh ISTTS. kunjungan pabrik ini dimulai dari jam 08.00 hingga sekitar 12.00 wib. kunjungan ini diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi jurusan elektro dan jurusan industri dari angkatan 2020 hingga 2023 serta beberapa dosen industri dan elektro.

Baca Selengkapnya
Berlomba Coding dengan TCC Internal 2024

Berlomba Coding dengan TCC Internal 2024

TCC 2024 (Top Coder Competition) adalah lomba yang diadakan oleh HIMAFOR (Himpunan Mahasiswa Informatika) ISTTS. TCC 2024 merupakan lomba berbasis coding, dimana para peserta mengerjakan soal yang berhubungan dengan logika dan pemrograman.

Baca Selengkapnya
Boost Your Product With Packaging

Boost Your Product With Packaging

Workshop SMA Santa Agnes yang bertemakan Boost Your Product With Packaging diselenggarakan pada hari kamis, 22 Februari 2024 diadakan di ISTTS (Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya) yang dihadiri oleh beberapa peserta dari SMA Santa Agnes yaitu anak - anak kelas 11. 

Baca Selengkapnya
ISTTS English Speech Contest

ISTTS English Speech Contest

ISTTS English Speech Contest dengan tema Modern Electronics in Our Daily Lives diselenggarakan pada tanggal 16 hingga 17 Februari 2024 oleh ISTTS yang dihadiri oleh 51 orang dari beberapa anak SMA dari mulai kelas 10 hingga kelas 12. ISTTS English Speech Contest ini diadakan technical meeting sekitar jam 17.00 hingga jam 17.42. technical meeting ini dihadiri oleh 20 orang saja dan pembicaranya adalah Kyka Madona yang menjelaskan tentang tutorial tata cara berdiri yang baik, berkomunikasi yang baik jadi berdiri tidak boleh menunduk dan kakinya harus stabil dalam menyampaikan sesuatu seperti menjadi reporter lalu diberikan contoh tentang beberapa berita lalu diberikan waktu 5 menit untuk membuat kesimpulan berita menggunakan 3 kalimat lalu dipresentasikan. Lalu technical meeting ini ditutup oleh Mas Rara Dwi Yanti Handayanil dengan pemberitahuan bahwa ISTTS English Speech Contest ini diadakan besok tanggal 17 Februari 2024 jam 08.00 hingga 14.00

Baca Selengkapnya
"Latihan Dasar Kepemimpinan dengan Komunikasi yang Efektif, Pemecahan Masalah, dan Sinergi dalam Tim" - LDK HIMAFOR 2024

"Latihan Dasar Kepemimpinan dengan Komunikasi yang Efektif, Pemecahan Masalah, dan Sinergi dalam Tim" - LDK HIMAFOR 2024

LDK atau biasa disebut sebagai Latihan Dasar Kepemimpinan yang diadakan oleh HIMAFOR pada tahun ini dilaksanakan dalam dua hari, yaitu pada tanggal 15 Februari hingga 16 Februari 2024 di Wisma Samadi Syalom, Batu. LDK HIMAFOR tahun ini dengan tema Integrated Outbound Training dengan judul kegiatan “Developing Effective Communication, Problem Solving, Smart Leadership & Synergic Team Building” didampingi oleh team Seboelir dengan trainer utama Pak Heri Agus S. yang siap melatih setiap mahasiswa untuk menjadi seseorang yang memiliki mindset yang tepat dan bermental kuat untuk dapat menjadi seorang pemimpin yang baik.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon