Meaningful Illustration for Powerful Branding
Berita
09 July 2021

Meaningful Illustration for Powerful Branding

Menghadirkan Dwitama Lingga sebagai pembicaranya, KSP Special: School Holiday Program 2021 Episode 6 ini membahas soal Meaningful Illustration for Powerful Branding. Sesuai dengan temanya, Webinar ini memberi informasi pada para peserta tentang cara menerapkan teknik dan skill ilustrasi sebagai media untuk menciptakan sebuah brand yang kuat. Webinar ini diadakan pada hari Jumat, 2 Juli 2021, melalui platform Zoom.

Webinar ini diawali dengan perkenalan profile iSTTS oleh PMB Team iSTTS, dan dilanjutkan dengan beberapa karya mahasiswa DKV iSTTS. Selain itu, Para peserta juga berkesempatan untuk mendengar sharing dari pembicara, Dwitama Lingga, seputar berbagai pengalamannya kuliah sebagai mahasiswa DKV iSTTS dan Sebagai freelance designer.

Lingga membuka sesi materinya dengan menjelaskan seputar pengertian branding dan visual identity. Dengan branding dan visual identity kita dapat mengarahkan, supaya brand kita punya image/kesan tertentu di mata orang. Materi ini relevan dengan banyak munculnya start up saat ini, sehingga cocok bagi yang ingin memulai bisnis online di masa pandemi ini. Pembicara juga memiliki sebuah usaha yaitu, Kopi Kabar Baik. Lingga menceritakan beberapa proses dan pengalamannya saat membangun visual identity dalam brand Kopi Kabar Baik, dan membagikan berbagai masukan seputar branding dan visual identity. Lingga menekankan bagaimana visual dan packaging yang unik dapat sangat mempengaruhi keputusan orang untuk membeli sebuah produk.

Lingga menjelaskan proses dalam membuat ilustrasi untuk visual identity sebuah brand, dimulai dari menentukan produk apa yang akan kita branding. Setelah itu, kita membuat moodboard, dimana kita mencari referensi, mengumpulkan ide, menentukan warna, dan kata-kata kunci yang ingin kita gunakan untuk karakter brand kita. Dalam proses moodboard, kita juga bisa menggunakan aplikasi Pinterest untuk mencari ide. Moodboard diperlukan untuk membuat vibe dan ambience, supaya desain kita punya karakter yang jelas.

Dari ide-ide dan referensi yang sudah kita kumpulkan dari moodboard, Proses selanjutnya adalah membuat logo. Dalam webinar ini, para peserta diajak untuk praktek bersama membuat logo produk kopi susu dengan ilustrasi menggunakan Adobe Illustrator. Dari berbagai macam style ilustrasi yang ada, kita bisa memilih style ilustrasi yang sesuai dengan brand image yang kita inginkan. Ilustrasi dapat meningkatkan value dari sebuah branding. Lingga juga menjelaskan tips-tips dan pengetahuan tentang Adobe Illustrator, agar para peserta yang masih belum terbiasa dengan Adobe Illustrator, juga dapat mengikuti dengan mudah.

Langkah selanjutnya adalah membuat mock up label pada produk. Para peserta diajak untuk praktek bersama mengaplikasikan desain label mereka menggunakan File mock up dengan Adobe Photoshop. Tujuan menggunakan mock up ini adalah untuk melihat apakah desain kita sudah sesuai dengan packagingnya, sebelum direalisasikan secara fisik. Hasil dari logo dan mock up dapat diaplikasikan di berbagai media, seperti feeds Instagram, packaging, maupun nota, tapi tetap penting untuk tetap menjaga kesatuan desain dan mempertahankan unsur karakteristik dalam brand.

Dalam webinar ini, para peserta dapat memperoleh pengetahuan menarik seputar branding dan cara menggunakan ilustrasi untuk menambah value dalam branding. Di penghujung sesi materi, Lingga juga mengajak para peserta yang ingin menunjukkan hasil desainnya untuk diberi feedback. Setelah sesi materi selesai, Para peserta diberi kesempatan untuk bertanya kepada pembicara. Webinar ditutup dengan sesi foto dan pengisian Google form absensi.

INVESTING FROM A YOUNG AGE

INVESTING FROM A YOUNG AGE

Bertajuk “Investing from a Young Age”, episode ketiga dari KSP Special : Bridges To Success yang merupakan Holiday Program 2021 for High School Student dari ISTTS menjadi salah satu acara KSP yang cukup menarik bagi anak-anak Sekolah Menengah Atas dan sederajat.

Baca Selengkapnya
DIY Customized Fashion Bracelets With 3D Printing

DIY Customized Fashion Bracelets With 3D Printing

Tepat rabu lalu, 30 Juni 2021, Eric San Focalie, mahasiswa angkatan akhir iSTTS membahas tentang DIY customized fashion bracelets with 3D printing pada acara KSP Special Holiday Program 2021 Episode 4 pukul 10.00 – 12.00 WIB yang berlangsung di Zoom.

Baca Selengkapnya
HOW TO MAKE ANIMATED WEBSITE DESIGN WITH HTML & CSS

HOW TO MAKE ANIMATED WEBSITE DESIGN WITH HTML & CSS

ISTTS kali ini mengadakan KSP Holiday Program 2021 Episode 2, dimana para peserta webinar berkesempatan untuk menambah ilmu pengetahuan mengenai Animated Website Design.

Baca Selengkapnya
2D Platformer Game with No Programming Skills

2D Platformer Game with No Programming Skills

KSP yang diadakan oleh ISTTS kali ini tidak seperti KSP pada umumnya, namun KSP kali ini adalah KSP Special: Bridges To Success. KSP Special ini merupakan Holiday Program 2021 for High School Students, dimana siswa-siswi SMA diundang untuk menghadiri KSP Special secara online melalui Zoom.

Baca Selengkapnya
ISTTS Vitual Open House 2021

ISTTS Vitual Open House 2021

iSTTS tahun ini mengadakan Open House secara virtual akibat pandemi COVID-19. Virtual Open House ini diadakan pada 8-11 Juni 2021 melalui platform Zoom. Meskipun diadakan secara online, event Virtual Open House ini tetap tidak kalah menarik; Event yang berlangsung selama 4 hari ini diisi dengan berbagai workshop dan sharing session yang menarik dari beragam topik yang berkaitan dengan jurusan-jurusan di iSTTS. Mulai dari topik desain, elektro, industri, bisnis, dan lain-lain. Para pembicara yang dihadirkan adalah para professional di bidangnya sehingga para peserta dapat mudah mencerna materi yang disampaikan.

Baca Selengkapnya
Virtual Entrepreneurship Exhibition

Virtual Entrepreneurship Exhibition

Pada hari Selasa, 25 Mei 2021, acara Virtual Entrepreneurship Exhibition dilaksanakan oleh DKV iSTTS melalui platform Zoom. Acara diawali dengan pembukaan dari ketua panitia, Gerardo Mosses dan ketua HIMA DKV iSTTS, Dwitama Lingga. Ketua panitia dalam pembukaannya menyampaikan tentang kondisi rendahnya rasio kewirausahaan di Indonesia.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon