Bunkasai ISTTS 2024:DEJITARU day two
Berita
23 May 2024

Bunkasai ISTTS 2024:DEJITARU day two

Pada tanggal 12 Mei 2024, Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) menggelar Bunkasai ISTTS 2024 dengan tema "DEJITARU". Acara ini menjadi magnet bagi lebih dari 50 orang, terdiri dari mahasiswa internal ISTTS dan juga para eksternal. Bagi mahasiswa internal, kehadiran mereka tercatat melalui kartu tanda mahasiswa (KTM) mereka. Namun, untuk peserta eksternal, tiket masuk seharga 10ribu dibutuhkan untuk bisa mengikuti acara. Registrasi dibuka dari jam 10.00 hingga 12.00, memberikan kesempatan bagi semua untuk datang dengan santai tanpa terburu-buru, menjelang awalnya serangkaian lomba cosplay dan acara yang telah direncanakan.

Pukul 12.00, atmosfer energik kembali memenuhi ruang acara Bunkasai ISTTS 2024 saat pembukaan resmi dimulai oleh MC yang penuh semangat, Andy Phebe. Dengan sapaan hangatnya kepada seluruh hadirin, acara terus berlanjut dengan penjelasan yang menarik dari Kak Jason, perwakilan dari Surabaya, tentang Riichi Mahjong. Kak Jason memperkenalkan Riichi Mahjong sebagai sebuah komunitas mahjong yang khas dari Jepang. 

Dia menjelaskan bahwa permainannya, meskipun memiliki kemiripan dengan 41 dan poker, tapi tetap berbeda karena mahjong memiliki bentuk balok-balok yang dimainkan oleh empat orang, namun bisa juga dimainkan oleh lebih banyak orang dengan sistem pergantian, menjaga meja tetap berjumlah empat sisi. Prinsip fleksibel permainan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pemain. Kak Jason juga mengungkapkan bahwa Mahjong sendiri memiliki penggemar di berbagai negara seperti Cina, Korea, Hong Kong, Filipina, Singapura, dan tempat-tempat lainnya, dengan cara main yang hampir sama di seluruh penjuru tersebut.

Selain itu, juga dijelaskan bahwa Riichi Mahjong telah ada sejak tahun 1981 dan organisasinya masih aktif hingga saat ini. Hal ini menunjukkan keberlanjutan dan popularitas permainan ini selama bertahun-tahun, serta komitmen komunitasnya dalam mempromosikan dan mempertahankan tradisi bermain Mahjong dalam format Riichi.

Acara pun dilanjutkan dengan serangkaian minigames yang dipandu dengan baik oleh MC. Salah satu minigames yang dimainkan melibatkan enam orang peserta dan dinamakan "Permainan Berebut Kursi". Konsepnya sederhana: saat musik bermain, para peserta harus bergoyang-goyang di sekitar kursi-kursi yang tersedia, tetapi saat musik berhenti, mereka harus segera mencari kursi kosong dan menempatinya sebelum peserta lainnya melakukannya. Hal ini menciptakan momen-momen seru dan kompetitif di antara para peserta yang berusaha merebut kursi secepat mungkin. MC dengan lancar mengarahkan jalannya permainan, menciptakan atmosfer yang menyenangkan dan antusias di antara para peserta dan penonton.

Acara berlanjut dengan penjelasan tentang ICOSU, yang berawal dari pendiriannya pada bulan November 2017, meskipun komunitasnya sudah ada sejak tahun 2014. ICOSU merupakan singkatan dari Indonesian Cosplay Community, dan komunitas ini berpusat di beberapa wilayah di Jawa Timur, termasuk Sidoarjo dan sekitarnya, Malang dan sekitarnya, Mojokerto dan sekitarnya, serta Banyuwangi dan sekitarnya. Penjelasan tersebut meliputi sejarah perkembangan ICOSU serta berbagai hal terkait lainnya, mencakup beragam aktivitas dan proyek yang telah dilakukan oleh komunitas ini sejak awal berdirinya. Melalui penjelasan ini, para hadirin dapat memahami lebih dalam tentang peran dan kontribusi yang telah diberikan oleh ICOSU dalam memasyarakatkan dan mengembangkan budaya cosplay di wilayah Jawa Timur.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan talkshow yang menarik bersama Kak Ochi dan Kak Unu. Dalam sesi tanya-jawab, para peserta diajak untuk bertanya tentang berbagai hal terkait cosplay dan diberikan tips serta trik untuk melakukan cosplay dengan baik dan penuh percaya diri. Kak Ochi dan Kak Unu, sebagai narasumber yang berpengalaman dalam dunia cosplay, memberikan pandangan yang berharga serta berbagi pengalaman pribadi mereka dalam menghadapi tantangan dan meraih kesuksesan dalam dunia cosplay. Sesi ini tidak hanya memberikan inspirasi bagi para penggemar cosplay yang hadir, tetapi juga memberikan wawasan baru tentang bagaimana menjalani hobi ini dengan lebih menyenangkan dan bermakna.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan dua kompetisi yang dinanti-nantikan, yaitu Coswalk Competition dan Cosplay Competition. Peserta dari kedua kompetisi menampilkan kostum-kostum kreatif mereka dengan penuh semangat, memukau para penonton dengan penampilan mereka yang mengagumkan. Setelah penampilan para peserta, dilakukan pembacaan pemenang yang disambut dengan antusiasme oleh semua hadirin. Para pemenang kemudian diumumkan dan diberikan hadiah secara langsung, disusul dengan sesi foto bersama untuk mengabadikan momen berharga tersebut. Selain itu, para penggemar juga mendapatkan kesempatan langka untuk bertemu dengan VTuber Valour, menambah keseruan acara tersebut. Sebelum acara benar-benar berakhir, MC memberikan penutupan yang hangat, mengakhiri Bunkasai ISTTS 2024 dengan kesan yang mendalam bagi semua yang hadir. Acara puncak ditutup dengan penampilan mengagumkan dari Babymetal, yang menghadirkan suasana meriah dan memukau untuk menyempurnakan pengalaman tak terlupakan bagi para pengunjung.

Saturday Sharing Session - Workshop Direct Pen Drawing (Steampunk Style) di Institut STTS

Saturday Sharing Session - Workshop Direct Pen Drawing (Steampunk Style) di Institut STTS

Pada tanggal 4 Mei 2024, Saturday Sharing Session Institut STTS menggelar workshop menarik yang membahas teknik menggambar langsung menggunakan pen tanpa penghapus, dengan tema "Healing through Direct Pen Drawing (Steampunk Style)". Acara ini dibawakan oleh Farah Fauziah, S.Hub.Int., M.A., Dosen program Studi S1 Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Sains Institut STTS. Peserta workshop diajarkan tentang pentingnya arsiran shading yang teliti dan perlahan untuk menciptakan gambar yang realistik dan jelas.

Baca Selengkapnya
EXPLORING CYBER VULNERABILITIES: "DIVE INTO GOOGLE DORKING & SQL INJECTION"

EXPLORING CYBER VULNERABILITIES: "DIVE INTO GOOGLE DORKING & SQL INJECTION"

Saturday Sharing Session (3S) Institut STTS kembali menghadirkan topik yang sangat relevan dengan keamanan siber di era digital saat ini. Pada Sabtu, 20 April 2024 diselenggarakan workshop dengan judul "Exploring Cyber Vulnerabilities: Dive into Google Dorking & SQL Injection" Oleh Jonathan Wilbert mahasiswa program S1 Informatika Fakultas Sains dan Tekologi Institut STTS.

Baca Selengkapnya
Saturday Sharing Session 2 - Bagaimana Cara Memanipulasi Statistik

Saturday Sharing Session 2 - Bagaimana Cara Memanipulasi Statistik

Dalam sesi ke 2 Saturday Sharing Session Institut STTS yang telah diselenggarakan, topik yang dibahas sangat menarik, yaitu "How to lie with statistics". Sesi ini dipandu oleh Ibu Sri Rahayu, seorang dosen program Teknik Industri di Institut STTS. Ibu Sri Rahayu menjelaskan bagaimana statistik bisa digunakan untuk memberikan representasi data, bahkan kadang-kadang mengungkap fakta-fakta yang tidak terlihat dari data itu sendiri. Salah satu poin penting yang dibahas adalah bagaimana manipulasi waktu dan skala grafik dapat mengubah interpretasi statistik; informasi yang disajikan dalam grafik dengan skala yang berbeda bisa memberikan makna yang berbeda.

Baca Selengkapnya
MULTIPLE APP WITH AI: Workshop Perdana Saturday Sharing Session Institut iSTTS

MULTIPLE APP WITH AI: Workshop Perdana Saturday Sharing Session Institut iSTTS

Saturday Sharing Session (3S) merupakan program Institut STTS yang bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran ilmu pengetahuan dan keterampilan melalui seminar dan workshop. Program ini dirancang untuk membekali mahasiswa Institut STTS dengan memberikan pemahaman dan wawasan baru yang aplikatif tentang teknologi dan desain terkini.

Baca Selengkapnya
Cyber Security:policy and its best practice

Cyber Security:policy and its best practice

Surabaya, 30 Mei 2024 - Para mahasiswa berkumpul di auditorium untuk mengetahui Info cyber security: policy and its best practice. Dengan antusiasme yang tinggi, 100 mahasiswa serta mahasiswi hadir untuk menjelajahi pentingnya cyber security. Seminar ini diselenggarakan dari pukul 13.30 hingga 16.00 WIB, menjelaskan kebijakan keamanan siber yang solid dan menerapkan praktik terbaik yang telah terbukti efektif.

Baca Selengkapnya
Berita Acara PKK dan UMKM: Menggali Potensi Wirausaha dengan Semangat dan Inovasi

Berita Acara PKK dan UMKM: Menggali Potensi Wirausaha dengan Semangat dan Inovasi

Surabaya, 22 Mei 2024 - Pagi yang cerah menjadi saksi keberangkatan dosen dan mahasiswa dari Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) pada pukul 09.00 WIB. Lima dosen, didampingi oleh dua mahasiswa dari jurusan Industri dan Elektro, menuju lokasi acara dengan semangat membara, siap untuk berbagi ilmu dan inspirasi.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon