Peluang Emas Bekerja di Jepang Bersama Marimo Global Technology
Berita
07 October 2024

Peluang Emas Bekerja di Jepang Bersama Marimo Global Technology

Himpunan Mahasiswa Informatika (HIMAFOR) Institut Sains Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) baru saja menyelenggarakan seminar bertajuk Open Recruitment for Work in Japan with Marimo Global Technology yang berlangsung pada hari Rabu, 2 Oktober 2024. Tak hanya menginspirasi, seminar yang menghadirkan tiga pembicara dari Jepang tersebut juga membuka pintu kesempatan bagi mahasiswa untuk meraih karir global khususnya di Jepang. Acara dimulai tepat pada pukul 10.30 WIB di Auditorium ISTTS dengan sesi registrasi yang berlangsung lancar dan tertib. Antusiasme peserta begitu terasa di auditorium yang penuh oleh mahasiswa-mahasiswi dari jurusan Informatika dan Sistem Informasi Bisnis yang bersemangat menggali peluang di dunia teknologi global. 

Dua Master of Ceremony (MC), Timothy Johan dan Melinda Ruth Gracela, membuka acara dengan penuh semangat. Tak lupa ada juga sambutan dari Bapak Dr. Yosi Kristian, S.Kom., M.Kom., selaku Kepala Program Studi Informatika ISTTS yang memberikan semangat lebih kepada para peserta. Beliau menekankan pentingnya seminar ini sebagai jembatan penghubung bagi mahasiswa yang ingin mengejar karir di dunia internasional, khususnya di negara maju seperti Jepang di mana teknologi berkembang pesat. Setelah sambutan resmi, tibalah saat yang dinanti. Ketiga pembicara dari Marimo, yaitu Mr. Koiwai Atsushi, Mr. Kanakuchi Yuya, dan Mr. Aldo Kristanto naik ke atas panggung. 

     Sesi pertama dibuka dengan pemutaran video company profile Marimo yang memberikan gambaran jelas tentang perusahaan yang berfokus pada pengembangan teknologi global dan testimoni dari alumni-alumni ISTTS yang bekerja di Marimo. Tak disangka-sangka, salah satu peserta seminar adalah adik dari salah satu alumni ISTTS yang ditampilkan di video company profile Marimo! Tanpa menunggu lebih lama lagi, sesi presentasi utama dimulai dengan pembahasan mendalam tentang Marimo, perusahaan teknologi yang berbasis di Jepang. Para pembicara memaparkan bagaimana Marimo berkembang pesat di industri teknologi. Marimo juga membuka peluang kerja bagi talenta-talenta muda dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Pembicara juga memberikan tips-tips praktis tentang bagaimana membangun karir di Jepang mulai dari proses perekrutan, etos kerja yang diperlukan, hingga budaya kerja di negara tersebut.

Di tengah-tengah presentasi, suasana semakin meriah dengan adanya kuis interaktif. Para pembicara menyelingi materi mereka dengan pertanyaan-pertanyaan yang menarik tentang Jepang. Peserta yang menjawab dengan benar mendapatkan hadiah dari pembicara. Interaksi inilah yang membuat seminar menjadi lebih dinamis dan para peserta dapat menyerap informasi dengan lebih menyenangkan. Setelah sesi kuis, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh para peserta yang ingin mendalami lebih jauh mengenai peluang karir di Jepang, strategi bertahan hidup di Jepang, hingga bagaimana memaksimalkan kemampuan mereka di dunia teknologi. Para pembicara pun menjawab dengan jelas dan mendetail, memberi wawasan baru dan inspirasi bagi para peserta yang berminat bekerja di luar negeri.

     Setelah semua sesi materi selesai, tibalah saatnya untuk penutupan. Bapak Dr. Yosi Kristian, S.Kom., M.Kom. kembali naik ke panggung untuk menyerahkan kenang-kenangan kepada ketiga pembicara dari Marimo sebagai bentuk penghargaan atas partisipasi mereka. Momen ini diabadikan dengan sesi foto bersama para pembicara, yang menjadi momen istimewa bagi para peserta. Bagi banyak mahasiswa, ini adalah kesempatan langka untuk berinteraksi langsung dengan para ahli dari Jepang. Sebelum acara resmi berakhir, para peserta diminta untuk mengisi Google Form untuk kritik saran. Kemudian MC menutup acara dengan meriah dan peserta kembali diarahkan untuk registrasi ulang.

Seminar Marimo Global Technology tidak hanya sukses memberikan wawasan baru tentang perkembangan teknologi di Jepang, tetapi juga membuka peluang bagi mahasiswa untuk meraih karir impian di panggung internasional. Acara ini mendapat respons positif dari para peserta yang merasa terinspirasi dan termotivasi untuk mengejar kesempatan bekerja di luar negeri, khususnya di perusahaan yang bergerak di bidang teknologi. Dengan hadirnya seminar ini, ISTTS sekali lagi membuktikan komitmennya dalam memberikan nilai lebih bagi mahasiswanya, terutama dalam menghadapi tantangan dan peluang kerja di era globalisasi.

Saturday Sharing Sessions Easy Management Science Dengan Solver Add-In Microsoft Excel (#Part 1: Linear Programming) with ChatGPT

Saturday Sharing Sessions Easy Management Science Dengan Solver Add-In Microsoft Excel (#Part 1: Linear Programming) with ChatGPT

Pada sesi pertama Saturday Sharing Sessions (SSS) yang berlangsung pada Sabtu, 12 Oktober 2024, peserta diajak untuk mempelajari penggunaan Solver Add-In di Microsoft Excel sebagai bagian dari seri "Easy Management Science". Acara ini dimulai pukul 09.00 dan berlangsung hingga selesai di Ruang N-201, iSTTS. Pembicara yang memimpin sesi ini adalah Dr. Ir. Gunawan, M.Kom., dosen dari program Sistem Informasi Bisnis dan Informatika yang memiliki keahlian dalam penerapan teknologi informasi dalam manajemen.

Baca Selengkapnya
ISTTS melakukan pelatihan dan workshop “Building the leaders of tomorrow”

ISTTS melakukan pelatihan dan workshop “Building the leaders of tomorrow”

Surabaya, 28 September 2024 – Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) menyelenggarakan serangkaian pelatihan dan workshop yang diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi baru dari angkatan 2024, serta beberapa perwakilan dari angkatan sebelumnya. Kegiatan ini mencakup tiga topik utama yang sangat relevan bagi para peserta, yaitu Public Relations, Media Digital, dan Event Organizer.

Baca Selengkapnya
Indonesia Gen-AI Tour 2024

Indonesia Gen-AI Tour 2024

Dalam Era digital yang terus berkembang, kecerdasan Artificial Intelligence (AI) memainkan peranan penting dalam perkembangan teknologi saat ini. Maka dari itu, Institut STTS (Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya) pada tanggal 14 September 2024 berkolaborasi dengan komunitas AWS (Amazon Web Services) dalam acaranya “Indonesia Gen-AI Tour 2024”, menghadirkan pandangan mendalam tentang penggunaan AI, terutama pada Generative AI dan Large Language Model (LLM), yang akan berpengaruh besar pada dunia industri di masa depan.

Baca Selengkapnya
Ospek Fakultas 2024: Dua Hari Menuju Awal Perjalanan Baru!

Ospek Fakultas 2024: Dua Hari Menuju Awal Perjalanan Baru!

Berhubungan dengan dimulainya semester ganjil yang baru, Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) mengadakan Ospek Fakultas (Osfak) bagi mahasiswa baru. Kegiatan ini dirancang untuk memberikan pengalaman yang penuh makna dan membantu para mahasiswa baru beradaptasi dengan lingkungan kampus. Berbagai aktivitas menarik dan penuh tantangan telah dipersiapkan oleh panitia, menjanjikan tak hanya keseruan, tetapi juga pembelajaran yang akan membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan penting dalam kehidupan akademis di ISTTS.

Baca Selengkapnya
Freshman Summit 2024: Merajut Kebersamaan dan Kreativitas dalam Empat Hari yang Tak Terlupakan

Freshman Summit 2024: Merajut Kebersamaan dan Kreativitas dalam Empat Hari yang Tak Terlupakan

Berhubungan dengan dimulainya semester ganjil yang baru, Institut Sains Teknologi Terpadu Surabaya (iSTTS) kembali mengadakan Freshman Summit (FS) bagi mahasiswa baru iSTTS. Beragam aktivitas menarik dan penuh tantangan telah dipersiapkan, yang menjanjikan tak hanya keseruan, tetapi juga pengalaman berharga yang akan membekali mereka dengan pengetahuan kehidupan akademis di kampus ini. Sebelum itu, tim jurnalis telah mewawancarai beberapa mahasiswa baru saat Pra-FS untuk mendapatkan pendapat mereka tentang kampus iSTTS serta harapan mereka terhadap Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) tahun ini. Mari kita simak!

Baca Selengkapnya
Reconnect and Recharge with Class of '91: iSTTS Siapkan S3 di Tahun 2025?

Reconnect and Recharge with Class of '91: iSTTS Siapkan S3 di Tahun 2025?

Pada acara Reuni Alumni iSTTS Angkatan '91, yang berlangsung dengan penuh semangat dan kedahsyatan, para alumni berkumpul kembali untuk Reconnect and Recharge. Berkat kerja keras Bapak Pujianto, selaku ketua panitia, serta para panitia lainnya, acara ini berhasil menghadirkan momen berharga bagi para peserta, yang tidak hanya bisa bersilaturahmi, tetapi juga mengingat kembali masa-masa kuliah mereka di Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS) dengan kegiatan-kegiatan yang begitu menyenangkan. Selain itu, kita juga mendapatkan berita menarik mengenai rencana akademik iSTTS untuk kedepannya. Penasaran? Mari baca artikel ini sampai habis!

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon